Mengelola dan Menentukan Company Goals yang Efektif

Sebuah perusahaan yang dibangun pasti mempunyai tujuan atau goals tersendiri, dan dalam mengelola company goals, pastinya mengalami beberapa ketidakpastian atau uncertainty, yang menyebabkan kegiatan yang dijalankan tidak berjalan sesuai rencana dan harus mengubah planning untuk mencapai goals tersebut. Supaya goals tetap tercapai, dibutuhkan pengelolaan company goals, dan beberapa aktivitas atau langkah-langkah untuk mencapai goals tersebut.

Tentang Company Goals

Setiap perusahaan tentunya memiliki tujuan yang besar. Untuk mencapai goals atau tujuan tersebut, dibutuhkan kinerja yang baik dari masing-masing individu dan juga divisi yang memiliki target tersendiri. Jika target masing-masing individu ataupun divisi tercapai, maka akan semakin dekat dalam mencapai tujuan besar perusahaan.

Company goals atau tujuan perusahaan merupakan suatu hal penting yang berisi tujuan atau sasaran bisnis yang diharapkan untuk perusahaan dalam periode tertentu. Company goals ini digunakan untuk menetapkan prioritas serta agar memiliki keunggulan kompetitif yang unggul. Dan seiring dengan berkembangnya perusahaan, maka tujuan tersebut bisa saja berubah dan berkembang. Sehingga company goals perlu dikelola dan dievaluasi secara berkala.

Perusahaan bisa menetapkan tujuan perusahaan secara general maupun spesifik untuk individu ataupun divisi tertentu. Dan goals ini tidak selalu berisi bagaimana cara menapai tujuan tersebut, namun juga membahas strategi dan manajemen strategi untuk mencapai apa yang diinginkan perusahaan.

Manfaat menentukan Company Goals

Goals atau tujuan tersebut biasanya mewakili visi dan misi dari perusahaan yang akan mempengaruhi tindakan perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut. Ada beberapa alasan mengapa menentukan company goals itu penting bagi perusahaan, yaitu diantaranya adalah :

  • Bisa digunakan sebagai cara untuk mengukur kesuksesan
  • Goals perusahaan yang tinggi akan mendorong kepercayaan diri yang tinggi. Karena karyawan akan merasa terdorong dengan standar kinerja yang semakin tinggi, dan pencapaian yang diraih akan semakin memukau seiring berjalannya waktu.
  • Digunakan untuk menjaga karyawan agar memahami tujuan perusahaan secara keseluruhan
  • Memberikan pemahaman yang jelas kepada karyawan tentang bagaimana pengambilan keputusan dan kinerja untuk mencapai tujuan perusahaan
  • Goals perusahaan yang tinggi dan luas akan menciptakan rasa stres bagi pelaksananya. Namun hal ini akan mendorong seseorang untuk menjadi lebih profesional karena otak akan terstimulasi untuk berpikir lebih luas dan memikirkan metode atau strategi baru yang semakin bagus diluar zona nyaman. Sehingga hal ini sangat baik untuk pertumbuhan dan produktivitas.
  • Memastikan bahwa perusahaan berada pada jalan yang benar untuk menggapai tujuan
  • Goals bisa membantu individu dan kelompok bertumbuh. Karena jika sudah mengetahui tujuan yang diinginkan, maka individu akan muncul keinginannya dalam penyelesaian tugasnya, yang akan berpengaruh kepada divisi dan juga perusahaan.

Perbedaan Company, Unit, dan Individual Goals

Perusahaan akan berkembang jika karyawan atau sumber daya manusia di dalamnya juga berkembang. Dan perkembangan itu akan muncul karena keinginan untuk mencapai goals atau tujuan. Sebuah perusahaan memiliki general goals yang akan didukung oleh karyawan sebagai operasional perusahaan.

Dalam sebuah company goals, terdapat unit goals dan individual goals. Jika company goals adalah tujuan besar perusahaan, maka unit goals adalah tujuan yang harus dicapai pada tingkat unit atau divisi. Sedangkan individual goals adalah tujuan dari masing-masing individu atau karyawan dalam sebuah divisi.

Karyawan atau indiidu yang diberikan pemahaman tentang tujuan divisi, akan berusaha mencapai tujuan individunya yang ditetapkan berdasarkan keterampilan yang dimilikinya yang mengacu pada tujuan perusahaan. Karena individual goals akan berpengaruh pada unit goals.

Penetapan dari unit goals dilakukan berdasarkan tujuan perusahaan. Sebagai contoh, company goals sebuah perusahaan skincare adalah menjadi produk skincare yang populer di kalangan milenial anak muda. Nah divisi marketing pada perusahaan tersebut akan menetapkan tujuan berupa peningkatan tampilan, kandungan, dan penjualannya di kalangan anak muda untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut. Sehingga dengan begitu, seluruh pihak yang ada dalam suatu perusahaan akan berusaha dan berjalan bersama menuju tujuan perusahaan yang sama.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Langkah-langkah Mencapai Goals

Mencapai sebuah tujuan pastinya merupakan impian setiap individu maupun perusahaan. Akan tetapi dalam mencapai tujuannya, tidak selalu berjalan sesuai keinginan. Pastinya ada beberapa faktor eksternal maupun internal yang bisa menghambat untuk pencapaian tujuan tersebut. Namun, ada beberapa langkah yang mungkin bisa dilakukan untuk mencapai goals tersebut. Beberapa langkah tersebut yaitu :

1. Menganalisis

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan besar di masa depan adalah menganalisis posisi perusahaan saat ini. Seorang pelaku usaha harus memeprkirakan apa yang perlu dilakukan, ada di posisi mana perusahaan saat ini, dan apa resiko yang nantinya bisa dihadapi.

2. Menentukan

Semua perusahaan pasti menginginkan kesuksesan dan lebih baik dari masa sekarang. Untuk mencapai goals yang lebih tinggi, maka harus segera ditentukan bagaimana cara untuk mencapai semua goals yang telah ditetapkan. Jika sudah mencapainya, tentukan goals yang lebih tinggi sehingga bisa mengembangkan perusahaan menjadi lebih tinggi lagi.

3. Memperkirakan

Aturlah goals-goals yang urgent atau harus diselesaikan terlebih dahulu. Prioritaskan tujuan yang harus segera dicapai, perkirakan waktu untuk mencapai goals tersebut.

4. Bertanggungjawab

Ketika telah memutuskan goals tertentu, maka perusahaan harus bertanggungjawab dengan tetap konsisten dan fokus dalam pencapaiannya. Karena jika tidak konsisten dan berubah-ubah, maka tujuan akan sulit tercapai dan perusahaan tidak bisa berkembang dengan baik.

5. Kepuasan

Untuk mencapai suatu tujuan tertentu, pastinya membutuhkan waktu untuk dicapai. Dan kadangkala ketika tujuan tercapai namun dalam jangka waktu yang sangat lama, maka tidak tercipta kepuasan. Untuk itu ketika telah mencapai suatu tujuan, lihatlah kembali dan fokus pada proses dan kebaikan ketika mencapai tujuan tersebut, dan temukan kepuasannya.

6. Belajar

Ketika tujuan sudah ditetapkan dan dijalankan, namun gagal dan tidak sesuai harapan, hal itu bukanlah kegagalan yang sebenarnya, namun perlu belajar dari semua itu. Karena dengan kegagalan, bisa melihat bagian mana atau proses mana yang bisa menyebabkan kegagalan. Sehingga bisa diperbaiki di proses selanjutnya dan nantinya bisa mencapai tujuan atau goals yang diharapkan.

7. Mulai lagi

Ketika goals tidak tercapai, apalagi untuk perusahaan baru, janganlah menyerah, namun mulai lagi dari awal. Persiapkan secara matang, fokus pada prosesnya dan juga kepada tujuan perusahaan yang ingin dicapainya.

Hal Penting dalam Mencapai Company Goals

Setelah mengetahui langkah-langkah mencapai tujuan perusahaan, pastinya kadangkala bisa saja merasa belum maksimal dalam mencapai target. Ada beberapa hal yang patut dipikirkan ulang jika perasaan itu muncul, yaitu :

  • Terpakan strategi usaha yang tepat dan walaupun tidak langsung berhasil, tetaplah konsisten dengan strategi yang dibuat tanpa mengesampingkan evaluasi.
  • Hilangkan kebiasaan buruk dalam bekerja yang bisa menghalangi keberhasilan sebuah tim dalam mencapai target perusahaan.
  • Mulailah dengan target kecil harian, karena kesuksesan besar pasti selalu dimulai dari kesuksesan kecil yang konsisten dan terus menerus
  • Bersahabatlah dengan kegagalan. Karena suatu kesuksesan pasti dicapai karena telah mengalami kegagalan. Jadikanlah kegagalan menjadi pelajaran dan jadikan kekuatan agar menjadi lebih solid dan kuat.
  • Lakukanlah manajemen waktu untuk kerja yang lebih efektif dan efisien untuk pencapaian target perusahaan.

Kesimpulan

Company goals atau tujuan perusahaan adalah suatu hal yang penting dan harus ada dalam suatu perusahaan agar perusahaan bisa berkembang, unggul, dan kompetitif. Dan pencapaian tujuan perusahaan tentunya didasari karena adanya pencapaian individu dan divisi.

Nah ketika perusahaan mencapai tujuan, pasti mendatangkan keuntungan perusahaan. Keuntungan tersebut bisa berupa aset maupun berkaitan dengan keuangan, yang pastinya harus dikelola agar keuangan perusahaan terstruktur. Saat ini, terdapat cara yang termudah untuk melakukan pengelolaan keuangan, yaitu dengan menggunakan aplikasi Jojo Expense.

Jojo Expense adalah software yang bisa mengelola pengeluaran perusahaan, mengontrol anggaran hingga memudahkan proses pengajuan reimbursement karena dapat dilakukan secara online tanpa harus mengisi berkas-berkas. Dengan aplikasi ini, seluruh manajemen perusahaan dapat dilakukan dengan cara yang lebih praktis dan efisien.

Jadi tunggu apalagi? Yuk segera coba dan gunakan Jojo Expense , dan rasakan kemudahannya dalam pengelolaan keuangan perusahaan.