Contoh Kompensasi Dalam Perusahaan dan Jenisnya

contoh kompensasi dalam perusahaan
contoh kompensasi dalam perusahaan

Apa Itu Kompensasi ?

Contoh Kompensasi Dalam Perusahaan – Kompensasi adalah suatu imbalan yang diberikan dari perusahaan atas penghargaan kinerja kepada seorang karyawan. Baik berupa bentuk fisik barang atau uang dan juga non fisik yang silakukan secara langsung atau tidak. Pemberian kompensasi dimaksudkan untuk menambah loyalitas dan juga meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja. Dengan adanya konpensasi ini pekerja atau karyawan akan semakin semangat untuk bekerja yang nantinya akan berdamapak bagi perkembangan perusahaan.

Dengan adanya kompensasi juga berdampak banyak bagi perusahaan. Selain kinerja karyawan yang semakin baik, namun juga hal ini sangat berguna untuk keuntungan perekrutan. Misalnya dalam melakukan perekrutan karyawan. Perusahaan dapat menjadikan adanya kompensasi ini untuk menarik minat para pelamar kera untuk melamar atau berkerja pada perusahaan tersebut.

Tujuan Kompensasi

Kompensasi tentu saja diberika bukan tanpa tujuan. Kompensasi diberikan kepada karyawan yang memiliki kinerja baik dengan berbagai macam tujuan diantaranya:

  • Pengahargaan prestasi kinerja karyawan. Kompensasi diberikan kepada pekerja yang memiliki prestasi kinerja baik agar karyawan atau pekerja tersebut merasa dihargai kerja kerasnya sehinggahal ini akan semakin meningkatkan kinerja kedepannya.
  • Mempertahankan karyawan kualitas baik. Dengan adanya kompensasi dalam suatu perusahaan. Maka hal tersebut membuat karyawan – karyawan yang memiliki kualirtas kerja bagus akan cenderung mempertahankan pekerjaan dalam perusahaan tersebut. Dan mereka akan lebih sedikit memikirkan untuk pindah kerja ke perusahaan lain yang belum tentu mempuanyai kompensasi yang sama.
  • Penjamin keadilan dalam perusahaan. Mengapa disebut demikian ? karena alasan utama kompensais diberikan adalah danya hubungan timbal balik atas kinerja atau prestasi yang diberikan oleh karyawan. Hal ini merupakan upaya taua penamin keadilan antara hubungan karyawan dengan managemen. Kompensasi juga bisa disebut dengan balas asa yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. Karena itu baik dari gai, upah, kompesasi dan juga bonus, semua dihitung dengan adil oleh perusahaan.
  • Efisiensi Biaya. Dengan adanya kompensasi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan akan membuat semangat kerja karyawan meningkat atau paling tidak stabil. Hal ini tentu saja berefek besar bagi perusahaan. Karena itu kompensasi mengefisiensi biaya perusahaan guna mempertahankan sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut. Tentunya dengan upah, gaji, bonus dan lain – lain secara layak.
contoh kompensasi dalam perusahaan

Contoh Kompensasi Dalam Perusahaan

Setelah sebelumnya kita mengetahui pengertian dan tujuan kompensasi. Selanjutnya anda dapat menetahui contoh kompensasi dalam perusahaan. Dalam suatu perusahaan tentu saa memiliki contoh kompensasi yang berbeda – beda. Berikut ini adaqlah contoh kompensasi dalam perusahaan yang seringkali diberikan kepada karyawan:

Gaji

Gaji atau upah yang biasa diberikan oleh perusahaan kepada karyawan ini biasa dihubungakan dengan tarif upah seorang karyawan per jamnya. Dimana dari pengertian tersebut kita ketahui bahwa semakin lama kinerja seorang karyawan dalam jamnya, maka gaji yang didapatkan juga semakin besar. Istilah upah lebih sering di gunakan sebagai tarif atau dasar pembayaran para pekerja produksi. Sedangkan untuk gai lebih sering dirujuk sebagai tarif minggu atau bulahan, bahkan tahunan seorang karyawan.

Insentif

Merupakan salah satu contoh kompensasi dalam perusahaan atau lebih tepatnya kompensasi langsung. Dapat juga diartikan sebagai tambahan yang diebrikan diluar dari gaji yang didapatkan karyawan. Intensif ini biasa diberikan perusahaan mengikuti dengan bayaran tambahan yang didapatkan dari produktifitas, keuntungan dan penjualan yang dialami perusahaan.

Tunjangan

Banyak sekali jenis tunjangan yang diberikan perusahan. Yang paling kita sering dnegar saja misalnya yaitu tunjagan hari raya atau THR. Atau contoh lainnya yang sering anda temui yaitu dapat berupa liburan yang diberikan perusahaan kepada karyawan secara gratis.

Fasilitas

Contoh kompensasi dalam perusahaan lainnya yaitu fasilitas. Banyak sekali fasilitas yang sering kita lihat dalam perusahaan. Misalnya dari bentuk kendaraan seperti fasilitas kendaraan perusahaan. Atau fasilitas dalam bentuk parkit khusus, atau contoh lainnya dalam bentuk keanggotaan club yang diberikan bagi karyawan. Smua banetuk fasilitas tentunya tergantung dengan kesanggupan dari perusahaan yang anda tempati itu sendiri. Jadi dapat dikatakan fasilitas suatu perusahaan dengan perusahaan lain tidak mesti sama.

contoh kompensasi dalam perusahaan

Jenis Kompensasi Karyawan

Kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawan banyak sekali jenis atau macamnya. Berikut in adalah macam atau jenis dari konpensasi yang diberikan perusahaan :

Kompensasi Langsung

Kompensasi langsung yaitu imbalan atau seseutu yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan atas prestasi kerjanya dalam bentuk penyerahan langsung. Misalnya kompensasi langsung dapat berbentuk gaji atau upah, dan juga berbagai macam tunjangan, seperti tunjangan hari raya, komisi dan lain-lainnya. hal ini juga termasuk di dalamnya pendapatan yang menambah jumlah bruto tahunan karyawan dan dikenai pph21. Hal tersebut termasuk kedalam kompensasi langsung.

Kompensasi Tidak Langsung

Kompensasi tidak langsung adalah segala bentuk imbalan atau sesuatu yang diberikan perusahaan kepada karyawan atas prestasi kerja yang dilakukan dalam wujud tidak langsung. Bentuk penyerahan kompensasi tidak langsung ini biasanya dilakukan dengan melibatkan orang ketiga di dalamnya.

Bentuk kompensasi tidak langsung yang diberikan perusahaan antara lain yaitu asuransi kesehatan, jiwa dan juga ketenaga kerjaan. Hal ini diberikan kepada karyawan untuk kemudian karyawan dapat menggunakannya disaat mereka membutuhkan sesuatu yang terkait asuransi tersebut. Selain dalam bentuk asuransi, kompensasi tidak langsung juga dapat berbentuk mobil dinas perusahaan dan juga keanggotaan sebuah club misalnya.

Kompensasi Non-finansial

Merupakan kompensasi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan atas apresiasi kinerjanya dalam bentuk non-uang. Namun kompensasi ini pada intinya tetap memberikan kebaikan atau dampak positif dan juga berharga bagi karyawan tersebut. Bentuk kompensasi non-finansial contohnya propram pelatihan yang diberikan kepada pekerja, pengembangan karir, kenyamanan lingkungan kerja dan lain-lainnya.

Hal yang termasuk kedalam kompensasi non-finansial umunya merupakan imbalan yang membutuhkan proses dalam jangka panjang.

Kesimpulan

Kompensasi merupakan imbalan atau sesuatu yang diberikan perusahaan kepada karyawannya atas apresiasi terhadap kinerja yang dilakukan. Salah satu dampak positif yang didapatkan perusahaan dengan adanya kompensasi yaitu kinerja karyawan yang akan meningkat karena semangat.  Hal ini tentu saja pada kahirnya akan berdampak pada kemajuan yang dialami perusahaan. Contoh kompensasi dalam perusahaan dapat berupa banyak hal, diantaranya yaitu upah dan juga fasilitas. Jenis dari kompensasi ada 3 yaitu kompensasi langsung, tidak langsung dan non-finasial.

contoh kompensasi dalam perusahaan

Berdasarkan artikel diatas, diharapkan perusahaan mampu lebih adil dalam memberikan kompensasi. Sehingga hak karyawan terpenuhi. Untuk memudahkan perhitungan kompensasi, perusahaan dapat mencoba menggunkan JojoPayroll dari Jojonomic. Dengan menggunakan Jojopayroll perusahaan anda akan lebih mudah dalam memberikan kompensasi karyawan. Karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur penggajian otomatis, dimana anda dapat dengan mudah melihat slip gaji anda secara digital kemudian mencetaknya.