CV Menarik dan Informatif serta Tips Cara Membuatnya

cv menarik

Ketika mencari pekerjaan, seorang calon pelamar kerja biasanya mempersiapkan persyaratan yang lengkap seperti KTP, Surat Lamaran dan Curriculum Vitae atau CV. Namun kadang masih ada calon pelamar yang kurang paham cara membuat CV menarik.

CV atau Curriculum Vitae bisa dibilang adalah kunci untuk memasuki pintu pertama di perusahaan impian kita. Itulah mengapa pada tahapan ini Anda harus bisa mencantumkan berbagai informasi yang menarik agar dapat mencuri perhatian perekrut kerja.

Persaingan kerja saat ini tidak bisa dianggap sepele, namun ada kalanya para pencari kerja masih sering bingung cara membuat CV yang menarik dan sekaligus informatif ? Selengkapnya kita akan bahas tuntas diartikel berikut ini, selamat menyimak !

Bagaimana cara membuat CV Menarik ?

CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen lengkap berisikan informasi detail mengenai data diri seseorang seperti nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir hingga latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja. Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa CV bisa diibaratkan sebagai media promosi seseorang. Bayangkan saja ketika Anda datang ke sebuah toko, tentu Anda akan melihat etalase barang yang dipajang dulu sebelum memutuskan membelinya, kan? Nah, dalam kasus ini CV adalah etalase diri Anda di hadapan HRD.

Untuk itu sebisa mungkin CV yang kita buat harus bisa menunjukkan riwayat hidup kita dengan informatif namun tetap ringkas. Supaya pihak perekrut kerja bisa langsung melihat portofolio Anda. Dengan begitu, fungsi CV untuk menunjukkan latar belakang dan pengalaman Anda serta skill yang Anda miliki, sehingga bisa dinilai secara langsung apakah Anda layak untuk diterima bekerja atau tidak.

Beberapa Hal yang harus diperhatikan saat membuat CV

Meskipun jumlahnya hanya beberapa lembar, bukan berarti membuat CV bisa sembarangan serta asal jadi, lho. Anda harus tetap memperhatikan beberapa hal seperti tata letak, gaya bahasa, pemilihan kosa kata, foto yang ditampilkan, dan yang paling penting tentunya informasi yang akan kita cantumkan di dalam CV, berikut beberapa poin yang harus menjadi perhatian Anda yaitu :

cv menarik

1. Data dan informasi pribadi

Secara umum sebuah CV harus berisi data pribadi seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Setelah itu masukkan informasi tentang pendidikan formal maupun non formal, seperti kursus dan pelatihan lainnya yang telah Anda tempuh selama ini. Terakhir jika Anda pernah bekerja sebelumnya, menulis pengalaman kerja juga bisa menjadi nilai plus untuk memikat perusahaan yang Anda tuju.

2. Menyediakan beberapa format

Sudah mulai ada bayangan? membuat CV yang menarik memang bisa dibilang penuh intrik, tapi bukan berarti sulit, kok. Karena sekalinya kita memiliki draft CV yang bagus, template tersebut bisa terpakai untuk berbagai kepentingan. Mulai dari melamar kerja, beasiswa, pelatihan dan banyak lagi. Untuk itu sebaiknya Anda membuat draft CV dalam beberapa jenis, setidaknya memakai format formal dan non formal. Sehingga tidak akan sulit jika akan melamar kerja, tinggal update saja informasinya serta tujuannya.

3. Membuat CV formal untuk bidang kerja formal

Membuat CV untuk melamar kerja tidak bisa disamakan untuk semua bidang pekerjaan. Jika berkaitan dengan pekerjaan formal maka CV formal dengan daftar riwayat hidup yang dipakai saat hendak melamar posisi pekerjaan pun harus yang bersifat resmi. Misalnya menjadi dosen, pegawai bank atau manajer sebuah perusahaan. Jika saat ini Anda sedang mengincar pekerjaan di bidang sejenis, perhatikan beberapa komponen yang akan dimasukkan ke dalam CV Anda.

Pilihlah jenis kertas yang polos dan berukuran proporsional. Umumnya kertas yang dipakai adalah HVS ukuran A4. Selanjutnya gunakan font yang mudah dibaca dan terkesan formal seperti Times New Roman atau Arial. Hindari memilih font yang terlalu rumit, ya. Terakhir, pastikan tata letak CV tertata rapi dan sistematis. Kerapian itu dapat menggambarkan kepribadian yang tertib dan teratur, lho.

cv menarik

4. Format CV untuk pekerjaan di industri kreatif

Jika kita ingin bekerja di industri kreatif seperti di bidang desain, media atau hiburan; jenis CV yang Anda buat juga harus lebih fleksibel. Mulai dari warna, pilihan font, peletakkan informasi, sampai ukuran kertas, semua bisa menyesuaikan dengan kepribadian Anda.

Di sini kita bebas menuangkan imajinasi ke dalam bentuk CV yang paling menggambarkan kualifikasi diri Anda. Meskipun informasi yang dimasukkan tidak jauh berbeda dengan CV formal, CV kreatif cenderung lebih terlihat menarik karena lebih bersifat personal.

5. Situs pembuatan CV dengan template gratis

Apabila Anda ingin membuat CV yang menarik agar mudah dikenali dan menjadi daya tarik perekrut dari perusahaan. Anda harus membuat CV dengan template yang bagus dan terkesan profesional. Banyak sekali template-template gratis yang bisa Anda temukan di beberapa situs, atau jika Anda ingin lebih simpel ada di MSword. Meskipun tampilannya tidak sebanyak yang Anda temukan di beberapa situs, namun tampilannya lebih bagus dibandingkan hanya diketik biasa.

Maksimalkan CV Anda dengan Portofolio terbaik

Perlu Anda ingat bahwa CV bisa diibaratkan sebuah produk yang harus bersaing bersama ratusan CV pelamar lainnya. Untuk itu presentasikan kualitas diri Anda sebaik mungkin. Anda bisa membuatnya berdasarkan contoh-contoh CV terbaik yang tersebar di internet, bahkan situs template CV yang free juga sudah. Saatnya menambah wawasan agar CV buatan Anda makin mantap.

Informasi seputar CV atau Curriculum Vitae sudah kami sampaikan informasinya untuk Anda, Semoga bisa menambah wawasan tentang bagaimana cara membuat CV yang enarik dan layak untuk dipertimbangkan bagi pihak perusahaan. Sehingga setiap pelamar kerja pasti memiliki harapan untuk diterima bekerja. Oleh karena itu, sebagai gerbang pembuka yang harus dilewati, sudah seharusnya CV yang kita buat menjual kelebihan yang kita miliki. Tapi bukan berarti harus berlebihan dalam menyusun portofolio di CV Anda .

cv menarik

Setelah Anda melamar kerja dan diterima perusahaan yang Anda tuju, saatnya pihak HRD akan mendata Anda untuk kepentingan administrasi dan tentunya semuanya memakai sistem yang terintegrasi dengan laporan keuangan terbaik, sehingga data Anda kan tersimpan dengan aman.

Mengapa Harus Aplikasi Payroll dan HR Jojonomic ?

Kompleksitas penggajian karyawan dan pengelolaan data HRD merupakan permasalahan yang harus segera diatasi. Oleh karena itu, Software Payroll JojoPayroll hadir sebagai solusi kemudahan manajemen SDM di perusahaan anda.

Aplikasi HRD kami terdiri dari JojoPayroll Cloud, jasa payroll outsourcing serta aplikasi absensi karyawan yang terintegrasi langsung dengan software HRD kami.

Aplikasi keuangan terbaik kami JojoPayroll

Solusi Penggajian Perusahaan Bebas Masalah, Kelola dengan Sentuhan Jari Anda, Kapan Saja Dimana Saja. Solusi Payroll yang Berbasis Cloud mendukung bisnis Anda dan terintegrasi dengan sistem akuntansi Anda serta transfer bank yang real-time.

cv menarik

JojoPayroll memiliki Fitur populer

  1. Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  2. Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  3. Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Coba Gratis Sekarang