Contoh Ice Breaking Indoor, Outdoor, Online untuk Memecah Kejenuhan

ice breaking

Aktivitas team building merupakan sebuah upaya sistematis yang dapat membantu suatu tim agar menjadi solid, efektif, dan efisien. Namun seringkali aktivitas yang dilakukan terasa garing dan kurang seru, maka itu salah satu cara memecah kebosenan tersebut yaitu dengan Ice Breaking, dan pada artikel kali ini Jojonomic akan memberikan contoh Ice Breaking seru dan menarik yang dapat meningkatkan hubungan dan kepercayaan dalam suatu tim.

Ice Breaking adalah dua padanan kata dalam bahas inggris yang artinya menghancurkan es. Frasa ini kerap digunakan dalam sebuah acara training, ceramah, presentasi atau seminar yang bertujuan untuk memecah kekakuan dan kejenuhan di antara para peserta agar terciptanya suasana yang seru dan menyenangkan. Kegiatan yang kerap dipakai saat outbound atau workshop ini umumnya bersifat lucu dan mengundang tawa.

Saat pandemi berlangsung, suasana WFH juga nyatanya dapat membosankan, dan Ice Breaking virtual/online juga bisa menjadi solusi untuk menciptakan kekompakan antar tim. Dan berikut Jojonomic telah merangkum ide Ice Breaking, baik itu dalam kegiatan indoor, outdoor dan juga secara virtual.

Ice Breaking Indoor

Berikut adalah ide Ice breaking yang dapat Anda lakukan dalam kegiatan indoor yang pastinya akan ampuh dalam mencairkan susasana:

1. Jika aku pindah divisi

Kosongkan seluruh atau sebagian jadwal kerja seorang karyawan dan minta ia untuk duduk dengan karyawan dari suatu divisi berbeda, sebaiknya dengan seseorang yang terkait dengannya dalam hal alur kerja (work flow). Jelaskan kepada karyawan pertama work flow dalam rutinitas sehari-hari divisi tersebut, serta tantangan yang mereka hadapi. Tujuannya adalah untuk membuat mereka lebih memahami cara kerja dan tugas divisi yang dikunjunginya. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk menumbuhkan rasa empati dan apresiasi antar divisi dan tim.

2. Dua kebenaran dan satu kebohongan

Setiap orang mengungkapkan 2 kejujuran dan 1 kebohongan, makin lucu dan makin sulit ditebak akan lebih baik! Lawan bicaranya harus menebak mana pernyataan yang benar dan mana pernyataan yang bohong atau mengada-ngada.

3. Apa profesiku?

Tulis nama profesi pada kertas dan taruh di dalam sebuah toples. Anggota tim perlu memilih sebuah kertas tanpa melihat isinya, dan anggota lain akan menempelkan kertas tersebut di punggung mereka. Biarkan para pemain saling berinteraksi, bertanya dan menjawab pertanyaan untuk mengidentifikasi nama profesi yang tertempel pada punggung mereka.

Ice Breaking Outdoor

Berikut adalah ide Ice breaking yang dapat Anda lakukan dalam kegiatan Outdoor yang akan bermanfaat untuk melatih dan juga meningkatkan kekompakan antar tim:

1. Bahtera Nuh

Setiap orang diberi kartu yang berisikan nama hewan. Kartu tersebut ada sepasang. Peserta harus mencari pasangannya, tanpa bicara, hanya bertingkah laku seperti binatang tersebut. Mereka yang telah menemukan pasangannya, dapat naik ke bahtera.

2. Kegiatan olahraga antar divisi

Adakan acara olahraga beregu, seperti basket, sepak bola, atau bahkan paintball dengan susunan tim dari divisi yang sama maupun dari beberapa divisi berbeda. Untuk mendorong semangat para karyawan, perusahaan dapat memberikan penghargaan berupa cuti setengah hari bagi para peserta dan divisi yang terlibat, atau jika acara diadakan pada hari kerja (weekdays), sediakan konsumsi dan transportasi. Perusahaan juga dapat mensponsori kegiatan pelatihan menjelang kompetisi.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

3. Pelayanan masyarakat atau CSR

Kegiatan ini dapat diadakan sebagai bagian dari program corporate social responsibility atau CSR perusahaan. Ini merupakan cara yang baik bagi para anggota tim, khususnya mereka yang memiliki passion untuk membantu dan melayani sesamanya, untuk menjalin hubungan dan mengembangkan kerja tim. Melalui perbuatan baik, para pegawai perusahaan dapat melihat sisi yang lebih baik dari rekan-rekan kerja mereka, yang dapat meningkatkan rasa empati di tempat kerja.

Ice Breaking Online

Ice breaking juga dapat dilakukan secara online, dan untuk Anda yang ingin menciptakan keseruan antar tim saat WFH, berikut adalah aktivitas yang dapat Anda lakukan:

1. Gartic.io

Kuis ini adalah berupa permainan menggambar dan menebak gambar secara bergiliran. Untuk memulainya, bisa membuka gartic.io, lalu bikin room baru. Anda bisa kirim tautan (link) room ini ke peserta rapat.

Dalam room permainan, akan ada video gambar yang dibuat peserta yang mendapat giliran menggambar. Nanti yang mendapat giliran menebak harus menulis jawabannya di kolom chat yang tersedia. Jawaban benar akan mendapat poin, tapi kalau salah bisa mencoba berkali-kali sampai waktu habis. Permainan ini akan seru, karena tiap peserta bisa melihat dan dibuat ketawa dengan kemampuan menggambar peserta.

2. Tebak lagu

Untuk melakukan ice breaker online tebak lagu, siapkan presentasi/slide yang menampilkan potongan lirik lagu, bacakan tanpa nada, lalu peserta harus menebak judul lagunya. Ada juga metode lain yang bisa Anda coba, alih-alih menebak lagu, peserta harus melanjutkan lirik yang tertera. Agar lebih seru, ketika memberi tahu jawaban yang benar, siapkan video clip dari lagu tersebut untuk dimainkan.

3. Truth or Dare

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan ini. Untuk menjalankannya, lakukan pengundian melalui Zoom atau Google Meet. Kemudian yang ditunjuk harus memilih antara truth or dare. Jika dare, tinggal lakukan atraksi atau apapun itu melalui kamera laptop sehingga dapat dilihat oleh tim secara keseluruhan. Truth or dare dapat dilakukan dengan nyaman oleh semua orang.

4. Sambung cerita

Permainan ini ditujukan untuk mengasah kreativitas seseorang dalam melakukan storytelling atau bercerita. Cara mainnya sangat mudah. Satu orang pertama ditunjuk untuk bercerita tentang apa pun, lalu ia akan berhenti di satu kata terakhir. Lalu, orang selanjutnya harus melanjutkan cerita dan harus dimulai dengan satu kata terakhir tersebut, begitu seterusnya hingga sampai pada orang terakhir.

5. Tebak kalimat

Ice breaker online ini membutuhkan dua orang untuk menjadi pemandu permainan. Orang ke-1 bertugas memperagakan kalimat yang harus ditebak. Untuk memudahkan, orang tersebut cukup mengaktifkan mode mute dan kamera ketika bicara. Dengan begitu, kalimat yang diucap pergerakan mulutnya jelas tetapi tidak terdengar suaranya. Orang ke-2 bertugas menjadi moderator, yaitu menunjuk orang yang mengacungkan diri duluan untuk menebak kalimat tersebut. 

Penutup

Sekian artikel mengenai Ice Breaking, yang semoga dapat menjadi ide bagi Anda yang ingin menerepkannya. Ice breaking ini memang menjadi aktivitas yang penting dilakukan untuk menyatukan karyawan atau tim, hal ini sama pentingnya dengan memilih sistem terbaik untuk absensi perusahaan. Yang terbaik untuk dipercaya saat ini salah satunya yaitu JojoTimes. Produk ini merupakan sistem absensi yang moderen dan didukung teknologi yang menakjubkan. Salah satunya mampu memberikan informasi lokasi absen dilakukan.

jojonomic

Jojo Times dapat dijadikan solusi sebagai perangkat absensi online yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola data karyawan. Dengan aplikasi ini, laporan kehadiran bulanan dapat dibuat dengan otomatis sehingga lebih hemat waktu.

Selain itu, Jojo Times juga dapat digunakan sebagai perangkat yang mampu memantau karyawan lewat fitur pengenalan wajah serta GPS-nya yang akurat. Dengan fitur tersebut, Anda dapat mengetahui di mana keberadaan karyawan saat foto diambil. Apakah sedang menemui klien atau sedang berada di tempat lain? Dengan demikian, potensi terjadi penipuan yang dilakukan oleh karyawan pun akan semakin kecil. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Times dan permudah cara Anda dalam mengelola absensi karyawan kapan pun dan di mana pun.