Customer Focus: Pengertian, Penerapan, dan Strateginya

customer focus

Tentunya dalam customer service, pelanggan adalah kunci sukses produsen. Agar berhasil memenangkan hati konsumen, Anda harus menggunakan costumer focus.

Customer focus itu sendiri adalah arah yang harus diikuti oleh perusahaan atau pabrikan tertentu ketika membangun kerajaan bisnisnya. Inilah yang perlu dipahami setiap produsen saat menciptakan nilai produksi berkualitas tinggi dan memberikan layanan terbaik untuk keseluruhan pengembangan bisnis.

Lantas apa itu costumer focus? dan apa peran costumer focus dalam sebuah bisnis? Berikut ulasannya.

Pengertian Costumer Focus

customer focus

Costumer focus adalah arah serangkaian layanan yang diberikan kepada pelanggan dan merupakan bagian dari kesuksesan bisnis. Costumer focus memungkinkan pemilik bisnis untuk lebih memahami kebutuhan sebagian besar pelanggan.


Pada dasarnya customer focus merupakan sebuah orientasi yang ditujukan terhadap pelanggan dengan pelayanan yang maksimal. Dalam penerapannya, pelayanan tersebut terdiri dari berbagai rangkaian yang harus dilalui dan dijalankan sesuai dengan SOP yang ada.

Dengan menerapkan customer point/focus nantinya sebuah perusahaan atau produsen akan lebih mengetahui tentang apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pelanggan / konsumen. Nantinya kebutuhan tersebutlah yang akan menjadi poin dan perhatian untuk menentukan kebijkan perusahaan untuk selanjutnya dikembangkan dengan maksimal.

Penerapan customer focus sendiri memiliki tujuan penting yang mengharuskan sebuah perusahaan atau produsen memberi pelayanan maksimal terhadap kepuasan pelanggan. Selain itu, hal ini juga menjadi peranan penting untuk menunjang kesuksesan. Jika dilihat, peranannya di setiap perusahaan pasti berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Masing-masing strategi pelayanan tersebut tidak dapat di sama ratakan antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Banyak cara yang dapat digunakan untuk menjadikan customer sebagai priority tertentu. Untuk membudayakan hal tersebut langkah-langkah yang digunakan dapat dilakukan dengan memperhatikan feedback dari hal tersebut.

Dengan menjadikan budaya tersebut bisa dipastikan bahwa keberhasilan bisnis bisa dicapai dengan maksimal tanpa harus membutuhkan banyak waktu maupun sumber daya.

Hal ini juga memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis. Setiap pelanggan dan perusahaan memiliki jenis dan strategi fokus pelanggan yang berbeda. Tidak dapat disamakan dengan setiap situasi, karena sifat dan jenis usaha yang dijalankan berbeda satu sama lain.

Peran Penting Costumer Focus

customer focus

Sebagai penunjang keberhasilan suatu bisnis perusahaan, memperhatikan kebutuhan pelanggan akan membawa dampak baik bagi bisnis Anda. Peranan yang diberikan bukan hanya sekedar peranan yang bertahan dalam kurun waktu tertentu, namun peranan yang memiliki sifat berkelanjutan dan tidak akan berhenti dalam waktu tertentu.

Lalu apa saja peranan tersebut sebagai penunjang keberhasilan suatu bisnis.

1. Membangun pendapatan jangka panjang

Pelanggan setia atau pelanggan tetap membutuhkan biaya yang Anda keluarjan lebih sedikit untuk melayani (5 hingga 8 kali lebih murah), cenderung membeli lebih banyak dan lebih terbuka terhadap produk dan layanan baru karena mereka mengenal dan mempercayai Anda.

Menurut Global Service Barometer, pelanggan yang merasa dihargai dan dilayani secara konsisten dengan baik akan tetap loyal setidaknya selama 10 tahun, dengan syarat produk dan layanan dijaga dengan kualitas yang sama dan harga tersebut dianggap adil.

2. Mempertahankan pelanggan di saat-saat sulit

Mereka akan berbelanja karena ada kemungkinan besar akan terjadi penurunan pendapatan dan mereka akan mencari harga terbaik. Pengecualian berlaku pada pelanggan setia yang benar-benar bersedia membayar lebih untuk suatu produk atau layanan jika mereka tahu bahwa penyedia akan secara konsisten memberikan layanan yang luar biasa.

Ingatlah pengalaman layanan memiliki nilai finansial!

3. Menarik pelanggan baru

Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan Anda tidak membuat kesalahan. Karena biaya akuisisi bisnis baru biasanya 5 hingga 8 kali lipat dari mempertahankan pelanggan Anda yang sudah ada, rujukan berbasis loyalitas dapat berdampak signifikan pada anggaran pemasaran Anda.

Ingatlah layanan pelanggan yang luar biasa bertindak seperti magnet pelanggan. Orang ingin berurusan dengan organisasi yang memiliki reputasi keunggulan layanan dan memiliki customer focus.

4. Membedakan organisasi Anda dari pesaing Anda

Pelanggan suka berurusan dengan pemenang. Mereka suka berurusan dengan organisasi atau bisnis yang memiliki keunggulan.

Di pasar global saat ini ,customer focus adalah satu-satunya cara untuk benar-benar membedakan bisnis Anda melalui pengalaman layanan yang Anda berikan.

5. Menghadirkan yang terbaik dari karyawan

Pemimpin yang berfokus pada Pelanggan berhasil melibatkan karyawan mereka dengan cara yang memungkinkan organisasi memaksimalkan kualitas pengalaman pelanggan.

Sistem, proses, dan prosedur selaras dengan pelanggan dan karyawan yang sepenuhnya terlibatlah yang membuat penyelarasan ini terjadi. Hal ini menghasilkan efisiensi operasional, moral yang lebih baik, ketidakhadiran yang berkurang, permintaan yang lebih rendah pada tunjangan tertentu, perputaran yang lebih rendah, dll.

Ketika karyawan yang berhubungan dengan pelanggan diberdayakan untuk memberikan layanan yang lebih baik, mereka diberi lebih banyak otoritas dan keleluasaan untuk bertindak.

Mereka didorong untuk menggunakan kreativitas dan inisiatif mereka dan kemudian mereka diberi imbalan untuk melakukannya. Mewujudkan hal ini adalah peran mendasar dari pemimpin yang berfokus pada pelangganSemua ini mewakili penghematan biaya yang signifikan.

Mengurangi biaya operasional dengan menghilangkan biaya layanan yang buruk, biaya pelayanan yang buruk dalam industri jasa berkisar antara 30 sampai 35% dari biaya operasional tergantung pada bisnis Anda.

Waktu yang dihabiskan untuk menyelesaikan masalah pelanggan, pengerjaan ulang, penggantian produk dan / atau layanan bertambah. Setiap pengurangan biaya layanan yang buruk dapat berdampak signifikan pada keuntungan Anda.

Manfaat Fokus Pada Pelayanan Pelanggan

Penting untuk mempertahankan pelanggan

Referensi pelanggan penting untuk meningkatkan pendapatan. Tentu saja, ini 6-7 kali lebih efisien daripada menarik pelanggan baru. Memberikan pelayanan terbaik merupakan salah satu cara untuk membangun loyalitas pelanggan.

Faktanya, perubahan citra perusahaan dimata pelanggan akan mengalami pengalaman buruk yang cukup signifikan dalam sebuah bisnis. Namun, setelah Anda menerapkan budaya yang berpusat pada pelanggan, Anda akan lebih yakin bahwa apa pun yang terjadi pada pelanggan Anda akan tetap menjadikan pelanggan sebagai prioritas utama.

Perusahaan Harus Fokus Pada konsumen

Perusahaan yang berpusat pada konsumen tentu akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi daripada perusahaan tanpa konsumen. Faktanya, perusahaan yang berpusat pada konsumen menghasilkan lebih dari 60% keuntungan.

Secara langsung, ini terkait dengan semakin tinggi kepuasan pelanggan terhadap merek, semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli lagi. Adanya pelanggan yang memberi peringkat 6/6 enam kali,  lebih mungkin membeli lebih dari satu produk daripada mereka yang memberi peringkat ke 5.

Dalam kasus ini, hanya satu angka yang memiliki efek berbeda. Dengan cara ini, sedikit usaha akan membawa perubahan yang lebih baik. Akhirnya, perlu dicatat bahwa customer focus dapat membantu calon pelanggan memenuhi kebutuhannya.

Saat Anda meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan dari calon pelanggan dan memberi mereka informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan pembelian yang tepat, Anda meningkatkan peluang mereka untuk menghasilkan uang bagi anda.

Tetapkan Strategi Costumer Focus

Tips dan Strategi Penerapan Customer in Focus

Dalam memahami serta memberikan pelayan terhadap customer, tentu saja perlu adanya penerapan dan kolaborasi yang tepat. Untuk itu setiap produsen wajib memahami dengan efektif serta memberikan penerapan nilai pelayanan yang terbaik untuk konsumen.

Anda dapat mengetahui strategi terbaik dalam mengembangkan customer focus pada usaha Anda.

Saling Bersinergi

Tentu saja dalam case perusahaan, orientasi sebuah bisnis berada pada konsumen. Jika sudah memiliki orientasi sasaran pada pelanggan maka hubungan harus terjalin dengan baik.

Saat hubungan terjalin dengan baik dan semestinya, maka pelanggan atau konsumen akan lebih memberikan penghargaan terhadap perusahaan. Dampak positifnya adalah pada perkembangan perusahaan untuk menjadi jauh lebih baik.

Memberikan Pelayanan Terbaik Pada Pelanggan

Dengan penerapan fokus pada konsumen, tentu saja posisi utama konsumen menjadi prioritas bagi sebuah perusahaan.

Prioritas pelanggan adalah hal utama, maka konsumen haruslah selalu mendapat perhatian yang lebih. Langkah seperti ini jauh lebih efektif untuk membuat pelanggan percaya dengan produk-produk yang diberikan oleh perusahaan.

Gunakan Kritik serta Saran Konsumen Sebagai Acuan

Dalam sebuah bisnis kritik serta saran tentu saja selalu ada, namun dampaknya entah positif atau negatif tergantung pada perusahaan. Pada dasarnya konsumen merupakan pemakai dari produk atau layanan yang diberikan dan mereka juga yang mengetahui lebih jauh kelebihan dan kekurangan layanan atau produk Anda dibanding kompetitior.

Jika konsumen memberikan kritik dan saran, alangkah baiknya sebagai pengelola atau pemilik bisnis Anda harus mengelola kritik serta saran tersebut sebagai dasar untuk pengembangan perusahaan. Dengan begitu bisnis yang dijalankan akan lebih semakin maju dan lebih tahu mengenai kekurangan produk atau layanan dan apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen.

Pakai Trik Agar Konsumen Mudah Terhubung dengan bisnis Anda

Untuk memberikan kemudahan bagi konsumen tentunya sebuah perusahaan harus memberikan banyak cara agar konsumen memiliki banyak cara dalam menghubungi perusahaan.

Hal tersebut merupakan langkah agar perusahaan dapat lebih efektif dalam memberikan informasi terhadap konsumen. Jika penerapannya tepat maka timbal balik antar perusahaan dan konsumen akan lebih efektif.

Contohnya adalah menyediakan call center, email, whatsapp, dan saluran media sosial lainnya agar pelanggan mudah terhubung dengan bisnis Anda.

Untuk menerapkan nilai dan tujuan perusahaan, penting untuk memahami pelanggan. Oleh karena itu, pelanggan akan lebih terkonsentrasi dan target pasar akan selalu berada di wilayah yang tepat. Untuk membangun pusat pelanggan yang efektif, Anda dapat mengambil strategi berikut:

Memperkuat kerjasama

Ketika perusahaan diposisikan sebagai pelanggan, maka akan mudah untuk berkolaborasi. Pelanggan yang memahami kebutuhannya dan mendengarkan pendapat perusahaan akan membantu perusahaan menghasilkan produk yang lebih sesuai dengan target pasar dan kebutuhan pelanggan yang sebenarnya.

Dengan cara ini, kolaborasi antara tim penjualan dan produksi akan terjalin, dan produk dapat diproduksi sesuai ekspektasi pasar. Saat produk diproduksi sesuai permintaan pasar, penjualan juga akan meningkat.

Biarkan pelanggan bicara

Customer focus membuat perusahaan lebih fokus pada pelanggan. Ini karena pelanggan adalah prioritas penting. Layanan pelanggan yang baik dan profesional akan berdampak baik bagi perusahaan. Dengan pelanggan yang mendengar dan peduli, mereka akan lebih percaya pada perusahaan dan produk Anda.

Gunakan kritik dan saran pelanggan

Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin paling tahu apa produk Anda dan cara kerjanya. Namun, pelanggan Andalah yang paling tahu apakah produk Anda benar-benar berguna setelah digunakan.

Oleh karena itu, kritik dan saran pelanggan sangat penting untuk disimak. Karena mereka adalah pengguna produk Anda, mereka tahu betul apakah produk Anda benar-benar berhasil digunakan.

Gunakan data

Menjadi customer focus akan memungkinkan Anda mendapatkan banyak data dari pelanggan Anda. Baik itu kritik dan saran, atau sekedar keluhan dari pelanggan. Semua data ini dapat diproses dengan benar dan membantu Anda meningkatkan hasil berikutnya.

Analisa data ini akan membantu Anda lebih memahami kebutuhan pelanggan Anda. Oleh karena itu, Anda akan menghasilkan produk yang lebih bertarget pasar sasaran. Ini lebih baik daripada mengirim ratusan email pemasaran yang mengganggu.

Gunakan banyak saluran

Permudah pelanggan untuk menghubungi Anda. Saat ini, ada banyak teknologi yang tersedia untuk komunikasi. Tidak hanya memberikan email dan nomor telepon, Anda juga dapat menambahkan akun media sosial bahkan menambahkan nomor whatsapp untuk memudahkan pelanggan menghubungi Anda.

Ini membuktikan bahwa Anda peduli dengan pelanggan Anda. Mengingat teknologi semakin kompleks, hampir semua orang memahami penggunaan media sosial.

Membangun Costumer Focus Menjadi Sebuah Budaya di Perusahaan

customer focus

Berfokus pada pelanggan memang terdengar sedikit lebih mudah. Namun, jika Anda tidak tahu bagaimana memulainya, Anda perlu mengikuti 4 langkah berikut.

Kumpulkan umpan balik secara teratur

Langkah pertama dalam membangun budaya yang berpusat pada pelanggan, Anda harus mendengarkan pelanggan Anda. Ada banyak cara untuk melakukan ini. Tidak perlu selalu mengirimi mereka formulir survei.

Anda dapat meminta mereka untuk memberikan umpan balik saat berinteraksi dengan mereka. Ajukan pertanyaan sederhana, seperti apakah Anda puas dengan perusahaan, produk, atau layanan Anda.

Metode ini juga dapat membantu Anda mengumpulkan saran dan umpan balik yang membangun. Minta tim Anda untuk mencatat umpan balik ini dan menjadikannya prioritas untuk tinjauan rutin.

Integrasikan dengan budaya perusahaan

Ketika mereka mendengar “layanan pelanggan”, beberapa orang hanya memikirkan tim dukungan pelanggan perusahaan. Namun, ini bukan satu-satunya prioritas bagi karyawan yang berhadapan dengan pelanggan. Sebaliknya, Anda harus menjadikan “layanan pelanggan” sebagai bagian dari nilai inti perusahaan.

Karyawan memenangkan hati pelanggan

Cara terbaik untuk membangun budaya yang berpusat pada pelanggan adalah membiarkan karyawan memenangkan pelanggan. Anda membutuhkan advokat pelanggan yang tugasnya mewakili pelanggan dan pengalaman berdiskusi dengan perusahaan.

Mereka fokus pada memprioritaskan kebutuhan pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Bagi beberapa perusahaan, mendorong karyawan yang tidak berorientasi pelanggan untuk fokus pada pelanggan akan membuat perbedaan besar, dan tentu saja ini adalah pilihan yang baik.

Kesimpulan Costumer focus

Dalam pelayanan pelanggan tentu saja, customer atau pelanggan menjadi kunci kesuksesan keberlangsungan produsen. Untuk kesuksesan dalam mengambil hati konsumen, perlu adanya customer focus.

Salah satu aplikasi yang bisa terintegrasi dengan Customer focus adalah aplikasi JojoExpense yang dikeluarkan oleh Jojonomic pelengkap kinerja perusahaan tertentu maupun produsen tertentu dalam membangun kerajaan bisnisnya. Hal ini adalah suatu yang perlu diketahui oleh setiap produsen dalam membangun nilai produksi yang berkualitas dan pelayanan yang maksimal untuk kemajuan bisnis menyeluruh.

Costumer focus memang merupakan langkah efektif dalam memberikan layanan tambahan kepada konsumen. Oleh karena itu langkah-langkah yang dilakukan harus benar.

JojoExpense hadir dengan segala kelebihannya dalam platform Jojonomic mampu memberikan pelayanan lebih, dan fokus pada kemampuan perusahaan. Jika semua berjalan dengan baik maka bisnis yang dijalankan akan lebih efektif.

Optimalkan pengelolaan data pelanggan Anda dengan JojoExpense

Gunakan berbagai data yang berfokus pada pelanggan, dengan JojoExpense dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan, dan dilengkapi dengan AI yang bisa memprediksi kebutuhan masa depan pelanggan untuk mendongkrak penjualan.

Dengan berjalannya waktu dan perkembangan bisnis, yang perlu Anda lakukan hanyalah mencatat semua transaksi didalam JojoExpense dalam proses bisnis dan dalam sistem pembukuan yang benar.