8 Langkah Efektif Covid-19 Prevention Yang Harus Diterapkan

Covid-19 prevention

Gencarnya penyebaran Covid-19 gelombang kedua di awal tahun 2021 ini membuat Covid-19 prevention semakin penting untuk diterapkan. Sayangnya sering kali masih banyak pihak yang lalai dalam melaksanakan hal tersebut. Bukan hanya itu saja, masih ada pihak-pihak tertentu yang kurang mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah virus ini berkembang dan menular lebih cepat. Padahal sudah banyak korban yang berjatuhan dan tidak sedikit yang meninggal dunia. Oleh sebab itu, untuk memastikan pemutusan mata rantai penyebaran COvid-19 yang optimal, berikut ini beberapa poin tentang Covid-19 prevention yang bisa kalian terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Biasakan Cuci Tangan

Ingat bahwa mencuci tangan sangat penting untuk dilakukan. Dengan kebiasaan tersebut maka Covid-19 prevention dapat dilakukan dengan mudah. Kebanyakan orang menyepelekan hal tersebut. Padahal mencuci tangan adalah hal dasar yang mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja. Oleh sebab itu biasakan untuk mencuci tangan kapanpun. Baik di tempat umum, maupun saat baru sampai di tempat tujuan atau di rumah. Dengan cara yang sederhana ini penyebaran virus bisa dicegah lebih efektif.

Gunakan Masker Sebagai Upaya Covid-19 Prevention

Selanjutnya perhatikan kebiasaan untuk selalu menggunakan masker saat bepergian kemanapun. Ingatlah bahwa Covid-19 tersebar melalui percikan droplet seseorang ke orang lain. Menggunakan masker membantu mencegah droplet menulari orang lain maupun menerima penularan dari orang lain secara efektif. Sehingga sebaiknya jangan sampai lupa mengenakan masker saat bepergian. Bila perlu gunakan juga walaupun sedang berada di rumah. Terutama jika ada salah satu anggota keluarga yang terbukti positif dan terkena virus tersebut.

Jangan lupa juga sebaiknya gunakan masker dengan standar yang baik. Ada banyak macam masker tapi pastikan untuk menggunakan masker dengan jumlah layer minimal tiga. Sehingga dapat memaksimalkan efektifitas penggunaan masker tersebut.

Hindari Kerumunan

Menghindari kerumunan juga bisa menjadi salah satu langkah efektif dalam mencegah penularan virus Covid-19. Karena itu sebisa mungkin hindari acara-acara tertentu yang bersifat berada di keramaian. Untuk sementara waktu batalkan saja keinginan untuk berkumpul, atau sebisa mungkin tidak menghadiri acara yang membuat potensi berkerumun cukup besar.

Meskipun terlihat sepele, namun kebanyakan kasus terjadi akibat lupa untuk menghindari kerumunan dan akhirnya mengalami resiko terpapar virus ini. Oleh karena itu selalu ingat untuk tidak menghadiri kerumunan tertentu. Atau hindari bersama-sama dengan banyak orang pada satu tempat.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jaga Jarak 1 Hingga 1.5 Meter

Sehubungan dengan menghindari kerumunan yang telah disampaikan di atas, ada baiknya untuk memaksimalkan kondisi tersebut dengan menjaga jarak sekitar satu hingga satu setengah meter dengan orang lain. Hal ini supaya dapat membantu menghindari resiko penularan droplet dari satu orang ke orang yang lain. Bila perlu juga terapkan hal ini pada anggota keluarga di rumah. Sehingga kemungkinan menyebarkan virus juga lebih minim dan potensi penyebaran Covid-19 bisa ditekan semaksimal mungkin. Terutama jika sedang berada di tempat umum, perhatikan jarak antara satu dengan yang lain. Sebisa mungkin tidak bersentuhan dan selalu utamakan jaga jarak.

Covid-19 Prevention Dengan Tetap Di Rumah Saja

Saat ini tentu banyak yang setuju bahwa cara efektif Covid-19 prevention yaitu dengan jalan melakukan aktivitas cukup dari rumah saja. Entah itu bekerja, melakukan studi, hingga berbelanja kebutuhan barang sehari-hari. Saat ini sudah banyak yang memfasilitasi hal tersebut untuk dapat dilakukan secara optimal. Mulai dari sistem sekolah daring, bekerja dari rumah, maupun ada banyak fasilitas belanja online untuk berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari. Karena itu tidak perlu khawatir jika membutuhkan sesuatu, tetap bertahan di rumah saja semaksimal mungkin dan minimkan aktivitas di luar ruangan yang bisa mencegah resiko penularan virus makin besar.

Berjemur di Pagi Hari

Ada baiknya menyempatkan diri untuk berjemur sinar matahari pada pagi hari. Sehingga tubuh menerima cukup vitamin serta kehangatan yang mampu mematikan virus yang berpotensi menyebar. Dengan menyempatkan diri berjemur tentu secara otomatis tubuh juga akan lebih merasa sehat. Bahkan sinar matahari pagi juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk pertumbuhan tulang dan juga mengaga kesehatan paru-paru. Oleh sebab itu tidak ada salahnya menambahkan kebiasaan ini sebagai salah satu upaya Covid-19 prevention.

Perhatikan Pola Makan

Pola makan yang sehat sebenarnya secara tidak langsung juga membantu seseorang untuk hidup sehat secara optimal. Karena itu pastikan untuk memilih menu yang baik supaya resiko terserang penyakit termasuk Covid-19 dapat dihindari secara maksimal. Perhatikan komposisi makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Sebisa mungkin yang banyak mengandung vitamin dan mineral serta kecukupan protein maupun karbohidrat.

Lebih baik lagi untuk menambahkan cukup serat dari sayuran dan buah-buahan. Jika memungkinkan tambahkan segelas susu setiap harinya. Pilih juga makanan yang rendah lemak untuk menghindari resiko penyakit yang lainnya. Dengan demikian stamina dan daya tahan tubuh akan terjaga sempurna. Maka mata rantai penyebaran Covid-19 juga dapat diminimalisasi.

Minum Vitamin Untuk Covid-19 Prevention

Jika tidak punya waktu untuk mengkonsumsi makanan sehat sehari-hari, maka bisa memilih alternatif untuk mengkonsumsi vitamin tambahan. Terutama sebaiknya jenis vitamin C dan vitamin E dengan dosis tinggi. Karena jenis vitamin ini terbukti mempercepat proses pemulihan para pasien penderita Covid-19. Sehingga bukan hanya itu saja, tetapi pastinya juga dapat menoptimasikan kondisi kesehatan tubuh untuk tidak mudah terserang penyakit apapun, termasuk tertular penyakit Covid-19. Dengan konsumsi vitamin yang cukup, tubuh juga memperbaiki imunitasnya secara optimal. Sehingga kondisi tetap prima meskipun melakukan banyak aktivitas sehari-harinya.

Itulah beberapa langkah Covid-19 prevention yang sebaiknya diterapkan oleh siapapun tanpa kecuali. Hal ini cukup penting untuk membantu mengurangi resiko penularan virus dan mengurangi jumlah kematian akibat penyakit tersebut. Dengan menerapkan pola hidup sehat tentu saja penyebaran virus bisa ditekan secara efektif. Sehingga makin banyak yang terhindar dari resiko Covid-19 dan kondisi perekonomian juga memperoleh dampak yang positif dalam waktu dekat.

Hal tersebut sama seperti memilih sistem absen terbaik dalam sebuah perusahaan. Sebaiknya pilihlah JojoTimes sebagai salah satu produk yang telah terbukti kehebatannya. Produk ini dapat membantu karyawan melakukan absen kapan saja dan dimana saja. Sementara dari sisi perusahaan juga mudah untuk melakukan pemantauan serta melakukan pencatatan secara akurat.

Semua manfaat ini berkat beberapa fitur andalan pada JojoTimes. Beberapa fitur tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Oleh sebab itu jangan ragu jika ingin menggunakan JojoTimes. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari sekarang juga.