Chatbot Berikan Pelayanan Autopilot

Chatbot ini kepanjangan dari chatter bot atau robot yang akan membalas chat-chat dengan isi tertentu. Biasanya massage melalui chat yang akan dibalas itu tidak terlalu berat pembahasannya, walaupun berat juga robot chat ini akan membalasnya sesuai dengan kata kunci yang sudah dimasukkan oleh pengelola situs.

Adanya robot atau mesin sejenis ini memang sangat diperlukan oleh perusahaan. Mengingat setiap harinya pasti akan sangat banyak pelanggan yang ingin berkonsultasi. Apalagi jika perusahaan start up pastinya akan memiliki konsumen yang ingin mengenal lebih jauh perusahaan tersebut. Bots ini sangat berkaitan erat dengan kecerdasan buatan yang telah dikembangkan selama ini.

Dengan berkembangnya kecerdasan buatan maka muncul chatbot, dimana chatterbot ini akan mempermudah perusahaan untuk mengelola seluruh pelayanan konsumennya. Tidak perlu lagi menyewa lebih banyak pekerja hanya untuk sekedar menerima keluhan konsumen. Sebab dengan bot ini perusahaan bisa menyisir seluruh kebutuhan konsumen kemudian menyelsaikannya.

Perkembangan Chatbot

chatbotPerjalanan chatbot dimulai sejak 1950 dimana Alan turing mengemukakan sebuah artikel mengenai computing machinery and intelligence. Dari sanalah kemudian mulai dikenal bahasa pemerograman tentang kecerdasan buatan mengenai percapakan. Hal ini juga terkait uji coba yang telah dilakukannya atau lebih dikenal dengan tes turing.

Dimana disana dilakukan penelitian lebih dalam terkait program kecerdasan buatan dengan percakapan secara tertulis. Jadi bagaimana interaksi yang akan bisa dilakukan oleh kecerdasan buatan ini dengan manusia. Apakah sampai bisa untuk mendapatkan respon yang wajar pada umumnya percakapan manusia. Atau masih terlalu baku.

Mungkin Alan Turing ini adalah bapa chatbot sedunia. Karena dengan uji coba yang dilakukannya mampu untuk membangkitkan bot percapakan ini sampai sekarang. Dalam masa perkembangannya mungkin chatterbot ini masih banyak sekali kekurangan. Terlebih lagi dari segi kemampuan output yang akan diberikan oleh si kecerdasan buatan.

Ketika menanggapi berbagai input yang diberikan oleh pihak konsumen. Tapi lambat laun hasil yang telah diberikan selalu bertambah baik setiap harinya. Ini bisa dilihat langsung dari kemampuan chatterbot dalam menanggapi percakapan secara tertulis sampai sekarang. Bahkan operator selular juga sudah mulai menggunakan kecerdasan buatan ini sebagai salah satu cara menanggapi keluhan konsumen.

Chatbot Pada Masa Kini

Setelah perkembangan yang panjang chatbot sepertinya sudah semakin maksimal dalam pengoperasiannya. Bahkan banyak sekali konsumen maupun orang yang lebih nyaman ketika menggunakan chatterbot untuk kepentingan pengaduan keluhannya. Inilah yang kemudian menjadikan chatterbot sebagai salah satu pilihan tepat bagi perusahaan.

Dalam perkembangannya juga perusahaan menggunakan banyak sekali input untuk mendapatkan hasil percakapan secara tertulis yang baik. Walaupun batasan yang dapat dipahami oleh bots akan selalu terbatas tidak seperti ketika terjadi percakapan antara manusia. Tapi tetap saja keuntungan yang akan didapatkannya sama.

Model yang paling siginifikan dari chatbot adalah depression 2.0. dimana robot ini dapat mengaplikasikan berbagai ilmu psikologi dasar kepada lawan bicaranya. Mungkin program chatterbot yang menggunakan versi ini dikhususkan kepada para penderita gangguan psikologi seperti depresi, stress dan lain sebagainya.

Jika membicarakan perkembangan dari chatterbot ini pasti anda akan selalu terkagum-kagum. Sebab dahulu chatterbot hanya digunakan untuk input percakapan sederhana saja. Tapi sekarang hampir seluruh kebutuhan konsumen dengan pelayanan bisa didapatkan melalui program kecerdasan buatan ini.

Penerapan Chatterbot Kedalam Berbagai Industri

chatbotMelihat peluang yang bisa didapatkan ketika menggunakan chatbot maka industri-industri terkemuka mulai menggunakannya. Bahkan perusahaan sekelas Ebay saja menggunakan chatterbot sebagai implementasi pelayanan konsumennya. Tentu saja Ebay ini adalah sebuah perusahaan multi nasional yang telah terkait berbagai negara.

Jadi fokus konsumennya juga sangatlah banyak. Untuk menghandle seluruh konsumen yang ada di dunia. Maka Ebay menggunakan chatterbot untuk mempermudah memberikan pelayanannya. Dari sanalah perusahaan ini masih tetap bisa mempertahankan seluruh bisnisnya walaupun dalam kondisi yang sangat sulit sekalipun.

Penyalahgunaan Chatterbot

Dengan perkembangannya yang cukup cepat ternyata chatbot juga sering dipergunakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Contoh sangat jelas adalah dengan adanya program chatterbot spam dibeberapa website. Mungkin bentuknya hampir sama dengan kebanyakan chatterbot yang ada di dunia maya.

Tapi isi didalam chatterbot tersebut akan terus berulang dan cenderung memancing pengunjung untuk mengklik tautan yang diberikan. Memang dampak dari perkembangan teknologi selalu memiliki dua belah bagian. Yaitu menguntungkan dan merugikan, tinggal bagaimana kita dalam menyikapi perkembangannya saja.

Jangan sampai mempergunakan chatbot ini untuk melakukan berbagai tindakan yang dapat merugikan sebuah pihak. Sebab anda dapat dituntut oleh perundang-undangan IT. Pemerintah juga sudah mengatur secara efisien segala hal yang berhubungan dengan IT oleh karena itu sebagai pengguna anda harus bisa lebih berhati-hati.

Perbaikan Yang Terjadi Setiap Tahunnya

Untuk meningkatkan kualitas dari chatbot ini banyak sekali perlombaan yang diselengarakan oleh berbagai negara. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan chatterbot yang lebih berkomunikasi secara efisien dengan manusia. Sehingga nantinya bisa diaplikasikan untuk kepentingan perusahaan maupun industri dengan efisien.

Para perancang perangkat lunak juga seringkali mengikuti kompetisi ini. Untuk menunjukkan hasil temuan dan pengembanngannya. Semakin berkembang saja chatterbot ini, apakah perusahaan anda adalah salah satu yang telah menggunakan chatterbot untuk memenuhi keperluaan pelayanan?. Maka jika seperti itu anda juga harus menerapakan berbagai aplikasi yang akan menunjang kemajuan perusahaan.

Aplikasi dari Jojonomic adalah sebuah perangkat lunak yang akan mampu menunjang perkembangan perusahaan secara real time tanpa basa basi. Jadi penggunaan perangkat lunak berbagai jenis ini akan otomatis memudahkan seluruh keperluan anda. Apa saja perangkat lunak yang tersedia tersebut. Semuanya bisa dialokasikan untuk kepentingan perusahaan dan salah satunya adalah JojoPayroll.

JojoPayroll Untuk Optimalisasi Penggajian Perusahaan

Dari banyaknya perangkat lunak yang Jojonomic yang bisa digunakan oleh perusahaan JojoPayroll. Adalah sebuah perangkat lunak yang sangat berguna. Fungsinya adalah untuk menghandle seluruh kebutuhan payroll perusahaan. Mulai dari integrasi pembayaran harian kepada payroll bulanan melalui absensi.

Sampai laporan payroll bulanan bisa dibuat secara otomatis oleh JojoPayroll. Cukup efisien untuk segala jenis perusahaan, ketika anda sudah ingin mulai mengembangkan perusahaan. Maka penggunaan perangkat lunak ini sangat dianjurkan sekali. Terlebih lagi penggunaan berbagai aplikasi kantor memang dibutuhkan pada zaman ini untuk bisa memenangkan persaingan.

Terakhir keunggulan JojoPayroll adalah dengan elektronisasi slip gaji karyawan. Serta berbagai kebutuhan informasi terkait payroll lainnya. Jadi tidak akan ada lagi pemberian informasi terkait gaji yang terbatas oleh kertas. Pengeluaran perusahaan juga bisa ditekan seefisien mungkin ketika sudah menggunakan perangkat lunak ini.

Mulai tingkatkan manajemen payroll perusahaan dengan menggunakan demo dari JojoPayroll sekarang juga. Dapatkan trial ini dengan melalui download pada situs Jojonomic sekarang juga. Jadikan perusahaan anda meningkat secara pesat setelah penggunaan perangkat lunak ini. Rasakan manajemen payroll tanpa ribet.