Cost Efective Hiring – Tips dan Trick Untuk Bisnis Anda

Growth Mindset, Ini 5 Cara Efektif Mengembangkannya

Sebagai hasil dari pandemi yang melanda hampir seluruh negara di dunia – covid 19, banyak perusahaan atau organisasi yang harus membuat suatu perubahan besar pada sistem operasi bisnis yang mereka lakukan di tahun 2020 lalu. Salah satu perubahan yang dimaksut antara lain adalah perhitungan pemotongan biaya di berbagai departemen agar perusahaan mampu menghemat pengeluaran dan tetap mendapat pemasukan.

Anggaran untuk mencari seorang talent kandidar berbakat juga harus dipangkas sedini mungkin. Beberapa perusahaan mensiasatinya dengan menerapkan prinsip pemotongan biaya penyelenggaraan rekrutment atau yang lainnya justru tidak meng – hire kandidat sama sekali dalam jangka waktu tertentu.

Jika perusahaan atau organisasi anda merupakan salah satu bisnis yang juga terpengaruh dengan pandemic covid – 19, maka anda mungkin perlu mencari dan mengadopsi cara cost effective hiring yang bisa menghemat biaya namun tepat memiliki hasil rekrutmen yang maksimal untuk menghadapi situasi ekonomi yang ada.

Iklim ekonomi yang sedang melanda dunia akhir – akhir ini memang memaksa semua orang untuk mengencangkan pinggang. Berlari sekencang mungkin namun tetap dengan biaya sekecil mungkin.

Pertanyaannya adalah, bagaimana anda dapat mendorong sebuah strategi cost efective hiring di perusahaan anda? Apa saja tips dan trick yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya?

Meskipun anda sudah bisa ‘mengira – ngira’ manfaat dari cost efective hiring, anda mungkin tidak tahu bagaimana melakukan proses tersebut dengan benar. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menerapkan sebuah cost efective hiring yang tepat, antara lain adalah :

Gunakan Iklan Seperlunya

Salah satu cara terbaik untuk menggunakan sistem perekrutan yang cost effective adalah emmilah – milah mana strategi pemasaran yang tepat. Anda bisa melakukan hal tersebut dengan menganalisa data channel yang berpotensi untuk menarik kandidat dari bidang yang anda atau perusahaan inginkan. Dengan sistem periklanan yang tepat, uang yang anda keluarkan bisa menarik banyak kandidat yang sesuai dengan posisi yang anda butuhkan.

cost efective hiring
Sumber : 10percentrecruiting.com

Hal inilah yang membuat anda harus mampu menindaklanjuti pengeluaran perusahaan dalam hal periklanan. Untuk emmaksimalkan anggaran yang dikeluarkan perusahaan dalam iklan, anda bisa menggunakan yang namanya programmatic job advertising, yang mana ternyata mampu mengurangi biaya perekrutan per aplikan sebesar 30%. Programmatic job advertising menyediakan harga yang berbeda – beda sesuai dengan jenis model iklan yang anda inginkan. Mulai dari pay per click hingga pembayaran tiap aplikasi yang telah terselesaikan, dimana perusahaan ahanya akan membayar apabila kandidat benar – benar menggunakan atau meng – klik iklan lowongan tersebut.

Pasar lapangan kerja juga mengalami perubahan yang drastic karna pandemic covid – 19, yang mana hal ini akan membuat perusahaan bisa jadi menerima lebih banyak kandidat daripada yang mereka dapatkan di tahun – tahun sebelumnya. Hal ini juga bisa menjadi senjata ampuh untuk memangkas uang periklanan yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Fokus Pada Mobilitas Internal Untuk Mengisi Kekosongan yang Ada

Jauh lebih mudah dan murah bagi perusahaan untuk meng – hire kandidat secara internal. Oleh karena itu, perusahaan bisa menggunakan mobilitas internal untuk memotong biaya rekrutmen. Mobilitas internal, atau mengangkat pegawai anda untuk mengisi posisi kosong lainnya, merupakan sejenis kenaikan pangkat yang saat ini jarang sekali terjadi di suatu perusahaan. Padahal, dengan adanya mobilitas tersebut bisa jadi sangat menguntungkan perusahaan atau organisasi itu sendiri. Apalagi di iklim ekonomi yang seperti sekarang.

cost efective hiring
Sumber : 10percentrecruiting.com

Untuk membangun sebuah mobilitas internal yang super. Anda harus mampu membuat suatu budaya kerja yang mampu menggerakkan pegawai dari satu bagian ke bagian lainnya. Yang perlu anda lakukan pertama – tama adalah melihat performa pekerja. Dalam cacatan audit internal serta memetakan kemampuan dari masing – masing pegawai itu sendiri. Dengan melakukan hal tersebut. Anda akan bisa melihat mana celah yang bisa diisi serta mana celah yang harus diperbaiki. Di sisi lain, dengan adanya audit internal yang dilakukan tersebut. Perusahaan akan tahu mana jenis ketrampilan yang paling kurang dari perusahaan atau organisasi anda. Yang nantinya bisa menjadi acuan anda untuk menentukan jenis kandidat seperti apa yang benar – benar dibutuhkan oleh perusahaan.

Meski mobilitas internal bisa jadi sangat bermanfaat bagi suatu perusahaan atau organisasi. Banyak perusahaan yang belum bisa menggunakan sistem tersebut dengan benar. Sebuah survey menunjukkan bahwa sekitar 49% organisasi atau perusahaan merasa bahwa mereka memiliki proses internal yang kurang untuk mengidentifikasi serta menjalankan pekerja ke posisi yang lain. Untuk menghilangkan titik ‘buta’ tersebut. Anda bisa Menyusun sebuah struktur proses rekrutmen internal dengan mengedepankan pertumbuhan karir serta mentorship dalam organisasi itu sendiri.

Mendorong Program Rujukan Karyawan

Salah satu cara terbaik dalam cost effective hiring adalah menemukan kandidat melalui rujukan dari karyawan lainnya. 69% perusahaan mengatakan bahwa mereka memiliki program rujukan karyawan tersendiri dalam organisasi yang mereka dirikan.

Sumber : forbes.com

Dengan mendorong karyawan untuk memberikan referensinya terkait siapa kandidat yang mampu mengisi kekosongan dalam perusahaan. Anda bisa mendapatkan kandidat yang memiliki kualitas terbaik bahkan dengan biaya terendah sekalipun. Seorang karyawan yang berasal dari rujukan karyawan lainnya biasanya tidak emmerlukan training. Kalaupun memerlukan training mereka akan mampu mencapai tingkat produktifitas tertinggi hanya dalam waktu yang singkat.

Seorang kandidat yang memiliki rujukan dari karyawan lainnya memiliki peluang lima kali lebih besar untuk diterima daripada mereka yang tidak memiliki rujukan sama sekali. Bahkan satu dari lima kandidat tersebut akan mendapatkan tawaran kerja sebelum mereka melamar di perusahaan atau organisasi tersebut. Sebagai tambahan, pekerja dengan referensi biasanya akan jauh lebih betah tahan di suatu perusahaan. Karna mereka direkomendasikan oleh orang yang sudah suka dan nyaman dengan kultur kerja yang ada di organisasi atau perusahaan itu sendiri.

Untuk mampu mencapai yang namanya soct effective hiring, anda perlu membangun atau meningkatkan skema rujukan karyawan anda. Anda bisa menggunakan tawaran – tawaran seperti pemberian hadiah. Memberikan bonus dan lain sebagainya untuk membuat karyawan beramai – ramai merekomendasikan kandidat yang menurut mereka akan sangat cocok dengan pekerjaan yang anda tawarkan.

Kesimpulan

Perusahaan atau organisasi dapat menggunakan produk – produk JojoTimes dari Jojonomic untuk memaksimalkan pendataan pada proses seleksi karyawan baru dengan lebih baik.

Hal tersebut karena adanya beberapa fitur menarik JojoTimes dari Jojonomic antara lain adalah :

  • Secured Cloud-Based Storage
  • Custom Format Report
  • Import and Export Employee Data
  • Actual Real Time Monitoring
  • Task Management Tools
  • Schedules and Job Shifts

Dan banyaknya fitur yang bisa anda atau perusahaan gunakan untuk melakukan strategi recruitment yang lebih efektif serta efisien. Anda bisa segera meninggalkan cara lama yang konvensional dan kuno. Jangan habiskan waktu berharga anda dengan mendata satu per satu calon karyawan secara manual yang pasti ribet. Serahkan pekerjaan tersebut pada Aplikasi JojoTimes dari Jojonomic dan anda dapat mencoba gratis untuk membuktikan hasilnya Sekarang Juga!