Cost of Goods Sold (COGS) : Pengertian, Penting, dan Cara Hitung COGS

cost of goods sold

Dalam kegiatan produksi perusahaan dikenal istilah COGS (Cost of Goods Sold) atau harga pokok penjualan. Sebagai Pengusaha, Anda wajib tahu bahwa COGS adalah bagian dari produksi, jadi sangat penting untuk anda memahaminya.

Dengan begitu, pengelolaan perusahaan akan berjalan dengan baik. Seperti kita ketahui bersama, harga pokok penjualan akan mempengaruhi biaya dan penjualan yang dikeluarkan. Menurut definisi, COGS adalah semua biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dari tahap produksi hingga distribusi hingga produksi produk / jasa.

Dalam perusahaan perdagangan, harga pokok penjualan (COGS) dapat ditemukan dari pemasok, dimana harga pokok penjualan adalah harga pokok barang. Namun hal ini sedikit berbeda pada perusahaan manufaktur, karena perusahaan manufaktur memproduksi barang dagangannya sendiri, dan proses produksi serta biaya secara tidak langsung membuat perhitungan HPP menjadi rumit dan panjang.

Apa itu Cost Of Goods Sold (COGS)?

cost of goods sold

COGS adalah semua biaya yang dikeluarkan dalam menghasilkan suatu produk sebelum siap dijual. Secara sederhana, harga pokok penjualan mengacu pada biaya-biaya yang timbul dalam proses produksi barang dan jasa, yang dapat langsung berkaitan dengan proses kegiatan yang mempersiapkan barang dan jasa untuk dijual.

COGS mencakup beberapa biaya. Biaya yang termasuk dalam perhitungan HPP atau komponennya adalah sebagai berikut:

Inventaris

Daftar barang yang diperoleh dari daftar barang yang tersisa di masa lalu. Dalam istilah akuntansi disebut saldo awal, yang ditambahkan ke pembelian barang pada periode berjalan dan kemudian dikurangi dengan mengurangkan saldo akhir (sisa persediaan).

Dengan cara ini, sudah termasuk dalam biaya persediaan HPP. Untuk mengetahui nilai persediaan yang terjual, Anda harus terlebih dahulu mengetahui elemen-elemen berikut:

  • Persediaan awal.
  • Pembelian (dalam bisnis perdagangan).
  • Biaya produksi (di perusahaan manufaktur).
  • Persediaan akhir.
  • Inventaris barang bekas atau yang dapat dijual.

Tenaga kerja

Tenaga kerja juga merupakan komponen biaya untuk menghitung HPP. Ini karena biaya tenaga kerja berhubungan langsung dengan proses produksi produk atau jasa.

Untuk menghitung biaya atau pengeluaran tenaga kerja, Anda dapat melihat besarnya upah atau gaji yang dihasilkan oleh perusahaan. Besarnya biaya tenaga kerja langsung juga dipengaruhi oleh upah harian, yang dihitung dari tarif per jam atau jumlah unit target yang dapat mereka produksi.

Overhead

Ini adalah biaya yang secara tidak langsung mempengaruhi harga pokok penjualan. Biaya overhead berikut ini biasanya terjadi pada perusahaan perdagangan, seperti pengemasan, gudang atau pengangkutan. Akumulasi dari elemen biaya ini adalah COGS perusahaan dagang.

Biaya tidak langsung ini merupakan biaya selain faktor diatas yang biasa disebut biaya tidak langsung. Jenis sangat bervariasi tergantung pada ukuran bisnis, jenis bisnis, dan jenis sumber daya yang digunakan oleh perusahaan. Yang paling sering ditemui dalam bisnis manufaktur atau perdagangan adalah:

  • Sewa / depresiasi mesin dan peralatan yang disewakan.
  • Penyusutan bangunan pabrik.
  • Biaya listrik dan air pabrik atau utilitas pabrik.
  • Perawatan pabrik dan mesin.
  • Biaya pengemasan (packaging).
  • Sampel produksi (sampel sebelum produksi).
  • Biaya / transportasi kontainer.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Fungsi Menghitung Cost of Goods Sold

cost of goods sold

Menghitung COGS sangat penting dilakukan karena perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan yaitu :

Tentukan harganya

Biasanya pelaku usaha akan mengandalkan biaya produksi sebagai dasar penentuan harga jual. Namun, jika hanya mengandalkan biaya produksi atau daya tawar, risiko kerugian akan semakin besar. Untuk mengatasi masalah tersebut, perusahaan dapat mempertimbangkan dan menentukan harga jual produknya melalui perhitungan COGS. Harga jual yang diperoleh benar.

Hitung untung dan rugi

Dengan melakukan harga pokok penjualan atau harga pokok penjualan secara akurat, Anda dapat mengevaluasi untung rugi yang akan diperoleh perusahaan. Terlihat bahwa jika harga jual lebih tinggi dari harga pokok penjualan maka perusahaan akan untung, dan jika harga jual lebih rendah dari harga pokok penjualan maka akan mengalami kerugian.

Jika terjadi transaksi barang maka saldo persediaan akan berkurang dan biaya persediaan akan dikonfirmasi melalui catatan jurnal. Harga pokok penjualan atau harga pokok penjualan merupakan salah satu faktor yang menurunkan laba, dan laba merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari neraca.

Persediaan aset yang berkurang diimbangi dengan pendapatan kewajiban yang berkurang, sehingga laporan selalu seimbang. Penjualan adalah pendapatan yang merupakan salah satu faktor yang meningkatkan keuntungan. Keuntungan adalah elemen dari neraca. Penurunan kas atau piutang dalam aset akan diimbangi dengan peningkatan laba debitur.

Cara Menghitung Cost Of Goods Sold

cost of goods sold

Untuk menghindari kesulitan ketika perusahaan manufaktur menentukan harga pokok penjualan / nilai HPP dikemudian hari, berikut adalah penjelasan bersama cara menghitung HPP dengan benar dan dimana memulai proses perhitungan:

Pertama : Hitung bahan baku yang digunakan

Perusahaan menggunakan bahan baku sebagai modal utama untuk memproduksi barang, sehingga untuk menghitung harga pokok penjualan harus terlebih dahulu menentukan berapa bahan baku yang digunakan. Cara untuk menentukan biaya adalah dengan memeriksa berapa banyak bahan baku yang tersisa pada akhir periode setelah saldo awal periode ditambah pembelian dalam periode tersebut.

Bahan baku yang digunakan = saldo awal bahan baku + pembelian bahan baku – saldo akhir bahan baku

Kedua : Hitung biaya produksi

Selain bahan baku, terdapat biaya lain untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yaitu, Tenaga kerja langsung (tenaga kerja pabrik yang dapat langsung menghubungkan biaya dengan produk) dan Pengeluaran (biaya bahan pembantu, yang sulit diidentifikasi secara langsung dari produk), seperti:

  • Bolt di mobil
  • Bantuan cat plastik
  • Depresiasi mesin
  • Listrik
  • Karet mesin
  • Crewdrivers dan alat non-material lainnya

Ketiga : Hitung total biaya produksi

Dari jurnal yang dihasilkan, kita sekarang mengetahui bahwa bahan baku telah diolah dari bahan mentah menjadi produk yang dapat diproses, dan gaji serta biaya utilitas telah dimasukkan sebagai bagian dari bahan yang diproses.

Total biaya produksi = bahan baku yang digunakan + biaya tenaga kerja langsung + overhead produksi

Keempat : Hitung biaya penjualan (COGS)

Contoh, Apabila kita mengetahui bahwa biaya produksi setiap mobil adalah Rp.159.833.000 maka kita akan mengecek berapa mobil yang sudah selesai dikerjakan. Ternyata dari 150 unit yang diproses (berdasarkan mesin yang dialihkan ke proses produksi), hanya 100 unit yang selesai. Perusahaan mencatat 100 unit mobil ini di jurnal produk jadi dan tidak lagi dalam proses.

Harga pokok penjualan = harga pokok produksi + persediaan awal akhir persediaan

Kesimpulan Cost Of Goods Sold

diagram

Proses perhitungan ini sangat sulit dilakukan. Namun hasil tersebut akan sangat berdampak penting bagi perusahaan, terutama yang bergerak di bidang manufaktur.

Karena jumlah variabel kalkulasi yang besar harus dilibatkan dalam memperoleh nilai COGS yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan manufaktur, untuk mempermudahnya, Anda dapat mulai menggunakan software akuntansi yang terpercaya.

5 Cara Terbaik Mengurangi Cost of Goods Sold

COGS atau yang biasa disebut dengan Cost of goods sold adalah satu dari sekian banyak hal yang harus dipahami sebelum memulai suatu bisnis. Cost of goods juga bisa diartikan sebagai sejumlah total biaya yang harus dikeluarkan untuk memproduksi barang jual dari suatu perusahaan. Untuk pemahaman lebih mudah, anggap saja bahwa jumlah cost atau biaya yang terdiri dari biaya material (untuk proses produksi) dan biaya pekerja bisa dijumlahkan menjadi satu dan disebut sebagai Cost of Goods Sold.

Artikel kali ini akan berfokus pada bagaimana cara untuk meminimalisir dan mengurangi total jumlah biaya tersebut.

cost of goods sold

Membeli Dalam Jumlah Banyak

Membeli barang secara grosir akan jauh lebih murah dibandingkan jika membeli barang material secara satuan. Mengapa demikian?

Selain karna harga barang grosir memiliki total satuan diskon atau potongan harga yang cukup lumayan, hal ini juga dipengaruhi oleh jumlah biaya shipping yang dikeluarkan.

Akan lebih mudah dan murah untuk mengirim seton penuh barang dengan satu macam tipe saja daripada mengirimkan barang yang berbeda – beda. Mencari supplier yang tepat untuk mendapatkan harga terbaik adalah salah satu cara untuk mengurangi cost of goods sold.

Material Alternative

Perlu di garis bawahi bahwa metode ini hanya akan bisa berhasil apabila kondisi produksi benar – benar memungkinkan. Banyak perbandingan yang harus dilihat sebelum benar – benar memutuskan untuk mengganti bahan material dasar atau mencari alternative material lainnya.

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa setiap produk mungkin tidak hanya membutuhkan satu atau dua jenis material saja. Semua ini ditentukan dari bagaimana permintaan pasar dan bagaimana proses produksinya. Hal inilah yang terkadang menjadi satu dari banyak kendala untuk mengganti bahan dasar material.

cost of goods sold

Sekali lagi, tidak semua proses produksi memerlukan pergantian bahan dasar hanya untuk mengurangi jumlah biaya material atau material cost. Terdapat beberapa faktor atau pertimbangan lain yang harus diperhatikan sebelum mengganti material bahan dasar, antara lain adalah :

  • Penggantian material memungkinan perusahaan mendapaytkan hasil produk dengan properti yang berbeda. Tingkat property yang dimaksut seperti tingkat kekerasan, ketahanan suhu dan sebagainya.
  • Penggantian material memungkinan proses pengolahan produk yang berbeda pula. Proses yang dimaksutkan bisa Jadi memerlukan jenis proses produksi baru atau peralatan – peralatan yang berbeda.
  • Penggantian juga memungkinan produsen akan menambah jumlah biaya produksi

Di sisi lain, tidak selamanya penggantian material memiliki dampak yang negative. Terkadang, untuk menghadapi perkembangan jaman yang semakin modern, serta kecanggihan alat – alat yang semakin berkembang,  hal ini perlu dilakukan. Beberapa software yang terus – menerus di update membuat perusahaan secara tidak sadar dipaksa untuk mengganti jenis bahan dasar material dengan yang lebih sesuai.

Hal lain yang mempengaruhi keputusan penggantian bahan dasar adalah harga pasar. Prediksi harga pasar yang tidak stabil membuat harga material dapat melonjak drastis atau turun dengan curam dalam waktu singkat. Membuka opsi untuk mengganti material merupakan hal yang normal dilakukan.

Sangat disarankan untuk riset lebih mendalam demi mendapatkan keputusan yang paling bijak dalam menangani masalah tersebut.

cost of goods aold

Memilih Suplier Dengan Benar

Memilih lebih dari satu supplier merupakan ssalah satu strategi jangka panjang yang menguntungkan. Membiarkan opsi untuk memilih supplier yang berbeda akan menjamin selalu tersedianya produsen bahan dasar material. Selain itu, anda bisa membandingkan antara satu supplier denagn suplier lainnya demi mendapatkan harga yang paling menguntungkan.

Apabisa supplier memberi kelonggaran pada biaya transportasi atau potongan harga yang lumayan tentu ini akan menjadi hal yang bagus dalam mengurangi cost of goods sold.

Ganti Dengan Mesin

Temukan sebanyak mungkin proses produksi yang bisa diselesaikan dengan menggunakan mesin, alih – alih ditangani langsung oleh pekerja. Hal ini akan meningkatkan kecepatan serta ketepatan proses produksi hingga mampu mengurangi biaya cost of goods.

Hal ini sudah terbukti dan digunakan hampir di setiap perusahaan besar di dunia. Kelebihan lain dari penggunakan mesin untuk proses produksi adalah :

  • Mesin bekerja secara lebih teliti dan cepat
  • Sangat kecil kemungkinan untuk mengalami error
  • Tidak membutuhkan biaya kecuali pembelian dan maintenance
  • Selalu bekerja tepat waktu
  • Produk sesuai dengan desain yang diharapkan

Persaingan dagang yang semakin ketat dari hari ke hari membuat para produsen berlomba – lomba menciptakan produk yang paling menguntungkan diantara pesaingnya. Kalah dalam persaingan dagang dengan bantuan mesin sama sekali bukan hal baru. Penggunaan mesin – mesin tersebut memang bertujuan untuk membantu jalannya proses produksi secara clean dan lean.

Tempat Produksi yang Relevan

Salah satu strategi yang paling sering digunakan untuk mengurangan cost of goods adalah dengan memilih tempat produksi yang baik. Mendirikan pabrik di tempat yang tepat. Lokasi yang menyediakan sumber daya alam sekaligus sumber daya manusia yang tidak terlalu mahal.

Dalam beberapa tahun terakhir, negara Cina masih menjadi tujuan destinasi tempat produksi perusahaan yang murah. Namun belakangan ketentuan tersebut telah dirubah sedemikian rupa hingga harga yang dipatok mulai mengalami kenaikan yang cukup signivikan.

cost of goods sold

Bagaimana Menyiapkan Cost of Goods Sold

Cost of goods sold sangat penting kontribusinya dalam menghitung biaya operasi suatu perusahaan karna keduanya saling berhubungan. Bisa dikatakan sumber pengeluaran secara langsung dari sebuah perusahaan tercantum seluruhnya dalam cost of goods sold. Biaya yang tidak masuk dalam cost of goods sold antara lain adalah biaya yang harus dikenakan pada reseller atau sales dan prosesnya.

Setiap bisnis yang dilakukan oleh pengusaha memiliki tipe pengeluaran atau biaya yang berbeda – beda pula. Dan setiap pengeluaran tersebut memiliki tujuan dan fungsinya masing – masing. Yang kemudian apabila dijadikan sebuah denah dari biaya – biaya yang telah digabungkan, ia akan menghasilkan sebuah gambaran mengenai keseluruhan sistem keuangan dari perusahaan itu sendiri.

Biaya Operasi

Biaya operasi merupakan salah satu dari dua biaya terbesar yang harus dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Dengan menghitung biaya operasi, suatu perusahaan akan mampu mengidentifikasi proses produksi serta inventaris produk jadi, dan juga mampu mendeskripsikan secara lengkap total pendapatan yang diterima.

Elemen – elemen yang menjadi dasar biaya operasi antara lain adalah :

  • Pengeluaran untuk proses produksi
  • Cost of goods sold
  • Pendapatan

Biaya operasi merupakan standart yang paling sering digunakan untuk menetapkan jumlah keuntungan serta menetapkan margin profit yang didapatkan.

Biaya Sales

Salah satu komponen penting dalam biaya operasi adalah biaya sales. Yang mana dapat diartikan sebagai biaya yang harus dikeluarkan ketika menyiapkan serta mengeksekusi sales planning yang telah direncanakan. Semakin akurat persiapan yang dilakukan semakin efektif biaya yang akan dikeluarkan.

Pada bisnis kecil, penggunaan biaya sales tidak harus dipisah menurut spesifikasi produk yang dihasilkan, namun bisa dihitung semuanya untuk kemudian ditetapkan sebagai biaya sales tanpa memandang kategori produk yang akan dijual atau lokasi dimana mereka akan menjualnya.

Mengingat perhitungan ini menyangkut keuangan perusahaan, maka penggunaan software akuntansi juga harus memiliki kualitas yang terbaik, seperti JojoExpense. Software JojoExpense akuntansi online ini dapat Anda gunakan sebagai solusi untuk mendapatkan harga pokok penjualan yang sesuai atau harga pokok penjualan tanpa penghitungan ganda.

Dapatkan semua informasi penting tentang JojoExpense dan nikmati masa uji coba gratis 14 hari kami.