Contoh Surat Keterangan Kerja Dalam Berbagai Bidang dan Profesi

contoh surat keterangan kerja

Surat keterangan kerja merupakan bagian penting yang dimiliki oleh setiap karyawan di suatu perusahaan. Surat tersebut selalu berjalan beriringan dengan masa kontrak kerja serta hubungan antara perusahaan dengan seorang karyawan itu sendiri.

Ketika hubungan tersebut berakhir, pihak perusahaan wajib mengirimkan surat keterangan kerja kepada setiap karyawan yang memintanya. Sudah menjadi kewajiban perusahaan untuk mengeluarkan surat keterangan kerja atas permintaan karyawan itu sendiri. Dokumen tersebut harus dicetak dalam selembar kertas dengan tulisan yang jelas dan menyebutkan nama serta lokasi perusahaan besereta hal – hal pokok lainnya. Berikut adalah beberapa informasi yang wajib ada dalam surat keterangan kerja, antara lain adalah :

  • Deskripsi secara mendetail mengenai kurikulum pegawai saat bekerja dan posisi apa saja yang mereka pegang.
  • Tanggal masuk dan keluar pegawai
  • Penilaian kerja serta perilaku karyawan saat bekerja di perusahaan

Sebuah surat keterangan kerja ditulis berdasarkan pada bagaimana perilaku pegawai secara actual Ketika bekerja di perusahaan. Surat tersebut tidak boleh mengandung kata – kata yang merendahkan. Hal lain yang tidak boleh disebutkan dalam surat keterangan kerja adalah alasan atau penyebab dari pemutusan kontrak kerja itu sendiri. Anda atau perusahaan bisa menuliskan alasan tersebut di surat pemutusan kerja namun tidak boleh di surat keterangan kerja yang akan diberikan.

Perlu digaris bawahi bahwa perusahaan memiliki tangggung jawab yang sama besar terhadap mantan pegawai dan calon pegawai baru. Memang benar bahwa mnenerbitkan surat keterangan kerja yang terlalu ‘apik’ hingga menutupi fakta – fakta yang ada bisa dianggap sebagai sebuah upaya pelanggaran hukum serta memberi konsekuensi yang cukup serius bagi perusahaan.

contoh surat keterangan kerja

Pengertian Dan Struktur Surat Keterangan Kerja

Beberapa jenis pelanggaran berat yang ditutup – tutupi dalam penulisan surat keterangan kerja bisa sangat berbahaya bagi perusahana lainnya. Ambil contoh Ketika karyawan A dikeluarkan karena menggelapkan dana perusahaan, Ketika si A mendaftar di perusahaan lain dengan surat keterangan kerja yang perusahaan anda berikan, kemudian melakukan penggelapan lagi di perusahaan baru tersebut, anda akan terkena dampaknya karna dinilai telah menerbitkan surat palsu.

Biasanya, mantan karyawan akan meminta lebih dari satu Salinan surat keterangan kerja. Demi menghadapi demand yang ada, sangat disarankan bagi perusahaan untuk membuat Salinan surat keterangan kerja yang lebih dari satu agar tidak kalangkabut Ketika diminta yang baru.

Berikut adalah beberapa struktur atau bagian – bagian yang harus ada dalam surat keterangan kerja, antara lain adalah :

  1. Data Pribadi Karyawan seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir dan sebagainya.
  2. Deskripsi kurikulum karyawan Ketika bekerja di perusahaan seperti data masuk karyawan, posisi yang dia pegang serta aktifitas produksi apa yang dia lakukan.
  3. Keterangan Performance Pegawai seperti karyawan A telah memenuhi target kerja, mengikuti deadline yang ada, hingga yang lain sebagainya.
  4. Keterangan Behavior atau Perlakuan Pegawai Ketika Bekerja di Perusahaan meliputi peran dalam teamwork, komunikasi, kepemimpinan, motivasi dan sebagainya.
  5. Data Perusahaan termasuk nama, alamat dan logo perusahaan.
contoh surat keterangan kerja

Contoh Surat Keterangan Kerja Pekerja Lepas – Guru dan Perawat

Ulasan kali ini akan memberikan beberapa contoh surat keterangan kerja beserta dengan tipenya masing – masing. Seperti yang bisa anda lihat, dalam penulisan surat keterangan kerja itu sendiri bisa menjadi pekerjaan yang ‘melelahkan’. Dimana akan lebih mudah apabila anda mengikuti panduan pedoman penulisan yang telah beredar di masyarakat serta sesuai dengan aturan yang ada.

Surat Laporan Kerja Untuk Pekerja Lepas atau Intepreneur Mandiri

Jika anda adalah seorang pekerja mandiri atau telah menjalankan bisnis sendiri, sangat penting untuk mendeskripsikan jenis kegiatan apa saja yang telah anda lakukan dalam CV, tidak lupa juga menambahkan kunci pencapaian – pencapaian yang sudah anda dapatkan. Hal ini sangat penting karna anda tidak bisa membuat surat keterangan kerja sendiri. Namun, anda bisa menambahkan dokumen – dokumen penting lainnya seperti presentasi marketing, url website tempat anda bekerja sebelumnya, hingga dokumen – dokumen pendukung lainnya.

contoh surat keterangan kerja

Surat Laporan Kerja Untuk Guru

Berikut adalah contoh surat keterangan kerja untuk guru yang diberikan oleh sekolah, kampus atau akademi. Anda bisa menggunakan jenis format surat berikut sebagai salah satu landasan dalam membuat surat keterangan kerja.

Kepada Yth.

Bapak/Ibu di Tempat,

Berikut adalah surat keterangan kerja dari (Nama Guru) Tanggal Lahir (tempat tanggal lahir serta nama orang tua), Nomor Kerja telah bekerja sebagai guru (Mata Pelajaran yang Diampu) di (Tempat kerja baik itu sekolah, Kampus atau akademi dan sebagainya) dalam (berapa) tahun dari (tanggal masuk) sampai (tanggal keluar).

Kami mendapati bahwa beliau merupakan pribadi yang bertanggung jawab, pekerja keras serta antusias dalam setiap pekerjaan yang ia lakukan. Beliau memberikan kontribusi yang baik dalam membangun sebuah organisasi. Kami selalu berharap yang terbaik untuk kesuksesan beliau di masa mendatang.

Surat Keternagan Kerja berikut telah diminta langsung oleh (nama guru)

Nama Pemberi Surat

Posisi atau Jabatan

Institusi – sekolah atau kampus pemberi surat

Contoh Surat Keterangan Kerja Bagi Perawat

Berikut adalah contoh format surat keterangan kerja bagi seorang perawat. Anda atau organisasi yang anda tangani bisa memodifikasi format berikut sesuai dengan kebutuhan masing – masing.

Kepada Yth.

Bapak/Ibu di Tempat,

Berikut adalah surat keterangan kerja dari (Nama perawat), (Nomor Induk Keperawatan) telah bekerja di (nama klinik – rumah sakit atau organisasi lainnya) sebagai (Jabatan dan Posisi) sejak (Tanggal Masuk). Beliau bertanggung jawab dalam kegiatan – kegiatan seperti : (Menyebutkan Deskripsi Pekerjaan Perawat)

  • Mengelola rekam medis serta rekam diet pasien dibawah pengawasan supervisor.
  • Memastikan waktu pengamatan yang tepat bagi pembacaan biomedic pasien
  • Mengkoordinasi pembelian serta penjadwalan kebutuhan perawatan di ICU
  • Mempersiapkan kebutuhan medis dalam situasi emergensi dimana pasien membutuhkan penanganan secara cepat
  • Melakukan koordinasi dengan dokter serta staff demi menjaga kelancaran operasi dalam rumah sakit
  • Beliau telah menjalankan tugas dengan sikap positif dan professional selama bekerja.

Kami mendapati bahwa beliau merupakan pribadi yang bertanggung jawab, pekerja keras serta antusias dalam setiap pekerjaan yang ia lakukan. Beliau memberikan kontribusi yang baik dalam membangun sebuah organisasi. Kami selalu berharap yang terbaik untuk kesuksesan beliau di masa mendatang.

Yang Bertanda Tangan di bawah ini,

(Nama Pemberi Surat keterangan kerja)

(Jabatan)

(Rumah sakit – Klinik atau organisasi kerja lainnya)

contoh surat keterangan kerja

Semua manfaat yang berhubungan dengan pembayaran online bisa anda lakukan dengan bantuan Jojonomics. Berkat fitur-fitur teraktual yang bisa anda temukan saat menggunakan JojoPayroll. Sebut saja fitur sistem payroll yang terkalkulasi secara otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan dengan otomatis pula, hingga terintegrasi dengan mudah ke sistem HRIS saat ini dan basis data komprehensif untuk mudah analisis. Karena itu jangan tunggu lagi, ayo segera gunakan aplikasi payroll dari Jojonomic dan dapatkan uji coba gratisnya.