Prinsip Dan Pelaksanaan Customer Engagement Untuk Bisnis

Customer engagement bisa diartikan pula dengan menggunakan istilah keterlibatan pelanggan. Istilah ini sebenarnya merujuk kepada suatu hubungan komunikasi atau bisa juga interaksi yang terjalin antara pihak perusahaan dengan pelanggan. Komunikasi atau interaksi ini tentu saja dapat terjadi karena adanya berbagai saluran yang bsia menguhubungkan pihak perusahaan dengan pelanggan. Jadi dalam hal ini customer atau pelanggan menjadi terikat karena adanya interaksi dan pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan terhadap produk yang dipilihnya dan digunakannya. Oleh karena itu keterlibatan pelanggan sebenarnya sangat penting bagi perusahaan. Keterlibatan ini bisa saja didapatkan secara offline namun juga dapat dilakukan secara online misalnya saja dengan menggunakan media sosial.

Prinsip Customer Engagement

Keberhasilan customer

Pada dasarnya keberhasilan customer atau pelanggan turut dipengaruhi oleh penentuan kebijakan oleh perusahaan. Di samping itu keberhasilan pelanggan juga turut dipengaruhi oleh value yang diberikan oleh perusahaan terutama di sepanjang customer journey. Perusahaan juga perlu mengamati segala kemajuan yang dialami oleh para pelanggan. Pengamatan ini bisa dilakukan dengan mengacu pada customer journey map. Maka Anda bisa melihat perkembangan pelanggan.

Komunikasi proaktif

Adanya pemahaman mengenai pelanggan tentu akan membuat komunikasi yang terjalin antara perusahaan dan pelanggan menjadi lebih personal sekaligus relevan. Dengan demikian Anda bisa memberikan informasi mengenai kegunaan produk Anda. Terutama bila pelanggan sedang tidak menggunakan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda. Untuk melakukan hal ini maka Anda bisa membuat pelanggan menjadi tahu bahwa Anda memantau perkembangan mereka.

Kerjasama tim untuk customer engagement

Kerjsama tim dalam hal ini melingkupi adanya proses membagikan data ke berbagai anggota tim. Pembagian data ini bisa dilakukan ke setiap tim yang tentunya memiliki keterlibatan dengan para pelanggan. Maka setiap tim akan saling membantu dalam memberikan pemahaman terhadap para pelanggan. Pada akhirnya pengalaman pelanggan secara keseluruhan bisa diperoleh seluruh tim sehingga bisa dilakukan peningkatan dalam hal apa saja yang berkaitan dengan pelanggan.

Bertumbuh dan berkembang

Setiap data yang diperoleh mengenai pelanggan tentu akan sangat berguna bagi Anda. Berdasarkan seluruh data tersebut maka Anda bisa mengetahui apa yang sedang diperlukan pelanggan dan hal lainnya. Tentu saja hal ini akan membuat Anda untuk terus bisa terus tumbuh bersama pelanggan.

Cara Membangun Customer Engagement

Menarik perhatian pelanggan

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa membangun customer engagement adalah dengan menarik perhatian pelanggan. Perhatian dari pelanggan ini bisa dilakukan misalnya melalui media sosial. Ada banyak strategi yang bisa digunakan dan dikembangkan sehingga pelanggan bisa selalu tertarik pada produk Anda.

Membuat pelanggan tergoda

Pelanggan tentu akan memusatkan fokusnya pada produk atau bisnis Anda jika pelanggan tertarik dan tergoda. Oleh karena itu Anda bisa membuat sebuah promosi atau iklan yang menarik mengenai produk dari bisnis Anda. Berikan pula produk yang menarikhingga pelanggan bisa tergoda.

Membuat situs bisnis untuk customer engagement

Saat ini dunia digital tampaknya berkembang semakin pesat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya para pengguna internet baik melalui perangkat PC maupun gadget. Oleh karena itu membangun customer engagement juga dapat dilakukan misalnya dengan membuat situs web atau blog untuk memperkenalkan bisnis Anda.

Menggunakan pemberitahuan push web

Push web atau web push notification merupakan suatu inovasi terbaru dalam hal pemasaran digital. Sebaiknya push web ini dilakukan secara teratur sehingga pembuatannya bisa dijadwal. Namun pastikan bahwa pesan yang diberikan relevan dengan para pelanggan. Dengan adnaya pesan yang diharapkan makapelanggan pasti akan semakin menyukai bisnis Anda.

Menyapa konsumen

Anda juga bisa menyapa pelanggan atau juga memberitahu pelanggan mengenai suatu informasi mengenai bisnis Anda. Untuk melakukan hal ini Anda bisa menggunakan beberapa media seperti email atau lainnya. Menyapa konsumen juga bisa dilakukan dengan menyertakan promo brand Anda.

Mengirim email ke pelanggan

Ada banyak hal yang dapat kita sampaikan pada pelanggan melalui email dan media lainnya. Misalnya saja seperti ucapan selamat ulang tahun atau lainnya. Melalui kiriman email ini maka pelanggan bisa saja merasa sangat dihargai oleh perusahaan Anda. Tidak hanya ucapan selamat ulang tahun saja tetapi Anda bisa juga mengucapkan selamat hari raya kepada para pelanggan.

Merespon pelanggan

Berbagai masukan dan saran serta kritik bisa menjadi suatu hal yang membangun bisnis Anda. Respon yang diberikan oleh orang lain memang bisa saja memotivasi Anda untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Demikian pula untuk bisnis Anda yang tentunya masukan dari pelanggan bisa menjadi hal yang positif bagi bisnis Anda.

Memberi hadiah pada pelanggan

Siapa saja pasti suka dengan hadiah. Terlebih lagi suatu hadiah biasanya diberikan secara cuma-cuma dan mengandung kejutan. Maka Anda bisa saja memberikan hadiah bagi pelanggan untuk moment-moment tertentu. Misalnya saja saat pelanggan memenangkan giveaway atau lainnya. Adabanyak jenishadiah yang bisa diberikan. Namun biasanya voucher menjadi pilihan hadiah yang paling tepat.

Mempertahanakan customer loyal

Customer loyal atau pelanggan setia bisa saja dianggap sebagai aset perusahaan. Dengan adanya customer loyal maka pendapatan bisnis Anda bisa dipastikan di setiap bulan. Bertambahnya customer loyal tentu akan semakin menambah omzet penjualan Anda dan meningkatkan penghasilan Anda.

Pentingnya Customer Engagement bagi Bisnis

Customer engagement pada dasarnya merupakan suatu hal yang penting dan perlu diperhatikan oleh sebuah perusahaan. Sebab hal ini berhubungan dengan pelayanan kepada pelanggan sedangkan pelayanan yang diberikan pada pelanggan akan berpengaruh pada kestiaan pelanggan terhadap bisnis dan brand Anda. Oleh karena itu tindakan perusahaan dalam membangun dan meningkatkan customer engagement perlu dilakukan dengan menggunakan strategi yang tepat.

Customer engagement atau keterlibatan pelanggan pada akhirnya dapat memberikan perkembangan yang baik untuk sebuah perusahaan. Sebab komunikasi yang terjalin antara perusahaan dan pelanggan dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan dianggap penting. Oleh karena itu hal ini sangat mendorong pelanggan untuk menjadi customer loyal pada sebuah perusahaan. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.

Tips dan Trik Membangun Costumer Engagement dalam Bisnis dengan Baik

Keterlibatan pelanggan dalam sebuah bisnis merupakan hal yang amat penting. Hal ini dikarenakan dengan melibatkan pelanggan dalam bisnis anda secara berkelanjutan, dapat memberikan keuntungan sampai lima puluh persen bagi perusahaan atau bisnis anda. Berikut ini adalah tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk membangun keterlibatan pelanggan yang baik dalam bisnis anda.

costumer engagement

Mengidentifikasi Pelanggan

Tips dan trik pertama yaitu mengidentifikasi pelanggan anda. Anda dapat memulainya dengan mencari tau siapa saja pelanggan anda dan keterlibatannya dengan produk atau merek anda. Setelah mengidentifikasi hal tersebut, anda dapat menganalisis hambatan-hambatan yang sekiranya dialami oleh pelanggan anda. Karena dengan mengetahui hambatan yang sekiranya dirasakan para pelanggan, anda dapat menemukan kebutuhan atau keinginan pelanggan anda secara garis besar.

Dari hasil yang sudah anda dapatkan tersebut, anda dapat memulai untuk membangun produk atau bisnis anda sesuai dengan keinginan atau kebutuhan dari pelanggan anda. Namun selalu ingatkan untuk diri anda untuk tidak selalu mengikuti keinginan pelanggan, melainkan anda juga perlu memikirkan matang-matang langkah yang anda ambil sehingga tidak menimbulkan kerugian pada akhirnya.

Selain mengumpulkan dan mengidentifikasi hal diatas. Anda juga bisa melakukan peninjauan terkait latar belakang pelanggan anda sekiranya berasal dari lokasi mana, motivasi mereka menjadi pelanggan anda dan pertanya-pertanya yang paling banyak ditanyakan oleh konsumen atau pelanggan anda apa saja. Sehingga anda bisa membenahi apa yang sekiranya kurang dari bisnis anda dan tetap dapat melibatkan pelanggan dalam bisnis anda.

Membangun Kesan Pertama yang Baik

Ada banyak bisnis atau usaha yang lebih mementingkan keinginan pribadi dalam menyusun bisnis sesuai keinginan mereka, tanpa mementingkan tanggapan pelanggan. Ini adalah contoh yang slaah, kesan pertama pelanggan dengan produk atau merek anda sangatlah penting. Dalam menyusun web atau media penjualan anda sesuai keinginan anda tentu bagus, namun tidak serta merta pelanggan juga menyukainya.

Karena itu buatlah situs penjualan anda sedemikian rupa sehingga menarik minat pelanggan anda. Dengan memberikan konten singkat, jelas dan mudah dimengerti oleh pelanggan dan tentunya menarik perhatian mereka membuat kesan pertama anda dimata pelanggan sangat baik. Selain membuat potingan yang sekiranya menarik minat pelanggan, anda bisa membuat layanan atau postingan mengenai bisnis dan perusahaan anda yang dapat menarik minat pelanggan dan membuat mereka percaya dengan produk anda sehingga membangun koneksi atau hubungan yang kuat antara anda dengan pelanggan atau konsumen.

costumer engagement

Membuat Layanan Pribadi

Untuk mendapatkan hubungan atau koneksi antara pelanggan dengan bisnis atau produk anda dapat dilakukan dengan membuat layanan pribadi. Layanan pribadi yang dimaksud yaitu layanan untuk pelanggan anda, dimana  anda bisa berkomunikasi dengan para pelanggan, dan sebaliknya mereka bisa bertanya atau memberi saran dan masukan terhadap produk atau merek anda. Dengan layanan yang anda berikan ini dapat membuat hubungan anda dengan pelanggan berjalan lebih baik.

Pada langkah awal anda bisa membuat boot chat untuk membuka percakapan anda dengan para pelanggan anda. Pesan yang anda buat untuk membuat komunikasi kepada pelanggan yang sekiranya relevan dan sudah akrab dengan produk atau merek anda. Intinya dengan memberikan ruang komunikasi pribadi dengan pelanggan anda, dapat memudahkan anda untuk membangun keterlibatan pelanggan terhadap produk atau bisnis anda.

Analisis Pelanggan dengan Baik

Setlah mencoba membangun komunikasi dengan pelanggan,. Tips dan trik selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan menganalisis dengan baik dan benar terkait masukan dan sarang yang pelanggan tinggalkan untuk anda. Hasil analisis dapat berupa penerimaan para pelanggan terhadap bisnis anda, suka atau tidak. Analisis dapat didapatkan dari pesan atau komentar pelanggan terhadap konten anda.

Setelah menganalisi hal tersebut, anda dapat melakukan perbaikan terhadap hal-hal yang sekiranya menjadi masukan dari para konsumen, dan juga memantau kinerja tim anda dalam berinteraksi dengan para pelanggan.

costumer engagement

Mencari tahu Motivasi Pelanggan

Dengan komunikais yang sudah anda buat, anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan kepada pelanggan terkait bisnis anda. Bagaimana pandangan mereka terhadap pelayanan dan produk anda, apa yang menyebabkan mereka berlangganan dengan produk anda, saran dan masukan yang ingin mereka sampaikan terhadap anda. Hal ini menjadi sangat penting untuk bisnis anda karena dapat menjadi wacana bagi anda, untuk memperbaiki bisnis anda kedepannya.

Belajar dari Kesalahan

Setelah mendapatkan data-data komentar dari para pelanggan anda, tentu saja anda tidak dapat berhenti begitu saja. Pahami masalah, saran dan masukan yang sudah pelanggan sampaikan kepada anda. Karena jika anda hanya menanggapi masukan mereka tanpa ada niat untuk bertindak lebih tentu saja akan berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan terhadap bisnis anda.

Pahami dan analisis masukan dari paka konsumen, ubahlah sesuatu yang sekiranya dapat menguntungkan untuk anda dan juga konsumen. Minta maaf kepada konsumen jika itu memang itu perlu dilakukan. Karena dengan masukan yang sekiranya buruk untuk bisnis andapiun, itu dapat menjadi kontrol dan bahan perbaikan untuk bisnis anda kedepannya.

costumer engagement

Kerja sama Tim

Tips dan trik selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk membangun keterlibatan pelanggan bisnis anda dengan baik adalah dengan memulai semuanya dengan kerja sama tim yang baik. Karena survei membuktikan jika kurang lebih 70 persen pelanggan menyukai produk anda karena pelayanan dari produk anda. Dengan produk yang baik sedemikian rupa, namun pelayanan yang buruk tentu saja menjadi nilai minus tersendiri bagi pelanggan bahkan sangat mempengaruhi penilaian konsumen terhadap binis anda.

Dalam hal ini tentu saja staff, karyawan dan tim kerja anda memikul peran penting dalam memberikan pelayanan kepada para konsumen. Dengan tujuan membangun keterlibatan pelanggan terhadap bisnis anda dengan baik, maka dengan kata lain anda menginginkan keterlibatan pelanggan dalam bisnis anda semakin besar yang nantinya akan berdampak besar pada binis anda. Selama ini sudah banyak sekali perusahaan yang hanya fokus pada tingkat penjualan produk untuk mendapat keuntungan.

Masih sedikit perusahaan atau bisnis yang menyadari bahwa keterlibatan konsumen terhadap bisnis merupakan hal penting juga yang dapat berdampak bagi keuntungan dan kelanjutan bisnis anda. Dengan semakin mengembangkan komunikasi yang baik antara sesama rekan kerja dan juga kepada konsumen tentu saja merupakan hal yang penting disini.

Anda dapat menggunakan cara lain yaitu selain dengan memberikan arahan terkait cara pelayanan konsumen yang biak, namun juga dapat dengan memberikan fasilitas yang dapat mempermudah karyawan atau tim anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Dengan hal tersebut anda dapat memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen.

Kesimpulan

Tips dan trik di atas dapat anda lakukan untuk membuat atau membangun keterlibatan pelanggan terhadap bisnis yang anda jalani. Dengan membangun keterlibatan pelanggan yang baik pada bisnis anda dapat menjadikan peluang pemaran produk anda semakin besar karena pelanggan merasa nyaman dengan produk anda. Semoga bermanfaat untuk bisnis yang anda jalani.

Tentu saja hal ini sama pentingnya dengan memilih sistem keuangan terbaik untuk perusahaan dan bisnis. Salah satunya dengan memilih produk keuangan perusahaan yang tepat, yaitu JojoExpense. Dengan penggunaan produk yang satu ini maka keuangan perusahaan bisa dimonitor lebih baik. Selain itu juga bisa membantu efisiensi keuangan dengan lebih cermat sehingga menghindari potensi kerugian di dalam perusahaan itu sendiri.

Manfaat-manfaat tersebut bisa didapatkan berkat beberapa fitur yang diberikan oleh JojoExpense. Mulai dari fitur pengelolaan reimbursement, pengaturan budget, pengelolaan cash advance, hingga sistem pelaporan pendapatan dan pengeluaran perusahaan secara rinci. Oleh sebab itu tidak perlu merasa ragu jika ingin beralih menggunakan JojoExpense. Dapatkan segera coba gratis selama 14 hari untuk membuktikan sendiri kehebatan dari produk tersebut. Yuk, segera daftar!