Contoh Proposal Lengkap untuk Usaha, Menarik dan juga Powerfull

sistem operasi

Contoh Proposal Lengkap untuk Usaha, Menarik dan juga Powerfull – Apakah saat ini Anda sedang merintis sebuah bisnis dan ingin mencari seorang investor atau pemodal? Nah kamu sudah tahu belum bagaimana mendapatkan investor atau pemodal yang ingin bergabung dalam bisnis kamu? Kalau belum tahu, artikel ini ini sangat tepat untuk menjadi panduan kamu.

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana mendapatkan investor atau pemodal, kamu bisa membuat proposal usaha. Lalu, apa sih proposal usaha itu?

Singkatnya adalah latar belakang dari bisnismu dan tujuan dari bisnismu yang nantinya dilihat oleh seorang investor atau pemodal. Jika proposal kamu menarik, maka investor atau pemodal bisa saja tertarik untuk menanamkan modal di bisnis kamu.

Dan pada artikel kali ini Jojonomic akan membahas lebih lanjut apa itu proposal usaha dan bagaimana membuatnya agar terlihat menarik. So, simak terus artikel ini ya!

Pengertian Proposal Usaha

black smartphone near person photo – Free Business Image on Unsplash

Contoh Proposal Lengkap untuk Usaha, Menarik dan juga Powerfull -Secara pengertiannya proposal berasal dari bahasa inggris yaitu to propose yang artinya mengajukan, secara bahasa proposal dapat di artikan sebagai bentuk pengajuan atau permohonan.

Penawaran itu bisa berupa ide, gagasan, pemikiran atau sebuah rencana kerja yang di tujukan kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan, baik itu yang sifatnya izin, persetujuan, dana dan lain-lain.

Proposal bisa juga diartikan sebagai sebuah tulisan atau pemaparan yang dibuat oleh penulis yang bertujuan untuk melakukan penjabaran atau menjelaskan sebuah rencana dengan suatu tujuan atau kegiatan kepada pembaca atau pihak yang menjadi target.

Jadi proposal usaha adalah dokumen tertulis yang disiapkan oelah wirausahawan yang menggambarkan semua unsur yang releven. Baik itu internal maupun eksternal mengenai proyek baru, atau proposal usaha yang merupakan dokumen tertulis berisi usaha baru yang sedang direncanakan.

Layaknya, proposal usaha harus asli dan realistis, jika tidak pemodal atau investor akan ragu dengan proposal yang kamu ajukan. Proposal yang kamu buat tidak boleh menyalin dari proposal-proposal orang lain.

Proposal usaha mencakup sasaran dan strategi. Sasaran di sini adalah apa yang dicapai perusahaan, sedangkan strategi adalah arah tindakan untuk mencapai sasaran usaha.

Contoh dan Unsur-unsur Lengkap Proposal Usaha agar Menarik

How to Manage LinkedIn Privacy - Remove Imported Contacts | emilybinder.com

Contoh Proposal Lengkap untuk Usaha, Menarik dan juga Powerfull -Ketika kita membuat proposal usaha, tentu dengan niat dan tujuan agar proposal yang kita ajukan menarik, elegan, benar dan pantas untuk mendapatkan persetujuan. Sehingga tujuan kita untuk mengadakan permintaan barang atau pengadaan dana lebih mudah terealisasikan.

Lalu, apa saja sih yang harus ada di dalam proposal usaha kita agar dapat diterima? Berikutlah unsur-unsur yang harus ada di dalam proposal kamu agar tertarik di lihat:

Pendahuluan

Di pendahuluan kamu harus memperkenalkan dirimu dan bisnis yang akan kamu buat. Kamu harus dengan rinci menjelaskan bisnis yang akan kamu jelaskan.

Mulai dari visi-misinya, latar belakang usaha yang dijalankan seperti apa, dan juga menjalaskan keadaan pasar saat ini agar investor atau pemodal tahu seberapa besar peluang bisnis kamu di pasar.

Profil Bisnis

Dalam profil bisnis ini kamu harus menjelaskan jenis usaha yang akan kamu jalanin, nama bisnis yang kamu buat. Serta di mana bisnis kamu akan dibuka. Hal ini perlu dicantumkan karena investor atau pemodal ingin mendapatkan kejelasan dan mencegah resiko penipuan.

Jenis Bisnis

rawpixel-788601-unsplash - Claridges Business Brokers

Di dalam profil bisnis, kamu bisa menguraikan tentang jenis bisnis apa yang ingin kamu jalankan secara singkat.

Kamu bisa menjelaskannya dalam bentuk uraian singkat. Lalu jelaskan secara singkat bisnis yang nantinya dijalankan.

Nama Bisnis

Nama bisnis merupakan brand yang akan selalu diingat setiap saat. Maka dari itu kamu harus membuat nama bisnis yang menarik dan mencantumkannya dalam proposal usaha kamu.

Tujuannya agar investor atau pemodal tertarik untuk menanamkan modal dalam bisnis kamu.

Lokasi

Salah satu hal yang sangat penting dalam berbisnis adalah pemilihan lokasi terlebih jika kamu menjualnya secara langsung maka pemilihan lokasi adalah hal mutlak yang harus kamu perhatikan.

Tulislah lokasi perusahaan kamu, kemudian buat peta atau denah. Kamu bisa menggunakan google maps yang kini sangat memudahkan kita dalam menentukan denah lokasi.

Struktur Organisasi Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki struktur organisasinya masing-masing, tidak mungkin kamu berdiri sendiri atau kamu membentuk satu sistem yang membuat perusahaan anda berjalan dengan satu sistem.

Dengan begitu kerjasama antara owner dengan karyawan dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Struktur ini bisa meliputi dari pemilik usaha, manager atau pengelola, marketing, HR, dan juga divisi-divisi yang dapat memperluas bisnismu.

Produk Perusahaan

Dalam pembuatan proposal kamu juga harus menaruh produk apa yang akan kamu jual. Bagaimana peluang dari produk yang kamu jual, agar pemodal tertarik.

Kamu juga harus jelaskan jenis produk, bagaimana pembuatan produk, dan keunggulan produk yang kamu jual. Hal ini akan membuat pemodal mempunyai gambaran terhadap bisnis kamu.

Jenis produk

Corporate Business Pictures | Download Free Images on Unsplash

Produk adalah nyawa bisnis, jika anda tidak memiliki produk yang kamu jual maka kamu jelas tidak dapat menjalankan bisnis. Untuk itu sebutkan jenis produk apa yang kamu produksi.

Pembuatan produk

Pembuatan produk merupakan bagaimana cara proses pembuatan pada produk yang kamu jual. Alat-alat apa saja yang dibutuhkan dalam proses produksi, ini juga hal yang akan dipertimbangkan oleh pemodal. Ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar modal yang harus dikeluarkan dalam produksi.

Keunggulan produk

Kamu harus menjelaskan keunggulan dari produk kamu, keunggulan produk ini bertujuan untuk menunjukkan nilai plus dari produk yang kamu jual. Produk yang kamu jual harus berbeda dengan apa yang ada di pasar.

Target Pasar

Examples of Excellent Business Branding | AP Brand Communications

Sebagai tambahan kamu harus menyebutkan siapa yang akan kamu jadikan target pasar. Warga di daerah mana serta umur berapa dan kalangan yang mana. Dalam ilmu marketing hal ini disebut sebagai STP atau kepanjangan dari segmentation, targeting, dan positioning.

Strategi Pemasaran

Pada bagian ini kamu harus menjelaskan dengan rinci strategi pemasaran apa yang akan kamu lakukan dalam penjualan produk yang kamu jual. Pastinya strategi ini disesuaikan lagi dengan bentuk produk yang dijual, manfaat produk, dan juga produk ini ditujukan pada siapa. Dengan begitu strategi pemasaran bisa dibuat dengan jelas.

Laporan Keuangan

Laporan keuangan ini akan berisikan dari alokasi dana, perhitungan laba, dan juga perhitungan bagi hasil, lalu seperti apa cara pembuatannya? Berikut penjelasannya:

Alokasi dana

Merupakan rancangan kebutuhan dana serta pengeluaran dana yang akan kamu gunakan untuk bisnis yang kamu jalankan.

Perhitungan laba

rawpixel-620238-unsplash | Talk Business

Buat perhitungan secara logis dan realistis mengenai keuangan bisnis kamu, target laba rugi,ancaman resiko dan lain-lain yang menyangkut dalam kondisi keuangan bisnis kamu.

Hal ini akan menjadikan acuan pada pemodal untuk seberapa besar resiko bisnis yang akan ia modalkan.

Perhitungan Bagi Hasil

Setelah semua unsur di atas selesai, maka kamu tinggal menentukan berapa rasio bagi hasil yang akan kamu tetapkan.

Bagaimana menentukan rasio bagi hasil tergantung dari resiko usaha, semakin kecil resiko usaha maka semakin kecil pula pendapatan yang diberikan kepada investor dan sebaliknya.

Penutup

GDPR & The Role of the Data Protection Officer | Kefron

Penutup berisi kata kata terakhir kamu untuk meyakinkan investor kamu, mengetuk hati investor kamu agar lebih tertarik serta doa dan harapan kamu atas proposal yang kamu berikan. Jangan lupa ucapkan terima kasih atas kesediaanya membaca proposal kamu.

Lampiran

  • Biodata pemiliki usaha
  • Surat perjanjian
  • Surat ijin usaha
  • Sertifikat usaha atatu kepelatihan

Nah, begitulah sekiranya jika kamu ingin membuat proposal usaha untuk mendapatkan modal usaha. Jangan ada satu unsurpun yang tidak kamu tulis, karena jika unsur-unsur dalam proposal tidak lengkap maka pemodal akan bingung pada bisnis yang ingin kamu jalankan karena kurangnya informasi pada proposal.

JojoExpense, Catat pengeluaran perusahaanmu dalam satu sentuhan

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan kinerja Anda dalam manajemen keuangan dan pengeluaran. Aplikasi ini efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan hingga 76 persen.

Jojo Expense

Selain itu, fitur pendukungnya pun cukup lengkap. Mulai dari Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online hingga Transfer Antar Bank secara Real Time. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!