Content Management System Dalam Pengelolaan Website

Content Management System

Content management system atau yang biasa disingkat CMS memiliki peran yang sangat penting dalam pengelolaan website. Memang saat ini website semakin marak digunakan terutama untuk kebutuhan bisnis. Website seolah menjadi sarana marketing di era masa kini. Tidak hanya website saja tetapi hadir pula blog yang juga penggunaannya semakin meluas di masyarakat. Rupanya keberadaan website dan blog tersebut tidak lepas dari peran CMS. CMS sendiri merupakan suatu software atau aplikasi yang bisa digunakan untuk mengelola halaman website dengan cara instan dan mudah serta cepat. Dengan kata lain CMS ini berfokus pada pengelolaan konten pada website.

Komponen Content Management System

Ada beberapa komponen yang terdapat dalam Content Management System, meliputi sebagai berikut.

Content Management Application atau CMA

CMA memungkinkan Anda untuk dapat mengelola sebuah website dengan sangat baik. Anda dapat melakukan pengeditan dan memberikan penambahan konten. Anda juga dapat menghapus konten pada website tersebut tanpa perlu memahami bagian lainnya seperti HTML atau CSS atau juga PHP.

Content Delivery Application atau CDA

CDA berperan dalam melakukan pengumpulan atau penghimpunan informasi. Yang dimaksud dengan informasi disini adalah informasi yang telah ditambah dan dikurangi sebelumnya oleh pemilik situs website. CDA juga berperan penting dalam menghimpun segalainformasi yang telah diubah oleh pemilik situs web. Dengan demikian maka tampilan dan isi konten pada website bisa menjadi lebih menarik karena adanya pembaharuan.

Manfaat Content Management System

Penggunaan Content Management System ini memberikan beberapa manfaat sebagai berikut.

Mempermudah pengelolaan konten

Dengan adanya CMS maka Anda tentu dapat melakukan pengelolaan konten dengan lebih mudah. Kemudahan ini bisa Anda dapatkan karena adanya komponen CMS. Komponen tersebut akan membuat CMS bekerja secara optimal sehingga pengelolaan konten bisa Anda lakukan dengan sangat efisien. Oleh karena itu Anda perlu melibatkan CMS dalam mengelola konten pada website.

Menjaga kualitas desain website

Tampilan website yang menarik tentu akan semakin membuat user internet ingin membukanya dan melihat seluruh isi konten. Oleh karena itu desain pada sabuah website haruslah tetap selalu menarik dan tetap terjaga kualitasnya. Untuk menjaga kualitas desain pada website maka Anda bisa menggunakan bantuan dari CMS.

Bisa digunakan secara gratis

Beberapa vendor yang menghadirkan aplikasi CMS rupanya bisa Anda gunakan tanpa biaya. Memang beberapa vendor juga dihadirkan dengan syarat berbayar. Namun untuk vendor yang tidak berbayar tentu bisa Anda gunakan dan manfaatkan dengan semaksimal mungkin. Fitur dan fasilitas yang diberikan juga akan memungkinkan Anda untuk dapat mengelola konten dengan sangat baik.

Kelebihan Content Management System

Tidak hanya manfaat, rupanya ada juga beberapa kelebihan menarik lainnya dari Content Management System.

Mudah

Penggunaan CMS bisa dilakukan dengan sangat mudah. Memang tidak semua orang mahir dalam menggunakan software ini tetapi Anda tentu bisa mempelajarinya dengan sangat mudah dan cepat. Bahkan mempelajarai CMS dengan cepat dan mudah ini juga bisa dilakukan oleh Anda yang merupakan pemula. Maka Anda tentu dapat menggunakannya untuk keperluan pengelolaan konten.

Total control

Anda bisa menemukan adanya fitur GUI pada CMS. GUI sendiri merupakan singkatan dari Graphic User Interface yang merupakan suatu sistem pada CMS. Dengan adanya GUI ini maka Anda bsia melakukan pengelolaan konten dengan lebih leluasa. Bahkan Anda bisa mengoperasikannya tanpa perlu menguasai beberapa keahlian tertentu seperti coding ataupun desain grafis.

Konten tampak segar

Konten dan juga desain memang perlu diupdate secara rutin. Update konten dan desain pada website yang dilakukan secara rutin tentu akan membuat website terkesan begitu menarik. User internet akan berpandangan bahwa website berkualitas dan sangat layak untuk diperhatikan segala kontennya. Memang kesegaran konten merupakan hal penting yang menambah kualitas website. 

Meningkatkan fitur

Fitur website bisa ditingkatkan dengan lebih mudah jika Anda mampu menguasai CMS. Tidak hanya peningkatan fitur saja tetapi juga fungsionalitas website bisa ditingkatkan dengan penggunaan CMS. Oleh karena itu penggunaan CMS bisa membantu Anda dalam melakukan pengembangan website diantaranya melalui pengembangan fitur yang ada di dalamnya.

Multiply user

Software dan aplikasi CMS atau Content Management System akan membuat Anda bisa membuat banyak user. Tentunya pembuatan banyak user ini bisa dilakukan dengan adanya otoritas yang bersifat relevan dengan tugas masing-masing. Memang melalui CMS ini maka Anda bisa mengelola website dengan adanya tugas yang berbeda-beda untuk masing-masing user.

Keamanan tinggi

Pada CMS terdapat pula suatu fitur keamanan atau security yang lebih familiar dengan istilah state of the art. Fitur keamanan atau state of the art ini berguna untuk menjaga konten dan database yang ada pada website dari berbagai macam serangan kejahatan cyber. Jadi Anda bisa membatasi adanya akses terhadap konten pada website Anda melalui Permision Based System.

Fleksibel

Sistem manajemen konten pada dasarnya bersifat fleksibel. Maksudnya disini adalah Anda dapat melakukan update konten dan situs Anda dengan baik dan sesuai perkembangan masa kini. Anda bisa melakukan upgrade situs sehingga situs website Anda bisa jadi semakin sinkron dengan perkembangan teknologi di masa sekarang ini. Tentunya hal ini akan membuat website menjadi semakin menarik lebih lagi.

Hemat biaya

kebanyakan provider CMS saat ini sedang menjadi suatu hal yang populer. Maka tak heran bila banyak user dan blogger mulai menggunakan sistem ini. Sebab sistem ini bersifat open source dan pemakaiannya bersifat gratis. Bahkan Anda juga bisa melakukan perubahan pada website tanpa memerlukan jasa web developer. Tentu saja pengunaan CMS ini akan lebih menghemat pengeluaran Anda.

content management system

Tips Cara Memilih Content Management System yang Menguntungkan Bagi Perusahaan

Dengan perkembangan vendor penyedia CMS atau Content Management System yang semakin beragam dan banyak, mencari penyedia yang benar – benar menguntungkan bagi perusahaan dapat menjadi hal sangat membingungkan.

Dalam beberapa dekade terakhir, telah tercatat banyak efek negative dari kesalahan dalam pemilihan CMS itu sendiri. Konsekuensi dari kesalahan pemilihan tersebut bisa jadi sangat merugikan perusahaan. Dan mampu menghantui bisnis anda serta departemen IT di perusahaan selama bertahun – tahun. Ulasan kali ini akan membahas lebih dalam mengenai metodologi dalam memilih content management system yang baik serta menguntungkan bagi perusahaan. Menguntungkan dalam hal waktu serta biaya yang akan dikeluarkan mulai dari proses pembelian hingga pemasangan CMS itu sendiri.

Pada kenyataannya, tidak ada jenis content management system yang benar – benar sempurna. Bahkan tidak ada CMS yang cocok untuk semua situasi yang dialami oleh suatu perusahaan. Terlebih lagi, Ketika anda memilih serta mengimplementasikan sebuah content management system hal tersebut hanya sebuah awal dari perjalanan Panjang pembayaran deviden – serta pembayaran – pembayaran lainnya.

Kesalahan pertama yang membuat banyak orang maupun organisasi merugi dalam memilih content management system yang baik adalah mereka terlalu memperhitungkan biaya jangka Panjang dari suatu penyelesaian masalah yang ringan, terlalu menganggap remeh jumlah tenaga yang dibutuhkan untuk mengatur konten yang baik dalam management sistem, serta melupakan alur sosialisasi pada pegawai mengenai kemampuan dari CMs itu sendiri.

Dalam memilih sebuah content management system yang baik serta menghindari kesalahan dalam proses pemilihan tersebut, berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan, antara lain adalah :

Jangan Membuat Content Management System yang Custom atau In – House

Terkadnag memang sangat menggiurkan untuk membuat sendiri suatu custom CMS. Bahkan membuat sendiri sebuah open source. Namun, sangat disayangkan bahkan sampai sekarang jarang ada perusahaan atau bisnis yang berhasil melakukannya dengan baik. Tidak peduli sedetail apa anda membuat rencana, pahamilah bahwa tim yang bekerja di perusahaan anda tidak emmiliki tingkat pengalaman yang cukup untuk menangani kekompleksan sebuah CMS. Jumlah support developer yang dibutuhkan untuk jangka Panjang bisa jadi menyita biaya yang jauh lebih besar daripada membeli CMS itu sendiri. Belum lagi, kemungkinan gagal dalam membuat CMS custom bisa sangat besar. Resiko yang ada tidak sebanding dengan biaya yang akan anda keluarkan apabila membeli langsung CMS yang sudah jadi.

content management system

Menghindari Ketergantungan Berat Pada Developer

Hal ini merupakan salah satu ‘resep’ bencana yang paling harus dihindari. Tingkat kecepatan developer dalam membuat model CMs anda seharusnya tidak mempengaruhi laju bisnis itu sendiri. Pastikan anda memilih solusi content management yang mampu membuat tim anda fokus pada implementasi perusahaan. Serta strategi untuk meningkatkan traffic pada website daripada hanya sekedar mengeluarkan biaya yang malah dalam pengembangan teknologinya itu sendiri.

Memastikan Bahwa Content Management System Perusahaan Dapat Diskala Dengan Mudah

Perubahan merupakan salah satu jalan yang tidak bisa dihindari oleh siapapun. Bahkan bagi seorang pebisnis sekalipun. Dimana dengan perubahan dan pertumbuhan yang ada, hal tersebut harus mampu menghasilkan dampak yang significant bagi website anda sendiri. Pastikan untuk memilih jenis solusi CMs yang mampu bergerak dengan cepat sesuai dengan skala yang telah anda tetapkan.

Memilih CMS yang Mendukung Adanya Omnichannel

Bahkan meski website anda sekarang mungkin hanya fokus pada pemanfaatan desktop computer atau situs mobile, sangat disarankan untuk mempertimbangkan jenis property lain yang belum anda pelajari. Dimana mungkin saja bidang tersebut akan membawa manfaat lebih banyak bagi perusahaan. Untuk perkembangan jaman sekarang, konten yang dihasilkan hanya sebatas dalam form AR atau VR, Mobile, Kiosks, Asisten Digital, Jumbotrons, dan sebagainya. Bahkan sampai sekarang masih belum ada tanda – tanda form tersebut akan mengalami yang namanya penurunan popularitas. Pastikan bahwa perusahaan telah memilih jenis CMS yang mampu menjadi penolong anda dalam menghadapi perubahan – perubahan di masa depan.

content management system

Jangan Batasi Sistem Anda Hanya Pada Satu Kode Saja

Tidak peduli sebagus apapun suatu content management system yang ada, jika tidak ada seorang programmer yang berpengalaman, program tersebut bisa dipastikan akan gagal. Banyak CMS tradisional yang kebingungan karna memikirkan kebutuhan menyewa jenis sumber daya manusia yang cocok. Dimana sumber daya manusia atau pekerja yang dimaksut harus cukup berpengalaman dan memiliki spesifikasi yang tinggi dalam sebuah pembangunan CMS.

Apabila hal ini tidak dilakukan, maka bottleneck atau penumpukan proses produksi di suatu perusahaan akan terjadi. Ambillah sistem yang memungkinkan developer anda untuk meningkatkan kode serta kekuatan pengamanannya dalam jenis program yang mereka kuasai.

Support Selalu Lebih Penting Dari Software

Sebuah sistem bisa jadi merupakan hal yang paling anda butuhkan, namun Ketika platform untuk membantu anda dalam menangani sistem tersebut tidak ada, hal ini tentu akan membawa yang namanya bencana bagi siapapun yang berada di perusahaan. Menemukan sebuah content management system yang mengijinkan developer untuk bekerja tanpa gangguan, gangguan dalam menciptakan serta mengatur konten merupakan salah satu hal yang akan menguntungkan perusahaan baik dalam waktu maupun uang.

Pastikan Untuk Mengecek Serta Mendapatkan Bukti Konsep yang Berhasil Terlebih Dahulu

Sebelum anda atau perusahaan menerapkan model content management system ke dalam seluruh bagian yang ada di perusahaan, pastikan untuk mengecek CMS itu sendiri. Anda bisa meminta vendor untuk memberikan bukti langsung bahwa CMs yang anda pesan bekerja dengan sempurna melalui sebuah model.

Disarankan untuk tidak langsung menerapkan CMS pada setiap bagian dalam perusahaan. Cobalah untuk mengimplementasikan CMS pada salah satu bagian website dan biarkan tim serta end – user untuk mengecek seluruh proses telah berjalan dengan baik. Pastikan bahwa setiap proses yang dilalui seperti page authority dan sebagainya memiliki laju kerja proses yang sudah berdiri dengan sempurna. Testing dilakukan untuk menunjuk atau melihat isu – isu yang ada terkait dengan pemasangan CMS itu sendiri. Selain itu, dengan sistem testing yang ada akan menghindari perusahaan dari dampak tak terlihat dari ‘lubang’ yang samar dalam CMs itu sendiri. Percayalah bahwa hal tersebut nantinya akan membuat perusahaan jauh lebih untung dengan menghemat uang serta waktu.

content management system

Penggunaan Dalam Sistem

Content management system atau CMS atau sistem manajemen konten memang memiliki peranan penting dalam pengembangan website. Anda tentu bisa mengunakannya untuk mengelola konten dan fitur apapun yang ada pada sebuah website. Bahkan desain website juga bisa dikelola sehingga tampilan website selalu menarik. Tampilan website akan selalu tampak segar dan update dengan hal apapun yang sedang trend di masa kini. Penggunaan CMS bisa membantu Anda untuk membangun website dengan penampilan dan kualitas terbaik sehingga website selalu memikat para pengguna internet. Kini memiliki website menarik bisa dicapaioleh siapa saja yaitu dengan pemanfaatan CMS.

Membeli sebuah CMS memerlukan perhitungan dan support yang mendalam, memperkerjakan tim yang kurang kompeten dalam mengatur konten bisa membawa perusahaan mengalami yang namanya hasil website yang tidak diinginkan. Hal tersebut merupakan permasalahan yang biasanya dihadapi oleh suatu organisasi dalam mengoperasikan website – website yang berbeda serta property digital lainnya. Hal ini merupakan sebuah paradox dimana sebuah sistem biasanya selalu dianggap sebagai sarana untuk membuat tim yang lebih efektif adalah salah satu hal yang membuat perusahaan mengalami kemunduran.

Content Management System memang memberikan banyak manfaat, sama halnya dengan penggunaan JojoPayroll yang membantu penggajian karyawan secara lebih efektif dan efisien. Dengan menggunakan produk yang satu ini, maka perusahaan bisa memanfaatkan fitur yang luar biasa seperti misalnya:

  • Perhitungan Payroll Otomatis
  • Cetak Slip Gaji Otomatis
  • Kemudahan Bank Transfer
  • Laporan Kehadiran Otomatis
  • Slip Gaji Digital
  • Database Komprehensif

Jadi, jangan ragu untuk beralih ke JojoPayroll sekarang juga. Cobalah secara gratis untuk melihat sendiri bagaimana sistem ini bekerja secara maksimal. Dapatkan sistem payroll yang efektif dan efisien hanya bersama dengan produk yang hebat tersebut. Buktikan sendiri.