Conversion Rate Optimization Dan Langkah Peningkatannya

conversion rate optimization

Conversion rate optimization atau yang biasa disingkat CRO pada dasarnya merupakan sebuah proses yang membuat orang untuk mengambil sebuah tindakan atau aksi saat orang tersebut berkunjung ke sebuah situs web. Dalam hal ini berbagai elemen yang ada pada sebuah web dapat membuat pengunjung situs melakukan konversi hingga menjadi lead atau pelanggan tepatnya sebelum pengunjung situs tersebut meninggalkan website yang dikunjunginya. Memang saat ini digital marketing mulai merebak seiring dengan berkembangnya zaman yang identik dengan dunia digital. Digital marketing ini salah satunya meliputi adanya situs web yang merpakan bagian sari strategis dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis sehingga bisnis bisa berkembang semakin pesat.

Media Conversion Rate Optimization

Ada beberapa media dari conversion rate optimization yang dapat dicoba, di antaranya yaitu berikut ini.

Homepage

Page awal sering pula disebut dengan beranda. Homepage tentu akan menimbulkan kesan pertama pada pengunjung baik terhadap web maupun terhadap produk yang ditawarkan dalam situs tersebut. Dengan adanya homepage ini maka pengunjung dapat selalu dipertahankan dan bahkan pengunjung membuka halaman lain pada sebuah situs web.

Blog

Bloger merupakan sebuah peluang bagi para pengunjung situs untuk melakukan konversi. Blog biasanya digunakan untuk menerbitkan berbagai macam konten yang sekiranya sesuai dengan bidang industri yang digeluti. Blog juga bisa menggunakan CRO untuk melakukan konversi bagi para pengunjung atau pembaca hingga menjadi lead.

Landing page

Landing page pada dasarnya dirancang secara khusus bagi para pengunjung web untuk mengambil tindakan. Dalam hal ini CRO menjadi sebuah peluang yang sebaiknya dilakukan dengan menggunakan manfaat dari situs web. Jadi melaluli landing page inilah maka Anda bsia menambahkan beberapa hal seperti video dan sebagainya untuk mendorong pengunjung situs web menjadi pelanggan.

Meningkatkan Conversion Rate Optimization

Untuk dapat meningkatkan conversion rate optimization, beberapa cara berikut ini dapat dilakukan lebih lanjut.

Membuat CTA berbasis teks

CTA sebenarnya merupakan suatu langkah baik yang perlu diambil terutama CTA yang berbasis teks di dalam postingan sebuah blog. Terkadang hal ini bisa saja gagal karena kebanyakan pengunjung mengabaikan banner blindness di sebuah situs web sekalipun banner tersebut mengandung sebuah informasi. Ditambah lagi kebanyakan pengunjung tidak membaca blog hingga ke bagian bawah. Maka kurangnya perhatian pengunjung terhadap hal ini bersifat tidak menguntungkan bagi bisnis Anda. Oleh karena itu dibutuhkan CTA yang berbasiskan teks agar bisa lebih bermanfaat.

Menjalankan tes

Tes yang dimaksud dalam hal ini adalah tes pada bagian landing page. Landing page sendiri sebenarnya merupakan bagian yang sangat penting dari keseluruhan perangkat marketing yang menggunakan media internet ini. Landing page menjadi tempat bagi para pengunjung untuk melakukan konversi hingga menjadi prospek bisnis atau leads yang tentunya bisa semakin terlibat secara lebih mendalam. Jadi landing page ini penting dan bisa dimanfaatkan untuk melakukan uji sopywriting dan konten serta uji dalam bentuk gambar dan lainnya sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal.

Mengoptimalkan postingan

Postingan yang perlu dioptimalkan adalah postingan pada situs web atau blog Anda. Melakukan blogging selama bertahun-tahun tentu akan membuat beberapa artikel Anda digemari oleh pembaca. Maka postingan blog ini akan menjadi peluang besar untuk meningkatkan konversi. Anda mungkin bisa mencari dan menemukan postingan blog dengan tingkat traffic yang tinggi namun tingkat konversi rendah. Namun untuk mengarahkan traffic pada sebuah postingan maka sebaiknya Anda sebaiknya membuat postingan blog hingga mendapatkan tingkat konversi yang cukup tinggi.

Menemukan customer journey

Anda bisa saja mendapatkan banyak data dengan melakukan pemetaan customer journey. Melalui pemetaan ini maka Anda bisa menemukan fakta mengenai banyaknya pelanggan situs Anda dan banyaknya orang yang membuka atau membca situs Anda. Melalui pemetaan customer journey ini pula Anda bisa mencari tahu seberapa jauh pemahaman pelanggan pada setiap halaman yang ada di situs web. Jadi Anda bisa mengoptimalkan banyak bagian yang kurang memikat pelanggan hingga menjadi lebih menarik dan bisa memberikan hasil yang lebih maksimal.

Menghindari menebak

Memberikan asumsi memang seringkali dilakukan oleh setiap orang. Namun seharusnya sebuah asumsi perlu disertai dengan beberapa data yang ada. Dengan adanya data maka Anda bisa mendapatkan informasi yang pasti dan bukan hanya berupa tebakan saja. Jadi dengan adanya data tersebut maka Anda bisa memberikan bantuna pada pelanggan atau pengunjung web Anda untuk menuju tempat yang Anda inginkan. Hal ini tentunya ajan membantu Anda dalam melakukan peningkatan conversion rate optimization.

Konversi Mikro CRO

Yang dimaksud dengan konversi mikro dalam hal ini adalah calon customer terlibat dengan merek. Jadi para calon customer mungkin saja pernah berlangganan newsletter atau video Anda dan bahkan mengikuti media sosial bisnis milik Anda sehingga mereka update dengan bisnis Anda.

Konversi Makro CRO

Sedangkan konversi makro adalah berbagai hal yang berkaitan dengan sesuatu yang lebih besar. Seperti misalnya membeli produk utama Anda atau mungkin customer Anda berlangganan berbagai layanan bisnis milik Anda. Bagaimanapun juga konversi makro ini bisa saja terjadi karena didahului dengan adanya konversi mikro yang dilakukan oleh para pengunjung web milik Anda.

Conversion rate optimization sebenarnya memiliki peranan yang cukup penting dalam hal pengembangan bisnis atau usaha Anda. Dalam hal ini strategi yang digunakan untuk mengembangkan bisnis adalah melalui fasilitas digital misalnya melalui situs web. Saat ini memang kebanyakan situs web memiliki desain atau rancangan untuk mengubah pengunjung situs web menjadi pelanggan. Rupanya proses konversi ini bisa dilakukan di halaman beranda web sehingga stiap pengunjung bisa dikonversi dnegan cara yang lebih mudah. Bahkan sebenarnya semua halaman juga bisa menjadi bagian yang digunakan untuk meningkatkan jumlah konversi tersebut.

Kesalahan Serius Dalam Convertion Rate Optimatization

 Bisnis yang baik tentu menginginkan convertion rate yang baik pula. Banyak orang yang berusaha mengoptimalkan convertion rate ini, namun tidak sedikit pula orang yang melakukan kesalahan dalam melakukannya. Berikut ini adalah kesalahan – kesalahan yang sering orang lakukan saat melakukan pengoptimalan convertion rate yang harus anda ketahui.

Tidak Memiliki Ciri Khas

Bisnis yang sukses didapatkan tidak hanya dengan mampu membuat produk baru yang sekiranya memiliki kelebihan dibandingka produk lainnya, namun juga bergantung dengan bagaimana pelayanan atau bagaimana anda menjual produk tersebut. Kesalahan ini seringkali terjadi dan dilakukan banyak orang, dengan hanya berfokus pada bagaimana kuantitas produk,namun kurang memperhatikan layanan penjualan mereka.

Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan convertion rate. Konsumen sudah tertarik dengan produk anda yang mempunyai kelebihan tersendiri, dibuktikan dengan banyak konsumen yang mengakses web anda. Namun mereka tidak sampai membeli produk anda karena beberapa hal, baik dari layanan atau yang lainnya.  Disini anda harus menganalisis bagian mana yang sekiranya menjadi penyebab pelanggan tidak jadi membeli produk anda.

Anda perlu memperhatikan layanan anda, apakah sekiranya layanan anda sudah baik sehingga membuat pengunjung web anda berakhir membeli produk anda. Banyak orang mengatakan pentingnya USP atau point keunikan penjualan yang nantinya dapat menjadi jembatan bagi pengunjung web berkelanjutan membeli produk anda.

conversion rate optimization

Desain Situs Web Anda Kurang Menarik

Kesalahan lain yang seringkali terjadi pada convertion rate yaitu situs web anda yang di desain kurang menarik. Adanya ketidak lanjutan pelanggan setelah mengunjungi web anda dan tidak meneruskannya untuk membeli salah satunya disebabkan karena desain web anda kurang menarik. Sadar atau tidak hal ini memiliki dampak yang lumayan besar terhadap convertion rate bisnis anda.

Sebagai masukan anda dapat memperkerjakan tim desain web yang memang siap menangani web anda sebaik mungkin dan mampu mendesain mengikuti arah minat dari para pelanggan. Selain anda berusaha membuat web yang sebaik mungkin namun juga anda perlu menganalisis minat pelanggan atau konsumen ke arah mana saja, sehingga dapat serasi dan tepat dengan desain yang anda buat.

Efektifitas Konten

Selain kita memperhatikan bagian dari produk dan web pesamaran kita sendiri, hal lain ynag perlu anda perhatikan karena seringkali terjadi kesalahan sehingga menyebabkan convertion rate bisnis anda menurun yaitu konten yang anda buat kurang menarik. Setelah kita mendesain web sebaik mungkin, tapi konten di web tersebut malah kurang menarik atau malah terkesan membosankan tentu saa akan berdampak pada convertion rate anda. Dimana pada kenyataannya konten itu sendiri merupakan hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik.

Dengan konten yang anda buat sedemikian rupa sehingga berkualitas bagus dan menarik tentu saja akan memudahkan konsumen untuk mencari dan menemukan konten anda pada mesin pencarian. Dari hal ini tentu saja akan menambah peluang semakin banyak konsumen yang akan tertarik dan membeli produk anda, yang pada akhirnya akan menaikkan convertion rate anda.

conversion rate optimization

Halaman Pembelian Yang Rumit

Kesalahan besar lainnya yang menyebabkan pengunjung anda tidak melanjutkan pembelian sehingga menurunkan convertion rate anda yaitu salah satunya adalah halaman pembelian yang terkesan rumit. Dimasa modern dimana semuanya serba dibuat lebih mudah dan ridak ribet tentunya akan semakin tertarik ketika halaman pembelian anda mudah dipahami dan tidak ribet, berbanding terbaik ketika halaman pembelian anda terlihat rumit tentu saja dapat menyebabkan pembeli enggan membeli produk anda.

Tips yang dapat anda lakukan untuk menghindari kesalahan ini adalah dengan menganalisis terlebih dahulu apakah sekiranya web dan halaman pembelian anda terkesan rumit atau tidak bagi pelanggan. Ketika misalnya pelanggan memberi respon dengan mengatakan rumit anda dapat menganalisis dan mencari solusi yang tepat sekiranya bagaimana cara membuat pelanggan lebih mudah dan tidak ribet saat akan membeli produk anda.

Kurangnya Pemanfaatan Analisis

Dalam berbisnis, kegiatan analisis merupakan hal penting yang mana dapat menjadi evalusi terhadap bisnis atau usaha kita. Bagaimana jalannya bisnis kita, apakah mengalami penurunan atau kenaikan dan membuat kita berfikir mengenai penyelasaian dari masalah yang dapat kita ketahui dari analisis tersebut. Kesalahan dalam pengoptimalan convertion rate salh satunya yaitu kurang teliti dan kurang memanfaatkan hasil analisis yang ada di perusahaan, organisasi atau bisnis kita.

Padahal dengan adanya analisis dan bila kita memanfaatkannya sebaik mungkin, tentu kita dapat menyususn strategi yang sekiranya dapat memecahkan masalah yang teradi dalam bisnis kita. Bagaimana langkah yang sekiranya dapat kita ambil untuk mengoptimalkan situs web anda seingga nilai conversi rate anda meningkat.

conversion rate optimization

Komunikasi Web Yang Kurang Responsif

Setalah anda menyeting dan mengatur web anda sebagik mungkin. Anda jangan melupakan hal penting satu ini yaitu komunikasi yang tidak responsif. Ketika pelanggans udah sangat berminat untuk produk anda. Namun saat memiliki hal yang sekiranya ingin ditanyakan justru komunikasi dengan anda terasa sulit atau bahkan tidka responsif tentu saja akan berdampak pada menurunnya keinginan konsumen untuk adi membeli produk anda.

Bagaimana kemudahan komunikasi dan bagaimana cara organisasi atau perusahaan anda. Dalam merespond komunikasi dengan para konsumen tentu menjadi point penting bagi konsumen. Karena itu anda harus memberikan komunikasi yang sekiranya ramah untuk para konsumen. Karena kalau tidak kemungkinan para konsumen untuk pergi dari produk anda sangatlah besar.

Kepercayaan Yang Kurang

Saat ini kegiatan belanja semakin dipermudah dengan melakukannya secara online. Namun hal ini juga memberi dampak lain, yaitu tak banyak adanya pemohongan atau penipuan penjualan secara online. Kasalahan yang sering terjadi saat ini yaitu pemberian atau Jaminan kepercayaan kepada pelanggan.yang kurang. Karena pengusaha atau pebisnis terlalu fokus dengan hal lain sehingga melupakan point ini.

Disini anda perlu mengupayakan atau memberi perhatian lebih pada hal ini. Anda perlu mengupayakan sedemikian rupa sehingga para konsumen percaya terhadap produk dan bisnis anda. Hal yang dapat anda lakukan yaitu dengan menambahkan sertifikat keamanan anda. Memberikan CP yang jelas dan menambahkan testimoni pelanggan sehingga membuat pelanggan semakin percaya terhadap produk dan bisnis anda.

conversion rate optimization

Visualisasi Yang Kurang Menarik

Selain desain anda yang harus anda buat semenarik mungkin. Visualisasi atau gambar – gambar yang ada di web harus anda perhatikan dengan baik pula. Dengan gambar – gambar di dalam web yang anda buat semenarik mungkin tentu saa membuat konsumen semakin tertarik kepada produk anda. Karena pada zaman sekarang kita ketahui sendiri bahwa visualisasi merupakan hal penting dalam banyak yang pada akhirnya membawa dampak besar kebelakangnya.

Berikut diatas adalah kesalahan – kesalahan yang sering dilakukan banyak orang yang terkesan sepele. Namun memberikan dampak yang besar bagi convertion rate anda. Dengan memperhatikan kesalahan – kesalahan diatas sekiranya anda dapat lebih berhati-hati, sehingga dapat menghindarinya. Dengan anda memahaminya selain anda juga dapat menghindari kesalahan tersebut. Namun anda juga dapat berhenti pada kesalahan di atas yang secara tidak sadar  anda lakukan.

Jadi dengan adanya CRO maka diharapkan agar strategi marketing yang dilakukan. Melalui pemanfaatan media digital bisa memberikan hasil yang maksimal bagi perusahaan. Hal ini dilakukan melalui konversi dari pengunjung hingga menjadi pelanggan sehingga pelanggan ini bisa semakin mengenalproduk yang Anda tawarkan. Tentunya cara ini bsia dilakukan dengan maksimal. Sehingga bisa memberikan hasil yang memuaskan bagi bisnis Anda yaitu berupa peningkatan jumlah pelanggan.

CRO ini sama pentingnya dengan usaha memastikan sistem pembayaran gaji karyawan yang lebih efektif dan efisien. Sehingga dibutuhkan sarana yang lebih memadai, misalnya melalui penggunaan JojoPayroll. Dengan produk tersebut maka sistem penggajian karyawan dapat berjalan jauh lebih optimal. Apalagi dengan adanya fitur slip gaji digital dan perhitungan payroll otomatis, sehingga payroll karyawan jauh lebih mudah dilakukan. Oleh sebab itu jangan ragu, segera beralih ke JojoPayroll. Dapatkan coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda dan rasakan perbedaan pada sistem payroll yang lebih baik.