Competitor Research Dan Peranannya Dalam Bisnis Perusahaan

competitor analysis

Competitor research sering pula disebut dengan istilah lainnya yaitu competitor analysis. Istilah ini sebenarnya merujuk pada suatu cara atau upaya dalam melakukan pengumpulan dan proses identifikasi serta membandingkan apa yang dilakukan oleh kompetitor bisnis Anda. jadi secara singkat bisa dikatakan bahwa istilah ini mengacu pada suatu cara atau upaya untuk mengetahui SWOT dari kompetitor.

Kegunaan Competitor Research

Menghadirkan perbedaan

Dengan adanya cara untuk mengetahui SWOT kompetitor maka Anda bisa mengetahui perbedaan antara produk Anda dengan milik kompetitor. Jadi Anda bisa mengukur nilai dari produk Anda. Apakah produk Anda ini sudah bisa dikatakan kreatif dan inovatif ataukah belum. Dengan melakukan analisis terhadap kompetitor maka Anda juga bisa menganalisis perbedaan yang ada di antara bisnis Anda dan kompetitor.

Mengetahui solusi

Anda juga bisa memahami secara lebih jauh mengenai jenis dan juga alur dari sebuah solusi yang akan diambil. Umumnya solusi ini diambil dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis Anda. Khususnya bagi startup atau bagi perusahaan yang baru saja didirikan atau baru berdiri. Maka Anda bisa mengevaluasi solusi yang saat ini sudah ada.

Pemanfaatan Yang Optimal

  • Perumusan product requirement

Sebenarnya Anda bisa melakukan upaya untuk melakukan perbandingan antara produk Anda dan produk milik kopetitor kapan saja Anda menginginkannya. Sebab hal ini memang perlu untuk dilakukan agar Anda bisa memahami kelemahan produk dan bisnis Anda. Upaya untuk melakukan perbandingan bisnis antara milik Anda dengan milik kompetitor ini juga bisa membantu Anda untuk menentukan tujuan dan sistem yang digunakan pada bisnis Anda. Oleh karena itu Anda bisa melakukan hal ini sebagai tahapawal dari bisnis Anda. Pada tahap ini Anda bisa menentukan target bisnis Anda. Hal ini juga bisa dilakukan untuk menentukan produk dalam pengembangan bisnis Anda.

  • Sebelum redesign

Competitor research atau competitor analysis juga menjadi hal yang bisa dilakukan dengan tujuan untuk melakukan perubahan pada bisnis Anda. Sebuah perubahan memang harus dilakukan untuk produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda. Sebab perubahan tersebut bisa mengembangkan bisnis Anda. Dengan adanya perbandingan pada kompetitor maka Anda bisa menilai apakah produk bisnis Anda perlu ditingkatkan atau tidak. Sebab pada umumnya konsumen memerlukan sebuah produk yang semakin berkembang. Produk perlu dikembangkan dengan berbagai inovasi sehingga produk menjadi semakin bervarian. Hal ini tentunya akan semakin menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian produk Anda. Terlebih lagi jika produk tersebut mengalami perkembangan ke arah yang diharapkan oleh konsumen.  

  • Kompetitor melakukan perubahan

Kompetitor bisa saja mengembangkan produknya karena adanya inovasi yang semakin kreatif. Hal ini berarti pula bahwa kompetitor telah melakukan suatu perubahan terhadap produk dan bisnisnya. Anda mungkin bisa melakukan analisis terhadap kompetitor. Misalnya saja Anda mempelajari alasan mengapa kompetitor melakukan perubahan terhadap bisnisnya. Dengan melakukan analisis tersebut maka Anda bisa mempelajari berbagai hal mengenai bisnis yang sedang Anda geluti. Setidaknya Anda bisa belajar dari kompetitor mengenai berbagai perubahan yang harus dilakukan untukbisa mengembangkan bisnis. Menganalisis perubahan yang dilakukan oleh kompetitor juga bisa mendorong Anda untuk melakukan berbagai hal positif lainnya. Salah satunya ialah melakukan antisipasi terhadap perubahan yang akan dilakukan oleh kompetitor sehingga bisnis Anda tidak akan mengalami kekalahan dalam persaingan.

Cara Melakukan Competitor Research

  • Menentukan tipe competitor analysis

Langkah awal yang bisa Anda lakukan dalam melakukan competitor analysis adalah dengan mengetahui berbagai jenis dari competitor analysis itu sendiri. Umumnya hal ini dibedakan menjadi dua. Yang pertama adalah desk research atau remote research. Dalam hal ini Anda bisa melakukan analisis dengan melalui jurnal dan internet serta media lainnya. Sedangkan jenis kompetitor yang kedua adalah talk to user. Dalam hal ini Anda bisa melakukan analisis dengan cara berbicara secara langsung kepada uer aslinya. Dengan mengetahui jenis kompetitor ini maka Anda bisa memperkirakan waktu yang tepat untuk melakukan analisis.

  • Mencari tau hal yang akan dianalisis

Jika Anda telah menentukan jenis kompetitor maka langkah selanjutnya adalah Anda harus mencari tau mengenai berbagai hal yang perlu dianalisis. Carilah hal yang akan diidentifikasi dan dibandingkan. Untuk mendukung hal ini maka sebaiknya Anda menentukan parameter dan matriks dari berbagai hal yang ingin Anda ketahui. Biasanya perbedaan yang dicari antara bisnis milik diri sendiri dengan milik kompetitor meliputi perbedaan fitur dan alur bisnis. Selain itu kelebihan dan kekurangan masing-masing journey juga dipelajari lebih lanjut agar bisa menjadi bahan analisis. Jika memang Anda telah menemukan kelebihan dan kekurangan masing-masing maka selanjutnya Anda bisa mencari informasi mengenai dampak dari perbedaan yang ada.

  • Melakukan tindakan

Kelebihan dan kekurangan pada setiap bisnis dan perusahaan sudah tentu ada. Maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempelajari kelebihan dan kekurangan kompetitor agar Anda bisa menaikkan nilai produk Anda. Jika memang telah didapatkan perbedaan kelebihan dan kekurangan antara bisnis Anda dengan milik kompetitor maka selanjutnya adalah melakukan tindakan. Dalam tindakan atau action inilah Anda akan dituntut untuk memberikan kesimpulan dari apa yang telah didapatkan selama melakukan proses analisis. Tindakan atau action ini menjadi langkah terakhir dalam tahap competitor research atau competitor analysis. Dengan adanya hasil kesimpulan inilah maka Anda bisa mempelajari secara lebih lanjut mengenai potensi dan peluang kompetitor dalam dunia bisnis.

Pentingnya Competitor Research

Competitor research jika ditelusuri secara lebih lanjut tidak hanya terpaku pada analisis mengenai perilaku kompetitor saja. Tetapi secara lebih lanjut hak ini juga bisa Anda gunakan untuk mengukur perkembangan bisnis Anda. Terutama dalam hal pengeluaran produk untuk para konsumen. Sebuah bisnis memang sebaiknya terus berjalan dan berkembang sehingga bisa memberikan dampak yang baik bagi masyarakat sekitar. Namun untuk mengetahui perkembangan bisnis Anda tentu diperlukan kehadiran kompetitor. Maka perkembangan bisnis bisa diukur dengan lebih tepat yaitu melalui adanya perbedaan antara bisnis Anda dengan milik kompetitor. Tentunya penempatan competitor research yang tepat akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis yang tepat sasaran.

Tentunya memperhatikan competitor research ini sama pentingnya dengan memilih sistem keuangan terbaik untuk perusahaan. Misalnya melalui penggunaan JojoExpense. Berkat produk tersebut maka sistem keuangan perusahaan dapat diatur lebih optimal. Mulai dari proses reimburse, hingga melakukan perhitungan laba rugi dan rincian pemasukan maupun pendapatan. Tentu saja ini semua berkat fitur andalan dari JojoExpense, misalnya fitur monitoring laporan keuangan, hingga fitur pengaturan budget keuangan. Sehingga nantinya resiko kerugian dalam keuangan perusahaan bisa diminimalisir. Oleh sebab itu jangan ragu untuk beralih pada sistem yang lebih baik ini. Yuk, segera daftar dan dapatkan coba gratis JojoExpense di perusahaan Anda sekarang juga.