Customer Value Fit Serta Langkah Penting Penerapannya

customer value fit

Customer value fit bisa juga diartikan mencapai kesesuaian atau kecocokan nilai pelanggan. Istilah ini mengacu pada segala upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai kesesuaian nilai pelanggan tersebut. Mungkin saja perusahaan akan menentukan berbagai macam strategi yang dirasa perlu dilakukan demi mendapatkan kesesuaian nilai pelanggan. Bermacam cara dan langkah memang bisa dilakukan oleh perusahaan sehingga pada akhirnya pelanggan akan terus percaya pada perusahaan sehingga tidak akan berpaling dari produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

Langkah-langkah Penerapan

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam pelaksanaan customer value fit yang optimal, di antaranya yaitu sebagai berikut.

Menentukan produk

Sebagai seorang pengusaha tentunya Anda perlu memiliki konsep mengenai pelanggan. Sebenarnya pelanggan yang membeli suatu produk atau jasa sedang ingin mendapatkan hasil dari produk yang dibelinya. Dengan kata lain pelanggan sebenarnya membeli suatu hasil yang diharapkan bisa diperoleh dari suatu produk atau jasa. Oleh karena itu ketahuilah dengan pasti keinginan para pelanggan dan juga hasil yang sekiranya bisa diperoleh pelanggan dari produk Anda. Barulah kemudian Anda bisa merencanakan tahap selanjutnya misalnya dengan melakukan berbagai perencanaan campaign.

Menentukan sumber traffic

Selain produk tentunya Anda juga perlu menentukan sumber traffic. Yang termasuk sumber traffic dalam hal ini antara lain email marketing dan social advertising atau mungkin social media dan masih banyak lainnya. Anda perlu menetukan strategi dari berbagai sumber traffic yang Anda. Mungkin Anda bisa memusatkan fokus pada satu sumber traffic sebagai langkah awal. Dengan adanya traffic yang telah ditentukan maka diharapkan agar bisnis Anda bisa semakin berprospek hingga mencapai customer value fit. Untuk mencapainya juga diperlukan fokus Anda pada strategi yang sedang dijalankan sehingga hasilnya bisa sesuai dengan harapan.

Menawarkan lead magnet

Selanjutnya Anda bisa mengembangkan bisnis dengan melakukan strategi lead magnet. Maksudnya adalah adanya penawaran gratis yang sulit untuk ditolak. Bila kemudian sasaran bisnis Anda mulai tertarik dan ingin mengambil penawaran Anda maka sasaran tersebut bisa segera memberikan nomer kontaknya sehingga Anda bisa menghubunginya sewaktu-waktu. Anda juga bisa menggunakan sumber traffic untuk melakukan lead magnet sehingga upaya Anda bisa menjadi lebih optimal. Dengan adanya strategi lead magnet ini maka Anda bisa meningkatkan jumlah sasaran yang nantinya akan menjadi pelanggan baru dan pelanggan tetap.  

Menawarkan tripwire

Untuk melanjutkan strategi lead magnet maka selanjutnya Anda bisa melakukan strategi tripwire. Tripwire sendiri seharusnya juga merupakan suatu bentuk penawaran yang sekiranya sulit untuk ditolak oleh sasaran bisnis Anda. Mungkin Anda bisa melakukan penawarna dengan memasang harga terendah sehingga sasaran bisnis Anda merasa sulit untuk tidak membeli produk yang ditawarkan. Tripwire ini akan menjadi jurus jitu bagi bisnis Anda sehingga Anda bisa mendapatkan customer.

Menawarkan core product

Adanya penawaran yang dilakukan untuk mendapatkan customer tentunya perlu diimbangi pula dengan adanya core product. Core product yang dimaksud disini adalah produk unggulan atau produk utama yang menjadi profit centre dalam bisnis yang Anda jalankan. Dengan adanya strategi lead magnet dan tripwire maka Anda tentu akan dapat meningkatkan penjualan core product Anda. Penjualan dari produk utama tentu akan memberikan hasil besar untuk Anda. Meningkatnya penjualan berarti meningkatkan omzet Anda sehingga Anda bisa menggunakan keuntungan yang diperoleh untuk lebih meningkatkan jumlah customer.

Menawarkan profit maximizer

Kemudian Anda juga bisa melakukan profit maximizer. Profit maximizer ini berguna untuk meningkatkan nilai transaksi rata-rata tiap customer. Profit maximizer ini sebenarnya mengacu pada kegiatan melakukan penawaran setelah penjualan. Maka Anda bisa mempertahankan customer pada tahap ini. Mempertahankan customer yang sama tentu sangatlah penting dan lebih membantu jalannya bisnis Anda daripada selalu mencari customer baru.

Membuat return path

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mencapai customer value fit adalah dengan membuat return path. Tujuan dari dilakukannya return path ini adalah untuk menjalin komunikasi yang strategis antara Anda sebagai pebisnis dengan customer. Dengan adanya jalinan komunikasi yang strategis ini maka customer akan membeli produk Anda dan kemudian terus membelinya. Salah satu langkah paling strategis adalah dengan melakukan email follow up.

Tujuan Strategi Customer Value Fit

Tentu saja penggunaan customer value fit ini memiliki tujuan penting dalam sebuah usaha, misalnya saja yaitu tujuan-tujuan di bawah ini.

Meningkatkan jumlah customer

Dengan adanya kesesuaian nilai pelanggan maka customer Anda akan tetap selalu menggunakan produk Anda. Maka jumlah customer Anda tidak akan berkurang karena hasil yang dieprolehnya dari produk Anda dirasa memuaskan. Bahkan bukan tidak mungkin bahwa Anda akan mendapatkan customer baru. Maka jangan heran bila jumlah customer Anda setiap harinya akan bertambah sehingga jumlah keseluruhan customer akan meningkat. Tentu saja hal ini bisa dicapai jika Anda bisa menerapkan berbagai strategi untuk mencapai kesesuaian nilai customer.

Meningkatkan nilai transaksi rata-rata tiap customer

Jika bisnis yang Anda jalankan tidak memberikan hasil maksimal dalam hal nilai transaksi oleh customer maka Anda harus segera melakukan perbaikan. Perbaikan ini perlu dilakukan agar perusahaan Anda tidak sampai mengalami kolaps. Sebenarnya jika customer sering melakukan pembelian produk Anda maka hal ini berarti bahwa nilainya semakin tinggi pula. Dalam mengembangkan bisnis tentunya Anda memang perlu mendapatkan customer loyal yang tidak akan berpaling dari produk yang ditawarkan dalam bisnis Anda. Customer loyal ini turut menentukan customer value fit.

Meningkatkan jumlah transaksi tiap customer

Tidak hanya nilai transaksi saja yang diharapkan meningkat tetapi jumalh transaksi sebaiknya juga meningkat. Anda perlu tahu dengan jelas berapa banyak customer loyal melakukan transaksi pembelian. Langkah ini bisa dilakukan untuk mengetahui apakah customer puas terhadap produk Anda dan apakah produk telah mencapai kesesuaian nilai customer.

Pencapaian Customer Value Fit

Customer value fit tentu merupakan suatu tujuan dari adanya bisnis. Customer value fit mendorong customer untuk tetap berminat terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan baik kepada sasaran bisnis Anda maupun kepada customer. Meningkatnya jumlah transaksi pembelian sebenarnya bisa dijadikan sebagai suatu hal yang mengindikasikan peningkatan customer value fit. Oleh karena itu sebaiknya Anda melakukan strategi atau langkah-langkah yang telah dibahas di atas untuk bisa mencapai kesesuaian nilai pelanggan.

Memastikan customer value fit yang tercapai maksimal memang cukup penting. Sama halnya dengan memperhatikan sistem absen karyawan yang tepat. Supaya dalam hal ini perusahaan lebih optimal dalam memantau karyawan. Salah satunya melalui penggunaan JojoTimes. Sebagai produk absensi terbaik, JojoTimes dilengkapi dengan fitur pendukung berupa:

  • Mobile Check In & Check Out
  • Accurate GPS location via Geotagging
  • Check In & Check Out Monitoring
  • Biometric Face Recognition
  • Fake ID Detection
  • Fingerprint Feature

Jadi jangan ragu untuk menggunakan JojoTimes. Dapatkan langkah pemantauan absensi karyawan yang lebih tepat dan lebih akurat. Jangan tunda lagi, segera hubungi kami dan coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda.