Prinsip Dan Pelaksanaan Customer Engagement Untuk Bisnis

Customer engagement bisa diartikan pula dengan menggunakan istilah keterlibatan pelanggan. Istilah ini sebenarnya merujuk kepada suatu hubungan komunikasi atau bisa juga interaksi yang terjalin antara pihak perusahaan dengan pelanggan. Komunikasi atau interaksi ini tentu saja dapat terjadi karena adanya berbagai saluran yang bsia menguhubungkan pihak perusahaan dengan pelanggan. Jadi dalam hal ini customer atau pelanggan menjadi terikat karena adanya interaksi dan pengalaman yang dirasakan oleh pelanggan terhadap produk yang dipilihnya dan digunakannya. Oleh karena itu keterlibatan pelanggan sebenarnya sangat penting bagi perusahaan. Keterlibatan ini bisa saja didapatkan secara offline namun juga dapat dilakukan secara online misalnya saja dengan menggunakan media sosial.

Prinsip Customer Engagement

Keberhasilan customer

Pada dasarnya keberhasilan customer atau pelanggan turut dipengaruhi oleh penentuan kebijakan oleh perusahaan. Di samping itu keberhasilan pelanggan juga turut dipengaruhi oleh value yang diberikan oleh perusahaan terutama di sepanjang customer journey. Perusahaan juga perlu mengamati segala kemajuan yang dialami oleh para pelanggan. Pengamatan ini bisa dilakukan dengan mengacu pada customer journey map. Maka Anda bisa melihat perkembangan pelanggan.

Komunikasi proaktif

Adanya pemahaman mengenai pelanggan tentu akan membuat komunikasi yang terjalin antara perusahaan dan pelanggan menjadi lebih personal sekaligus relevan. Dengan demikian Anda bisa memberikan informasi mengenai kegunaan produk Anda. Terutama bila pelanggan sedang tidak menggunakan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda. Untuk melakukan hal ini maka Anda bisa membuat pelanggan menjadi tahu bahwa Anda memantau perkembangan mereka.

Kerjasama tim untuk customer engagement

Kerjsama tim dalam hal ini melingkupi adanya proses membagikan data ke berbagai anggota tim. Pembagian data ini bisa dilakukan ke setiap tim yang tentunya memiliki keterlibatan dengan para pelanggan. Maka setiap tim akan saling membantu dalam memberikan pemahaman terhadap para pelanggan. Pada akhirnya pengalaman pelanggan secara keseluruhan bisa diperoleh seluruh tim sehingga bisa dilakukan peningkatan dalam hal apa saja yang berkaitan dengan pelanggan.

Bertumbuh dan berkembang

Setiap data yang diperoleh mengenai pelanggan tentu akan sangat berguna bagi Anda. Berdasarkan seluruh data tersebut maka Anda bisa mengetahui apa yang sedang diperlukan pelanggan dan hal lainnya. Tentu saja hal ini akan membuat Anda untuk terus bisa terus tumbuh bersama pelanggan.

Cara Membangun Customer Engagement

Menarik perhatian pelanggan

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa membangun customer engagement adalah dengan menarik perhatian pelanggan. Perhatian dari pelanggan ini bisa dilakukan misalnya melalui media sosial. Ada banyak strategi yang bisa digunakan dan dikembangkan sehingga pelanggan bisa selalu tertarik pada produk Anda.

Membuat pelanggan tergoda

Pelanggan tentu akan memusatkan fokusnya pada produk atau bisnis Anda jika pelanggan tertarik dan tergoda. Oleh karena itu Anda bisa membuat sebuah promosi atau iklan yang menarik mengenai produk dari bisnis Anda. Berikan pula produk yang menarikhingga pelanggan bisa tergoda.

Membuat situs bisnis untuk customer engagement

Saat ini dunia digital tampaknya berkembang semakin pesat. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya para pengguna internet baik melalui perangkat PC maupun gadget. Oleh karena itu membangun customer engagement juga dapat dilakukan misalnya dengan membuat situs web atau blog untuk memperkenalkan bisnis Anda.

Menggunakan pemberitahuan push web

Push web atau web push notification merupakan suatu inovasi terbaru dalam hal pemasaran digital. Sebaiknya push web ini dilakukan secara teratur sehingga pembuatannya bisa dijadwal. Namun pastikan bahwa pesan yang diberikan relevan dengan para pelanggan. Dengan adnaya pesan yang diharapkan makapelanggan pasti akan semakin menyukai bisnis Anda.

Menyapa konsumen

Anda juga bisa menyapa pelanggan atau juga memberitahu pelanggan mengenai suatu informasi mengenai bisnis Anda. Untuk melakukan hal ini Anda bisa menggunakan beberapa media seperti email atau lainnya. Menyapa konsumen juga bisa dilakukan dengan menyertakan promo brand Anda.

Mengirim email ke pelanggan

Ada banyak hal yang dapat kita sampaikan pada pelanggan melalui email dan media lainnya. Misalnya saja seperti ucapan selamat ulang tahun atau lainnya. Melalui kiriman email ini maka pelanggan bisa saja merasa sangat dihargai oleh perusahaan Anda. Tidak hanya ucapan selamat ulang tahun saja tetapi Anda bisa juga mengucapkan selamat hari raya kepada para pelanggan.

Merespon pelanggan

Berbagai masukan dan saran serta kritik bisa menjadi suatu hal yang membangun bisnis Anda. Respon yang diberikan oleh orang lain memang bisa saja memotivasi Anda untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Demikian pula untuk bisnis Anda yang tentunya masukan dari pelanggan bisa menjadi hal yang positif bagi bisnis Anda.

Memberi hadiah pada pelanggan

Siapa saja pasti suka dengan hadiah. Terlebih lagi suatu hadiah biasanya diberikan secara cuma-cuma dan mengandung kejutan. Maka Anda bisa saja memberikan hadiah bagi pelanggan untuk moment-moment tertentu. Misalnya saja saat pelanggan memenangkan giveaway atau lainnya. Adabanyak jenishadiah yang bisa diberikan. Namun biasanya voucher menjadi pilihan hadiah yang paling tepat.

Mempertahanakan customer loyal

Customer loyal atau pelanggan setia bisa saja dianggap sebagai aset perusahaan. Dengan adanya customer loyal maka pendapatan bisnis Anda bisa dipastikan di setiap bulan. Bertambahnya customer loyal tentu akan semakin menambah omzet penjualan Anda dan meningkatkan penghasilan Anda.

Pentingnya Customer Engagement bagi Bisnis

Customer engagement pada dasarnya merupakan suatu hal yang penting dan perlu diperhatikan oleh sebuah perusahaan. Sebab hal ini berhubungan dengan pelayanan kepada pelanggan sedangkan pelayanan yang diberikan pada pelanggan akan berpengaruh pada kestiaan pelanggan terhadap bisnis dan brand Anda. Oleh karena itu tindakan perusahaan dalam membangun dan meningkatkan customer engagement perlu dilakukan dengan menggunakan strategi yang tepat.

Customer engagement atau keterlibatan pelanggan pada akhirnya dapat memberikan perkembangan yang baik untuk sebuah perusahaan. Sebab komunikasi yang terjalin antara perusahaan dan pelanggan dapat membuat pelanggan merasa dihargai dan dianggap penting. Oleh karena itu hal ini sangat mendorong pelanggan untuk menjadi customer loyal pada sebuah perusahaan. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bagi pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.

Tentu saja hal ini sama pentingnya dengan memilih sistem keuangan terbaik untuk perusahaan dan bisnis. Salah satunya dengan memilih produk keuangan perusahaan yang tepat, yaitu JojoExpense. Dengan penggunaan produk yang satu ini maka keuangan perusahaan bisa dimonitor lebih baik. Selain itu juga bisa membantu efisiensi keuangan dengan lebih cermat sehingga menghindari potensi kerugian di dalam perusahaan itu sendiri.

Manfaat-manfaat tersebut bisa didapatkan berkat beberapa fitur yang diberikan oleh JojoExpense. Mulai dari fitur pengelolaan reimbursement, pengaturan budget, pengelolaan cash advance, hingga sistem pelaporan pendapatan dan pengeluaran perusahaan secara rinci. Oleh sebab itu tidak perlu merasa ragu jika ingin beralih menggunakan JojoExpense. Dapatkan segera coba gratis selama 14 hari untuk membuktikan sendiri kehebatan dari produk tersebut. Yuk, segera daftar!