Penggunaan Cash Flow Forecast Yang Memberi Banyak Manfaat

cash flow forecast

Cash flow forecast mungkin menjadi suatu hal yang sangat diperlukan dalam suatu perusahaan. Bila ditelusuri secara lebih lanjut memiliki pengertian yang sama dengan arti dari masing-masing kata. Cash flow berarti arus kas sedangkan forecast adalah perkiraan atau bisa juga disebut estimasi. Maka bisa dikatakan bahwa cash flow forecast adalah perkiraan atau estimasi atau prediksi pada arus kas di suatu perusahaan. Perkiraan arus kas ini banyak dilakukan oleh perusahaan agar perusahaan dapat memperkirakan arus kas di masa yang akan datang. Maka perkiraan arus kas pada akhirnya dibutuhkan untuk mempertahankan kondisi keuangan perusahaan dari waktu ke waktu.

Manfaat Cash Flow Forecast

Identifikasi masalah potensial

Kas perusahaan pada dasarnya merupakan uang tunai yang dimiliki oleh perusahaan. Maka kas ini sangat penting dan perlu dikelola dengan tepat agar bisa memberikan keuntungan pada perusahaan. Oleh karena itu sebuah perusahaan sangat perlu untuk melakukan perkiraan arus kas agar dapat mengetahui dan mengidentifikasi berbagai masalah potensial di perusahaan. Misalnya saja mengenai utang perusahaan dan utang yang harus ditagih serta lainnya.

Dengan mengetahui berbagai permasalahan keuangan maka nantinya setiap langkah yang diambil oleh perusahaan akan dilakukan dengan hati-hati. Setidaknya apa yang dilakukan oleh perusahaan akan meminimalkan resiko kerugian. Dengan demikian perusahaan akan terhindar dari kerugian dan sebaliknya perusahaan diharap akan selalu mendapat keuntungan dari segala tindakan yang dilakukan ke depannya.

Memberi keuntungan dalam bisnis

Melalui pencatatan cash flow forecast maka Anda tentunya bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Bahkan Anda bisa melihat perkembangan keuangan perusahaan dari satu periode ke periode lainnya hingga ke periode saat ini. Hasil dari pencatatan cash flow forecast tersebut tentu akan berpengaruh pada perencanaan yang akan Anda lakukan pada perusahaan. Sebisa mungkin usaha atau bisnis yang dijalankan oleh perusahaan akan diusahakan untuk bisa memberikan keuntungan. Bahkan akan menjadi hal yang lebih baik lagi bila keuntungan yang diperoleh perusahaan sangat besar hingga mendukung kemajuan dan perkembangan perusahaan.

Memberi keyakinan pada pihak bank

Mungkin saja perusahaan Anda sedang berencana untuk mengajukan pendanaan. Biasanya pengajuan pendanaan ini dilakukan di bank dengan tujuan agar perusahaan bisa memperoleh sejumlah pinjaman dana sehingga kebutuhan perusahaan bisa terpenuhi. Namun dalam hal ini tentunya pihak kreditur atau bank ingin melihat perkiraan keuangan Anda. Hal ini dirasa perlu dilakukan agar bank bisa memperkirakan besar pendapatan tunai perusahaan Anda. Lebih jauhnya melalui perkiraan arus kas ini maka bank atau kreditur dapat memperkirakan kemampuan perusahaan Anda dalam melakukan pembayaran peminjaman yang diajukan. Oleh karena itu estimasi arus kas sebaiknya dilakukan dengan tepat dan melibatkan peran individu yang terlibat dengan arus kas perusahaan.

Keuntungan Cash Flow Forecast

Mengetahui rencana keuangan

Melalui adanya cash flow forecast maka Anda bisa melakukan perencanaan untuk perusahaan Anda. Perencanaan ini tentunya bisa dilakukan dengan sangat matang sehingga tidak sampai menimbulkan kerugian pada perusahaan di masa mendatang. Perencanaan keuangan perusahaan sebaiknya dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak yang terkait dengannya. Sebab pada akhirnya perencanaan ini dilakukan dengan maksud untuk memenuhi tujuan keuangan perusahaan dalam jangka panjang. Tentunya perencanaan ini dilakukan dengan mengacu pada kas perusahaan yang telah tersedia dan telah diamati. Dengan melihat kas perusahaan maka perusahaan nantinya dapat menentukan berbagai aktivitas yang akan dilakukan untuk menunjang peningkatan pendapatan pada suatu perusahaan.

Memperkirakan kebutuhan dana

Proses operasional perusahaan tentu membutuhkan dana. Oleh karena itu setiap perusahaan perlu melakukan perkiraan dan perhitungan kebutuhan dana. Dengan adanya perkiraan ini maka perusahaan bisa mencari sumber dana sehingga kebutuhan dana perusahaan dapat tercukupi. Berdirinya perusahaan memang membutuhkan dana atau lebih tepatnya modal. Demikian pula proses operasional perusahaan tentu tidak luput dari kebutuhan dana. Oleh karena itu kebutuhan dana untuk perusahaan perlu diperkirakan dengan tepat. Melakukan perkiraan untuk kebutuhan dana perusahaan juga sebaiknya dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak terkait. Selain itu dalam memperkirakan kebutuhan dana ini diperlukan pula acuan agar perkiraan bisa dilakukan dengan tepat. Salah satu acuan yang bisa digunakan adalah cash flow forecast.

Membantu pihak manajemen

maju mundurnya perusahaan pada dasarnya dipengaruhi oleh sistemmanajemen yang ada di dalam perusahaan tersebut. Sebab manajemen perusahaan pada dasarnya berkaitan pula dengan sistem pengelolaan perusahaan. Bila manajemen perusahaan baik berarti bisa dikatakan pula bahwa pengelolaan perusahaan dilakukan dengan baik. Untuk mendukung pengelolaan perusahaan yang baik maka tentunya pihak manajemen perlu mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Oleh karena itu pihak manajemen perlu mengetahui laporan keuangan perusahaan secara berkala agar dapat mengikuti perkembangan kondisi keuangan perusahaan. Untuk itu pihak manajemen perlu mengetahui hasil catatan atau laporan mengenai perkiraan arus kas perusahaan. Nantinya pihak manajemen akan merencanakan strategi dalam mengelola perusahaan dengan mengacu pada perkiraan arus kas.

Menilai kemampuan usaha

Adanya cash flow forecast sebenarnya juga dapat membantu perusahaan untuk dapat mengetahui dan menilai kemampuannya dalam mengembangkan usaha. Sebab dengan adanya estimasi mengenai arus kas tersebut tentunya perusahaan dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Maka segala hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan dapat dilakukan secara tepat dan tidak sampai menimbulkan kerugian pada perusahaan.Oleh akrena itu Anda perlu mencatat hasil pperkiraan arus kas.

Pentingnya Cash Flow Forecast

Cash flow forecast yang merupakan perkiraan mengenai arus kas perusahaan memang perlu dilakukan. Perkiraan ini tidak lain bertujuan untuk melakukan perencanaan yang matang. Tentunya perencanaan ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan. Sebab jika perkiraan arus kas ini tidaklah dilakukan maka bisa saja keuangan perusahaan akan menjadi kacau.

Bahkan bisa saja perusahaan mengalami kemunduran dan berujung pada kebangkrutan. Tentu saja hal ini tidak diinginkan oleh perusahaan manapun. karena itu sudah seharusnya setiap perusahaan membuat perkiraan arus kas yang bisa dijadikan sebagai acuan rencana untuk ke depannya. Dengan adanya perkiraan arus kas ini maka pengelolaan perusahaan diharapkan agar dapat dilakukan dengan langkah dan upaya yang tepat.

Penggunaan cash flow forecast yang tepat juga sama halnya dalam memilih sistem absensi perusahaan yang sesuai. Penggunaan sistem absen yang optimal merupakan hal yang paling memungkinkan untuk dipilih perusahaan, salah satunya dengan memilih JojoTimes. Produk yang satu ini dapat membantu monitoring absen karyawan yang lebih efektif kapan saja dan dimana saja. Selain itu membantu pelaksanaan absen yang terintegrasi lebih baik dengan sistem payroll.

Hal tersebut berkat beberapa fitur menarik yang bisa didapatkan dari JojoTimes. Di antaranya yaitu fitur-fitur berikut ini.

  • Mobile Check In & Check Out
  • Accurate GPS location via Geotagging
  • Check In & Check Out Monitoring
  • Biometric Face Recognition
  • Fake ID Detection
  • Fingerprint Feature

Nah, sudah jelas bukan keuntungan dari JojoTimes. Tunggu apa lagi, yuk segera daftar dan coba gratis produknya!