Creative Problem Solving Dalam Berbagai Masalah Perusahaan

creative problem solving

Permasalahan dalam bisnis merupakan hal yang cukup umum untuk terjadi, sehingga sering kali disini creative problem solving dari para pengusaha merupakan hal yang menjadi tantangan tersendiri. Tentunya menyelesaikan masalah dari berbagai segi bisa jadi tidak mudah untuk dilakukan. Ditinjau dari berbagai masalah itu sendiri, dari segi mana serta seberapa luas akar permasalahan yang terjadi.

Tentunya bukan rahasia jika saat ini ada banyak masalah yang melanda para pengusaha. Termasuk saat masa pandemi yang membuat banyak usaha mulai berjatuhan. Oleh sebab itu para pengusaha diminta untuk sigap berpikir kreatif dan memberikan ide maupun solusi terbaiknya untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul nantinya. Jika baru saja belajar berbisnis atau masih menjadi pengusaha pemula, berikut ini beberapa informasi menarik yang bisa dilakukan sebagai salah satu tips dan strategi creative problem solving untuk memecahkan beberapa masalah dalam sebuah perusahaan yang dikelola.

Creative Problem Solving Untuk Pemasaran

Dalam sebuah bisnis biasanya pemasaran merupakan poin penting untuk diperhatikan. Maklum saja, hal ini merupakan inti dari usaha yang didirikan. Dari sistem pemasaran yang tepat maka bisa diperoleh peningkatan pendapatan perusahaan secara signifikan. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berusaha mencari jalan keluar dari berbagai masalah di dalam pemasaran bisnis. Supaya lebih jelasnya, berikut ini langkah yang bisa dilakukan sebagai salah satu creative problem solving dalam hal pemasaran produk atau jasa di bisnis yang Anda kelola.

Cari ide pemasaran kreatif

Sangat penting memastikan bahwa pemasaran bisnis yang dikelola berjalan efektif. Salah satu caranya dengan menggunakan langkah-langkah creative yang dapat dilakukan oleh para anggota tim pemasaran Anda. Misalnya melalui berbagai konten media social, umumnya ini adalah hal yang cukup efektif untuk dipilih pada masa sekarang ini. Mengingat bahwa kebanyakan orang lebih suka menggunakan media sosial untuk aktifitas sehari-hari.

Pasang iklan menarik

Tentu saja pemasarn juga tidak luput dari perencanaan iklan yang dinilai optimal. Oleh sebab itu ada baiknya memilih sebuah tim kreatif yang bisa membantu menciptakan bentuk iklan yang menarik pelanggan. Termasuk memastikan bahwa iklan yang dibuat tepat pada sasaran. Entah dari sisi penggambaran, warna yang digunakan, maupun dari sisi isi kalimat iklan itu sendiri. Biasanya pekerja yang kreatif tentu tidak kesulitan dalam mengemukakan ide terbaiknya.

Melakukan promosi diskon berkala

Berikutnya salah satu creative problem solving dalam hal pemasaran bisnis bisa dilakukan dengan pemberian promosi berupa diskon. Misalnya saja pada akhir pekan atau pada hari tertentu. Hal ini walau tidak diberikan setiap hari namun dapat memberikan dampak yang cukup signifikan para bisnis.

Program berhadiah

Tentu semua pelanggan menyukai pemberian  hadiah. Baik itu secara langsung atau membutuhkan pengundian. Karena itu sebagai salah satu ide kreatif, tidak ada salahnya mencoba tips dan cara yang satu ini.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Creative Problem Solving Untuk Ketenagakarjaan

Bukan hanya dalam hal pemasaran saja, tetapi sudah cukup umum jika permasalahan dalam sebuah perusahaan juga terletak di bidang ketenagakerjaan itu sendiri. Termasuk yang paling umum terjadi adalah dalam hal hubungan antar karyawan, maupun hubungan bawahan dengan atasan. Kondisi psikologis dan emosional dalam perusahan ini sedikit banyak berpengaruh dalam kemajuan bisnis dan perusahaan yang dikelola. Oleh sebab itu salah satu tips creative problem solving yang bisa diterapkan misalnya sebagai berikut.

Membangun keakraban antar karyawan

Bisa jadi menciptakan suasana kerja yang kondusif merupakan salah satu solusi yang tepat untuk dipertimbangkan. Misalnya saja melalui berbagai acara di luar perusahaan, seperti misalnya semacam outbond, atau sekedar makan siang bersama. Usaha yang minim ini tanpa disadari bisa memberi perubahan besar pada perusahaan. Sehingga bisa saja dipilih sebagai salah satu cara efektif untuk menghindari konflik antar karyawan.

Mencari sistem kerja yang lebih efektif

Memutuskan sistem kerja yang efektif juga tidak kalah pentingnya. Misalnya saja dengan jalan menggunakan sistem pengecekan kualitas yang terarah dan teratur menggunakan sistem. Dengan hal tersebut maka potensi kesalahan bisa diminimalkan. Sehingga tenaga kerja juga bekerja secara lebih efektif dan lebih efisien.

Creative Problem Solving Untuk Keuangan Perusahaan

Hal lain yang umum terjadi yaitu masalah dalam bidang keuangan perusahaan. Cash flow perusahaan bisa jadi cukup baik, tetapi bisa saja ada ketidak sesuaian antara pemasukan dengan pengeluaran. Hal ini sangat penting untuk ditinjau, supaya tidak berpotensi menimbulkan kerugian bagi perusahaan nantinya. Oleh sebab itu salah satu langkah yang bisa dilakukan yaitu menggunakan system keuangangan yang lebih valid dan terjamin aman. Dimana pemasukan serta pengeluaran bisa dimonitor secara berkala dan bahkan sebisa mungkin real time.

Tidak hanya penggunaan system saja yang harus diawasi, tetapi keuangan perusahaan juga membutuhkan ide kreatif dari para pekerjanya dalam memastikan penggunaan keuangan yang efisien. Misalnya menggunakan produk daur ulang, atau mencari vendor untuk operasional perusahaan yang lebih hemat. Tentunya melalui berbagai tindakan kecil tersebut, maka keuangan perusahaan bisa lebih dioptimalkan dan terhindar dari resiko kerugian.

Pentingnya Creative Problem Solving

Memastikan langkah yang paling cepat dan tepat dalam menyelesaikan masalah di bisnis yang dikelola bisa dikatakan cukup penting. Tanpa langkah yang tepat dan cepat maka bisa jadi perusahaan mengalami kerugian dan bahkan dapat berada di ujung tanduk. Oleh sebab itu sangat umum jika perusahaan umumnya mengutamakan karyawan dengan pemikiran yang cepat dan kreatif. Sehingga setiap kali terjadi masalah pada beberapa hal di dalam perusahaan, maka dapat diperoleh jalan keluar terbaik dalam waktu singkat. Karena memang tidak semua orang memiliki kemampuan berpikir cepat dalam menyelesaikan masalah. Dan yang terpenting tidak semua orang memiliki sisi kreatifitas yang cukup tinggi dalam menghadapi masalah dan menyelesaikannya.

Tentunya menentukan solusi kreatif atau creative problem solving ini seperti halnya menentukan sistem absensi terbaik yang cocok digunakan pada sebuah perusahaan. Salah satunya yang layak untuk dipertimbangkan yaitu dengan memilih untuk menggunakan JojoTimes. Produk yang satu ini memberikan manfaat termasuk untuk mengatur absensi perusahaan secara lebih detil dan efisien. Termasuk membantu melakukan monitor absen karyawan dari mana saja dan kapan saja.

Hal ini berkat beberapa fitur menarik yang bisa didapatkan dari JojoTimes. Beberapa fiturnya termasuk seperti yang ada di bawah ini.

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Oleh sebab itu jangan ragu untuk beralih pada JojoTimes. Percayakan saja absensi perusahaan Anda pada produk yang satu ini. Segera daftar dan dapatkan kesempatan untuk memperoleh coba gratis selama 14 hari segera. Rasakan serta buktikan efektifitas produk ini untuk kebaikan absensi perusahaan dan bisnis yang Anda kelola sekarang juga.