Current Benefit : Pengertian, Jenis, dan Bentuk Benefitnya

current benefit

Saat melamar pekerjaan pasti ada rasa penasaran, cemas, bahagia bahkan takut tidak diterima. Apalagi bila Anda tahu ada telepon dari perusahaan besar. Di satu sisi, Anda harus menunjukkan pengetahuan profesional, martabat, kepercayaan diri, dan semua kemampuan agar mendapatkan current benefit yang tepat.

Di sisi lain, Anda harus selalu menjadi sangat penting untuk mengetahui bahwa perusahaan memang dapat menjamin perkembangan karir dan mewujudkan haknya untuk menjadi pribadi yang ingin mengabdikan hidupnya di perusahaan.

Dalam banyak situasi yang sering terjadi dalam wawancara, orang selalu pemalu dan pasif sehingga peran pewawancara lebih dominan, dan pelamar lebih seperti orang yang diinterogasi. Terkadang pelamar harus pasif, dan terkadang pelamar harus aktif, terutama untuk kepentingan perusahaan.

Manfaat perusahaan atau yang disebut dengan employee benefit merupakan kewajiban perusahaan dalam melaksanakan employee benefit-nya, jika suatu standar harus ada di Indonesia, setidaknya berupa asuransi kesehatan dan asuransi pensiun.

Tentunya bagi perusahaan besar, keuntungan yang diberikan perusahaan sangat menarik. Setiap perusahaan memiliki kebijakan dan aturannya sendiri. Oleh karena itu, sebelum memutuskan menerima pekerjaan atau posisi yang ditawarkan, pelamar harus aktif bertanya tentang keuntungan perusahaan saat wawancara.

Pengertian Current Benefit

current benefit

Kompensasi dan tunjangan karyawan seringkali merupakan konsep yang tumpang tindih. Kedua aspek ini tidak disebutkan dalam undang-undang ketenagakerjaan Indonesia. Apa perbedaan antara Kompensasi dan Manfaat? Kompensasi (Current Benefit) menurut “Kamus Besar Bahasa Indonesia” (KBBI) adalah imbalan berupa uang atau non moneter (in kind) kepada karyawan suatu perusahaan atau organisasi.

Definisi lain mendefinisikan current benefit adalah bentuk kompensasi atas waktu, tenaga, keahlian, dan pengetahuan yang diberikan perusahaan kepada karyawan dalam bentuk finansial dan non finansial. Dalam pengertian yang paling sederhana, gaji adalah segala bentuk yang diberikan perusahaan kepada karyawan terkait pekerjaan.

Gaji yang disebutkan biasanya mengacu pada rencana paket yang terdiri dari beberapa elemen / komponen, seperti gaji, tunjangan, bonus, insentif, dll. Saat menegosiasikan gaji, perusahaan biasanya menawarkan paket kompensasi untuk menarik calon karyawan, bukan hanya bicara soal gaji. Gaji juga menjadi alasan mengapa karyawan bertahan di perusahaan.

Jenis Current Benefit

current benefit

Secara umum, kompensasi memiliki tiga bentuk berikut:

  1. Kompensasi finansial langsung. Artinya, karyawan menerima berbagai pembayaran perusahaan dalam bentuk tunai langsung, seperti gaji, tunjangan tetap, tunjangan tidak tetap, tunjangan hari raya keagamaan, bonus, komisi, bagi hasil perusahaan, dan penghasilan lain yang dikenai pajak penghasilan PPh 21.
  2. Kompensasi ekonomi tidak langsung. Dengan kata lain, berbagai pembayaran perusahaan yang diterima karyawan tidak langsung dalam bentuk tunai, melainkan manfaat dan kemudahan yang dinikmati karyawan. Misalnya BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, tabungan pensiun, fasilitas kendaraan dinas, rumah dinas, fasilitas penitipan anak kantor, makan siang gratis, pelatihan, konsultasi, keanggotaan gym, dan parkir gratis.
  3. Kompensasi non-finansial. Ini adalah hadiah perusahaan yang tidak ada hubungannya dengan uang, seperti kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak cuti tahunan, 4 bulan cuti melahirkan, 1 bulan cuti ayah, jam kerja fleksibel, bekerja di rumah 2 hari seminggu, santai, nyaman dan menyenangkan. Suasana kantor, karier jelas.

Apa saja yang termasuk Current Benefit?

current benefit

Asuransi kesehatan

Kesehatan adalah hal terpenting dalam hidup, maka dalam pekerjaan apapun kesehatan menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan. Jika Anda melamar perusahaan, asuransi kesehatan sangat penting. Karena itu, sebisa mungkin carilah perusahaan yang bisa memberikan asuransi kesehatan kepada karyawannya.

Seperti yang kita ketahui bersama, masih banyak perusahaan yang belum mampu memberikan jaminan kesehatan yang layak kepada karyawannya. Ada asuransi rawat jalan / rumah sakit saat anda sakit, dan perawatan seperti apa yang akan anda terima saat sakit.

Bagaimana sistem klaimnya? apakah itu reimbursement atau metode lainnya. Semakin mudah mengajukan klaim asuransi, semakin mudah Anda menangani urusan administrasi. Adakah fungsi asuransi kesehatan lainnya, seperti perawatan mata dan gigi.

Umumnya perusahaan tidak memasukkan perawatan gigi dan mata dalam asuransi kesehatan. Namun, jika Anda menemukan perusahaan yang menyediakan layanan ini, perusahaan tersebut sangat peduli dengan karyawannya. Keberadaan BPJS setidaknya memberikan standar bagi semua perusahaan untuk wajib menggunakan layanan jaminan kesehatan.

Dana asuransi pensiun

Sebagian besar masyarakat masih meyakini bahwa dana pensiun dan dana pensiun (JHT) itu sama, meski keduanya sangat berbeda. JHT bisa didapatkan dari BPJS atau perusahaan asuransi. JHT biasanya diperoleh langsung oleh karyawan, dan pensiun tidak pasti. Dana pensiun diatur oleh dana pensiun lembaga keuangan (DPLK) dan sebagian besar dikelola oleh perusahaan asuransi atau bank.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Oleh karena itu, dana pensiun bersifat mandiri dan tidak memiliki ketentuan yang mengikat. Oleh karena itu, jika ada perusahaan yang memberikan pensiun selain JHT, maka dapat dipastikan jika bekerja di perusahaan tersebut maka manfaatnya akan baik. Sekalipun pensiun adalah keuntungan karyawan yang langka.

Tunjangan

Banyak karyawan yang membuat keributan karena tidak mendapat tunjangan, terutama THR atau tunjangan hari raya. Umumnya perusahaan Indonesia selalu memberikan pendapatan dalam bentuk insentif dan bonus. Namun, selain tunjangan atau insentif tersebut, terutama THR bersifat wajib karena sudah diatur dalam UU Ketenagakerjaan. Perusahaan yang baik sebenarnya akan secara otomatis memberikan informasi tentang keuntungan tersebut.

Lembur

Upah lembur negara diatur dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003. Setiap pengusaha yang mempekerjakan pekerja / buruh (karyawan) di luar jam kerja normal wajib memberikan uang lembur. Namun, sektor usaha tertentu juga tidak tunduk pada undang-undang, sehingga pengusaha tidak diwajibkan membayar lembur.

Kesimpulan

keuntungan

Current benefit merupakan segala bentuk persiapan yang diberikan perusahaan kepada karyawan selain gaji, yang bersifat non-tunai dan bertujuan untuk menunjang tunjangan individu dan keluarga karyawan. Dengan kata lain, pendapatan dapat berupa kompensasi ekonomi tidak langsung dan kompensasi non-ekonomi.

Contoh manfaat antara lain program perlindungan karyawan berupa asuransi kesehatan dan jiwa, memperoleh pinjaman karyawan, fasilitas penyeimbang antara pekerjaan dan kehidupan, seperti tiket perjalanan, voucher berbagai gaya hidup.

Oleh karena itu, skema kompensasi bisa dalam bentuk pendapatan (gaji, tunjangan, lembur, bonus, komisi) atau gabungan (kompensasi dan tunjangan), yaitu program pendapatan plus kesejahteraan. Baik bagi perusahaan untuk memasukkan tunjangan sebagai bagian dari rencana kompensasi karyawan.

Saat ini banyak pengusaha yang masih bingung merancang program current benefit. Mereka tidak tahu berapa yang harus mereka bayarkan untuk memenuhi kebutuhan karyawan atau berapa banyak anggaran yang akan mereka keluarkan.

Jangan khawatir, kini dengan JojoTimes, platform manfaat karyawan satu pintu yang memungkinkan perusahaan untuk lebih mudah menemukan manfaat berdasarkan kebutuhan dan anggaran mereka. JojoTimes adalah software banyak digunakan pebisnis, memberikan berbagai manfaat karyawan dengan pemrosesan cepat dan harga ekonomis.

Perusahaan dapat memperoleh pinjaman karyawan berbunga rendah, asuransi karyawan yang terjangkau, dan berbagai benefit untuk mendukung keseimbangan kehidupan kerja, yang berguna untuk memotivasi karyawan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan solusi hemat biaya untuk meningkatkan produktivitas karyawan, Anda perlu mencoba software JojoTimes.