Cari Tahu Contoh Iklan Lowongan Kerja yang Benar!

Para Human Resource Development (HRD) biasanya membuat iklan lowongan kerja atau job vacancy untuk mencari kandidat yang tepat bagi perusahaan. Para jobseekers yang sedang mencari pekerjaan merupakan target utama HRD agar mereka melihat dan melamar pekerjaan yang HRD iklankan. Namun pernahkah kamu berpikir apakah iklan lowongan kerja yang sudah kamu buat itu sudah benar atau belum? Jika kamu belum mengetahui bagaimana cara membuat iklan lowongan kerja yang benar, yuk simak artikel berikut ini yang akan memberikanmu contoh iklan lowongan kerja yang benar!

Komponen Penting dalam Struktur Iklan Lowongan Kerja

Sebenarnya tidak ada urutan baku dalam membuat struktur iklan lowongan kerja. Urutannya tentu saja menyesuaikan dengan kebutuhan atau urgensi perusahaanmu masing-masing. Apakah kamu ingin menjelaskan tentang informasi perusahaan terlebih dahulu, atau langsung kepada inti iklan lowongan kerja dengan meng-higlight posisi yang sedang perusahaanmu cari. Semua itu tergantung pada kreativitas perusahaan tempatmu bekerja.

Meski begitu, sebelum kamu membuat iklan lowongan kerja untuk mencari pekerja atau karyawan baru, ada beberapa komponen penting dalam membuat iklan lowongan kerja yang wajib kamu ketahui:

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Informasi Singkat Tentang Perusahaan

Berikanlah pemaparan tentang informasi singkat yang bisa menjelaskan perusahaanmu. Kamu harus menjelaskan dengan singkat namun padat sehingga para jobseekers yang melihat lowongan kerja yang kamu iklankan dapat mengetahui tentang perusahaanmu.

Kamu harus menyampaikan perusahaanmu bergerak di bidang apa, produk yang telah diciptakan, budaya kerja, atau bahkan website resmi perusahaanmu agar orang yang membaca iklan lowongan kerjamu bisa mengakses informasi ke laman website tersebut untuk mencari tahu lebih lanjut tentang perusahaanmu, sebelum ia melamar pekerjaan.

Mengapa hal itu begitu penting? Karena terkadang para pencari kerja ingin mengetahui apakah perusahaanmu sesuai dengan harapan atau keinginannya atau tidak. Selain itu, ia juga ingin memastikan apakah perusahaanmu memiliki value yang sama dengan yang ia yakini.

Jika perusahaan kamu masih baru, informasi singkat tentang perusahaan ini bisa menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan perusahaanmu kepada masyarakat. Sehingga perusahaanmu bisa semakin dikenal dan diketahui oleh banyak orang

Posisi yang Dicari

Posisi yang dicari adalah inti dari sebuah iklan lowongan kerja yang dibuat HRD. Para jobseekers biasanya akan langung fokus pada posisi atau jabatan yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Setelah melihat posisi apa yang dibutuhkan, para pencari kerja baru akan mulai membaca bagian lainnya seperti requirements, jobs descriptions, dan lain-lain tergantung kebutuhan dan urgensi yang dimiliki oleh pencari kerja.

Misalkan ada orang yang sedang mencari kerja pada posisi sebagai penulis, tentu ia akan mencari iklan lowongan kerja yang sesuai dengan minatnya. Contohnya jika seseorang ingin menjadi penulis dia bisa melihat iklan lowongan kerja yang mencari posisi content writer, journalist, content creator, SEO writer, dan pekerjaan sejenis yang berkaitan dengan bidang tulis-menulis.

Requirements

Requirements atau persyaratan yang harus dipenuhi oleh kandidat yang melamar pekerjaan perlu didiskusikan terlebih dahulu antara HRD dan manajer divisi terkait sebelum dibuat iklan lowongan kerjanya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Hal ini sangat penting karena kemampuan yang dibutuhkan pada posisi tertentu biasanya diketahui dengan baik oleh manajer divisi yang beperan sebagai user. Dan tentu saja hal ini disesuaikan dengan target atau tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Misalkan manajer divisi membutuhkan seorang digital marketing yang bisa meningkatkan penjualan perusahaan dengan sistem digital. Kemudian manajer divisi meminta HRD untuk menuliskan kemampuan yang harus dimiliki oleh pelamar untuk menempati posisi tersebut. Contoh kemampuan yang harus dimilki seorang digital marketing, berpengalaman 3 tahun di dunia digital, mengerti google ads, dan kriteria lainnya yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan kamu.

Jobs Descriptions

Jobs Descriptions atau deskripsi pekerjaan perlu kamu jelaskan pada iklan lowongan kerja yang kamu buat agar calon pelamar bisa mengetahui tentang hal-hal apa saja yang akan dikerjakannya ketika sudah diterima pada posisi tersebut. Sehingga calon pelamar bisa mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk melalui proses wawancara hingga bekerja pada posisi tersebut. Jadi kamu harus menjelaskan dengan detail mengenai deskripsi pekerjaan agar calon pelamar tidak merasa kaget dengan apa yang nanti ia kerjakan saat diterima.

Alamat Kantor atau E-mail

Kamu perlu mencantumkan alamat kantor atau e-mail agar calon pelamar tidak merasa bingung harus mengirimkan Curricullum Vitae-nya kemana. Sebutkan dengan jelas dan terperinci agar tidak terjadi salah alamat atau e-mail yang tidak terdaftar hanya karena kamu salah menulis alamat atau e-mail. Untuk penulisan alamat sebaiknya menggunakan nama jalan, kecamatan, kota, no gedung, bahkan RT/RW jika diperlukan.

Deadline Lamaran

Deadline atau tenggat waktu lamaran juga sangat penting untuk kamu cantumkan agar kamu mempunyai banyak waktu untuk memeriksa lamaran yang telah masuk ke alamat e-mail atau yang tekah datang ke kantormu.

Kamu juga bisa melakukan estimasi atau perkiraan untuk jadwal wawancara atau masa percoban sebelum pelamar menjadi karyawan tetap di kantormu. Atau bahkan kamu bisa membuat kebijakan untuk memperpanjang deadline jika pelamarnya masih sedikit atau banyak tetapi tidak memenuhi kriteria.

Contact Person

Cantumkanlah contact person atau orang yang bisa dihubungi jika pelamar membutuhkan informasi tambahan yang tidak tercantum dalam iklan lowongan kerja. Hal ini juga diperlukan jika sewaktu-waktu alamat atau e-mail yang tercantum tidak bisa ditemukan oleh pelamar.

Pastikan nomor yang tercantum adalah nomor yang benar ya! Kamu bisa mencatumkan nomor HRD sebagai contact person untuk proses selanjutnya seperti wawancara dan probation.

Benefit

Benefit atau keuntungan apa saja yang akan didapatkan oleh pelamar juga merupakan salah satu faktor utama seorang pencari kerja melamar pekerjaan. Hal-hal bisa kamu cantumkan sebagai benefit di iklan lowongan kerja yang kamu buat misalnya:

  1. Gaji pokok.
  2. Asuransi kesehatan.
  3. Uang transportasi.
  4. Fasilitas kantor seperti gym atau al lainnya.
  5. Makan Pagi atau Makan Siang.
  6. Dan keuntungan lainnya yang perusahaanmu bisa tawarkan kepada calon pelamar.

Contoh Iklan Lowongan Kerja

Setelah membaca komponen-komponen penting yang biasanya ada pada iklan lowongan kerja, kamu perlu mengetahui contoh iklan lowongan kerja berikut ini:

Contoh Iklan Lowongan Kerja Full Time

Jika kamu sedang mencari karyawan tetap kamu bisa melihat contoh lowongan kerja berikut ini:Contoh Iklan Lowongan Kerja Part-time

Jika kamu sedang mencari karyawan paruh waktu kamu bisa melihat contoh lowongan kerja berikut ini:

Contoh Iklan Lowongan Kerja Freelance

Jika kamu sedang mencari karyawan lepasan kamu bisa melihat contoh lowongan kerja berikut ini:

Contoh Iklan Lowongan Kerja Internship

Jika kamu sedang mencari orang yang ingin magang  kamu bisa melihat contoh lowongan kerja berikut ini:

Contoh Iklan Lowongan Kerja Volunteer

Jika kamu sedang mencari sukarelawan untuk sebuah acara kamu bisa melihat contoh lowongan kerja berikut ini:

Nah sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara membuat iklan lowongan kerja dari contoh-contoh di atas? Sehingga kamu tidak perlu bingung jika ingin membuat iklan lowongan kerja. Setelah para pencari kerja melamar di perusahaanmu, kamu tentu saja perlu melakukan proses selanjutnya seperti wawancara dan probihition.

Setelah semua proses recruitment selesai dan para pelamar sudah menajdi karyawan tetao di perusahaanmu kamu bisa menggunakan aplikasi JojoTimes untuk memantau kinerja karyawanmu. Aplikasi JojoTimes bisa meningkatkan kinerja karyawanmu hingga 100% Ayo coba segera demo gratisnya!