Community Marketing : Pengertian, Jenis, dan Strateginya

Community Marketing

Pemasaran digital masih dianggap sebagai strategi paling efektif, sehingga brand dapat menarik audiensnya, seperti Community Marketing yang brand sekarang sedang mempertimbangkan/berjalan untuk membuat berbagai aktivitas offline untuk mendekatkan mereka ke pasar sasaran.

Misalnya dengan membuat kegiatan rutin yang dapat mengundang target pasar untuk berpartisipasi, sehingga peserta dapat memahami dan memperoleh produk yang ditawarkan atau strategi lain yang mulai diterapkan oleh banyak brand.

Saat ini, semakin banyak merek yang menyadari bahwa komunitas adalah faktor dasar bagi brand untuk menyampaikan informasi secara efektif. Merek juga dapat memperoleh banyak keuntungan ketika menerapkan strategi Community Marketing, seperti mampu menyebarkan informasi merek secara lebih efektif dan memperluas cakupan penerimaan informasi, serta mempercepat transmisi informasi ke pasar sasaran.

Menjadi bagian dari masyarakat merupakan kebutuhan dasar, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Dengan berkembangnya media sosial dan pemasaran komunitas, tidak sulit menjadi bagian dari komunitas. Misalnya, halaman Nike di Facebook memiliki lebih dari 33 juta suka dan pengikut.

Beberapa dari 33 juta orang ini dapat menggunakan layanan dukungan eksklusif, kutipan inspirasional, foto, video, dan konten menarik lainnya. Terlihat bahwa Nike memiliki hak akses dan fleksibilitas untuk membentuk persepsi khalayak melalui konten yang dibuatnya.

Konsep Community Marketing

Community Marketing

Kegiatan pemasaran yang disebut 4P (produk, price (harga), place (lokasi), promosi) kini dapat dilakukan dalam berbagai format. Apalagi dari segi tempat, sekarang ini biasa disebut dengan Community Marketing. Hal tersebut dilakukan oleh berbagai merek, dan kegiatan tersebut dibarengi dengan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh kegiatan perusahaan atau tanggung jawab sosial merek.

Misalnya, kegiatan “Desa AIA” dan “Kampung Indochina”. Keduanya menjalankan kegiatan strategi community marketing dengan berpartisipasi langsung di wilayah yang dipilih. Memberikan dukungan kepada warga sekitar untuk melakukan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness dan merupakan cara cepat untuk membangun loyalitas merek, yang pada akhirnya memengaruhi penjualan. Salah satu cara yang tersedia untuk memungkinkan bisnis tumbuh secara berkelanjutan adalah dengan membuat strategi pemasaran komunitas. Konsep ini merupakan strategi pemasaran yang fokusnya secara langsung maupun tidak langsung memenuhi kebutuhan pelanggan yang sudah ada.

Pengertian Community Marketing

Community Marketing

Community Marketing adalah strategi yang bertujuan untuk membangun citra brand yang menarik dan berinteraksi dengan komunitas konsumen yang mapan. Jenis pemasaran ini biasanya dilakukan di media sosial dimana komunitas berkumpul. Grup facebok, halaman facebook, akun bisnis Instagram, akun bisnis Twitter Twitter adalah contoh tempat berkumpulnya komunitas.

Komunitas sering dibentuk oleh karena sebuah produk. Gadget (smartphone, tablet, laptop, dll.) dan kendaraan bermotor (sepeda motor, mobil, dsb) seringkali menjadi pemicu munculnya komunitas baru. Komunitas-komunitas ini menjadi tempat di mana anggotanya memenuhi kebutuhan mereka atau menyelesaikan masalah mereka. Selain itu, komunitas juga menjadi tempat perusahaan menjawab pertanyaan, keluhan, kritik, atau komentar dari anggota komunitas.

Community Marketing merupakan strategi yang melibatkan merek atau perusahaan yang berinteraksi dengan sekelompok orang dengan semangat yang sama, dan interaksi ini biasanya dilakukan dalam lingkungan online, seperti grup media sosial, situs blog yang ditargetkan atau papan pesan online dan forum.

Hubungan Community Marketing dan Brand

Community Marketing

Seperti yang disebutkan di atas, membangun komunitas dalam lingkungan online pada akhirnya memungkinkan merek untuk membangun hubungan penting dengan pelanggannya, sehingga membangun hubungan jangka panjang dan kuat di antara mereka. Namun di sisi lain, percakapan online terkadang membawa pelanggan pada risiko kehilangan kepribadian merek mereka.

Oleh karena itu, brand harus meningkatkan upayanya dengan memberikan interaksi personal dengan masyarakat. Hal ini membuat brand juga perlu mengonversi percakapan email atau komentar menjadi interaksi offline. Sejatinya, sinergi antara komunitas online dan offline sangat penting bagi brand untuk terus menjaga hubungan baik dengan pelanggan sehingga bisa semakin loyal terhadap brand tersebut.

Misalnya, Community Marketing memiliki tujuan pemasaran lain, yaitu memperoleh pelanggan baru, pelanggan potensial baru, atau meningkatkan penjualan. Namun pada kenyataannya, fokus utama dari penerapan strategi ini adalah mendengarkan kebutuhan dan kebutuhan pelanggan.

Community Marketing semacam ini adalah cara ampuh untuk mendorong hubungan dua arah antara bisnis kita dan audiens kita sehingga merek dapat memperoleh informasi penting tentang preferensi pelanggan dan perilaku pembeli. Pemasaran komunitas juga akan membuat pelanggan merasa dihargai dan dihargai oleh merek.

Pada akhirnya, komunitas ini dapat menjadi penyokong merek terbesar, dan merek-merek ini akan sangat membantu dalam memasarkan produk melalui review dan rekomendasinya, yang dapat membentuk reputasi yang kuat di masyarakat.

Strategi Community Marketing

rating

Bagi mereka yang tertarik menerapkan strategi Community Marketing, berikut beberapa tips untuk memastikan Anda dapat menerapkannya dengan tepat.

  1. Tentukan apa yang ingin Anda capai dan jelaskan kepada pelanggan yang bergabung dengan komunitas.
  2. Gunakan peran media sosial untuk berinteraksi dengan pelanggan dan memantau tanggapan anggota komunitas.
  3. Pastikan merek Anda memiliki citra yang konsisten di berbagai platform.
  4. Bangun hubungan yang dekat dan dapat dipercaya dengan pelanggan.
  5. Pelajari cara melacak bisnis yang sedang berjalan.
  6. Evaluasi apakah penerapan strategi pemasaran komunitas sudah benar.
  7. Biarkan Community Marketing beroperasi secara mandiri.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jenis Community Marketing

Fokus Community Marketing adalah untuk mengidentifikasi komunitas yang secara alami menarik melalui merek, ide, produk, atau layanan perusahaan. Setelah itu, fokuskan energi dan sumber daya Anda untuk memupuk pertumbuhan komunitas. Ada dua jenis komunitas pemasaran, yaitu:

Organik

Community Marketing organik, yang disebut earned marketing, diciptakan tanpa bantuan merek. Komunitas akan bekerja keras untuk membangun koneksi dan memperkuat hubungan antar anggota komunitas untuk membangun loyalitas pelanggan.

Komunitas organik ini dapat memberikan nilai positif dan negatif. Oleh karena itu, para pemilik merek juga perlu memonitor pembahasan tersebut untuk mengetahui kapan produknya tidak memenuhi ekspektasi masyarakat.

Sponsor

Perusahaan berpartisipasi langsung dalam komunitas pemasaran sebagai sponsor. Perusahaan dapat mendukung dan memajukan kesejahteraan komunitas tertentu di masyarakat, yaitu dengan membayar waktu atau uang. Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.

Memantau interaksi pelanggan juga penting. Kita dapat berpartisipasi dalam aktivitas interaktif ini untuk menjawab pertanyaan dan kekhawatiran pelanggan, dan memberi mereka informasi merek yang penting. Dengan cara ini, loyalitas pelanggan dapat ditingkatkan.

Kesimpulan

Jika kedua metode pemasaran ini digunakan dengan benar (Organik dan Sponsor), hubungan baik antara merek dan konsumen akan terjalin atas dasar loyalitas dan kepuasan pelanggan dan tentunya bisnis Anda akan berkembang. Untuk itu, segera Integrasikan Community Marketing situs web online Anda dengan gateway pembayaran sehingga Anda dapat menerima pembayaran langsung bersama komunitas di situs web Anda.

JojoPayroll adalah payment gateway terbaik di Indonesia dan dapat membantu perkembangan bisnis Anda. Dengan gateway pembayaran JojoPayroll, semua transaksi online Anda akan berjalan otomatis tanpa konfirmasi manual.

JojoPayroll juga menggunakan CyberSource API yang merupakan perusahaan pengelola pembayaran terbesar di dunia di bawah VISA. Oleh karena itu, mulai dari keamanan dan kenyamanan bertransaksi, bisnis Anda akan mendapatkan nilai di mata konsumen.

Daftar sekarang untuk menikmati layanan uji coba gratis JojoPayroll yang memiliki fitur lengkap, dukungan penuh dari tim Jojonomic, dan kemampuan konversi dengan mudah untuk mengaktifkan akun pemilik bisnis.