Contoh Teks Negosiasi Dalam Bisnis Untuk Mencapai Kesepakatan

contoh teks negosiasi

Dalam usaha mencapai kesepakatan, biasanya contoh teks negosiasi merupakan hal penting yang akan dibutuhkan. Maka dari itu sangat penting pula bagi seorang pelaku bisnis untuk memahami dan menguasai contoh-contoh teks tersebut. Apalagi teks negosiasi sendiri dapat terdiri dari banyak hal dan rupa. Sehingga perlu dikuasai sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan dalam pengembangan bisnis maupun usaha.

Tentu saja cukup wajar jika seorang pebisnis pemula mengalami kesulitan untuk melihat serta mempelajari mana contoh teks negosiasi yang tepat. Maka dari itu, di bawah ini terdapat penjelasan mengenai hal-hal tersebut. Sehingga pebisnis mampu melihat dengan tepat mana contoh teks negosiasi yang dapat berguna di kemudian harinya. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan menarik berikut ini tentang contoh teks negosiasi.

Manfaat Contoh Teks Negosiasi

Sebelum melihat lebih jauh seperti apa contoh teks negosiasi, ada baiknya memahami terlebih dulu apa saja manfaat yang dapat diberikan oleh teks tersebut. Pada dasarnya melakukan negosiasi memang dapat memberikan beberapa manfaat. Terutama berkaitan dalam hal bisnis dan usaha. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari teks tersebut.

  • Memberikan penawaran yang sesuai. Dengan teks negosiasi maka kedua pihak dapat saling mengutarakan penawaran yang diinginkan hingga tercapai persetujuan.
  • Mencapai kesepakatan bersama, sehingga di antara kedua belah pihak ada kata sepakat tentang sesuatu yang didiskusikan. Dimana hal tersebut tidak merugikan pihak manapun pada akhirnya.
  • Menyelesaikan perbedaan pendapat, karena sangat umum jika dua pihak yang berbeda memiliki keinginan dan pendapat yang berbeda pula. Sehingga perlu diambil suatu jalan tengah yang tepat yaitu melalui proses negosiasi tadi.

Komposisi Contoh Teks Negosiasi

Dalam menyusun contoh teks negosiasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yaitu mulai dari komponen hingga komposisi penyusun di dalam teks tersebut. Pada dasarnya teks negosiasi ini terdiri dari beberapa komponen penyusun, yaitu sebagai berikut.

Pembukaan

Awali dengan pembukaan, misalnya dengan kata sapa. Sehingga dapat menarik minat orang yang dimaksudkan untuk melanjutkan komunikasi yang ingin diutarakan.

Penawaran

Selanjutnya jika pihak yang diajak berkomunikasi sudah merasa tertarik, barulah masuk ke dalam fase penawaran. Utarakan apa saja yang ingin ditawarkan dan berikan informasi mengenai harga atau kesepakatan yang ingin dibuat. Dalam fase ini maka pastinya ada poin yang disetujui namun ada juga yang tidak dapat disetujui. Sehingga ada proses tawar menawar yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Persetujuan

Setelah adanya tawar menawar, maka sangat penting untuk melakukan persetujuan di antara kedua belah pihak. Pilih solusi yang paling sesuai dengan kondisi masing-masing pihak sehingga dapat bersama-sama menyetujui kesepakatan yang serupa.

Penutup

Apabila kesepakatan telah didapatkan, maka lakukan proses lebih lanjut. Entah itu pembayaran, pembuatan kontrak kerja, dan lain sebagainya. Utarakan terima kasih kepada seluruh pihak dan pastikan kerja sama dapat berlangsung dengan baik kembali di masa yang akan mendatang.

Contoh Teks Negosiasi Dengan Pelanggan

Berikut ini beberapa contoh teks negosiasi dalam bisnis yang bisa digunakan untuk memastikan kerja sama yang baik di dalam sebuah usaha. Terutama saat melakukan negosiasi dengan pihak pelanggan pada saat melakukan transaksi.

Pembukaan

A: “Bu, mampir ke toko saya, ini ada koleksi baju terbaru.”

B: “Oh baik Mbak, saya lihat-lihat dulu.”

Penawaran

A: “Ini model terbaru Bu, harganya 300 ribu rupiah, modelnya cantik dan bahannya awet.”

B: “Wah, kemahalan ya Mbak. Bagaimana kalo 200 ribu saja?”

A: “Aduh belum bisa Bu, ini barang impor dari luar negeri. Kalau Ibu ambil dua stel saya beri harga 450 ribu untuk dua baju.”

Persetujuan

B: “Oh, boleh itu diskonnya. Saya pilih warna biru dan merah ya. Tolong minta stok yang masih dibungkus.”

A: “Baik Bu, sebentar saya bungkus bajunya.”

Penutup

B: ”Terima kasih Mbak, ini ya uangnya.”

A: “Terima kasih juga Bu, nanti jika ada koleksi baru saya hubungi ya Bu.”

B: “Boleh Mbak, telepon saja seperti biasanya.”

Contoh Teks Negosiasi Dengan Rekan Bisnis

Selain dengan pelanggan, ada pula contoh teks negosiasi yang dapat dilakukan antar pebisnis. Sehingga tercapai kesepakatan kerjasama yang dapat membantu peningkatan usaha secara maksimal.

Pembukaan

A: “Selamat pagi, Pak, senang bisa bertemu kembali. Bagaimana dengan penawaran bisnis yang saya berikan kemarin?”

B: “Selamat pagi, wah saya belum sempat membaca. Bagaimana ya tawarannya?”

Penawaran

A: “ Begini Pak, saya tawarkan untuk kerja sama dalam pemasokan barang ke toko XXXX. Kebetulan pemilik toko adalah kawan saya, tetapi saya hanya ada stok 50%. Saya ingin Bapak membantu tambahan stok yang 50% tapi melalui perusahaan saya.”

B: “Oh boleh sekali, tapi bagaimana dengan harga yang saya berikan ke Bapak nantinya? Apa bisa saya tagihkan harga normal?”

A: “Wah tolong dibantu potongan harganya Pak, supaya saya juga ada sedikit keuntungan. Bagaimana kalua potongan 20%?”

B: “Kalau 20% terlalu besar, saya bisa berikan 15% Pak.”

Persetujuan

A: “ Baik boleh 15% Pak, ini saya buatkan perjanjian resmi untuk kita tanda tangani.”

B: “Setuju, saya lihat hanya tinggal menambahkan klausa besarnya diskon saja.”

Penutup

A: “Baik Pak, silahkan tanda tangan di sini, ini sudah saya perbaiki klausanya. Ada dua berkas, satu untuk saya dan satu untuk Bapak”

B: “Ya Pak, terima kasih banyak. Senang bekerja sama dengan Bapak.”

A: “Terima kasih juga, senang juga sudah bisa bekerja sama.”

Kesimpulan

Memahami serta mempelajari contoh teks negosiasi di atas merupakan salah satu bagian dan langkah nyata memaksimalkan usaha dan bisnis. Begitu juga memilih sistem absen yang tepat dalam perusahaan. Sangat penting memastikan untuk menggunakan sistem absen yang terbaik agar lebih mudah dalam menjalankan dan memonitor absen karyawan sepenuhnya.

Misalnya dengan menggunakan JojoTimes sebagai salah satu aplikasi absen yang diluncurkan oleh Jojonomic. Produk ini membantu karyawan untuk mudah melakukan absen kapan saja dan dimana saja. Belum lagi aplikasi terpasang di smartphone maupun peralatan elektronik sejenis lainnya, sehingga absen bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Sebagai solusi Sistem HR termudah untuk memantau kehadiran karyawan kapan saja dimana saja, JojoTimes meningkatkan kinerja perusahaan hingga 98% untuk mendukung perkembangan perusahaan, dengan mengelola administrasi secara otomatis dan memonitor karyawan. Apalagi hal ini didukung oleh fitur-fitur menarik seperti berikut ini:

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Nah, jadi tunggu apalagi? Yuk, segera daftar dan gunakan aplikasi absen dari Jojonomic ini. Dapatkan demo gratis selama 14 hari sekarang juga, dan rasakan seluruh manfaat maupun fitur yang telah disebutkan sebelumnya di atas.