Contoh Proposal Usaha Lengkap Bagi Berbagai Macam Tipe Usaha

Contoh proposal usaha lengkap sebagai suatu dokumen tentunya perlu untuk dipersiapkan. Memang berbagai macam perencanaan haruslah dilakukan sebelum memulai atau menjalankan suatu bisnis. Termasuk pula di dalam perencanaan tersebut adalah sebuah proposal yang disusun dengan tujuan tertentu.

Pada dasarnya sebuah proposal memang disusun dengan tujuan agar dapat mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis karena di dalam proposal terkandung pedoman yang tertuang secara jelas serta detail. Memang sebuah usaha atau bisnis sudah seharusnya dijalankan dengan penuh pertimbangan dan berbagai persiapan yang matang. Oleh karena itu dibentuklah suatu proposal usaha agar dapat mempermudah Anda.

Dengan adanya contoh proposal usaha lengkap yang telah disusun maka Anda selanjutnya bisa mengajukan izin pendirian di tempat yang diinginkan. Selain itu proposal usaha biasanya diadakan untuk mencari klien yang sekiranya mau bekerja sama dengan Anda. Oleh karena itu setiap bagian proposl harus jelas dan detail agar pihak lain bisa mendapatkan informasi mengenai perencanaan bisnis Anda melalui proposal yang telah disusun.

Fungsi proposal usaha dalam dunia bisnis

Perlu kamu ketahui, proposal usaha ternyata memiliki fungsi teramat penting, baik bagi perseorangan maupun lembaga yang hendak melakukan suatu usaha atau mengadakan suatu program kegiatan.

Salah satu fungsi dari proposal usaha adalah media untuk melakukan penelitian yang berkenaan dengan sosial, politik, ekonomi, budaya, agama, dan lain sebagainya. Bahkan, sebuah proposal usaha bisa dijadikan dasar untuk mendirikan usaha kecil, menengah, ataupun besar.

Proposal usaha juga kerap dijadikan syarat pengajuan tender kepada lembaga-lembaga pemerintah ataupun swasta. Selain itu, proposal semacam ini juga bisa jadi syarat pengadaan seminar, diskusi, maupun berbagai jenis pelatihan.

Berbagai unsur dalam proposal usaha

Bukan hanya sekadar mengetahui fungsi dan manfaatnya saja, kamu pun harus mampu memahami unsur proposal usaha dan bagaimana membuatnya lebih menarik di mata investor.

Pendahuluan

Sesuai dengan namanya, bagian pertama adalah pendahuluan yang bisa kamu jadikan wadah untuk menjelaskan visi misi dari usaha, latar belakang pendirian usaha, hingga peluang bagi investor. Pastikan, kamu membuat bagian pendahuluan ini secara singkat dan jauh dari kesan bertele-tele. Jangan lupa untuk menyajikannya secara jelas dan menggunakan bahasa yang mengundang.

Profil bisnis

Bagian berikutnya adalah profil bisnis yang harus bisa kamu jelaskan secara detail. Biasanya di bagian ini, kamu akan menerangkan tentang jenis bisnis, nama bisnis, dan lokasi operasi bisnis tersebut. Jangan lupa juga untuk memberikan alasan di balik pemilihan hal-hal tersebut dan gunakan bahasa singkat, tapi tetap informatif.

Struktur organisasi perusahaan

Bagian selanjutnya adalah penjelasan tentang struktur organisasi perusahaan yang hendak kamu rintis. Di bagian ini, kamu bisa menjelaskan sistem usaha hingga bagian apa saja yang akan dibentuk dalam organisasi tersebut. Selain itu, kamu bisa mencantumkan siapa saja orang yang terlibat di dalamnya dan bagaimana struktur ini mampu mendukung kesuksesan usaha yang dibuat.

Jangan lupa juga untuk menjelaskan hubungan tanggung jawab pemilik terhadap karyawan dan pengaturan organisasi supaya usaha berjalan baik sekaligus membuat investor tertarik.

Produk perusahaan

Selanjutnya adalah produk perusahaan yang jadi bagian paling penting dalam sebuah proposal usaha. Pasalnya, produk perusahaan merupakan alat yang nantinya bisa membawa sejumlah keuntungan dan kerugian.

Apabila produk tersebut dinilai lemah, tentu saja investor tidak akan tertarik dengan bisnis yang kamu lakoni. Oleh sebab itu, kamu harus mampu menjelaskan dengan baik tentang jenis produk, proses pembuatan, dan daya tariknya.

Di zaman serba canggih seperti saat ini, bisnis rintisan tentu semakin banyak. Jadi, pastikan produk perusahaan yang kamu tawarkan mampu bersaing. Jangan ragu untuk memberikan data-data mendukung perihal produk tersebut dan bandingannya dengan produk kompetitor. Pastikan, produk kamu memiliki keunikan dan orisinalitas yang mampu meyakinkan para investor.

Target pasar

Di dalam setiap proposal usaha, kamu juga harus menyebutkan siapa target pasar yang dimaksud. Hal ini biasanya disesuaikan dengan produk yang ditawarkan. Ketahuilah, penyampaian target pasar ini harus benar-benar meyakinkan. Jadi, penggunaan data soal target kamu dan bagaimana produk tersebut bisa masuk ke dalam pasar yang dimaksud harus ada sekaligus jelas.

Strategi pemasaran

Promosi dan strategi pemasaran harus dilakukan demi memastikan produk terjual. Di dalam sebuah proposal usaha, kamu harus mampu menjelaskan apa saja yang hendak dilakukan guna keperluan penjualan ini. Pastikan, strategi yang direncanakan sesuai dengan produk dan target pasar. Apabila ingin membuatnya lebih menarik, kamu bisa menampilkan gambar sample dan gambaran rencana pemasaran.

Laporan keuangan

Apabila bisnis yang dimaksud sudah bisa dijalankan ketika pengajuan proposal usaha, maka kamu harus mencantumkan laporan keuangan yang konkret dari usaha tersebut. Sebab, hal ini akan dijadikan dasar para investor mengenai prospek usaha itu sendiri ke depannya.

Namun jika usaha belum berjalan, maka kamu bisa menggunakan laporan keuangan dalam bentuk prediksi dan simulasi. Pada bagian ini, kamu bisa menjelaskan simulasi alokasi dana untuk keperluan operasional usaha hingga perhitungan laba-rugi. Bahkan, kamu juga bisa menjelaskan perihal situasi bagi hasil dengan para investor tersebut melalui laporan keuangan.

Penutup

Untuk bagian penutup proposal, kamu bisa mengisinya dengan pernyataan yang meyakinkan dan meningkatkan rasa penasaran investor terhadap bisnis yang sedang kamu lakoni. Di bagian ini pula, kamu harus menyampaikan rasa terima kasih dan doa untuk masa depan atas bisnis yang diajukan. Jika ingin lebih baik lagi, buat penutup ini secara khusus. Tujuannya agar proposal usaha yang dibuat sesuai dengan pribadi investor sehingga terasa lebih personal.

Selain itu, kamu juga bisa melampirkan beberapa data pendukung di bagian ini. Mulai dari biodata kamu sebagai pemilik usaha, surat perjanjian, surat izin usaha, sertifikasi pelengkap, dan lain sebagainya.

Trik membuat proposal usaha yang menarik investor

Proposal usaha atau rencana bisnis bisa membantu kamu mendapatkan pembiayaan sekaligus mempertajam strategi dan pencapaian tujuan kamu. Bisa dikatakan, proposal merupakan hal paling penting dalam kegiatan bisnis. Dengan proposal semacam ini, kamu bisa memulai langkah untuk melakukan bisnis tertentu.

Biasanya, proposal bisnis berisi tentang ide dan beragam hal yang mampu meyakinkan para investor untuk membantu kamu dalam urusan modal atau kebutuhan lain yang menyangkut bisnis tersebut. Berikut ini beberapa trik yang perlu kamu ketahui sekaligus terapkan.

Dukung proposal dengan media lain

Biasanya, proposal usaha yang diajukan harus bisa kamu jelaskan secara rinci di hadapan para investor. Ketika menjelaskan setiap detailnya, kamu bisa menggunakan berbagai media sebagai pendukungnya. Mulai dari aplikasi presentasi yang mumpuni hingga video dan demonstrasi sample produk tentu bakal jadi impresi baik untuk pihak investor yang sedang dihadapi.

Sajikan proposal yang fleksibel

Pada dasarnya, proposal merupakan gabungan konsep dan penawaran yang mengundang bagi investor. Apabila ada sesuatu di dalam proposal tersebut yang tidak cocok dengan investor, maka kamu bisa mengkajinya kembali.

Jangan ragu untuk mengajukan trial period dan milestone

Meski memiliki proposal usaha yang menarik dan meyakinkan, ketahuilah bahwa sebenarnya banyak investor yang mencari bukti konkret. Dalam hal ini, kamu bisa mengajukan trial period dan milestone yang tercantum dalam proposal tersebut.

Arti dari trial period adalah saat kamu menerima dana dan memulai operasi usaha, investor bisa menarik kembali modal mereka karena ternyata bisnis kamu tidak berjalan sesuai rencana. Tentu saja, hal semacam ini memiliki risiko tersendiri. Namun percayalah, ini adalah opsi terbaik daripada tidak memulai usaha sama sekali.

Sementara yang dimaksud dengan milestone adalah kamu membuat usaha dengan dana dari investor dan membuat target dalam jangka singkat yang harus terpenuhi. Target ini bisa berupa jumlah produksi, keuntungan, dan lain sebagainya. Apabila kamu gagal memenuhi milestone ini, maka investor memiliki hak untuk mencabut dana yang telah diberikan.

Kuasai seluruh materi yang terkait dengan proposal

Hal terakhir yang bisa membuat pengajuan proposal kamu sukses adalah kemampuan dalam penguasaan materi. Dalam hal ini, kamu bukan hanya sekadar menguasai apa yang ada di dalam proposal tersebut, tapi juga segala sesuatu yang berhubungan dengan itu. Contohnya, situasi persaingan dengan kompetitor, berita terakhir seputar dunia bisnis, kondisi pasar, dan lain sebagainya.

Percayalah, hal semacam ini bisa membantu kamu menjawab berbagai pertanyaan dari investor. Bahkan, bisa membuat jawaban kamu semakin terdengar meyakinkan.

contoh proposal usaha lengkap

Contoh Proposal Usaha Lengkap Makanan

Saat ini kuliner menjadi dalah satu bidang yang paling banyak disukai oleh sekumpulan orang. bahkan bisnis di bidang kuliner dirasa dapat terus berkembang sesuai dengan meningkatnya jumlah permintaan pada masyrakat. Bila Anda ingin menggeluti bisnis di bidang kuliner maka Anda perlu membuat proposal usaha makanan. Buatlah proposal dengan mudah namun dapat memberikan informasi yang jelas mengenai usaha Anda.

Ada beberapa point penting yang harus turut dicantumkan pada proposal usaha makanan yang dibuat. Seperti misalnya nama dan tujuan serta latar belakang usaha Anda. Selain itu Anda perlu menuliskan hasil survey terhadap pasar serta peluang bisnis menurut kacamata Anda. Deskripsi produk serta keunggulan produk yang akan dijual juga menjadi bagian penting yang juga perlu untuk turut dituliskan di dalam proposal. Dengan adanya penyusunan proposal yang seperti ini maka Anda telah menjelaskan usaha atau bisnis Anda secara garis besar. Tentu saja hal ini akan sangat memberikan informasi bagi pihak yang menerima proposal Anda.

Contoh Proposal Usaha Lengkap Kerajinan

Tidak hanya makanan saja yang saat ini semakin banyak disukai oleh masyarakat. Tampaknya crafts atau kerajinan juga menjadi bidang yang sangat menarik bagi beberapa orang. Pada kenyataannya semakin banyak orang yang melirik dan berminat terhadp hasil kerajinan baik yang terbuat dari kayu atau lainnya. Usaha di bidang kerajinan pada dasarnya juga bisa menjadi suatu usaha yang sangat menarik. Bisnis kerajinan saat ini tampaknya smeakin berkembang seiring dengan berkembangnya dunia pariwisata. Banyak wisatawan yang tertarik dengan hasil kerajinan tanah air.contoh proposal usaha lengkap

Anda bisa saja membuat proposal untuk semakin memperlancar usaha Anda yang bergelut dalam bidang kerajinan. bentuk dan isi propsal sebenarnya sama saja dengan yang lain. Anda perlu menggambarkan hasil survey terhadap pasar serta peluan bisnis kerajinan yang dijalani. Selain itu Anda juga perlu mendeskripsikan produk yang akan dijual. Beberapa hal yang berkaitan dengan produk Anda tentunya juga perlu dituliskan dalam proposal agar pihak penerima proposal bisa mengetahui produk kerajinan yang akan dijual

Fungsi Proposal Usaha

Adapun sebenarnya membuat proposal dan melihat dari contoh proposal usaha lengkap dapat memberikan berbagai macam manfaat. Oleh sebab itu hal ini memberikan fungsi secara garis besar sebagai berikut:

1. Melakukan perbandingan antara perencanaan dengan hasil nyata.

Sebuah proposal dibuat dengan mengandung berbagai macam perencanaan di dalamnya. Tentu saja sebuah perencanaan tidak selalu disertai dengan adanya ide yang tertulis serta bebberapa hal penting lainnya. Seperti misalnya tentang modal ataupun hal lainnya yang berkaitan dengan proses pelaksanaan. Demikian pula sebuah proposal usaha juga disusun dengan menuangkan seluruh perencanaan yang meliputi beberapa hal termasuk anggaran dan hal lainnya. Maka Anda bisa membandingkan apakah apa yang tertulis di proposal bisa sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Oleh karena itu dengan adanya proposal maka Anda bisa melihat perbandingan antara perencanaan yang diharapkan dengan hasil nyata setelah usaha dijalani.

2. Mengembangkan dan menguji strategi.

Bagaimanapun juga sebuah proposal termasuk proposal usaha bisa memiliki fungsi yang bersifat positif termasuk bagi pemilik usaha. Salah satunya agar pemilik usaha dapat mengembangkan usahanya. Proposal yang disusun dapat membantu Anda sebagai pemilik usaha untuk mengembangkan usaha Anda. Pengembangan usaha dapat dilakukan salah satunya adalah dengan cara menguji strategi yang mungkin saja diharapkan oleh pihak lain. Mungkin saja calon klien Anda mengharapkan Anda bisa melakukan pengembangan dengan inovasi tersendiri. Oleh karena itu keberadaan proposal bisa memberikan dampak positif bagi Anda.

contoh proposal usaha lengkap

3. Berpikir secara kritis dan objektif.

Menjalani usaha memang tidaklah semudah apa yang diharapkan. Namun melalui perencanaan yang ditulis di proposal maka Anda secara tidak langsung telah memikirkan banyak hal mengenai bisnis atau usaha Anda secara kritis dan objektif. Dengan adanya pemikiran yang kritis dan objektif mengenai bisnis Anda maka klien bisa saja tertarik untuk bekerja sama dengan bisnis Anda. Sebab pemikiran Anda yang tertuang di proposal tersebut dapat membuat klien untuk turut memikirkan proses dan keuntungan yang didapat jika bekerja sama dengan Anda.

4. Melakukan analisis finansial.

Dalam dunia usaha sudah tentu akan terjadi persaingan. Persaingan ini juga sudah tentu perlu dipikirkan agar bisa selalu dihadapi. Dengan adanya proposal maka Anda dan penerimaproposal bisa melihat analisis finansial. Anda dan penerima proposal pada akhirnya juga bisa melihat dan melakukan prediksi mengenai tingkat kebehasilan dalam bisnis yang akan digeluti.

5. Melihat gambaran kemampuan manajerial.

Sebuah proposal usaha pada dasarnya bisa memberikan gambaran mengenai kemampuan manajerial seorang wirausahawan atau pemilik usaha. Sebab di dalam proposal tertuang segala perencanaan dari usaha yang akan dijalankan. Sedangkan pengembangan usaha turut dipengaruhi oleh kemampuan wirausahawan dalam mengelola usaha atau bisnisnya tersebut. Maka dari itu proposal yang disusun sebenarnya turut menggambarkan kemampuan Anda dalam mengelola suatu usaha.

Contoh proposal usaha lengkap akan membantu para pebisnis dalam memulai usaha dan mengajukan proposal awalnya. Cukup penting bagi seorang penguaha pemula, sama pentingnya dengan memperhatikan sistem penggajian karyawan yang baik dan tepat. Oleh sebab itu jika baru saja mendirikan usaha ada baiknya mencoba untuk menggunakan JojoPayroll. Dengan produk ini maka nantinya akan membantu perusahaan dalam hal pembayaran payroll yang akurat, termasuk perhitungan potongan yang tepat hingga cetak slip gaji otomatis.

contoh proposal usaha lengkap

Tentu saja JojoPayroll ini sudah dilengkapi oleh aneka macam fitur menarik. Mulai dari fitur Allowance by Organization Chart, Customized Deduction Component, Multiple Deduction Type, Government Standard BPJS Calculation, serta masih banyak lagi fitur yang lain. Karena itu jangan ragu, segera dapatkan coba gratis JojoPayroll di perusahaan Anda sekarang juga dan rasakan segudang manfaatnya.