Contoh Laporan Magang yang Baik dan Benar serta Terstruktur

laporan realisasi anggaran

Contoh Laporan Magang yang Baik dan Benar serta Terstruktur Apakah saat ini Anda sedang menjalani proses magang dan sedang sibuk menyusun laporang magang? Untuk kalian yang masih bingung dalam menyusun laporan magang, artikel ini akan membantu Anda, dimulai dari struktur pembuatan,teknik penyusunan, pembahasan, dan penutup akan dibahas secara lengkap.

Tujuan dari magang sendiri adalah memperkenalkan dunia kerja yang sebenarnya kepada siswa/mahasiswa agar dapat memiliki gambaran bagaimana suatu saat akan bekerja langsung pada industri. Pada tempat magang biasanya seorang mahasiswa diberi tugas sesuai dengan divisinya masing-masing. Tugas tersebut dapat dikerjakan secara kelompok maupun individu sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pembimbing di perusahaan tersebut.

Apa saja yang harus ada dalam laporan magang?

Kampus Diminta Mudahkan Skripsi dan Tugas Akhir Mahasiswa Halaman all -  Kompas.com

Dalam membuat laporan magang ada beberapa hal yang benar-benar harus Anda perhatikan, Terdapat format baku atau standar tertentu yang telah ditetapkan oleh sekolah/kampus. Meskipun terdapat beberapa macam format, namun ada beberapa patokan umum yang tidak bisa diganggu gugat. Berikut adalah beberapa poin yang harus Anda perhatikan:

Cover

Bagian cover depan laporan magang harus memuat identitas Anda secara lengkap. Sebaiknya Anda cermat dalam membuat bagian cover karena banyak mahasiswa yang salah ketik nama, NIM, maupun nama instansi. Perhatikan pula cara penggunaan huruf kapital dan tanda baca.

Daftar Isi

Buatlah bagian daftar isi dengan rapi serta sesuai dengan konten yang Anda tulis. Biasanya banyak mahasiswa yang malas mengganti nomor halaman ketika laporan magangnya mendapatkan revisi. Hal tersebut tentu akan sangat fatal apabila laporan magang diperiksa oleh pembimbing, bahkan ketika sudah diserahkan pada pihak tempat magang.

Konten Laporan

Sesuaikan isi laporan magang dengan jurusan yang Anda ambil. Lengkapi data yang Anda dapatkan dengan grafik, gambar, atau ilustrasi lainnya. Tulis secara lengkap apa saja yang Anda kerjakan selama masa magang berlangsung. Untuk memudahkannya tulis juga tanggal sesuai dengan waktu pengerjaan.

Lampiran Laporan

lampiran laporan biasanya akan ditanyakan ketika proses pembuatan laporan. Ketika Anda membahas data pada bagian isi, maka Anda perlu melampirkan perhitungan yang detail pada bagian lampiran.

Kapan Membuat Laporan Magang?

Apa Itu Magang, Program Internship Mahasiswa ? – Mamikos Info

Umumnya proses magang dilakukan dalam waktu satu sampai tiga bulan, lalu kapan sebaiknya menyusun laporan magang? ada baiknya Anda memulainya dua minggu sebelum proses magang berakhir.

Sebelum memulai menyusunnya cobalah untuk mencari tahu format laporan magang kemudian susunlah poin-poin utama yang terdapat di laporan magang, misalnya saja profil perusahaan atau tempat Anda magang, susunan pengurus di tempat kerja, dan daftar pekerjaan yang harus Anda lakukan ketika berada di lokasi magang.

Untuk memudahkan pembuatan laporan magang, kalian dapat konsultasi ke pembimbing, baik pembimbing lapangan atau Dosen pembimbing, atau lebih mudah lagi jika Anda mempunyai kakak tingkat dengan lokasi magang yang sama, Anda dapat konsultasi terkait laporan magang yang sedang dikerjakan. Hal ini tentu akan sangat membantu sekali.

Teknik Penulisan Laporan Magang

Premium Photo | Top view of hand writing on notebook on table

Penting untuk Anda mengetahui teknik dalam penulisan laporan magang selain mengetahui apa saja isi dari laporan magang. Teknik yang digunakan pun hampir sama seperti laporan pada umumnya. Berikut adalah teknik penulisan laporan secara umum:

Jenis dan Ukuran Kertas

  1. Naskah diketik pada kertas HVS 80 gram dengan ukuran A4 (+ 210 mm x 297 mm) dan tidak bolak-balik
  2. Sampul di soft cover berwarna omega 41 (kuning keemasan). Tulisan yang tercetak pada sampul dapat dilihat pada lampiran.

Pengetikan

  1. Naskah diketik dengan jenis huruf Times New Roman, dengan font 12 (font size), dan seluruh naskah harus dipakai jenis huruf yang sama.
  2. Untuk tujuan tertentu seperti kata asing dengan penekanan dapat ditulis dengan huruf miring.

Jarak Baris

Umunya baris dibuat 1,5 spasi, kecuali judul tabel atau gambar yang lebih dari satu baris, dan daftar pustaka diketik dengan jarak 1 (satu) spasi. Jarak antara judul bab dengan sub judul bab dibuat 3 spasi. Jarak antara akhir alinea dengan anak sub judul bab dibuat 3 spasi.

Batas Tepi

Batas pengetikan ditinjau dari tepi kertas, diatur sebagai berikut:

  1. atas : 4 cm
  2. bawah : 3 cm
  3. kiri : 4 cm
  4. kanan : 3 cm.

Contoh Laporan Magang

Alasan Mengapa Menulis Karya Ilmiah Penting bagi Mahasiswa - STAI  Darunnajah Bogor

Berikut ini merupakan referensi contoh laporan magang dari beberapa jurusan:

Laporan Magang Mahasiswa Ekonomi

BAB I: Pendahuluan

Latar Belakang

Tujuan kegiatan magang

Manfaat kegiatan magang

Rencana magang

BAB II: Gambaran Umum

Sejarah didirikannya lembaga

Tugas dan kedudukan lembaga

BAB III: Laporan Kegiatan Magang

BAB IV: Penutup

Kesimpulan

Saran

Laporan Magang Mahasiswa Komunikasi

BAB I: Pendahuluan

Latar Belakang

Tujuan

Bentuk Kegiatan

Pelaksanaan

Materi Kuliah Kerja Praktek

BAB II: Gambaran Umum

Sejarah Lokasi Tempat Magang

Profil Umum Lokasi Tempat Magang

Budaya Perusahaan Lokasi Tempat Magang

Bidang Usaha Lokasi Tempat Magang

BAB III: Pelaksanaan Kegiatan

Internal Public Relations

External Public Relations

BAB IV: Pembahasan

Internal Public Relations

External Public Relations

BAB V: Penutup

Kesimpulan

Saran

Laporan Magang Mahasiswa Hukum

BAB I: Pendahuluan

Latar Belakang

Rumusan Masalah

Tujuan

Manfaat

Metode Pengumpulan Data

BAB II: Dasar Teori

BAB III: Pembahasan

Pengertian Tindak Pidana

Unsur Tindak Pidana

Jenis Tindak Pidana

Analisis Kasus Tindak Pidana

BAB IV: Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan

Saran

Tips Anak Magang naik Peringkat Jadi Karyawan

Internship - Frederick Community College

Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar bisa di angkat menjadi pegawai tetap di tempat kalian magang:

Bangun Koneksi dan Relasi

Attitude yang baik, penampilan yang rapi, etos kerja yang bagus, memiliki management waktu yang baik tentu akan memudahkan Anda membuat koneksi dengan orang-orang disekitar. Buatlah koneksi sebanyak mungkin ditempat magang, hal itu akan memudah Anda mendapatkan rekomendasi aatupun saran dari orang-orang profesional.

Jadi Pribadi yang Aktif

Jadilah pribadi yang aktif saat berada di tempat magang. Mulailah dengan bertanya tentang pekerjaan apa yang akan kalian lakukan kepada mentor di tempat magang. Kalian juga harus lebih aktif bertanya jika kalian tidak mengerti dengan tugas yang didapatkan.

Mengerjakan Tugas dengan Total

Hal lain yang akan memberi Andanilai plus saat melakukan magang adalah dengan melakukan tugas sebaik-baiknya. Meskipun kalian belum memiliki pengalaman untuk bekerja, namun pihak perusahaan akan menilai dari kesungguhan Anda dalam menyelesaikan tugas kalian.

JojoExpense, pencatatan pengeluaran perusahaan dalam satu sentuhan

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan kinerja Anda dalam manajemen keuangan dan pengeluaran. Aplikasi ini efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan hingga 76 persen.

Jojo Expense

Selain itu, fitur pendukungnya pun cukup lengkap. Mulai dari Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online hingga Transfer Antar Bank secara Real Time. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!