Content Marketing sebagai Inti Strategi Pemasaran

content marketing

Perkembangan teknologi yang kian pesat secara tidak langsung memaksa para pelaku industri untuk melakukan upgrade terhadap berbagai strategi perusahaan. Salah satunya strategi pemasaran adalah content marketing. Keberadaan teknologi menawarkan berbagai fasilitas yang dinilai lebih efektif dan efisien dibandingkan pemasaran secara tradisional.

Content marketing merupakan strategi pemasaran yang saat ini banyak dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia, seperti P&G dan Microsoft. Bukan hanya perusahaan besar namun juga diimplementasikan oleh pelaku usaha kecil dan menengah. Karena dianggap sangat relevan dan membantu dalam memasarkan produk atau layanan mereka.

Apa yang dimaksud dengan Content Marketing?

Content Marketing Institute (CMI) mendefinisikan content marketing sebagai pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada pembuatan dan distribusi konten yang bernilai, relevan, dan konsisten. Dalam upaya menarik dan mempertahankan audiens yang ditentukan dengan jelas. serta pada akhirnya bertujuan untuk mendorong tindakan pelanggan yang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Seperti munculnya kesetiaan pelanggan terhadap suatu produk atau layanan yang disediakan perusahaan.  

content marketing

Anda perlu memahami bahwa dalam konsep konten marketing, relevansi dan nilai konten merupakan komponen dari strategi pemasaran. Karena tanpa adanya nilai dan relevansi, maka konten yang diberikan tidak akan mampu menarik perhatian audiens.

Oleh sebab itu, konten untuk tujuan pemasaran seharusnya tidak hanya memuat tentang deskripsi suatu produk atau layanan dan penjelasan kegunaannya. Melainkan sebisa mungkin menambahkan informasi yang dapat memberikan tambahan wawasan bagi audiens.

Mengapa Content Marketing?

Setelah mengetahui tentang konten marketing, tentunya Anda bertanya-tanya, mengapa harus menerapkan konten sebagai pendekatan pemasaran? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini merupakan empat tahapan siklus pembelian yang perlu Anda pahami:

Awareness

Pada tahap ini, calon pembeli umumnya sadar bahwa mereka memiliki kebutuhan akan suatu barang dan jasa. akan tetapi mereka tidak menyadari kemungkinan adanya solusi atas kebutuhan mereka.

Research

Selanjutnya ada tahapan ini, calon pembeli sudah sadar akan adanya solusi. dan mereka mulai mencari tahu tentang berbagai jenis produk atau layanan yang mereka butuhkan. Misalnya seseorang ingin membeli smartphone apa saja, bagaimana spesifikasinya dan manakah yang sesuai dengan kebutuhannya.

Consideration

Setelah mencari tahu tentang berbagai jenis produk dan layanan, maka calon pembeli mulai membandingkan kualitas barang antar pedagang. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan produk yang berkualitas sesuai kebutuhan mereka dengan harga yang pantas.

Buy

Pada tahapan ini, calon pembeli akhirnya membuat keputusan dan melanjutkan transaksi berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang ada.

content marketing

Dari empat tahapan tersebut, strategi pemasaran melalui iklan maupun pemasaran tradisional hanya mampu membantu calon pembeli yang sudah berada dalam tahapan ketiga dan keempat.

Content marketing memanfaatkan dua tahapan pertama dari siklus pembelian dengan meningkatkan kesadaran calon pembeli mengenai kebutuhan mereka dan memberikan edukasi terkait produk atau layanan yang belum pernah mereka kenali sebelumnya.

Selain itu, juga menyediakan konten tambahan bagi social media marketing serta turut memberikan kontribusi terhadap upaya optimasi mesin pencari (SEO) melalui tautan masuk dan pembuatan konten berkualitas di situs web yang dapat ditemukan di mesin pencari.

Keuntungan menerapkan Content Marketing

Content marketing seringkali dianggap sebagai pendekatan pemasaran yang tidak pernah gagal ketika diterapkan. Terlebih di era kemajuan teknologi seperti saat ini, content marketing dianggap sangat efektif dan relatif menguntungkan bagi perusahaan. Terdapat tiga keuntungan menerapkan content marketing, antara lain:

Perbedaan hosting, domain dan server

Meningkatkan Pendapatan

Content marketing berfokus pada peningkatan permintaan akan penawaran produk dan layanan dengan cara memberikan edukasi terhadap para audiens. Pemberian edukasi terhadap audiens secara tidak langsung juga membantu Anda dalam menciptakan branding image yang merupakan asset penting bagi bisnis Anda. Hal tersebut dapat menciptakan keunggulan kompetitif dan sekaligus meningkatkan pendapatan Anda di masa yang akan datang.

Mengurangi Biaya

Content marketing berfokus untuk mengurangi sejumlah biaya yang tidak diperlukan dalam kegiatan pemasaran. Content marketing memanfaatkan berbagai saluran pemasaran digital yang memungkinkan Anda mendapatkan pelanggan dari berbagai belahan dunia dengan biaya seminim mungkin.

Menciptakan Pasar

Melalui konten berkualitas yang dioptimalkan dalam berbagai platform pemasaran digital, Anda dapat memperkenalkan merek Anda dalam bentuk informasi yang berguna bagi audiens. Anda juga dapat bertemu dengan orang-orang dan lingkungan yang baru, yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya.  

Selain ditujukan pada para audiens, content marketing juga memungkinkan para pelanggan yang loyal untuk memperkenalkan merek bisnis Anda kepada orang-orang terdekat mereka. Dengan demikian, maka Anda dapat lebih mudah menemukan pelanggan baru.

Penggunaan Content Marketing

Anda tidak mungkin melakukan pemasaran tanpa adanya konten yang berkualitas. Karena pada dasarnya content marketing merupakan suatu pendekatan yang sebenarnya tidak boleh dipisahkan dari strategi pemasaran. Penggunaan content marketing dapat anda kombinasikan dengan berbagai strategi pemasaran yang ada. Berikut ini merupakan contoh penggunaan content marketing yang sering digunakan:

Media Sosial

Anda dapat memuat konten berkualitas yang telah Anda buat pada berbagai platform digital yang memungkinkan. Misalnya dengan posting pada akun media sosial menggunakan gambar-gambar sebagai pendukung informasi yang Anda berikan, serta membuat feed agar terlihat lebih menarik.

Website Perusahaan

Selain akun media sosial, anda juga dapat menulis konten informasi pada website perusahaan. Anda dapat memanfaatkan fasilitas optimisasi mesin pencari (SEO) agar konten yang anda tulis dapat muncul di mesin pencari ketika audiens sedang mencari informasi. Dengan demikian, Anda sekaligus dapat mempromosikan website perusahaan Anda.

PPC (pay-per-click)

PPC atau pay-per-click merupakan layanan yang disediakan oleh platform pemasaran digital, dimana para audiens dapat langsung terhubung ke website maupun akun perusahaan Anda dalam satu kali klik.

Public Relation

Public relation atau PR merupakan strategi pemasaran yang tidak berfokus pada menawarkan suatu produk atau layanan secara khusus, melainkan lebih kepada penanganan isu-isu yang terjadi di masyarakat.

Contoh penggunaan content marketing dalam strategi public relation ialah penggunaan influencer untuk mempromosikan produk, serta penyelenggaraan kegiatan seperti donasi, kampanye, dan sebagainya.

Artikel Marketing

Penggunaan content marketing sebagai pendekatan pemasaran merupakan salah satu strategi yang dapat Anda lakukan dalam mengatur pengeluaran agar lebih efektif dan efisien. Selain dalam bidang pemasaran, tentunya Anda juga memerlukan strategi agar dapat mengatur jumlah pengeluaran pada bidang-bidang lain dalam usaha Anda. Dengan menggunakan produk JojoExpense, Anda dapat memantau aliran dana secara otomatis serta meningkatkan produktivitas dan efisiensi kinerja perusahaan.

Semuanya dapat Anda dapatkan berkat fitur andalan software JojoExpense sebagai berikut:

  • Rekap Biaya dengan mobile secara otomatis dan arsip data
  • Alur persetujuan yang disesuaikan dengan kebijakan anggaran untuk cash-advance dan reimbursement
  • Deteksi penipuan tingkat lanjut dan pelaporan komprehensif

Nah, tunggu apalagi? Segera daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan fasilitas coba gratis sekarang juga!