Contoh Surat Resign yang Baik, Benar dan Lengkap

surat permohonan

Beberapa orang bertanya bagaimana contoh surat resign yang baik dan benar agar surat yang dibuat terlihat baik dan sopan untuk diajukan kepada Perusahaan. Pada pembahasan berikut ini, kami akan memberikan contoh surat resign yang baik dan benar lengkap dengan format pembuatannya. Contoh surat resign ini bisa Anda jadikan referensi dalam membuat surat pengunduran diri itu sendiri.

Jika Anda penasaran mengenai tata cara membuat surat resign yang benar, mari simak dan ikuti ulasan artikel berikut ini agar menambah pengetahuan Anda, dan jangan lupa perhatikan tata penulisan dari awal hingga akhir agar tidak ada kekeliruan dalam penulisan.

Pengertian Surat Resign

Dari namanya saja kita bisa menebak apa maksud dari surat resign ini. Surat resign atau surat pengunduran diri adalah suatu bentuk pernyataan untuk mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan di perusahaan terkait. Selain sebagai pernyataan tertulis bahwa Anda mengundurkan diri dari pekerjaan yang kamu tempati, surat resign juga bisa berfungsi untuk mengundurkan diri dari sebuah aktivitas yang sebelumnya Anda lakukan.

Format Surat Pengunduran Diri

Ketika Anda membuat surat pengunduran diri atau surat resign, maka untuk menghasilkan surat yang baik dan benar, maka Anda harus mengetahui format-format yang terdapat dalam surat resign tersebut. Tentunya dengan surat pengunduran diri ini disertai dengan bahasa yang formal, sopan, dan juga resmi, karena surat akan diajukan ke Tim HRD atau ke pimpinan perusahan.

Penulisan yang Anda tulis apabila ditulis dengan singkat dan jelas akan semakin baik. Akan tetapi, dengan singkatnya surat yang dibuat tidak menghilangkan substansi yang ingin Anda sampaikan dari surat tersebut kepada pimpinan ataupun atasan yang berada di perusahaan tersebut

Berikut ini kami berikan poin tiap poin beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menulis surat resign dengan baik dan benar. Format penulisan surat resign ini dibuat agar isi surat terlihat sopan, formal, dan juga resmi.

Jika Anda penasaran mengenai format-format yang ada di surat resign tersebut, Mari simak dan juga pahami penjabaran pada tiap paragraph berikut tentang contoh surat resign kerja berikut ini.

  • Keterangan tanggal dan tampat di buat di pojok kanan atau pojok kiri surat
  • Dilengkapi dengan nama lengkap dan tanda tangan pembuat surat
  • Isi surat pengunduran diri dan alasan mengundurkan diri dari perusahaan
  • Pemberian materai pada surat agar resmi dan legal
  • Alamat tempat pengiriman surat resign dibuat di sisi kiri atas

Contoh Surat Pengunduran Diri

surat resmi

Setelah kita sudah membahas format penulisan surat resign, maka langkah selanjutnya mengenai hal-hal apa saja yang terdapat dalam surat resign. Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, berikut ini adalah contoh surat resign yang bisa Anda jadikan referensi dalam membuatnya dengan baik dan benar. Contoh surat ini juga menggunakan bahasa formal dan sopan. Langsung saja, mari simak dan pahami contoh surat resign yang ada pada artikel berikut ini.

1. Contoh Surat Resign Secara Umum

Surat Pengunduran Diri Karyawan

Bandung, 20 Mei 2021.

Kepada Yth.

Bapak / ibu Supervisor

Departemen Keuangan

PT Jaya Makmur Abadi

Di tempat.

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Resti Ananda

Tempat, Tanggal lahir : Bekasi, 20 Agustus 1983

Jabatan : Staff Accounting

Nomor Karyawan : 201920483

Dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Jaya Makmur Abadi. Adapun alasan saya untuk mengundurkan diri adalah karena berkeinginan untuk berwirausaha.

Saya mengucapkan banyak terima kasih sebesar-besarnya kepada semua Tim Divisi Accounting, Bapak Supervisor Departemen Keuangan yang telah membimbing dan juga memberikan pengajaran kepada saya semasa saya bekerja di PT Jaya Makmur Abadi. Mohon maaf apabila selama saya masih bekerja di perusahaan ini, banyak kekurangan yang saya lakukan baik disengaja maupun tidak disengaja. Saya memohon maaf kepada bapak dan ibu, sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih. wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hormat saya

Resti Ananda

surat

2. Contoh Surat Resign Sederhana

Surat Pernyataan Pengunduran Diri

Jakarta, 15 Februari 2021

Kepada Yth,

Bapak / Ibu HRD

    PT Inti Sentosa

Di Tempat.

Dengan Hormat,

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan mengajukan surat ini, merupakan suatu bentuk pemberitahuan resmi kepada Ibu /Bapak HRD untuk menginformasikan bahwa saya Leni Ekawati mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT Inti Sentosa. Sebagaimana perjanjian kerja yang sudah di lewati, saya merasa benar-benar banyak berterima kasih kepada semua karyawan PT Inti Sentosa. Semoga kedepannya perusahaan ini akan terus berkembang dan sukses di masa mendatang.

Adapun alasan saya mengajukan permohonan pengunduran diri ini karena ingin melanjutkan karir saya. Dan saya ingin megucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama saya bekerja di perusahaan ini. Mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila masih terdapat kekeurangan dan kesalahan selama saya bekerja di perusahaan ini.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan rasa sadar, tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

Leni Ekawati

3. Contoh Surat Resign Kerja

Bogor, 13 Juni 2020

Yth. Pimpinan Perusahaan

PT. Retailindo Jaya

Bogor

Saya yang bertanda tangan di sini :

Nama : Agus Ramadhan

Alamat : Jalan. Ciwaringin RT 09/08 Kel. Ciwaringin, Kec. Bogor tengah, Kota bogor.

Jabatan : Staff PPIC

Dengan adanya surat pernyataan ini saya bermaksud untuk menyatakan pengunduran diri dari jabatan saya selaku Staff PPIC terhitung dari tanggal 13 Juni 2020.

Sebelumnya saya pribadi ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang diberikan kepada sya untuk dapat belajar di perusahaan ini. Banyak ilmu yang bermanfaat untuk saya kedepannya selama bekerja di PT Retailindo Jaya.

Saya juga mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Tim PPIC, jika selama saya bekerja di divisi ini, masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan yang saya lakukan. Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya Kepada kawan-kawan yang berada di departemen PPIC dan departemen lainnya.

Demikianlah surat Pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Terima kasih.

Hormat saya,

Agus Ramadhan

Demikianlah artikel yang kami bahas berikut ini mengenai Contoh Surat Resign yang Baik dan Benar. Setelah membahas seputar contoh surat resign ini, penggunan software dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan sangat penting.

Dengan menggunakan Jojotimes Anda bisa melakukan absensi secara online tanpa harus melakukan scan sidik jari ataupun secara manual di dalam kantor. Aplikasi ini terbukti mampu membantu Anda terutama dalam mengelola administrasi Human Resource secara otomatis. Anda bisa mencoba demo gratis dahulu dengan klik Link Coba Gratis Sekarang, Ayo coba sekarang!