Contoh Company Profile Yang Istimewa Dan Menarik

Company profile merupakan salah satu kunci yang harus dibuat oleh setiap perusahaan. Itulah sebabnya, mengapa setiap perusahaan atau bisnis selalu memiliki company profile yang sesuai dengan visi misinya masing-masing.

Diketahui, tanpa kehadiran company profile, bisa saja pengguna tidak bisa mengetahui secara detail informasi perusahaan yang dibangun atau bahkan produk apa yang ditawarkan. Secara tidak langsung, komponen satu ini memang memiliki peranan cukup penting dalam menarik perhatian konsumen terhadap suatu perusahaan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan company profile?

Definisi company profile

Berdasarkan definisinya, company profile merupakan gambaran umum tentang perusahaan yang biasanya bertujuan untuk memberi tahu kepada audience terkait produk ataupun jasa yang ditawarkan. Bukan hanya itu saja, komponen semacam ini biasanya berisi tentang kisah dimulainya suatu bisnis atau perusahaan, visi misi yang diusung, dan juga sebagai media untuk menginformasikan kepada audience alasan menjual produk atau layanan tersebut.

Secara luas, company profile ini dibuat untuk memberi tahu keberadaan sebuah perusahaan disertai berbagai jenis informasi yang terperinci. Dengan begitu, company profile bisa meningkatkan awareness konsumen dan menarik perhatian mereka sekaligus calon investor.

Unsur penting yang harus ada dalam company profile

Layout Plan Pictures | Download Free Images on Unsplash

Seperti yang telah disebutkan di atas, tujuan dari dibuatnya company profile adalah menginformasikan kepada audience perihal perusahaan yang dimaksud. Dengan demikian, kamu wajib memperhatikan dengan seksama apa saja informasi yang perlu dituliskan untuk mendukung tampilan company profile tersebut.

Berikut ini ada beberapa unsur penting yang harus ada di dalam sebuah company profile, antara lain:

1.    Detail perusahaan

Unsur paling penting yang harus ada dalam setiap company profile adalah informasi detail terkait perusahaan tersebut. Tujuannya agar audience bisa lebih mengenal perusahaan yang kamu jalankan.

Adapun detail perusahaan yang bisa kamu cantumkan, mulai dari nama perusahaan, tanggal pendirian, alamat, nomor telepon, alamat situs, hingga email.

2.    Informasi dasar perusahaan

Ada beberapa informasi dasar perusahaan yang bisa kamu cantumkan ke dalam company profile, yaitu visi misi, deskripsi produk atau layanan, sejarah pendirian, detail tim inti, hingga portfolio klien. Namun ketahuilah, tidak semua jenis perusahaan perlu menuliskan informasi dasar semacam ini. Jadi sebaiknya, sesuaikan juga isi company profile yang dibuat sesuai kebutuhan.

3.    Pencapaian perusahaan

Jika perusahaan kamu telah berhasil mendapatkan beberapa pencapaian penting, tak ada salahnya untuk memasukkan informasi tersebut ke dalam company profile. Adapun jenis pencapaian yang bisa ditulis, seperti misalnya penghargaan, sertifikasi, testimonial, hingga pengakuan dari media.

4.    Informasi tambahan

Sesuai dengan namanya, informasi ini bersifat opsional sehingga kamu tidak harus mencantumkannya bila dirasa tidak perlu. Misalnya, penjualan tahunan, target keuangan, jumlah karyawan, dan lain sebagainya.

Memahami pentingnya kehadiran company profile

Cara Membuat Website Profil Perusahaan (Company Profile) dengan Mudah |  Indozone.id

Pada dasarnya, company profile bukan sekadar alat untuk memperkenalkan suatu bisnis atau perusahaan. Ada banyak tujuan lain yang bisa tercipta dari sebuah company profile, di antaranya:

Menciptakan hubungan dengan pelanggan

Salah satu poin penting dibuatnya company profile adalah menciptakan hubungan antara perusahaan terkait dengan para pelanggannya. Melalui media satu ini, pelanggan bisa melihat lebih rinci apa saja informasi yang ditanamkan oleh perusahaan tersebut.

Bahkan, pelanggan bisa berkomunikasi secara langsung dengan tim pemasaran melalui informasi kontak yang tersedia. Inilah yang akan membantu pertumbuhan bisnis dengan baik karena berhasil mengarahkannya kepada pelanggan yang tepat.

Media pemasaran yang tepat

Secara tidak langsung, company profile juga bisa dijadikan media pemasaran bagi suatu perusahaan. Pasalnya, di dalam profil perusahaan tertera deskripsi produk atau layanan yang hendak ditawarkan kepada konsumen. Dengan begitu, para calon konsumen bisa membacanya terlebih dulu sebelum mereka memutuskan untuk membeli atau bahkan menggunakan produk tersebut.

Sarana untuk memperkuat branding

Company profile juga bisa dijadikan sarana untuk memperkuat branding perusahaan. Sebab, di dalamnya terdapat kelebihan dan keunggulan perusahaan jika dibandingkan dengan para kompetitor. Hal inilah yang kemudian bisa memicu calon konsumen untuk mempertimbangkan pilihannya. Jika dikemas dengan baik dan benar, maka kemungkinan besar calon konsumen lebih berminat kepada perusahaan atau bisnis kamu.

Memberikan gambaran umum perusahaan

Bukan hanya sebagai media pemasaran dan branding, profil perusahaan semacam ini juga bisa memberikan wawasan kepada calon konsumen terkait bisnis yang kamu lakoni. Hal ini dikarenakan company profile berisi tentang sejarah sekaligus pertumbuhan yang telah dilalui oleh perusahaan sehingga memicu konsumen untuk meliriknya.

Tips jitu membuat company profile yang menarik

Tampilan profil perusahaan yang bagus tentu lebih mengundang daya tarik konsumen untuk membaca sekaligus mengetahui isinya. Nah, supaya tampilan company profile perusahaan kamu terlihat bagus dan menarik, maka kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

Buat profil perusahaan secara singkat, padat, dan jelas

Sebaiknya, gunakan cara yang efektif dan efisien untuk menjelaskan tentang detil produk perusahaan. Dengan demikian, kamu tidak akan membuang banyak waktu dan target pasar pun jadi lebih fokus dalam mengetahui informasi yang hendak disampaikan. Oleh sebab itu, pembuatan profil perusahaan harus singkat, padat, dan jelas.

Jika kamu ingin membuat profil dalam bentuk teks, buat maksimal dalam dua halaman folio saja. Sebab, konsumen sangat jarang membaca profil perusahaan secara keseluruhan dan hanya membacanya sekilas saja. Jika kamu membuatnya dalam bentuk video, maka buat dalam durasi pendek tapi tetap menarik, supaya penonton tidak jenuh.

Langsung ke inti persoalan

Jangan pernah bertele-tele ketika membuat company profile, langsung saja tuliskan pokok persoalan dari informasi perusahaan yang ingin disampaikan kepada konsumen. Hal ini bertujuan agar konsumen bisa langsung menangkap isi dari profil perusahaan yang kamu buat.

Ketika membuat profil perusahaan, pastikan kamu memilih gambar yang paling menarik dari stok gambar yang ada. Jangan lupa juga untuk memilih kata-kata yang tepat dan paling dibutuhkan atau sangat penting untuk diketahui oleh konsumen.

Jangan lupa membuat tulisan yang lebih tebal atau beda warna untuk setiap headline sehingga tampak lebih menarik.

Menggunakan data paling akurat

Ketahuilah, data yang tertuang di dalam company profile harus selalu terjamin keakuratannya. Hal ini penting karena data akurat akan menambah kepercayaan konsumen terhadap perusahaan yang kamu jalankan. Terkadang, konsumen bisa langsung mengonfirmasi segala bentuk informasi yang tertuang dalam profil perusahaan. Terutama dalam hal keunggulan yang dimiliki perusahaan sehingga kamu harus membuatnya sesuai dengan kenyataan.

Walau niat kamu untuk menarik konsumen supaya menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan, tapi ketahuilah kejujuran harus diutamakan dari segala-galanya. Sebab, hal semacam ini akan sangat berguna menjaga kepercayaan pembaca untuk efek jangka panjang.

Menyajikan company profile dengan cara paling kreatif

Dijamin, profil perusahaan yang tampak biasa saja tidak akan mampu menarik perhatian konsumen untuk sekadar melihat atau bahkan membacanya. Bukan tidak mungkin, profil perusahaan yang kurang menarik akan dibuang begitu saja.

Supaya citra perusahaan tetap baik dan bisa memberikan kesan profesional kepada calon konsumen, maka kamu bisa membuat company profile yang kreatif. Mulai dari memilih bahasa yang tepat, baik verbal ataupun visual. Kemudian, buat brosur yang bisa membangkitkan minat, perhatian dan kesan positif. Dengan demikian, profil perusahaan kamu pun bisa lebih dinikmati dan diterima oleh calon konsumen maupun investor.

Contoh company profile

Contoh company profile mungkin perlu diketahui atau bahkan dipelajari lebih lanjut. Terutama bagi Anda yang sedang memulai suatu usaha atau bisnis. Bagi Anda yang memiliki suatu bisnis atau usaha atau perusahaan maka tidak salahnya bila Anda mencari tahu banyak mengenai berbagai contoh company profile. Company profile sendiri sebenarnya merupakan suatu informasi yang di dalamnya terdapat deskripsi atau penjelasan mengenai perusahaan terkait. Mungkin saja pada company profile juga tertera sejarah dan riwayat perusahaan serta tujuan atau visi dari perusahaan itu sendiri. Company profile perlu dibuat oleh suatu perusahaan untuk berbagai macam tujuan. Misalnya saja untuk mencari klien yang sekiranya bisa bekerja sama dengan perusahaan terkait.

Company profile juga bisa dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan konsumen yang tidak meragukan kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Sleian itu company profile menjadi suatu alat bagi perusahaan untuk bisa dikenal secara lebih dalam oleh masyarakat luas. Banyak orang yang akan mencari profile suatu perusahaan melalui beberapa website atau blog yang bisa diakses melalui jaringan internet. Oleh karena itu Anda sebagai pebisnis atau pemilik dari suatu perusahaan perlu membuat company profile yang bagus. Company profile haruslah dibuat dengan baik agar smeakin tampakberkualitas sehingga setiap konsumen atau nasabah tidak akan meragukan perusahaan dan bisnis Anda.

company profile

Cara Membuat

Tips dan trik dalam membuat contoh company profile boleh saja dipelajari lebih lanjut. Mungkin saja ada beberapa teknik yang perlu dikuasai oleh Anda dalam membuat sebuah profile company. Anda bisa membuat company profile baik secara langsung maupun melalui website atau blog. Tentu saja hal ini akan sama-sama menguntungkan sebab kebanyakan orang saat ini semakin banyak yang ingin mengetahui profil dari suatu perusahaan. Kualitas suatu perusahaan bisa dilihat melalui profile yang dituangkannya misalnya di website atau blog peusahaan.

Tidak hanya kualitas perusahaan saja tetapi melalui adanya company profile maka Anda bisa juga memahami bidang usaha dari perusahaan terkait. Deskripsi penjelasan dan segala informasi mengenai suatu perusahaan juga bisa Anda dapatkan melalui adanya company profile yang tertera pada website atau blog. Dalam membuat company profile sebaiknya Anda juga menunjukkan visi dan misi dari perusahaan Anda. Sebab tujuan awal dari pembuatan sebuah company profile adalah untuk memberikan gambaran mengenai perusahaan kepada para klien dan nasabah. Selain itu Anda juga perlu menunjukkan produk barang atau jasa yang akan dijual atau ditawarkan.

company profile

Bentuk-Bentuk

Suatu company profile bisa dibuat dalam beberapa bentuk diantaranya adalah melalui booklet dan juga melalui website. Sebuah perusahaan memang seharusnya memilikicompany profile yang bisa dibaca oleh banyak orang. Company profile sangat direkomendasikan bagi Anda pemilik bisnis agar bisnis Anda bisa semakin berkembang dengan baik. Company profile dapat dibuat dalam berbagai macam bentuk. Bagi Anda yang ingin membuat company profile dalam bentuk booklet maka Anda harus mempersiapkan media cetak dalam jumlah yang cukup banyak.

Company profile dapat dibuat dengan sangat menarik pada brosur dan dapat disebarkan pada masyarakat di saat tertentu. Seperti misalnya pada saat pammeran atau saat perusahaan Anda mengikuti suatu event dan sebagainya. Selain itu company profile juga bisa dibuat dalam bentuk website. Tentu hal ini akan tampak sangat menarik dan bisa dilihat oleh para pengguna internet terutama di era digital seperti sekarang ini. Anda bisa membuat company profile yang terbaik dan kreatif sehingga sangat memikat bagi para pengguna internet terutama para klien dan pelanggan perusahaan Anda.

Contoh Company Profile Yang Ideal

Suatu contoh company profile yang ideal tentu saja memenuhi beberapa persayaratan yang akan meningkatkan kualitas dari perusahaan terkait. Di dalamsuatu company profile setidaknya harus dijelaskan mengenai visi dan misis serta tujuan perusahaan sehingga ornag lain bisa mengetahui deskripsi perusahaan Anda. Di samping itu berbagai gambar atau desain company profile juga sebaiknya dibuat dengan menarik. Kebanyakan orang memang mengutamakan penampilan termasukpula dalamhal company profile. Anda mungkin bisa membuat company profile yang tetap menghadirkan nilai estetika di dalamnya sehingga enak dipandang.

company profile

Jika Anda membuat contoh company profile dalam bentuk website maka sebaiknya Anda turut memperhitungkan kecepatan dalam membuka website perusahaan serta hal lainnya. Pembuatan company profile yang baik setidaknya bisa menggambarkan kualitas dari perusahaan Anda. Oleh karena itu saat mengawali sebuah bisnis tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencari contoh company profile terbaik agar Anda bisa berlatih membuatnya bagi perusahaan Anda.

Kesimpulan

Penjelasan di atas memberikan gambaran betapa pentingnya contoh company profile sesuai kebutuhan dan gambaran perusahaan. Sehingga nantinya bisa turut serta dalam memastikan perusahan dikenal oleh banyak pihak dan kalangan. Demikian pula pengaturan perusahaan ini sebaiknya dilakukan bukan hanya dari hal tersebut saja, namun mengaturnya dari dalam juga sangat penting dilakukan. Salah satunya dalam mengatur keuangan perusahaan yang efektif dan efisien. Sebaiknya gunakan produk yang tepat untuk memastikan kelangsungan hal tersebut. Misalnya dengan beralih pada JojoExpense yang akan memberikan aneka manfaat seperti:

  • Pencatatan detail pengeluaran dan pemasukan yang akurat dalam membantu menentukan laba rugi perusahaan setiap tahunnya.
  • Memastikan kemudahan akses maupun approval untuk segala aktifitas keuangan perusahaan.
  • Menghindari resiko adanya pemalsuan data keuangan atau kecurangan lainnya.
company profile

Dengan menggunakan JojoExpense sudah terbukti bahwa hal tersebut dapat membantu efektifitas keuangan perusahaan yang lebih baik. Apalagi karena produk ini didukung oleh berbagai macam fitur hebat seperti:

  • Cash Advanced with Flexible Verification Flow.
  • Cash Advance Partial Reporting.
  • Restriction Policies for Cash Advance Request.
  • Cash Advance Account Receivable Receipt.
  • Direct Bank Transfer (Virtual Account).
  • Multi-Currency Transaction.

Nah, jadi jangan ragu lagi. Yuk, segera coba gratis JojoExpense di perusahaan Anda. Biarkan sistem ini bekerja maksimal membantu tim keuangan perusahaan bekerja dengan optimal.