Contoh Script Telemarketing Bagus

Strategi yang hingga kini masih sering digunakan dalam pemasaran adalah telemarketing. Tentunya dalam menerapkan strategi ini, Anda perlu mengetahui contoh script telemarketing yang bagus.

Meski semua kini sudah serba digital, telemarketing masih tetap dianggap sebagai strategi jitu dalam pemasaran bisnis perusahaan. Telemarketing dibutuhkan guna mempertahankan bisnis tetap eksis dan tetap berjalan lancar ke depannya.

Saat melakukan pemasaran seorang telemarketer pasti membutuhkan script yang dapat membantunya dalam menjelaskan suatu produk. Script akan membantu seorang telemarketer berbicara dengan baik dan terarah, sehingga konsumen mengerti dan tertarik terhadap produk yang ditawarkan.

Nah, di bawah ini kami bagikan contoh script telemarketing yang bagus. Namun sebelumnya Anda perlu memahami apa itu telemarketing dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Apa itu Telemarketing

Telemarketing dapat diartikan sebagai salah satu strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan media telepon.

Telemarketing sendiri hingga kini masih digunakan sebagai strategi pemasaran oleh banyak perusahaan besar. Dengan strategi ini, diharapkan promosi produk atau jasa kepada pelanggan melalui telepon bisa lebih efektif dan tepat sasaran.

Meski strategi pemasaran ini terkadang cukup mengganggu pelanggan, namun Anda dapat menghindarinya dengan lebih teliti mengidentifikasi para calon pembeli potensial.

Ketika Anda memiliki data tentang pembeli potensial, Anda akan lebih mudah menciptakan hubungan dengan mereka. Apabila Anda menguhubungi mereka dan menawarkan produk atau jasa secara detail dan informatif, secara otomatis mereka akan menyukainya dan bahkan langsung melakukan pembelian.

Fungsi Script Telemarketing yang Bagus

Sebagai seorang telemarketer tentunya Anda tidak bisa lepas dari script telemarketing. Berikut fungsi telemarketing bagi telemarketer:

1. Sebagai Prakata Percakapan

Pernah merasa bingung dalam memulai sebuah percakapan? Ya, tidak sedikit orang yang terkesan kaku di awal pembicaraan karena merasa bingung mau memulai berbicara dari mana.

Ternyata kesulitan tersebut tidak hanya dirasakan orang biasa, seorang sales pun tak jarang juga merasakan hal yang sama ketika akan memulai percakapan.

Oleh karena itu, script telemarketing sangat penting pagi para telemarketer. Script akan membantu memudahkan mereka dalam memulai percakapan dengan pelanggan potnsial.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Apakah Anda termasuk orang yang sering merasa grogi saat akan memulai pembicaraan? Atau, mungkin Anda sering berucap “eee” ketika sedang berpikir? Itu berarti Anda sedang merasa tidak percaya diri.

Script telemarketing akan membantu Anda lebih percaya diri ketika memulai pembicaraan dengan pelanggan melalui telepon. Dengan beberapa poin percakapan yang sudah disiapkan, Anda tidak akan khawatir lagi ketika menyampaikan informasi kepada para pelanggan potensial.

3. Menjaga Arah Pembicaraan

Fungsi selanjutnya dari script telemarketing adalah membantu seorang telemarketer tetap fokus dalam pembicaraan.

Mungkin saja, dalam merespons pertanyaan para pelanggan, telemarketer kesulitan untuk tetap fokus pada poin penjualan. Dengan adanya script telemarketing, Anda akan diuntungkan karena sebisa mungkin Anda tetap bisa mengontrol dan mengarahkan pembicaraan sesuai dengan poin yang ada di script.

Anda tidak perlu lagi bingung dan pusing ketika menanggapi respons pelanggan Anda jika berbicara di luar konteks. Anda akan tetap bisa mengelola pembicaraan sebaik mungkin sehingga terlihat profesional dan tujuan pemasaran Anda berhasil membuat pelanggan potensial melakukan pembelian produk atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Sebagai Alat Evaluasi Strategi Sales

Semakin sering telemarketer menggunakan script telemarketing, semakin lues ia dalam menentukan pemilihan poin pemasaran yang tepat.

Anda akan banyak diuntungkan dengan menggunakan script telemarketing. Setidaknya Anda tahu dan memahami bagian-bagian dalam telemarketing yang sering mendapatkan respons baik oleh para calon pelanggan dan mana yang tidak.

Dengan begitu, Anda dapat melakukan evaluasi serta merevisi poin-poin yang kurang efektif dengan poin yang lebih baik. Sehingga proses pemasaran berjalan baik dan berkesan kepada calon pelanggan.

5. Menanggapi Berbagai Respons

Tanggapan yang diberikan oleh para calon pelanggan bisa saja berbeda-beda, bahkan mungkin ada yang di luar konteks. Anda pun mungkin terkadang berharap mendapat jawaban sesuai ekspektasi, tapi nyatanya Anda mendapat jawaban yang beragam dan tidak sesuai ekspektasi sebelumnya.

Script telemarketing yang bagus adalah tools yang tepat untuk mengatasi masalah yang sering Anda hadapi tersebut.  Ya, Anda dapat menyiapkan contoh script telemarketing yang bagus dengan berbagai variasi jawaban untuk menanggapi berbagai pembicaraan dari calon pelanggan.

6. Pengingat Informasi Detail

Mempromosikan produk atau jasa tentu harus dijelaskan secara detail dan mendalam. Tujuannya agar membuat pelanggan secara otomatis terbuka pengetahuannya dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Para pelanggan pun membutuhkan beberapa hal yang bersifat teknis dan detail untuk mereka ketahui secara pasti sebelum melakukan pembelian.

contoh script telemarketing bagus

Nah, pastinya Anda harus membuat contoh script telemarketing yang bagus agar mampu menyampaikan hal detail yang diharapkan pelanggan. Dengan contoh script telemarketing tersebut, usaha promosi melalui telepon akan semakin lancar dan tak terkendala hambatan yang berarti. Anda dapat dengan pasti menjelaskan informasi produk secara detail dan menyeluruh.

Contoh Script Telemarketing

 “Halo, selamat pagi (sesuaikan waktu), Bapak/Ibu (Nama). Saya Karunia Senja dari Green Packaging Company, perusahaan manufaktur terpercaya dan berkualitas di Indonesia.”

“Saat ini, Green Packaging Company sedang berfokus pada penyediazn jasa pembuatan kemasan ramah lingkungan untuk para pengusaha UMKM. Bapak/Ibu (nama) sedang membangun bisnis UMKM ramah lingkungan tersebut, ya?”

(ketika calon pelanggan mengatakan ya, lanjutkan)

“Sudah berapa lama membangun UMKM dengan konsep ramah lingkungan, Pak/Bu?”

(Jawaban calon pelanggan potensial)

“Apakah Bapak/Ibu mengalami kesulitan dalam mencari green packaging yang sesuai harapan?”

(Apabila calon pelanggan mengatakan ya, lanjutkan)

“Nah, kami dari Green Packaging Company ingin  menawarkan produk ramah lingkungan berupa kemasan ramah lingkungan untuk berbagai macam produk UMKM.”

“Green Packaging Company merupakan solusi terbaik untuk pengemasan produk UMKM yang menjunjung nilai ramah lingkungan.”

“Produk yang ramah lingkungan berkualitas tinggi serta eyecatchy diproduksi sesuai kebutuhan dan harapan Anda.”

“Jika melakukan pemesanan pembelian bulan ini, Bapak/Ibu berhak mendapatkan diskon 20 persen dan gratis ongkir seluruh Indonesia”

“Apakah Bapak/Ibu tertarik?”

(Apabila pelanggan menjawab ya, lanjutkan)

“Baik, saya akan kirimkan prosedur pemesanan produk melalui WhatsApp ke nomor ini ya, Pak/Bu.”

“Jika ada pertanyaan, Bapak/Ibu dapat membalas pesan tersebut atau melakukan panggilan ke nomor ini kembali.”

“Terimakasih atas waktunya. Selamat pagi (sesuaikan waktu).”

Itulah contoh script telemarketing yang bagus. Anda bisa mengadopsinya dengan menyesuaikan bisnis yang sedang Anda geluti.

Melakukan promosi produk/jasa via telemarketing sama pentingnya dengan menggunakan aplikasi JojoTimes dari Jojonomic. Dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan seperti pemantauan real-time secara akurat, mobile check in & check out, sistem kehadiran terintegrasi dan lainnya, aplikasi JojoTimes dapat membantu perusahaan Anda memantau kinerja karyawan baik di dalam maupun luar ruangan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan kinerja tim hingga 100 persen.

contoh script telemarketing bagus

Yuk gunakan aplikasi JojoTimes sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.