CSR Adalah – Pengertian, Model, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Bagi mereka yang bekerja di perusahaan besar, tentu sudah tidak asing lagi dengan dengan istilah CSR atau Corporate Social Responsibility, lalu bagaimana bagi perusahaan menengah maupun kecil? mungkin beberapa masih belum yang mengetahui apa itu CSR? Singkatnya, CSR adalah sebuah tindakan yang dilakukan perusahaan sebagai rasa tanggung jawab terhadap masyarakat yang tinggal disekitar lokasi perusahaan.

Program CSR yang dibuat oleh perusahaan biasanya terfokus pada tanggung jawab social perusahaan (CSR) dan berkelanjutan. Tindakan Corporate Social Responsibility memasukkan kepedulian lingkungan dan social ke dalam bisnis perusahaan. Dengan begitu, paling tidaknya perusahaan dapat mengurangi jejak negatif mereka di mata masyarakat. Biasanya ide ini dibuat dari departemen hubungan masyarakat atau langsung dari pimpinan perusahaan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan menginformasikan secara lengkap Pengertian CSR, Model, Tujuan, Manfaat, Bentuk, dan Contohnya.

Pengertian CSR (Corporate Sosial Responbility)

CSR adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat atau lingkungan sekitar perusahaan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Contoh program CSR yang dilakukan oleh perusahaan seperti memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, sumbangan untuk membangu desa yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat, sumbangan dana untuk pemeliharaan fasilitas umum. Dan kegiatan sosial lainnya.

CSR adalah sebuah strategi yang dilakukan perusahaan dalam mengakomodasi kepentingan dari stakeholdernya. CSR menjadi program yang sangat baik untuk jangka panjang persahaan, dimana perusahaan yang dapat bertahan dalam waktu jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability perusahaan.

Model CSR (Corporate Sosial Responbility)

Terdapat 4 model CSR yang umum diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, diantaranya sebagai berikut:

1.      Keterlibatan Langsung

Dalam model yang pertama ini, Perusahaan menjalankan program CSR secara langsung dengan menyelenggarakan sendiri program CSR dengan menyalurkan langsung bantuan kepada masyarakat. Dan dalam menjalankan program csr dengan model keterlibatan langsung ini biasanya perusahaan menugaskan salah satu pejabatnya.

2.      Melalui Yayasan

Model yang kedua ini adalah adopsi model dari model yang biasa di terapkan perusahaan-perusahaan di negara maju. Biasanya perusahaan menyediakan dana awal, dan dana abadi yang dapat digunakan secara teratur bagi kegiatan yayasan. Beberapa yayasan yang sudah didirikan oleh perusahaan besar dan dipercayai sebagai penyalur dalam program CSR ini adalah:

   Coca cola Company

   Sahabat Aqua

  Dharma Bakti Astra, dll

3.      Bermitra Dengan Pihak Lain

Model yang ketiga ini adalah melaui kerjasama dengan lembaga sosial atau organisasi non pemerintah, universitas dan media massa dalam mengelola dana sampai melaksanakan kegiatan CSR. Beberapa lembaga sosial yang bekerjasama denga perusahaan dalam menjalankan program CSR beberapa adalah sebagai berikut:

    Palang Merah Indonesia (PMI)

    Dompet Dhuafa

    Kita peduli Indosiar, dll.

4.      Mendukung atau Bergabung Dalam Suatu Konsorsium

Dibandingkan dengan model sebelumnya yang sudah dibahas, pada model ini perusahaan lebih berorientasi pada pemberian hibah perusahaan yang bersifat “hibah pembangunan”. Pihak konsorsium biasanya dipercayai oleh perusahaan untuk mencari mitra kerjasama dari kalangan lembaga operasional kemudian disertai program CSR yang disepakati bersama.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tujuan CSR (Corporate Sosial Responbility)

Mungkin banyak yang bertanya, apa tujuan perusahaan dalam menyelenggarakan program CSR? Tujuannya adalah untuk mencipatakan dan memelihara hubungan baik dengan lingkungan sekitar perusahaan dan bekerja sama untuk memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar. Disamping pemerintah juga berperan penting dalam mengatur kegiatan produksi perusahaan dan mendapatkan pajak dari perusahaan, maka perusahaan juga berperan dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, berikut ini ada 5 macam kegiatan yang dapat dilakukan oleh perusahaan dengan memberdayakan masyarakat dalam bidang :

  1. Pengembangan Ekonomi

Contoh kegiatan seperti: UKM, koperasi, kegiatan di bidang peternakan dan pertanian.

  • Kesehatan dana Gizi Masyarakat

Contoh kegiatan seperti: pengobatan, penyuluhan, imunisasi bagi balita, program sanitasi, dan lain-lain.

  • Pengelolaaan Lingkungan

Contoh kegiatan seperti: penanganan limbah di sungai, pemukiman masyarakat, pengelolaan sampah rumah tangga.

  • Pendidikan, Keterampilan, dan Pelatihan

Contoh kegiatan seperti: pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi, memberikan pelatihan, dll.

  • Sosial, Budaya, Agama dan Infrastruktur

Contoh kegiatan seperti: acara bakti sosial di desa, perbaikan fasilitas, dll

Manfaat CSR

Bagi Masyarakat

  • Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar lingkungan perusahaan
  • Adanya manfaat pendidikan bagi siswa yang kurang mampu
  • Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
  • Adanya pembangunan desa/ fasilitas masyarakat yang berguna bagi masyarakat

Bagi Perusahaan

  • Meningkatkan citra perusahaan.
  • Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
  • Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.
  • Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.
  • Memberikan inovasi bagi perusahaan

Contoh CSR

Contoh perusahaan yang menerapkan CSR adalah PT PLN (Persero). Dikutip dari website resmi PT PLN (Persero).

PLN telah “berkomitmen menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, mengupayakan tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi dan menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan”, PLN bertekad menyelaraskan pengembangan ketiga aspek dalam penyediaan listrik, yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan.

Corporate Social Responsibility PLN

Untuk itu, PLN mengembangkan Program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai wujud nyata dari Tanggungjawab Sosial Perusahaan Wewenang dan tanggung jawab Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) PT PLN (Persero), mencakup di antaranya:

  • Menyusun dan melaksanakan kebijakan pemberdayaan masyarakat di lingkungan perusahaan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan dan CSR dengan lingkup kegiatan Community relation, Community Services, Community Empowering dan Pelestarian alam.
  • Menyusun dan melaksanakan program kepedulian sosial perusahaan.
  • melaksanakan program kemitraan sosial dan bina UKM dan peningkatan citra perusahaan.
  • Memastikan tersedianya dan terlaksananya program pelestarian alam termasuk penghijauan dan upaya pengembangan citra perusahaan sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance.

Keputusan PT PLN (Persero) dalam melaksanakan program CSR secara berkelanjutan merupakan keputusan yang tepat. Karena, implementasi program CSR ini akan memberikan dampak baik bagi perusahan. Selain kesejahteraan masyarakat terjamin, hal ini juga dapat menimbulkan efek lingkaran emas yang akan dinikmati oleh perusahaan dan seluruh stakeholder-nya. Kondisi ini diharapkan akan menjamin kelancaran seluruh proses atau aktivitas produksi perusahaan, sampai kepada kegiatan pemasaran perusahaan.

Salah satu sistem payroll yang layak untuk dipertimbangkan yaitu dengan menggunakan JojoPayroll. Produk ini membantu pembayaran payroll secara otomatis setiap bulannya. Selain itu dapat mencetak slip gaji secara otomatis juga. Sehingga mempermudah tim keuangan perusahaan dalam melaksanakan payroll bulanan.

Kemudahan tersebut berkat beberapa fitur menarik yang ada di dalam JojoPayroll. Misalnya saja yaitu fitur-fitur berikut di bawah ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis JojoPayroll selama 14 hari di perusahaan Anda secepatnya!