Cost Per Action : Pengertian, Cara Kerja dan Contoh CPA Terbaik

cost per action

Jika situs web Anda memiliki banyak pengikut, maka inilah saatnya untuk menghasilkan banyak keuntungan dari situs web Anda. Anda dapat mencoba menggunakan Pemasaran “Cost Per Action” untuk menghasilkan uang secara online.

Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan istilah CPA (cost per action), terutama bagi internet marketert. Cost per action adalah istilah yang sering digunakan di bidang periklanan digital.

Menjalankan CPA bisa dikatakan sangat menguntungkan, dan Anda bisa menghemat modal untuk menjalankannya. Padahal, jika Anda menerapkan strategi yang tepat, Anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat dari bisnis ini.

Apa itu Cost Per Action?

Apa itu Cost Per Action?

Jadi, apa itu CPA? CPA adalah model pembayaran periklanan digital. Saat pengguna melakukan suatu tindakan, penerbit akan menerima komisi. Biaya per konversi atau biaya per tindakan sebenarnya adalah strategi pemasaran yang mirip dengan pemasaran afiliasi. Dalam bisnis ini, Anda akan mendapatkan komisi dari tindakan pengunjung website.

Cost per operation atau disingkat CPA adalah bentuk turunan dari model affiliate marketing, di mana penerbit akan menerima komisi saat pengguna melakukan suatu tindakan (perilaku).

Ini termasuk operasi yang diselesaikan oleh pengguna, seperti mengisi formulir, mendaftarkan konten, mengunduh aplikasi seluler / PC, atau membeli produk melalui halaman yang disediakan oleh pengiklan. Komisi yang diberikan biasanya bervariasi berdasarkan demografi dan wilayah pengiklan.

Dalam dunia pemasaran CPA, Anda harus memahami beberapa istilah. Berikut beberapa istilah ini:

  1. Penerbit: Seseorang yang mempromosikan merek, produk, atau bisnis di situs web mereka (Publisher)
  2. Pengiklan: Perusahaan atau pemilik bisnis yang membutuhkan kemitraan CPA untuk mempromosikan produk atau bisnisnya.
  3. CPA Network: Sebuah platform yang dapat menampung atau mempertemukan penerbit dan pengiklan
  4. Keanggotaan/Affiliate Manager (AM): Orang yang bertanggung jawab untuk memandu penerbit menjalankan bisnis CPA.
  5. Komisi: Untung dari beriklan di situs yang diterima oleh penerbit
  6. Action: Tindakan yang diambil oleh pengguna pada halaman target pengiklan, seperti mengisi formulir, mengunduh, menginstal, mengirimkan email, atau melakukan pembelian.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Cara Kerja Cost Per Action

Cara Kerja Cost Per Action

Sekarang, bagaimana cara kerja pemasaran CPA. Faktanya, bisnis CPA hampir sama dengan rencana afiliasi marketing. Ini karena pemasaran CPA memang merupakan produk turunan dari pemasaran afiliasi. Namun, untuk kejelasan lebih lanjut, berikut deskripsi yang lebih lengkap tentang cara kerja pemasaran CPA :

Misalnya, perusahaan pengembang game ingin gamenya tersebut diunduh sebanyak 1.000.000 kali. Perusahaan sebagai pengiklan menggunakan model periklanan CPA untuk periklanan. Di sini, pengiklan akan membayar jaringan CPA untuk mencapai sasaran 1.000.000 download tadi.

Di sisi lain, setiap kali game diunduh melalui tautan afiliasinya, jaringan CPA yang ditunjuk akan membagikan komisi periklanan penerbit anggota jaringan CPA kepada perusahaan periklanan yang menyediakan layanannya.

Anda harus terdaftar terlebih dahulu sebagai publisher di jaringan CPA. Nantinya, Anda akan mendapatkan link atau banner milik pemasang iklan untuk Anda tempatkan di website. Pengunjung yang mengklik link tersebut akan diarahkan ke halaman situs pengiklan. Jika pengunjung melakukan tindakan yang diperlukan, seperti mengisi formulir pendaftaran, Anda akan menerima komisi.

Anda (penerbit) memasang link di website → pengunjung mengklik link → pengunjung diarahkan ke halaman pengiklan → pengunjung mengisi formulir pendaftaran → Anda mendapat komisi.

Anda akan menerima komisi dari aplikasi game tadi, yang diunduh pengunjung ke situsnya. Pada saat yang sama, owner game tersebut mendapatkan keuntungan dari jumlah kunjungan ke situs Anda. Win-win solution, bukan?

Mengapa harus Cost Per Action?

Mengapa harus Cost Per Action?

Biaya per tindakan memungkinkan pengiklan mengontrol biaya iklan untuk tujuan pemasaran tertentu. CPA hanya dirancang untuk membebankan biaya saat tindakan aktual terjadi. Dengan cara ini, Anda tidak perlu membayar lebih untuk iklan.

Melalui metode periklanan ini, Anda memiliki tingkat konversi penjualan yang lebih tinggi daripada model periklanan lainnya. Apalagi jika Anda menggunakan tipe “cost per install”. Dengan model pembayaran berdasarkan tindakan yang diambil, ini memberi pengiklan kontrol yang lebih besar untuk melacak dan memaksimalkan laba atas investasi di berbagai saluran pemasaran.

Komisi yang Tinggi

CPA biasanya menawarkan komisi yang lebih tinggi. Mengapa demikian? Alasan terbesar untuk BPA komisi yang lebih tinggi adalah bahwa pembayaran dilakukan saat tindakan diambil. Dibandingkan dengan jenis model pembayaran iklan lainnya, tindakan ini terutama akan menghasilkan konversi.

Umumnya, jenis “biaya per penjualan” dan “biaya per pemasangan” menawarkan komisi yang lebih tinggi karena kedua CPA memiliki rasio konversi penjualan yang lebih tinggi dan sejalan dengan sasaran periklanan sehingga menghasilkan keuntungan yang tinggi dan cost iklan yang lebih rendah.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

CPA Network Terbaik

CPA Network Terbaik

Seperti disebutkan sebelumnya, jaringan CPA adalah platform yang menghubungkan Anda dengan pemilik produk. Jika baru memulai bisnis CPA, silakan mendaftar terlebih dahulu ke jaringan CPA Network yang menerima pemula. Setelah Anda diterima sebagai penerbit di jaringan CPA, Anda akan dipandu oleh Affiliate marketing (AM).

Pastikan untuk berkomunikasi dengan AM secara teratur. Anda juga perlu memilih jaringan CPA yang memiliki reputasi baik. Sebelum mendaftar, Anda dapat melihat ulasan web CPA Network dibawh ini.

Maxbounty

Jaringan CPA Maxbounty didirikan pada tahun 2004, dan Maxbounty saat ini dikenal sebagai jaringan CPA paling populer. Maxbounty memiliki puluhan ribu penerbit dan dibayar dengan baik. Selain itu, keuntungan lain dari bergabung dengan Maxbounty adalah Anda akan menerima komisi setiap minggu. Beberapa perusahaan yang terdaftar sebagai pengiklan di Maxbounty antara lain perusahaan besar seperti Microsoft dan Apple.

Globalwide Media

Globalwide Media juga merupakan jaringan CPA populer, sepopuler Maxbounty. Jika Anda terdaftar sebagai penerbit di jaringan CPA ini, Anda dapat memilih kategori bisnis produk yang sesuai dengan situs web Anda, seperti e-commerce, pendidikan, hiburan, dll.

Clickbooth

Clickbooth juga merupakan salah satu jaringan CPA yang berkembang pesat. Didirikan pada tahun 2002 dan dikenal sebagai jaringan CPA tertua. Clickbooth mengklaim membayar lebih dari $100 miliar untuk penerbitnya setiap tahun. Inilah mengapa jaringan CPA disebut jaringan CPA favorit oleh penerbit. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan produk dan layanan yang menarik, seperti alat analisis dan pengukuran, pemasaran email, dan keamanan merek.

Peerfly

Peerfly adalah salah satu anggota jaringan CPA yang tumbuh paling cepat di dunia dan memiliki lebih dari 30.000 penerbit di 165 negara / kawasan di seluruh dunia. Anda akan menemukan afiliasi manager (AM) yang berdedikasi untuk membantu Anda. Anda juga akan mendapatkan alat pelatihan gratis untuk Anda pelajari. Selain itu, Peerfly juga menawarkan banyak kategori produk dari brand ternama. Dengan cara ini, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Kesimpulannya

CPA adalah metode pemasaran di era digital, dan cocok bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari Internet. Namun, untuk bisa berperan dalam persaingan antar penerbit/publisher, setidaknya aturan pertama telah disiapkan untuk bersaing secara sehat.

JojoExpense hadir dalam regulasi tersebut untuk menghadirkan kampanye situs web yang baik dan terpercaya di mata pembaca atau calon pengguna.

Pilih nama domain yang mudah diingat pembaca untuk meningkatkan peluang Anda mengonversi situs web Anda bersama JojoExpense. Apakah Anda siap menghasilkan uang rupiah pertama Anda melalui CPA?