Content Writing : Pengertian Sampai Tips Efektif Untuk Marketing

Apa yang terbayang di pikiran anda saat membaca tulisan ini di platform Jojonomic? Sebagai salah satu platform penyedia aplikasi pengelola bisnis, Jojonomic tentu memaksimalkan jangkauan brand-nya dengan melakukan berbagai strategi content marketing. Salah satu bentuknya adalah yang anda baca sekarang ini, content writing.

Platform ini menjadi bukti kebutuhan content writing tidak hanya mampu menyasar aktivitas konvensional. Justru kini semakin menjadi pilihan yang efektif dalam strategi digital marketing.

Menulis konten tidak hanya akan membuat produk dikenal lebih baik. Ini juga menjadi media untuk mengedukasi pelanggan semua hal tentang bisnis anda. Sehingga siapapun yang membaca menjadi tertarik untuk mengetahui lebih lanjut. Bahkan dengan teknik penulisan yang tepat, content writing mampu mengkonversinya menjadi transaksi sesungguhnya.

Tapi tahukah anda, content writing sebenarnya bukanlah hanya apa yang anda baca saat ini, lho. Masih ada banyak ciri-ciri lainnya yang penting anda ketahui saat memutuskan membuat konten. Terlebih untuk kebutuhan bisnis. Pada artikel kali ini anda akan melihat apa saja jenis-jenisnya hingga sejauh mana pentingnya content writing. So, jangan lewatkan dulu, yuk cari tahu lebih lanjut!

Apa Itu Content Writing

Content Writing

Sebenarnya content writing tidak terbatas pada produk akhir tulisan yang bisa dibaca secara meluas. Lebih lanjut lagi, cakupan pengertiannya juga menjangkau hingga prosesnya. Mulai dari perencanaan konten, proses menulisnya, hingga tahap editing.

Atau jika ingin diartikan sebagai sebuah media pun tidak ada salahnya. Jenis konten ini seperti salah satu cara yang dianggap lebih efektif untuk berkomunasi dengan pasar yang dituju. Poin uniknya, cara berkomunikasi pembuat konten bukanlah membicarkan hal yang sudah diketahui publik. Melalui konten, pembuat lebih menyampaikan informasi-informasi lainnya yang perlu pembaca ketahui.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Bagi dunia bisnis, content writing bukan hanya sekadar media berkomunikasi. Lebih dari itu, cara ini dinilai sebagai suatu strategi untuk menjaring lebih banyak peminat. Prosesnya adalah meyakinkan pembaca terlebih dahulu dengan informasi yang disajikan. Maka agar pembaca semakin yakin dengan suatu brand, produksi konten harus dilakukan secara rutin dan konsisten.

Jenis-Jenis Content Writing    

Content Writing

Bukan hanya tulisan di blog atau website, ada banyak jenis content writing yang perlu anda ketahui. Seluruhnya sesuai untuk digunakan sebagai media informatif bagi industri kreatif, maupun bagi kebutuhan marketing bisnis. Jadi, kini jangan salah mengartikan cakupan content writing lagi, ya.

Artikel di Blog atau Website

Jenis ini adalah yang paling dikenal paling banyak. Umumnya artikel bertujuan untuk menjelaskan semua kaitan tentang sesuatu yang anda tawarkan. Bisa jadi itu adalah manfaatnya, bagaimana kualitasnya, atau mungkin sejauh mana produk yang ditawarkan dapat menjawab kebutuhan mereka.

Maka di sinilah kewajiban penulis untuk terus mencari hal-hal baru yang mungkin pembaca belum temukan jawabannya di media lain. Semakin rinci dan berkualitas artikel, semakin tinggi pula engagement yang diraih.

Ebook

Lebih kompleks dari pada artikel blog, content writing juga bisa di-deliver dalam bentuk ebook. Biasanya inti pembahasan konten berkaitan seputar tutorial atau jenis informasi tertentu dengan penjelasan yang lebih komprehensif. Maka tak heran publikasi ebook tidak se sering artikel blog, karena teknik menulisnya pun tidak se sederhana artikel blog umum.

Landing Page

Selain bagian post artikel, bagian lain yang membutuhkan pekerjaan tangan seorang content writer juga termasuk landing page. Inilah bagian website yang penting untuk diperhatikan karena di sini tujuan untuk menggiring pembaca ke arah perbuatan tertentu harus terlihat. Khususnya dalam marketing bisnis, penulis dituntut untuk memformulasikan narasi yang deskriptif sekaligus persuasif.

Narasi Video

Dilansir Dari Diode Digital, online video menunjukkan keefektifan hingga 600% di samping dari gaya marketing tertulis. Daya tariknya memang terletak pada tampilan yang atraktif dan sifat audiovisualnya yang mudah diterima.

Namun, jangan lupa dengan narasi di dalamya yang membuat video informatif. Pekerjaan inilah yang kemudian menentukan topik video akan diarahkan kemana. Oleh karenanya penting untuk menyusun script yang straight forward, padat, namun tetap menarik.

Manfaat Content Writing Bagi Bisnis

Content Writing

Menunjang brand awareness

Konsumen memang cenderung memilih suatu produk yang sudah dikenalnya. Maka dengan membuat informasi lebih rinci dalam sistem content writing, seterusnya akan menanamkan nama brand anda pada pembaca. Mereka pun jadi lebih mengenal karakteristik produk anda, manfaat, dan hal-hal lain yang diperlukan. Sehingga dari sini pasar konsumen anda sudah mulai terkumpul dan sangat berpotensi berubah menjadi pelanggan.

Meningkatkan Ranking Website dalam Search Engine

Selain rutin mempublikasi, content writing juga perlu dibuat dengan bahan dan penyusunan yang berkualitas. Sambil mengisi konten artikel anda dengan keyword yang mudah diidentifikasi oleh search engine, perlu juga untuk membuat keseluruhannya unik. Atau dengan kata lain betul-betul original tanpa menduplikasi konten yang sebelumnya pernah ada.

Meningkatkan Konversi

Misi utama semua strategi penyusunan konten tentunya bagaimana dapat meraih konversi. Tahap ini biasanya langsung teraplikasi dengan statement call to action yang jelas mengarahkan pembaca untuk berbuat sesuatu. Apakah itu membeli produk, men­-download file yang ditawarkan atau berinteraksi langsung dengan bisnis anda. Agar pembaca yakin memilih penawaran anda, perhatikan penyusunan narasi bagian ini supaya singkat, padat, dan menarik atensi pembaca.

Tips Membuat Content Writing Yang Efektif Untuk Marketing

Content Writing

Perhatikan Headline

Jika anda masih bingung apa itu headline, sebetulnya ini adalah istilah teknis dari sebuah judul. Tentunya judul atau headline merupakan gambaran singkat dari seluruh tulisan yang dibahas. Maka penting sekali memperhatikan relevansi headline dengan isi artikel.

Ingat untuk menggunakan pilihan kata yang akan langsung membuat pembaca memilih artikel anda. Salah satunya dengan tanpa memilih jumlah kata lebih dari 62 kata. Ini akan membuat headline anda lebih spesifik sehingga menarik minat pembaca.

Engagement itu penting!

Menulis topik yang rinci dan informatif memang penting. Akan tetapi, menciptakan konten yang menarik engagement pembaca itu lebih penting. Konten yang seperti ini adalah konten yang memberikan informasi baru atau penyajian melalui sudut pandang lain. Jadi sangat baik untuk menarasikan muka artikel dengan kalimat yang memberikan alasan kuat mengapa mereka tetap membaca artikel anda. Buat secara menarik sehingga mereka berminat untuk membaca seluruhnya.

Jangan fokus dengan jumlah kata

Komposisi kata yang ideal  memang cukup menentukan posisi blog anda dalam search engine. Namun, ada baiknya untuk memberikan perhatian lebih pada tulisan yang langsung menjawab topik permasalahan.

Meskipun akan terlihat cukup singkat, namun bukan di situlah persoalannya. Konten yang menjelaskan tepat di inti pembahasan justru lebih disukai banyak pembaca karena keefektifan waktu dengan jawaban yang diinginkan. Dengan begitu, tak heran banyak pembaca nantinya akan memilih artikel seperti ini.

Penutup

Begitu pentingnya content writing bagi suatu bisnis bahkan sampai mampu meyakinkan dan menggiring pembaca untuk mempertimbangkan produk anda. Oleh karena itu, perlu dipikirkan matang-matang bagaimana formulasi konten yang tepat. Dan agar konten mudah dipahami, keteraturan tata bahasa juga penting. Bahasa yang sederhana namun mudah dicerna lebih baik dibandingkan memilih kata yang ‘tinggi’ namun sulit dimengerti.

Untuk mendukung content writing marketing yang optimal, perhatikan juga performa karyawan agar selalu 100%. Untungnya kini ada sistem yang memudahkan anda untuk selalu memantau kinerja secara efektif menggunakan Jojo Times.

Jojo Times

Anda dapat manfaatkan fitur-fitur di dalamnya seperti Accurate Real-Time Monitoring yang melacak jam kerja tim sehingga target diselesaikan dengan sempurna. Agar pekerjaan lebih cepat, pemantauan proyek yang dikerjakan tim pun juga langsung terakses dalam genggaman. Apalagi dengan Accurate GPS Location Via Geotagging semakin memudahkan anda menelusuri lokasi karyawan secara aktual. Tak hanya itu, segala usaha kecurangan pun segera ditangkal dengan fitur Fake ID Detection. Paduan fitur-fitur Jojo Times ini tentunya akan semakin mendukung bisnis anda bergergak optimal, bukan?

Tunggu apa lagi. Yuk, nikmati layanan Human Resource Suites yang gratis selama 14 hari! Atau daftarkan segera bisnis anda untuk Live Demo Jojo Times sekarang juga!