Corporate Branding : Pengertian, Arti Penting dan Strategi Penerapannya

corporate branding

Melalui karakteristik produknya, corporate branding seringkali meninggalkan kesan yang mendalam bagi masyarakat. Sebut saja GO-JEK, brand transportasi online yang terkenal dengan keunikan jaket hijaunya.

Fakta membuktikan bahwa merek semacam itu memiliki daya ingat yang lebih kuat dan karakteristik yang lebih mudah diingat. Selain mengidentifikasi karakteristik, perusahaan juga harus memahami kebutuhan banyak orang agar dapat menyesuaikannya dengan merek perusahaan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Dalam dunia bisnis, Anda mungkin sering mendengar informasi mengenai corporate brand, product brand, dan internal brand. Mungkin Anda sedikit bingung dengan perbedaan ketiganya.

Apa yang dimaksud dengan corporate branding ?

corporate branding

Beberapa dari kita akan setuju bahwa merek perusahaan yang kuat itu penting, dan sebagian dari kita juga akan setuju bahwa merek produk yang kuat itu penting. Itu semua tergantung bagaimana kita melihatnya.

Alasan utama munculnya merek utama adalah konsumen membutuhkan kepercayaan dan / atau kenyamanan saat memilih segmen merek, karena merek utama (jika hubungan keduanya berada dalam industri yang sama).

Personal branding adalah kunci untuk membangun dan mengembangkan jutaan profesional. Personal branding digunakan sebagai alat untuk membentuk cara orang lain berpikir tentang Anda.

Oleh karena itu, Corporate branding merupakan penerapan penggunaan nama perusahaan sebagai merek produk, dan nama perusahaan digunakan sebagai penjamin kualitas produk atau jasa yang diberikan oleh organisasi atau perusahaan.

Sedangkan Branding produk adalah dimana setiap produk memiliki namanya sendiri-sendiri. Dengan strategi ini, nama perusahaan akan hilang sama sekali atau hampir tidak ada. Ini memberi setiap merek kesempatan untuk memiliki nilai, kepribadian, identitas, dan status yang unik.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Branding produk memungkinkan perusahaan untuk dengan mudah mengevaluasi kinerja dan nilai merek, dan membuat keputusan tentang alokasi sumber daya yang lebih baik. Jika produk gagal, tidak akan berdampak negatif pada nama perusahaan.

Promosi merek produk seringkali mahal, karena biaya iklan dan promosi tidak dapat dipisahkan, dan keberhasilannya bergantung pada produk itu sendiri yang memiliki keunggulan kompetitif dan posisi yang jelas di pasar.

Pentingnya Corporate branding

corporate branding

Memang, strategi merek perusahaan yang dirancang dan dilaksanakan dengan baik dapat membantu meningkatkan ekuitas merek perusahaan dengan membentuk persepsi positif di benak pelanggan.

Tetapi tidak hanya strategi ini menjadi aspek yang sangat penting dari kesuksesan bisnis. Berikut adalah beberapa faktor utama yang membuat merek perusahaan penting bagi kepemilikan perusahaan:

  1. Memberikan margin keuntungan yang lebih besar.
  2. Meningkatkan laba atas investasi pemasaran.
  3. Peningkatan nilai saham perusahaan.
  4. Menyediakan rencana jangka panjang untuk tujuan pemasaran dan konsistensi produk.
  5. Dapat mendefinisikan kepribadian perusahaan.
  6. Izinkan pemasar dengan mudah menargetkan segmen pasar yang paling sesuai dengan produk.

Unsur Corporate Branding

corporate branding

Aktivitas merek adalah kumpulan aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam proses pembentukan dan peningkatan merek. Tujuan branding adalah mampu menyampaikan informasi dengan jelas, menjamin kredibilitas, mampu menghubungi secara emosional target pasar atau konsumen, mampu menggerakkan atau memotivasi konsumen, dan menjamin loyalitas konsumen. Istilah merek perusahaan mencakup tiga unsur utama, yaitu :

  1. Pengalaman Merek. Pengalaman merek adalah pengalaman yang dibentuk oleh perusahaan untuk audiens melalui interaksi dengan merek perusahaan.
  2. Citra merek. Citra merek adalah citra yang didirikan di pikiran bawah sadar konsumen melalui informasi dan harapan produk atau layanan.
  3. Manajemen Merek. Seni membangun dan mengelola merek untuk mencapai tujuan perusahaan.

Membangun Corporate Branding

membangun

Pembentukan corporate brand harus mencakup beberapa elemen penting, yaitu:

Manusia

Biasanya perusahaan yang bergerak dibidang jasa akan langsung memberikan pelayanan kepada konsumen / pelanggannya. Oleh karena itu, perusahaan harus benar-benar memastikan bahwa karyawan atau karyawan yang direkrut memenuhi standar sumber daya manusia perusahaan.

Nilai dan prioritas

Nilai-nilai dalam bentuk visi dan misi yang ditetapkan oleh perusahaan merupakan pedoman yang harus dijaga meski dalam kondisi terburuk sekalipun. Selain itu, nilai-nilai harus dijalankan sesuai dengan prioritas perusahaan, karena merupakan dasar utama dalam menentukan strategi bisnis perusahaan.

Inovasi

Inovasi melalui brand perusahaan diyakini dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan. Kalaupun dirasa sulit, inovasi yang ditargetkan bisa menjaga reputasi perusahaan Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Kualitas

Janji kualitas tinggi dari merek yang Anda berikan berarti Anda dapat mencapainya. Jika tidak sesuai, Anda akan kehilangan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda.

Fokus pada konsumen

Lakukan interaksi yang baik dengan setiap pelanggan, meskipun mereka bukan bagian dari pelanggan setia. Penekanan perusahaan pada kebutuhan konsumen dan penghargaan atas keluhan akan meningkatkan citra baik perusahaan.

Tips membangun coroporate branding yang terpercaya

  1. Berikan informasi merek yang terperinci
    Salah satu tujuan branding perusahaan adalah untuk menarik konsumen atau mitra sebanyak mungkin. Oleh karena itu, sebelum memberi tahu informasi penting tentang merek Anda, sebaiknya periksa produk tersebut untuk menghindari kesalahpahaman oleh konsumen. Berikan informasi yang detail dan jujur ​​agar konsumen tidak kecewa saat menggunakan produk yang Anda sediakan.
  2. Tentukan strategi yang tepat
    Menjalankan bisnis dengan lancar membutuhkan strategi yang tepat. Dengan menentukan strategi bisnis pada corporate brand perusahaan maka tujuan yang telah ditentukan dapat dicapai dengan lebih mudah. Selain itu, karena pembagian tugas dan tanggung jawab dalam tim lebih terkonsentrasi, perusahaan Anda akan terlihat lebih profesional.
  3. Memperhatikan penampilan dan karakteristik merek
    Untuk mendapatkan tampilan dan merek yang khas, silakan mencari bantuan ahli untuk membuat karya yang mengesankan. Salah satu upaya agar merek korporat Anda menarik bagi konsumen atau pemasok adalah dengan membuat merek Anda lebih menarik dibandingkan merek lain dengan merancang tampilannya.
  4. Menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen
    Jika tidak menjaga komunikasi dengan konsumen, perusahaan tidak akan berfungsi dengan baik. Memberikan pelayanan yang menyenangkan untuk menangani permintaan atau pengaduan yang disampaikan melalui media online atau telepon. Jika konsumen mengeluh tentang produk Anda, harap luangkan waktu untuk mengamati produk tersebut.
  5. Menjaga kepercayaan konsumen
    Banyak orang mengira bahwa perusahaan hanya menjual produk sebanyak mungkin. Sebab, menipu seperti menipu konsumen untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Namun, menjaga kepercayaan merupakan salah satu aspek penting dalam membangun bisnis. Jika brand perusahaan bisa menjaga kepercayaan konsumennya, maka akan menjadi primadona.

Kesimpulan

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang branding perusahaan. Pada hakikatnya corporate branding merupakan strategi dimana pemasar dapat membentuk identitas perusahaannya sendiri.

Yang perlu Anda ingat adalah bahwa strategi ini melibatkan lebih dari sekadar slogan atau logo. Jika dijalankan dengan baik maka corporate branding akan menjadi keuntungan yang besar bagi perusahaan.

Untuk hasil terbaik, evaluasi merek perusahaan Anda secara teratur. Bagaimana dengan merek perusahaan Anda? Bagaimana hubungannya dengan status merek perusahaan anda?

Diskusikan dengan ahlinya bersama JojoExpense, bagaimana cara mengembangkan strategi corporate branding yang tepat. Dengan demikian penjelasan kami tentang definisi dan tips penting dalam membangun brand perusahaan akan semakin bermanfaat dengan adanya JojoExpense yang siap membantu anda kapan saja.