Conversational Commerce Yang Tepat Melalui Dunia Digital

conversational commerce

Conversational commerce tampaknya sekarang ini menjadi suatu trend terutama dalam industri e-commerce yang di dalamnya terdapat aktivitas jual dan beli melalui media digital. Maka tentunya conversational commerce menjadi suatu bagian yang penting dan perlu untuk lebih diperhatikan. Sebab hal ini dapat memberikan pengaruh secara langsung bagi aktivitas jual beli yang berlangsung melalui media digital. Conversational commerce sendiri pada dasarnya merupakan sebuah istilah yang mengacu pada hubungan komunikasi dengan gaya bahasa layaknya percakapan kasual. Gaya percakapan kasual dalam hal ini dilakukan antara penjual dan pembeli walaupun hanya sekedar melalui media digital saja.

Aktivitas percakapan yang terjadi antara penjual dan pembeli ini biasanya terjadi melalui media chat. Atau bisa juga percakapan terjadi melalui aplikasi perpesanan atau sistem lain sejenisnya. Jadi dalam hal ini media chat atau sejenisnya bisa menjadi suatu sarana untuk komunikasi antara penjual dan pembeli. Maka melalui komunikasi yang terjadi tersebut diharapkan agar pembeli bisa melakukan transaksi lagi selanjutnya dan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh penjual.

Fungsi Conversational Commerce

Melakukan interaksi

Pada dasarnya conversational commerce bisa membuat pembeli lebih melakukan interaksi dengan penjual. Atau dengan kata lain Anda sebagai pemilik bisnis bisa melakukan interaksi dengan konsumen secara lebih mudah. Dengan adanya saluran digital yang menghubungkan Anda dengan para konsumen maka interaksi bisa terjadi kapan saja. Bahkan Anda dan pembeli bisa melakukan interaksi saat berada di tempat mana saja. Anda bisa menggunakan kolom chat pada saluran e-commerce atau mungkin melakukan chat melalui beberapa aplikasi yang tersedia. Maka tentunya interaksi dengan konsumen bisa berlangsung dengan baik.

Memperkenalkan produk

Melalui berbagai fitur chat yang tersedia baik di jaringan e-commerce maupun aplikasi tentu Anda bisa memperkenalkan produk. Maka berbagai produk baru yang diluncurkan oleh brand perusahaan Anda bisa lebih cepat dikenal oleh konsumen. Pada kolom chat mungkin Anda bisa memperkenalkan varian baru dari produk Anda yang disertai dengan kelebihan atau keunggulan produk. Jangan lupa untuk membuat promosi produk dengan gaya yang menarik sekalipun promosi ini hanya dilakukan melalui chat. Namun tentunya proses memperkenalkan produk bisa dilakukan secara maksimal.

Melayani konsumen

Kolom chat yang ada tentu saja bisa difungsikan untuk melayani konsumen. Bila konsumen memiliki pertanyaan apa saja maka konsumen dapat menanyakannya pada Anda melalui kolom chat yang tersedia. Demikian pula Anda juga bisa menjawab pertanyaan dari konsumen seputar bisnis dan produk Anda. Begitu juga segala keluhan dari konsumen juga bisa Anda terima melalui kolom chat tersebut. Oleh karena itu adanya conversational commerce sebenarnya dapat membantu Anda untuk bisa melayani konsumen secara lebih maksimal.

Mempermudah customer

Fungsi lain dari adanya conversational commerce adalah semakin mudahnya customer untuk melakukan komunikasi atau interaksi dengan pihak penjual. Sebab menyampaikan keluhan ataupun pertanyaan dan hal lainnya tentu akan menjadi lebih mudah bila dilakukan dengan lebih mudah melalui kolom chat. Bayangkan saja customer hanya tinggal mengetik apa yang ingin disampaikannya saja dan kemudian penjual bisa membacanya. Selanjunya pihak penjual juga hanya tinggal membalas chat yang disampaikan oleh customer. Proses komunikasi atau interaksi bisa dilakukan hanya dengan langkah semudah itu.

Keuntungan Conversational Commerce

Mudah dan praktis

Layanan conversational commerce tentu saja menjadi suatu langkah yang mudah dan praktis untuk penjual dan pembeli melakukan interaksi. Sebab langkah ini memang menekankan adanya kemudahan yang diberikan oleh perusahaan atau oleh penjual untuk melayani para konsumen. jadi segala hal yang berkaitan dengan produk dan brand perusahaan bisa ditanyakanoleh konsumen pada penjual atau pada perusahaan terkait.

Akses lebih cepat

Tentunya konsumen bisa menghubungi pihak penjual dengan lebih cepat melalui kolom chat pada e-commerce atau melalui aplikasi tertentu. Akses ke penjual atau perusahaan kini bisa dilakukan dengan lebih mudah dan lebih cepat dengan adanya jaringan pelayanan melalui dunia digital. Bahkan Anda dan customer bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja karena akses bisa dilakukan di setiap saat.

Pelayanan berkualitas

Saat konsumen membutuhkan informasi dengan sangat cepat maka konsumen bisa menghubungi penjual atau admin atau customer service perusahaan secepat mungkin. Maka konsumen bisa  mendapatkan layanan yang berkualitas dan tentu saja bersifat memuaskan. Layanan yang diberikan oleh perusahaan atau penjual tentu akan menimbulkan kesan tersendiri bagi konsumen. Sebab layanan bisa dilakukan dalam waktu yang tidak lama dan bisa menjawab segala permasalahan yang dihadapi oleh konsumen.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Bisnis berkembang cepat

Dehngan adanya layanan conversational commerce maka bisnis Anda tentu bisa berkembang secara lebih cepat. Sebab perusahaan Anda bisa memberikan pelayanan yang baik pada konsumen. Maka bukan tidak mungkin konsumen akan merasa puas dengan pelayanan Anda sehingga konsumen akan beralih menjadi pelanggan setia bagi brand perusahaan Anda. Tentu hal ini akan berhubungan secara langsung dengan pendapatan bisnis Anda yang bisa saja semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Disesuaikan budget

Melalui kolom chat atau aplikasi chat maka Anda bisa melakukan aktivitas promosi produk dengan mudah dan praktis. Tidak hanya itu saja tetapi aktivitas ini juga bisa dilakukan dengan biaya yang relatif lebih murah. Pengeluaran perusahaan Anda bisa jadi lebih irit karena pengenalan produk bisa dilakukan dengan dnaa yang disesuaikan pada anggaran atau budget.

Pentingnya Conversational Commerce

Conversational commerce pada dasarnya menjadi salah satu bentuk pelayanan suatu brand kepada para customer. Sebab dalam hal ini pelanggan atau customer bisa mengajukan pertanyaan secara langsung pada perusahaan mengenai segala hal atau informasi yang ingin diperolehnya. Tentunya segala pertanyaan bisa dilakukan melalui aplikasi ataupun fitur chat yang saat ini semakin marak digunakan oleh para pengguna internet. Dengan adanya aplikasi atau fitur chat ini maka pelanggan dapat selalu dilayani oleh layanan pelanggan atau customer service yang disediakan oleh perusahaan. Maka segala hal yang mungkin saja menjadi keluhan pelanggan juga bisa diketahui oleh brand secara lebih cepat sehingga tercipta solusi yang tepat.

Tentunya hal ini seperti saat memilih sistem keuangan yang paling tepat dalam perusahaan. Contohnya bisa dengan beralih pada produk yang ditawarkan oleh JojoExpense. Berkat produk tersebut maka pemasukan serta pengeluaran perusahaan dapat dicatat secara akurat. Bahkan lebih baik lagi, dapat menghindari resiko terjadinya penipuan di dalam perusahaan.

Tentunya hal tersebut berkat beberapa fitur yang diberikan dalam JojoExpense. Misalnya saja yaitu fitur-fitur berikut di bawah ini.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi jangan berpikir lebih jauh, segera beralih pada produk yang hebat ini. Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis untuk membuktikan kemampuan dari JojoExpense.