Pengertian Coding Adalah? Fungsi Beserta Manfaat Bagi Pemula

coding adalah

Belakangan ini, marak perbincangan mengenai coding adalah? Nah, masalahnya tidak semua orang awam mengetahui tentang coding, bukan? Coding biasanya dilakukan oleh developer atau programmer. Jadi, tidak mengehrankan jika istilah yang satu ini terdengar keren di telinga banyak orang. Sebab, tidak semua orang mampu membuat sebuah program, bukan? Namun, ternyata istilah ini bisa dikenali dan dimengerti oleh orang lain, kok. Untuk itu, kali ini akan dibahas mengenai coding, pengertian dan manfaatnya.

Bagaimana Menjelaskan Istilah?

Jika menerjemahkan tentang pemahaman mengenai coding, maka kita harus tahu terlebih dahulu kegunaannya. Coding merupakan bahasa komputer. Tidak sama seperti manusia biasa, komputer hanya berkomunikasi melalui sederetan angka atau kode-kode yang dinamakan bahasa pemograman. Jika dilihat, bahasa mesin ini bahkan lebih sederhana.

Yakni tersusun dari dua angka biner, yaitu angka 1 dan 0. Menggunakan angka biner ini tentunya mampu menerjemahkan perintah untuk dilakukan oleh mesin. Sayangnya, perintah ini membutuhkan waktu yang lama untuk diproses oleh mesin tersebut. Oleh karena itu, terciptalah coding.Jadi, secara sederhana coding ini merupakan aktivitas untuk merangkai dan menulis serangkaian kode program di komputer. Sehingga, komputer, software atau mobile kita bisa mengerti apa yang kita perintahkan. Dengan itu, perangkat tersebut akan meneruskan kode dengan aksinya.

Bagaimana Bahasa Pemrograman?

Nah, karena pada dasarnya coding tersebut adalah bahasa pemrograman atau bahasa yang dimengerti oleh perangkat elektronik. Untuk menggunakannya, tentu kita harus mengerti bagaimana bahasa pemrograman tersebut terlebih dahulu, bukan? Bahasa pemrograman ini sendiri ada banyak jenisnya. Jika ingin mengetahuinya, maka kita juga harus tahu terlebih dahulu untuk apa kita menggunakannya. Beberapa jenis bahasa pemrograman yang umum ditemukan adalah :

  • Java
  • JavaScript
  • Dart
  • C++
  • PHP
  • Phyton
  • Ruby
  • Kotlin

Perbedaan bahasa pemrograman ini ada dalam bentuk penulisannya, hal ini dikenal dengan istilah sintaks. Keunikan perbedaan penulisan bahasa pemrograman ini bisa diartikan menjadi :

  • Perintah yang diberikan oleh sang programer untuk diprint oleh perangkat.
  • Bahasa yang ditujukan oleh programer agar dimengerti oleh sistem.
  • Menyuruh sistem menampilkan apa yang mereka tulis pada layar perangkat.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Sintaks atau penulisan coding ini adalah hal yang sangat perlu diperhatikan dengan baik. Sebab, bahasa pemograman yang anda buat tidak bisa di compile jika tidak ditulis dengab baik. Karena setiap jenis bahasa pemograman memiliki aturan penulisan yang berbeda-beda.

Apakah Belajar Coding Ini Sangat Sulit?

Jika suatu ketika kamu tertarik dan ingin mempelajari coding, pasti kamu akan penasaran apakah sesulit yang dibayangkan banyak orang? Padahal sejatinya belajar bahasa pemograman ini cukup menyenangkan dan tidaklah sesulit itu. Bahkan, tidak sedikit programmer yang berhasil belajar hanya dengan pembelajaran online, mengikuti kursus atau bahkan secara otodidak. Hal ini terkait banyaknya sumber pembelajaran yang mudah diakses di era kemajuan teknologi. Bahkan, setelah kamu mengerti kamu bebas untuk menggunakannya di berbagai sistem.

Kamu bisa memilih berbagai sumber untuk mendapatkan ilmu tentang bahasa program. Misalnya memang membeli buku khusus untuk materi tersebut. Atau mencari sumber referensi secara online. Tapi ingat, carilah sumber yang memang benar-benar terpercaya. Untuk pemula, ada beberapa rekomendasi bahasa pemograman yang bisa dengan mudah dipelajari, yaitu :

1. Ruby

Kemudahan belajar bahasa pemograman Ruby ini seringkali dirasakan oleh para pemula. Memang, sejatinya bahasa program yang satu ini dirancang oleh sang kreator agar mudah dipahami semua orang. Bahkan, untuk memahami dasarnya tidak membutuhkan waktu lebih lama dari 1 jam saja.

2. Phyton

Kamu juga mungkin tertarik belajar tentang bahasa pemograman yang sudah berumur ini. Jenis yang satu ini tergolong pendahulu coding. Sebab, sudah dikembangkan semenjak tahun 1980 silam. Gaya penulisan pemograman ini terlihat secara prosedural ataupun mengacu pada kegunaan secara fungsional.

3. Java

Bahasa pemograman ini sangat terkenal. Bahkan, digunakan di dalam banyak sistem, seperti video game, desktop hingga beragam aplikasi android. Jadi, kamu bisa mencobanya untuk banyak pilihan variasi sistem loh. Dan tentu saja, sedikit lebih mudah dipahami jika dibandingkan dengan bahasa pemograman yang lain.

EAP Program

Mengapa Memilih Belajar Coding?

Tentu saja ada banyak alasan yang membuat orang terjun dan mempelajari sesuatu. Salah satunya belajar tentang coding ini. Diantara banyak alasan, berikut beberapa alasan utama mengapa seseorang belajar bahasa pemrograman, yaitu:

1. Bekerja Di Rumah

Bukan hal yang aneh lagi jika banyak yang menyukai pilihan bekerja di rumah. Sebab, kita bisa bersantai, melakukan pekerjaan kapan saja serta tidak terkait dengan aturan dan baju wajib. Nah, di rumah juga merupakan tempat nyaman tidak perlu takut akan masalah jam kerja dan standar pekerjaan resmi lainnya. Jika kamu mulai mahir dalam mengetahui bagaimana menjalankan program dengan coding maka kesempatan bekerja di rumah kian terbuka lebar. Bagaimana tidak, ada banyak perusahaan teknologi yang memperkerjakan programmer mereka di rumah.

2. Jenjang Karir Pengetahuan Coding Adalah

Di zaman yang kental akan kebutuhan dan perkembangan teknologi ini tentu pekerjaan programmer menjadi salah satu pilihan jenjang karir yang cemerlang. Untuk itu, tidak jarang banyak yang berlomba-lomba berusaha untuk memahami bagaimana menimba ilmu dan menghasilkan skill programming yang mumpuni. Tidak ayal juga gaji yang didapatkan jauh lebih tinggi.

3. Menciptakan Teknologi Baru Melalui Coding

Nah, bukan hal yang aneh lagi jika programmer adalah salah satu pelopor berdirinya banyak teknologi terkini dan bermanfaat. Melalui coding ada banyak terobosan baru yang pastinya menjadi jawaban atas solusi banyak permasalahan orang-orang di dunia. Jadi, jika anda hobi menemukan hal baru yang bermanfaat maka tidak ada salahnya mencoba belajar programming ini.

4. Berpikir Secara Logis

Tidak jarang juga, belajar bahasa pemograman ini juga membuat seseorang lebih kritis dan mampu mengasah logikanya. Sebab, seperti yang sudah kita bahas di atas. Coding memerlukan penulisan yang teliti. Berfungsi atau tidaknya code yang anda tulis tergantung dari seberapa pemahaman anda. Jika salah sedikit saja, maka tidak akan menghasilkan perintah sistem yang anda inginkan. Bahkan tak jarang menghasilkan perintah yang berbeda dari yang seharusnya dilakukan oleh sistem tersebut.

Kesimpulan

Nah, bagaimana? Sangat unik dan menantang jika belajar coding ini bukan? Apalagi jika kamu adalah pemula yang sama sekali tidak punya background pendidikan programming. Jika kamu bisa menaklukkan bahasa pemrograman tersebut maka kamu bisa membuat aplikasi atau program yang berguna. Misalnya saja sistem yang memudahkan pengelolaan keperluan perusahaan. Seperti produk dari JojoPayroll. Dimana kamu yang menggunakannya tidak perlu takut lagi akan sistem gaji karyawan.

JojoPayroll ini memudahkan transfer pembayaran gaji secara otomatis bahkan ke lebih dari 150 akun bank di Indonesia. Tidak hanya itu, karyawan juga mudah mendapatkan slip gaji yang akan dikirimkan tepat waktu. Sistem perhitungan kehadiran karyawan untuk menentukan gaji bulanan juga sudah otomatis. Jadi tidak perlu takut lagi jika ada ketidakhadiran seperti sakit, cuti atau bahkan tanpa keterangan sekalipun.

Nah, mudah dan bermanfaat bukan? Yuk cobain JojoPayroll ini sekarang!