Corporate Social Responsibility Dari Perusahaan Bagi Masyarakat

Corporate Social Responsibility biasa disingkat Corporate Social Responsibility merupakan suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk rasa tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sosial di kawasan perusahaan. Sebenarnya kegiatan ini seringkali dijumpai namun terkadang Anda tidak menyadarinya. Kegiatan ini sebenarnya merupakan suatu program yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maka tak heran bila kegiatan ini dinamakan tanggung jawab perusahaan sebab dalam hal ini perusahaan merasa turut bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat di kawasan sekitar. Adanya suatu perusahaan di suatu tempat tentu saja tidak luput dari peran masyarakat.

Izin yang diberikan oleh masyarakat setempat bagi sebuah perusahaan sangatlah berperan penting bagi terlaksananya jalan usaha dari pengusaha. Oleh karena itu bukanlah merupakan hal yang aneh bila perusahaan mengadakan kegiatan yang bersifat peduli terhadap masyarakat sekitarnya. Kegiatan ini juga umumnya dilakukan dengan tujuan untuk menjaga hubungan antara pihak perusahaan dengan pihak masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini maka diharapkan agar masyarakat bisa sellau percaya kepada perusahaan terkait dan menciptakan pandangan yang positif mengenai perusahaan terkait. Berbagai alasan bisa saja menjadi dasar bagi terjadinya suatu kegiatan Corporate Social Responsibility ini. Namun jika ditelusuri secara mendalam bisa diketahui bahwa aksi atau kegiatan dari program ini seringkali diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Rasa kemanusiaan yang mendorong setiap perusahaan untuk dapat melayani masyarakat di sekitarnya mungkin saja menjadi alasan utama bagi terselenggaranya aksi sosial ini. Pada kenyataannya ada berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan oleh suatu perusahaan melalui kegiatan ini. Misalnya saja seperti pemberian beasiswa pada siswa yang tidak mampu membiayai pendidikan namun memiliki kepandaian dan keahlian tertentu.

Aksi Corporate Social Responsibility ini sebenarnya tidak hanya untuk anak-anak saja tetapi juga untuk masyarakat secara umum. Ada pula aksi yang dihiasi dengan adanya kegiatan pembangunan sarana umum. Baik sarana ibadah maupun sarana umum lainnya tentu akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat secara umum. Sehingga segala aksi yang dilakuan untuk menunjang program Corporate Social Responsibility biasanya dilakukan salah satunya dengan membangun rumah ibadah untuk masyarakat. Kegiatan ini juga sebenarnya bersifat sangat membantu Anda. Program Corporate Social Responsibility yang lain seperti sembako murah dan bazaar murah sampai kegiatan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan biasa dilakukan oleh berbagai macam perusahaan. Dengan adanya berbagai kegiatan ini maka diharapkan agar masyarakat bisa semakin sejahtera dan tidak kekurangan.

Manfaat Corporate Social Responsibility Di Masyarakat

Tindakan pengembangan aktvitas sosial yang satu ini dapat memberikan aneka macam manfaat bagi masyarakat sekitar, antara lain sebagai berikut:

1. Kesejahteraan masyarakat meningkat

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa program Corporate Social Responsibility ini memiliki tujuan dasar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu melalui program ini tentu masyarakat akan mendapatkan bantuan dalam hal pemenuhan kebutuuhan. Seperti misalnya program pembagian sembako yang sudah tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat.

2. Kesempatan mengenyam pendidikan

Salah satu bentuk dari program tanggung jawab sosial perusahaan adalah beasiswa untuk beberapa anak agar dapat terus bersekolah dan dapat terus berprestasi. Salah satu kegiatan yang dilakukan dengan konsep ini adalah adanya pemberian beasiswa untuk para siswa terutama bagi Anda yang tidak mampu sekolah.

3. Pemeliharaan fasilitas umum

Tidak hanya berupa bantuan langsung dari perusahaan saja yang dapat dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan. Namun bantuan bisa saja diberikan dalam bentuk pemeliharaan berbagai sarana dan fasilitas umum. Misalnya saja seperti penambahan beberapa sarana untuk mensukseskan kegiatan posyandu. Atau mungkin bisa juga seperti kegiatan menjaga lingkungan dengan melakukan reboisasi. Bisa juga suatu perusahaan memberikan pengadaan air bersih dan sarana untuk menjaga kebersihan air. Perusahaan dalam hal ini akan mengajak masyarakat untuk selalu bersama-sama menjaga fasilitas umum agar bisa difungsikan dengan maksimal.

4. Pembangunan fasilitas umum

Tidak hanya kegiatan pemeliharaan fasilitas umum saja namun kegiatan juga berkaitan dengan adnaya pembangunan fasilitas umum. Misalnya saja sebuah perusahaan mengadakan kegiatan pembangunan jembatan. Atau bisa juga sebuah perusahaan membiayai pembangunan tempat pengungsian bagi korban bencana. Kesemuanya ini dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat.

Manfaat Corporate Social Responsibility Bagi Perusahaan

Sementara dalam sebuah perusahaan, aktivitas ini juga memberikan beberapa manfaat seperti:

1. Meningkatkan citra perusahaan

Sebuah perusahaan tentu akan mendapatkan pujian dari masyarakat jika melakukan suatu kegiatan yang menjurus pada aksi sosial. Sebuah perusahaan akan dianggap memiliki kepedulian yang tinggi sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk memandang negatif perusahaan tersebut. Dengan demikian maka citra diri perusahaan akan tetap terjaga dan bahkan semakin meningkat. Nama baik perusahaan akan semakin melambung dan ksi sosial dari perusahaan akan selalu dikenang oleh masyarakat.

2. Memperkuat brand merek perusahaan

Perusahaan yang mengeluarkan suatu produk dengan merek tertentu akan selalu diingat oleh masyarakat. Memang pada dasarnya sebuah perusahaan selain memiliki merek dagang juga akan memberikan nama atau merek untuk tiap produknya. Brand merek produk yang dihasilkan oleh perusahaan setidaknya akan selalu muncul di dalam benak masyarakat. Dengan adanya kegiatan Corporate Social Responsibility ini maka merek suatu produk akan selalu diingat.


3. Memperluas hubungan kerja sama

Program Corporate Social Responsibility pada suatu perusahaan akan membuat perusahaan Anda menjadi semakin meningkat. Demikian dengan adnaya aksi ini maka berbagai klien akan segera meningkatkan sisi kemanusiaannya dan bersedia bekerja sama. Bahkan setelah kegiatan Corporate Social Responsibility ini selesai tetap saja klien berpandangan positif pada perusahaan sehingga hubugan kerja sama antarberbagai pihak dapat terselesaikan dengan baik.

4. Membedakan perusahaan dari pesaingnya

Suatu perusahaan akan selalu dikenal dan dikenang oelh masyarakat atau konsumen. Dengan adnaya aksi sosial ini maka suatu perusahaan akan diberi label baik dan pelabelan dari masyarakat ini akan membedakannya dari perusahaan lainnya yang merupakan pesaing. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi suatu perusahaan. Sebab perusahaan akan dinilai positif oleh masyarakat sehingga tampak tampil berbeda dari perusahaan lainnya.

Aksi Corporate Social Responsibility ini memang banyak memberikan manfaat yang berarti, demikian pula halnya menggunakan produk yang sesuai dalam pembayaran gaji karyawan. Misalnya melalui penggunaan JojoPayroll yang akan membantu sistem penggajian karyawan secara tepat. Selain itu juga membantu perhitungan gaji karyawan serta potongan yang diperlukan dengan akurat.

Semua ini berkat adanya beberapa fitur di dalam JojoPayroll. Mulai dari fitur Adjustable Tax Configuration, Automatic Prorate for New Joiners, Customized Allowance Component, Allowance by Organization Chart, dan fitur menarik lainnya. Oleh karena itu jangan ragu untuk segera menggunakan JojoPayroll. Dapatkan coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga dan nikmati beragam fitur menarik yang mempermudah pekerjaan tim keuangan perusahaan dalam hal payroll.