Contoh Surat Pengangkatan Karyawan Pada Umumnya

Surat menjadi salah satu sarana komunikasi yang hingga sekarang masih banyak digunakan. Walaupun teknologi terbilang sudah canggih, namun tetap ada beberapa hal yang penyampaiannya tetap menggunakan sebuah surat. Surat yang biasa dibutuhkan adalah surat resmi. Keberadaan dari surat resmi ini adalah untuk keperluan yang resmi atau formal. Penggunaan surat resmi ini bisa dilakukan secara perseorangan, lembaga, organisasi, maupun sebuah instansi yang mana berkomunikasi sama – sama formal.

Pembuatan surat resmi ini juga harus memperhatikan kaidah – kaidah yang sudah ditentukan. Biasanya penggunaan bahasa yang baku, isi di dalam surat tersebut juga harus efektif dan cukup jelas untuk dimengerti pembaca, dan tentu dibuat sesuai dengan keperluannya. Meskipun pada dasarnya surat resmi tersebut untuk keperluan pribadi namun tetap saja harus dibuat dengan aturan yang sudah ditentukan. Salah satu surat yang resmi adalah contoh surat pengangkatan karyawan. Surat yang satu ini juga terbilang surat yang resmi karena dikeluarkan dengan tidak sembarangan.

Apa Fungsi Surat Resmi

contoh surat pengangkatan karyawan

Sebelum membahas mengenai surat pengangkatan, alangkah baiknya jika anda mengetahui surat resmi tersebut pada dasarnya berfungsi sebagai apa. Ya, surat pengangkatan resmi ini mempunyai banyak fungsi sehingga masih banyak pihak yang menggunakan surat resmi. Inilah fungsi dari adanya surat resmi :

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi Travelonomic hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.
  1. Surat resmi digunakan sebagai sarana informasi untuk memberitahu mengenai hal yang cukup penting kepada beberapa pihak.
  2. Surat resmi juga merupakan salah satu bentuk dari bukti yang tertulis sehingga dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Surat ini juga bisa dijadikan sebagai pedoman untuk kerja maupun untuk melakukan berbagai kegiatan yang terbilang resmi.
  4. Surat resmi bisa menjadi pengingat bagi pihak – pihakk yang terkait di dalam surat tersebut. Karena surat tersebut bisa dijadikan dokumentasi untuk beberapa waktu ke depan.
  5. Surat resmi juga bisa dijadikan sebagai bukti historis dan juga bukti kronologis.

Dilihat dari fungsinya saja sudah menggambarkan bahwa keberadaan dari surat resmi ini dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan. Salah satu surat yang terbilang resmi adalah surat pengangkatan karyawan. Surat ini merupakan sebuah bukti yang diberikan dari pihak perusahaan kepada karyawannya. Perusahaan bisa dengan mudah membuat surat tersebut karena kini telah banyak disediakan contoh surat pengangkatan karyawan.

Apa Itu Surat Pengangkatan Karyawan?

Bagi anda para karyawan maupun para pihak pemilik perusahaan tentu anda sudah tidak asing dengan surat resmi yang satu ini. Surat pengangkatan tersebut adalah sebuah surat yang diberikan kepada karyawan atas apa kinerja yang dilakukan. Surat tersebut akan diberikan ketika karyawan borongan maupun karyawan yang tidak tetap, namun ketika dinilai mempunyai prestasi dan juga memenuhi kriteria untuk menjadi seorang karyawan tetap diperusahaan tersebut. Jika karyawan tersebut telah menunjukan bahwa dirinya mampu bekerja sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh pihak perusahaan maka biasanya pihak perusahaan akan memberikan surat pengangkatan tersebut.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi Travelonomic hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Walaupun keberadaan surat pengangkatan tersebut penting namun jika diperhatikan di dunia nyata maupun di dunia kerja, keberadaan surat ini sering diabaikan oleh pihak perusahaan. Hal ini mampu menimbulkan sebuah perselisihan antara pihak buruh dengan pihak perusahaan. Itulah yang membuat pihak perusahaan harus mengetahui pentingnya keberadaan surat pengangkatan tersebut.

Membuat surat pengangkatan ini juga tidak sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena surat ini termasuk surat yang resmi maka anda bisa memperhatikan berbagai hal seperti misalnya tanggal pengangkatan, nama pengangkat, dan juga nama dari karyawan yang akan diangkat. Sebenarnya sangat mudah untuk membuat surat pengangkatan ini, pasalnya kini sudah banyak contoh surat pengangkatan karyawan yang bisa dicontoh.

Kapan Surat Pengangkatan Wajib Dibuat?

contoh surat pengangkatan karyawan

Biasanya sebelum seseorang diterima untuk bekerja di tempat tersebut, biasanya ada sebuah perjanjian. Jika pada awal mulanya seseorang yang ingin bekerja di suatu tempat harus melewati masa percobaan terlebih dahulu, tentu surat pengangkatan tersebut akan diberikan ketika sudah menjalankan masa percobaan. Tergantung dengan perjanjian di awal kapan kah waktu yang diberikan untuk masa percobaan.

Biasanya untuk masa percobaan dilakukan selama 3 bulan, maka karyawan akan dianggap lulus percobaan dan bisa saja karyawan tersebut diangkat sebagai karyawan tetap. Namun apakah pengangkatan tersebut wajib dilakukan oleh pihak perusahaan? Semua hal tersebut kembali pada perjanjian awal, jika memang akan ada pengangkatan maka pihak perusahaan wajib untuk mengeluarkan surat pengangkatan setelah masa percobaan selesai.

Bagi para karyawan yang berada di masa percobaan yang termasuk dalam perjanjian kerja waktu tidak tertentu (PKWTT) maka jika perjanjian dibuat secara tertulis setelah masa percobaan selesai secara otomatis karyawan tersebut sudah diangkat menjadi karyawan tetap secara hukum. Namun akan sedikit berbeda jika perjanjian tersebut hanya diucapkan secara lisan, maka dibutuhkan surat pengangkatan. Persusahaan harus segera mengeluarkan surat pengangkatan tersebut. Dengan adanya contoh surat pengangkatan karyawan maka akan membuat surat tersebut lebih mudah karena tidak bisa dibuat sembarangan.

Bentuk Surat Pengangkatan Karyawan

contoh surat pengangkatan karyawan

Telah melalui penilaian berbagai hal, ketika karyawan tersebut telah mematuhi perjanjian yang dibuat maka sudah sepantasnya pihak perusahaan memberikan kejelasan kepada karyawan – karyawannya. Salah satunya adalah dengan memberikan surat pengangkatan karyawan tersebut. Surat pengangkatan biasanya merupakan surat yang sudah dibuat oleh pihak perusahaan yang mana telah mendapatkan tanda tangan dari Direksi maupun pihak kuasanya. Surat ini berisikan keputusan untuk mengangkat karyawan terkait untuk menjadi karyawan tetap setelah melakukan masa percobaan.

Keberadaan surat pengangkatan ini juga bisa dijadikan untuk bukti hukum atau jaminan hukum yang diberikan kepada karyawan mengenai hak – hak yang dimilikinya. Biasanya contoh surat pengangkatan karyawan mengandung beberapa hal seperti berikut ini :

  1. Mengandung keterangan nama.
  2. Terdapat dengan jelas alamat karyawan.
  3. Terdapat data tanggal karyawan mulai berkerja.
  4. Keterangan posisi atau jenis pekerjaan.
  5. Keterangan besar upah.
  6. Nama pengangkat.
  7. Tanggal mulai diangkat.

Beberapa informasi di atas menjadi keterangan yang paling banyak dicantumkan dalam surat pengangkatan karyawan. Untuk lebih jelasnya lagi bisa dilihat dari beberapa contoh membuat surat pengangkatan karyawandengan begitu membuat surat pengangkatan menjadi lebih mudah. Itulah berbagai informasi mengenai surat pengangkatan kerja, tentu pembuatan surat tersebut penting untuk dilakukan. Agar tidak ada masalah yang terjadi diantara kedua belah pihak maka dengan memberikan surat pengangkatan maka akan lebih jelas mengenai posisi karyawan tersebut.

Namun penting tidaknya pengangkatan karyawan semua itu tergantung dengan keputusan maupun perjanjian awal yang sudah disepakati kedua belah pihak. Namun jika memang sudah dijanjikan akan diangkat sebagai karyawan tetap maka surat pengangkatan tersebut harus segera dibuat sehingga ada bukti secara nyata bahwa karyawan tersebut sudah diangkat menjadi karyawan tetap. Ada banyak contoh yang bisa digunakan untuk membuat surat tersebut.