Bergabung di Pasar Creative Market Indonesia Secara Online

creative market

Creative market mungkin masih menjadi istilah asing yang belum sering terdengar di telinga banyak orang. Namun sebenarnya istilah ini sudah bukan merupakan hal baru lagi terutama di masa modern seperti sekarang ini. Istilah creative market sebenarnya menggamarkan sebuah marketplace yang tentunya menyediakan berbagai fasilitas untuk para desainer yang ingin menjual desain miliknya secara resmi atau legal.

Tentu saja setiap desainer yang berhasil menjual desainnya akan memperoleh pendapatan yang cukup besar. Bahkan penghasilan bisa saja dalam bentuk dollar sehingga pekerjaan ini seolah mennjadi suatu aktivitas yang sangat menguntungkan. Mungkin Anda perlu lebih lagi memahami tentang apa dan bagaimana suatu creative market dapat berperan dan menguntungkan bagi siapa saja.

Cara Open Shop di Creative Market

Daftar akun

Untuk melakukan open shop di creative market maka hal pertama yang harus dilakukan ialah melakukan proses pendaftaran. Proses pendaftaran sebenarnya sangatlah mudah. Untuk melakukannya maka Anda hanya tinggal mengisi data tepatnya berupa nama lengkap dan email. Tidak lupa pula sertakan username dan password.

Pilih menu

Langkah selanjutnya untuk dapat melanjutkan proses open shop adalah pilih menu. Artinya disini Anda bisa klik menu open shop tepatnya yang ada pada halaman creative market. Setelah menekan klik pada tombol menu maka nantinya akan muncul beberapa kotak seperti kolom yang bisa diisi dengan tepat.

Isi kotak pertama

Setelah muncul kotak maka lanjutkan proses open shop dengan pengisian kotak pertama. Kotak pertama merupakan suatu link yang menunjukkan tempat desain milik Anda yang pernah dijual. Jadi pada kolom atau kotak tersebut bisa diisi link. Namun jika belum pernah membuatnya maka buatlah seara gratis di wix site atau bloger dan lainnya.

Isi kotak kedua

Kemudian setelah pengisian kotak pertama setiap orang yang mengisinya bisa berlanjut ke kotak kedua. Pada kolom kotak kedua ini Anda akan disuruh untuk mengisi link portofolio. Sebenarnya bagian kolom kotak kedua ini sangatlah penting. Sebab pengisian pada kolom kotak ini akan menentukan apakah Anda bisa lolos kualifikasi ataukah tidak.

Isi kotak ketiga

Jika pengisian kotak kedua telah selesai maka selanjutnya isilah kolomkotak ketiga. Di bagian kotak ketiga inilah bisa dilihat alasan Anda mengapa tertarik untuk open shop di creative market. Jadi berikan alasan yang menarik dan tentunya dapat meyakinkan pihak creative market sehingga nantinya apa yang telah diajukan bisa berhasil dan Anda menjadi owner shop.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Request invite

Setelah mengisi semua kotak yang ditawarkan sebelumnya maka kini adalah waktu bagi Anda untuk menunggu request invite. Proses ini mungkin saja membuatuhkan waktu setidaknya 1 hingga 3 hari. Maka tunggulah selama waktu tersebut aar nantinya bisa didapatkan feedback tepatnya dari pihak creative market. Request invite ini nantinya akan dikirimkan melalui email.

Tunggu feedback

Selama proses request invite maka satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah menunggu. Untuk itu Anda bisa mengecek email untuk mengetahui apakah feedback telah diberikan. Sebab pengiriman feedback sudah tentu dilakukan melalui email. Maka tunggulah feedback yang diharapkan dengan melakukan berberapa aktivitas supaya tidak terlalu jenuh.

creative market

Tips dan Trick Singkat Membuat Toko Online Dalam Persaingan Pasar Kreatif

Ketika anda telah memutuskan, atau setidaknya berpikir untuk menjual sesuatu secara online, hal pertama yang harus dilakukan adalah menerapkan langkah yang hati – hati. Perlu disadari bahwa tidak semua orang akan berhasil menjalankan yang namanya bisnis online.

Apabila anda menginginkan sebuah toko online yang bisa menjadi sumber penghasilan utama, pahami terlebih dulu bagaimana sistem pasar tersebut bekerja, serta bagaimana toko online pasar kreatif itu sendiri.

Mengapa Membuka Online Shop Sebagai Salah Satu Strategi Creative Market?

Kebanyakan orang memiliki pola pikir yang salah dengan menganggap berjualan secara online itu pasti paling mudah. Padahal pada kenyataannya, berjualan online tidaklah semudah yang anda bayangkan.

Meski jenis font, tema, gambar bahkan market stok tersedia dengan mudah untuk digunakan, bukan berarti hal tersebut akan membantu bisnis online anda untuk bisa berkembang. Diperlukan usaha lebih dari hanya sekedar membuka toko kemudian menjual barang disana.

Jika bukan dikarenakan oleh hal lain, menjual barang yang berasal dari tangan kita, berasal dari karya kita sendiri merupakan sesuatu yang sangat memuaskan. Membanggakan bahkan. Mengingat pembeli produk anda mungkin telah melihat berbagai merk lain atau mengunjungi toko – toko lain sebelum memilih produk anda, merupakan salah satu tanda bahwa produk tersebut layak untuk bersaing dengan merk lainnya.

Intinya, anda akan merasa sangat dihargai dan kepuasan itu tidak hanya dalam bentuk uang hasil penjualan. Terkadang, apresiasi jauh lebih penting dari nilai mata uang itu sendiri.

Mengesampingkan ego sejenak, melihat produk anda diminati dipasaran merupakan sebuah alarm sehat yang menandakan bahwa bumi hanyalah suatu komunitas yang besar. Dimana kebutuhan mereka bisa dijawab dengan produk yang anda tawarkan.

Alas an utama lainnya mengapa banyak orang tertarik dalam bisnis online adalah anda bisa menghasilkan banyak uang bahkan tanpa perlu pergi bekerja. Tanpa perlu memakai sepatu atau mengenakan baju formal.

Tidak seperti toko offline yang membutuhkan banyak modal untuk pembangunan Gedung dan sebagainya, toko online hampir tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Cukup kuota internet dan laptop.

Pun, produk yang anda jual mungkin bukan barang nyata. Bisa jadi yang anda jual hanyalah barang – barang berbentuk file yang tidak akan kadaluarsa, atau membutuhkan ruang yang lebar. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk siap masuk ke pasar online.

creative market

Hanya Jual yang Anda Suka

Letakkan hati anda kepada pekerjaan yang anda lakukan. Hal tersebut secara tidak sadar akan membawa dampak yang significant. Dimana ‘ketulusan’ anda yang memang menggemari dunia tersebut akan membuat produk – produk yang anda tawarkan menjadi lebih bernyawa. Berkualitas dan diminati banyak orang.

Ciptakan sesuatu yang anda percaya dan kuasai. Dengan begitu, kostumer akan datang dengan sendirinya. Disarankan untuk mengikuti trend yang ada dan mendengarkan feedback yang diberikan oleh pelanggan. Ingatlah bahwa tujuan anda membuat toko online adalah untuk menjual, membuat produk anda diminati serta relevan.

Kenali Demand Calon Pelanggan

Menjual sesuatu, berarti anda telah memungkinkan produk tersebut mengisi ‘kekosongan’ demand yang ada di masyarakat. Jika anda pernah bertanya tentang, “mengapa tidak ada yang menjual baju – baju berukuran besar?”

Hal tersebut bisa menjadi ide bisnis yang sangat baik untuk memulai suatu usaha. Dimana anda melihat permasalahan yang ada kemudian menemukan solusi yang menguntungkan.

Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu Jauh Lebih Baik Daripada Menuntut Kesempurnaan

Terdapat banyak sekali artikel tentang mengembangkan ide bisnis di luar sana. Website – website besar akan berlomba – lomba untuk menciptakan judul yang menarik seperti “Bagaimana Cara Membuat Brand yang baoik?” atau “Bagaimana Cara Menemukan Pasar yang Tepat?”

Tentu artikel tersebut ibarat air di tengah gurun bagi para pebisnis pemula. Dimana biasanya, mereka akan mengikuti setiap saran yang ada demi mendapatkan kesempurnaan dalam berdagang.

Perlu dipahami bahwa memulai bisnis atau melakukan bisnis tidak semudah yang tertulis dalam artikel – artikel yang telah anda baca. Banyak sekali halangan serta rintangan yang tidak masuk kedalam setiap jenis website yang telah anda telusuri.

Mendapatkan cobaan dan rintangan dalam dunia bisnis merupakan suatu hal yang normal. Yang perlu dilakukan adalah dengan emngenal betul produk mana yang laku dipasaran, produk mana yang bisa anda buat atau jual, serta bagaimana proses promosi yang efektif.

creative market

Berhenti ‘Berpikir’ dan Mulailah Menjual

Jangan terlalu fokus pada ‘pencarian’ inspirasi hingga menyia – nyiakan waktu yang bisa anda gunakan untuk berjualan. Terkadang, mendapatkan banyak informasi justru bisa membingungkan. Dimana satu informasi bisa bertentangan dengan informasi lainnya. Apalagi jika anda melihat produk – produk saingan yang kelihatannya jauh lebih baik dari yang bisa anda jual.

Hal ini tidaklah membantu. Dan justru menurunkan mental anda Ketika berjualan. Kurangi berpikiran terlalu banyak dan mulailah menjual.

Selalu Berikan yang Terbaik

Jika anda ingin ‘dikenal’ di pasar bisnis, atau ingin produk anda menjadi salah satu produk yang diperhitungkan oleh lawan, berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat produk anda mampu bersaing dengan lawan, antara lain adalah :

  • Hasilkan produk terbaik anda. Utamakan kualitas dibandingkan kuantitas. Hanya jual atau pajang yang benar – benar anda banggakan.
  • Ambil waktu untuk menyiapkan portofolio yang baik. Gunakan foto yang relevan dan professional. Buatlah toko anda memiliki ciri atau karakternya sendiri dengan pilihan tema yang beda dari yang lain. Jangan memajang foto yang blur, atau kurang fokus. Apalagi sekedar menggunakan foto crop dari sana sini.
  • Selalu balas chat pelanggan dengan cepat dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Meski pesan tersebut hanya berisi terima kasih atau pujian terhadap produk yang anda jual.
  • Meski salah satu keuntungan bekerja secara online adalah tidak perlu memakai pakaian formal dan bisa santai, namun bukan berarti anda harus bekerja dengan mengunakan piyama. Baru bangun tidur dan berantakan. Tetaplah berpakaian secara cantik karna hal ini akan membuat anda terlihat lebih professional.
creative market

Meningkatkan Koneksi Dalam Komunitas

Creative market bukan hanya sekedar pasar yang seperti anda bayangkan. Creative market merupakan tempat orang – orang yang berbakat dan bertalenta yang siap berjuang menjual karyanya masing – masing.

Anda harus bersiap untuk ‘pertarungan’ sengit antar para pedagang. Sebagai seorang pebisnis baru, anda bisa belajar lebih banyak tentang creative market melalui komunitas – komunitas yang ada. Berpartisipasi secara aktif dalam diskusi merupakan salah satu Langkah paling mudah dalam mengakrabkan diri.

Jangan takut untuk ‘tidak diterima’ dalam suatu komunitas, karna percayalah, bahwa merekapun menginginkan seseorang untuk berbagi. Untuk bercerita dan membagikan usaha – usaha apa saja yang telah mereka lakukan dalam menjalankan bisnis online. Tidak sedikit pedagang online yang justru semakin ‘berjaya’ dengan memiliki banyak koneksi dari berbagai macam komunitas yang dia ikuti.

Syarat Menjadi Owner Shop di Creative Market

Punya email

Untuk menjadi owner shop di suatu creative market tentunya ada beberapa hal atau ketentuan yang harus dipenuhi. Salah satu ketentuan yang harus dipenuhi adalah memiliki email. Suatu email memang diperlukan tidak hanya untuk proses open shop saja. tetapi email juga dibutuhkan untuk keperluan lainnya yang berkaitan dengan penggunaan media internet.

Punya akun

Selain memiliki akun maka selanjutnya Anda juga harus punya akun. Jika ingin melakukan open shop maka haruslah dilakukan proses pendaftaran dengan membuat sebuah akun. Tentunya dalam proses pembuatan akun ini diperlukan username dan password. Oleh karena itu buatlah username yang baik agar bisa digunakan secara maksimal. Selain itu ingatlah password yang telah dibuat atau diajukan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Memahami dunia desain dan IT

Membuka open shop atau membuat karya yang berhubungan dengan creative market tentu membutuhkan skill yang tidak biasa. Setiap orang yang ingin berhasil perlu memiliki kemampuan misalnya di bidang desain agar pembuatan desain bisa menarik. Tidak hanya mengerti desain saja tetapi orang yang ingin melakukannya juga harus mampu mengoperasionalkan beberapa software serta paham benar mengenai website dan sejenisnya.

Teliti dan penuh kesabaran

Mungkin saja seseorang yang membuat desain untuk keperluan creative market tidak mampu lagi bersabar. Dalam hal ini kesabaran untuk proses pembuatan desain dan menunggu feedback sudah tidak ada lagi. Jika hal ini sampai terjadi maka siapapun sebaiknya tidak perlu open shop. Sebab proses ini membutuhkan kesabaran dan yang terlebih lagi ketelitian dalam membuat desain.

Kreatif dalam menciptakan produk

Proses pembuatan desain yang akan diajukan ke creative market memang tidaklah mudah. Untuk membuat suatu desain yang menarik tentu saja dibutuhkan kreativitas tinggi. Oleh karena itu siapa saja yang ingin menciptakan desain tentu haruslah memiliki pemikiran yang kreatif. Bahkan kreativitas harus bisa selalu berkembang.

Bisa bekerja dengan rapi

Hasil pekerjaan dalam open shop sudah tentu harus rapi. Sebab kerapian akan berpengaruh pada penampilan desain yang dibuat. Hasil karya yang rapi nantinya akan lebih menarik sehingga memiliki peluang yang lebih bessar untuk bisa diterima menjadi owner shop di creative market.

Desain Creative Market

Creative market tentunya identik dengan pembuatan desain yang nantinya dapat diajukan hingga hasil karya berupa desain tersebut diterima. Namun pembuatannya benar-benar harus diperhatikan jika Anda ingin diterima sebagai owner shop di creative market. Sebab pada dasarnya hal seperti ini tidaklah semudah apa yang dibayangkan. Bahkan karya yang diajukan haruslah bisa sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh creative market. Namun bukan berarti siapa saja bisa putus asa dalam menghasilkannya. Dengan niat dan kegigihan maka nantinya suatu hari nanti Anda bisa diterima hingga menjadi owner shop di creative market.

Pengelolaan creative market ini seperti pengelolaan perusahaan. Sebaiknya gunakan sistem yang memadai, misalnya dengan menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan perusahaan yaitu JojoExpense. Produk ini memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Tentu saja manfaat tersebut terutama berkat beberapa fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini, misalnya saja fitur monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun, proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan, serta peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance. Maka dari itu tidak perlu ragu atau khawatir. Segera beralih pada produk aplikasi keuangan dari Jojonomic ini. Dapatkan demo selama 14 hari sekarang juga dan coba langsung manfaatnya.