Cyber Hack, Kejahatan Online yang Populer di Zaman Modern

cyber hack

Cyber hack adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Apalagi bagi para kaum urban yang tak pernah lepas dari kecanggihan berbagai jenis teknologi online. Kejahatan yang umumnya terjadi di dunia maya ini bisa mengincar siapa saja dan terjadi kapan saja. Apabila seseorang menjadi korbannya, maka bisa dipastikan akan mengalami banyak kerugian.

Apa itu cyber hack?

Cyber hack merupakan suatu bentuk tidak kejahatan yang dilakukan secara online tanpa kenal waktu dan target. Kejahatan satu ini bisa terjadi pada individu maupun perusahaan di segala penjuru dunia sehingga kamu perlu ekstra waspada. Ada banyak tujuan dari cyber hack ini, baik itu hanya sekadar iseng hingga berbentuk kejahatan serius yang merugikan korbannya secara finansial.

Dalam praktiknya, cyber hack ini bisa dilakukan oleh perseorangan ataupun melibatkan kelompok tertentu. Para pelaku kriminal dalam dunia online ini merupakan mereka yang memang benar-benar ahli dalam beragam teknik hacking. Jadi jangan heran, jika sebuah aksi cyber hack ini kerap dilakukan dari berbagai tempat pada waktu yang bersamaan.

Cyber Hack

Jenis-jenis cyber hack

Berikut ini beberapa jenis cyber hack yang semakin marak di zaman modern seperti saat ini, di antaranya:

Identity theft

Seperti namanya, identity theft merupakan salah satu jenis dari cyber hack yang berupa aksi pencurian identitas terhadap individu. Pelakunya diketahui melakukan teknik peretasan pada situs yang dimiliki oleh korban. Para pelaku mengakses server situs tersebut demi mendapatkan informasi pribadi yang tersimpan di dalamnya dengan tujuan yang pastinya merugikan.

Umumnya, identity theft ini cenderung dialami oleh para pemilik toko online, situs atau website membership yang menggunakan data pelanggan dalam setiap proses layanannya. Bukan hanya itu saja, praktik identity theft ini juga bisa menyerang kamu yang sering mengakses situs abal-abal atau palsu. Hal seperti ini terjadi saat kamu memberikan data pribadi, padahal sebenarnya situs tersebut milik para pelaku cyber hack.

Carding

Berikutnya adalah carding yang berupa pembobolan kartu kredit dengan mencuri data informasi, lalu menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Carding merupakan jenis cyber hack yang masih sering dilakukan saat ini, bahkan ada beberapa kasus yang turut menyeret para public figure.

Ada banyak cara yang dilakukan dalam carding, seperti misalnya phising, memasang malware pada website atau toko online hingga membeli informasi gelap melalui internet. Tentu saja, dampak dari carding ini sangat merugikan. Pasalnya, jika tidak cepat disadari, maka pemilik kartu kredit tersebut harus membayar tagihan cukup besar atas pengeluaran yang tidak dilakukan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Corporate data theft

Bisa dikatakan corporate data theft hampir serupa dengan identity theft. Namun bedanya, kejahatan satu ini menyasar data khusus perusahaan. Para pelaku meretas situs atau website perusahaan untuk mencuri data-data penting. Jika data tersebut berhasil didapatkan, maka data tersebut akan digunakan untuk kepentingan pribadi. Misalnya, diakses tanpa hak atau dijual di pasar gelap dengan harga selangit.

Cyber extortion

Jenis berikutnya adalah cyber extortion yang berupa pemerasan kepada para korban dengan cara meminta uang sebagai tebusan atas data penting yang telah dicuri. Kasus yang paling marak adalah penggunaan ransomware atau malware yang sengaja dimasukkan ke dalam perangkat korban, lalu pelaku mengendalikan data di dalam perangkat tersebut.

Para pemilik data tidak bisa mengakses data tersebut tanpa adanya sandi dari pelaku kejahatan. Jika ingin mengaksesnya, maka korban harus menyediakan uang tebusan yang diinginkan oleh pelaku tersebut.

Cyber espionage

Cyber espionage merupakan jenis cyber hack yang dilakukan dengan memata-matai target tertentu, seperti kompetitor bisnis, pejabat negara, ataupun lawan politik. Para pelaku diketahui menggunakan teknologi super canggih untuk memata-matai secara online yang salah satunya adalah pemanfaatan spyware.

cyber hack

Tips terhindar dari cyber hack

Tak bisa dipungkiri, kasus cyber hack memang cukup mengerikan bagi para korbannya. Lantas, bagaimana tips paling tepat supaya terhindar dari kejahatan semacam ini?

Memilih dan menggunakan hosting yang aman

Langkah paling penting supaya terhindar dari kejahatan online adalah memilih layanan hosting terbaik yang dilengkapi dengan perlindungan keamanan khusus. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari berbagai aksi cyber hack yang meresahkan.

Melakukan update secara berkala

Ternyata, melakukan update secara berkala bisa jadi salah satu cara supaya terhindar dari segala bentuk kejahatan online, baik update pada sistem operasi ataupun manajemen website yang dimiliki.

Memasang SSL

Kamu pasti pernah memperhatikan ikon gembok yang terletak sebelum URL website, bukan? Nah, ikon tersebut merupakan tanda bahwa website yang dimaksud telah menggunakan SSL. Dengan adanya ikon tersebut, maka para pengunjung website kamu bakal lebih percaya akan keamanannya.

Namun, alasan utama kenapa kamu harus memasang SSL adalah karena sertifikat SSL ini telah menjamin keamanan yang berlapis supaya website tidak bisa ditembus oleh para pelaku kejahatan online.

SSL diketahui menjamin, bahwa setiap paket data yang ditukar antara website dengan pengunjung yang mengaktifkan layanan ini akan dilindungi berkat teknik enkripsi berteknologi mutakhir.

Tentu saja, hal semacam ini bisa membuat kamu terhindar dari berbagai tindakan pencurian data yang dilakukan oleh pihak tak bertanggungjawab. Informasi apapun tidak akan bisa terbaca, karena adanya teknologi enkripsi tersebut.

Menerapkan fitur two-factor authentication

Sebagian dari kamu pasti sudah tidak asing dengan fitur 2FA atau two-factor authentication yang merupakan metode keamanan bagi website. Fitur ini bekerja dengan cara melakukan verifikasi pengguna secara real time melalui kode unik tertentu.

Fitur 2FA adalah suatu metode paling populer yang telah diterapkan oleh sebagian besar perusahaan ternama, seperti Google hingga Facebook. 2FA mengharuskan pengguna bukan hanya memasukkan username dan password-nya tapi juga diminta memasukkan kode OTP atau one-time password yang dikirim melalui email ataupun SMS.

Menerapkan penggunaan password unik

Bagi kamu yang masih sering menggunakan password dengan tanggal lahir, sebaiknya ubah mulai dari sekarang. Sebab, password yang menggunakan tanggal lahir, nomor telepon, ataupun nomor rumah merupakan jenis password yang paling berisiko mengalami peretasan karena gampang ditebak.

Kamu sangat disarankan untuk menggunakan password yang berupa kombinasi huruf, angka, dan simbol. Kombinasi semacam ini bisa digunakan untuk menghindari serangan pelaku kejahatan online.

Waspada saat membuka email

Email adalah salah satu media pelaku kejahatan online dalam melancarkan aksinya. Biasanya, para pelaku ini akan mengirimkan email kepada korban dengan cara berpura-pura sebagai pihak berwenang.

Ada banyak jenis isi email yang sering digunakan para pelaku kejahatan online ini, seperti misalnya memberikan link yang mengarahkan korban untuk meng-kliknya. Apabila kamu kurang waspada, maka bisa saja kamu terperangkap dalam rencana jahat yang telah mereka siapkan melalui link tersebut.

Cara paling aman menghindari risiko penipuan keuangan perusahaan

cyber hack

Berbagai jenis cyber hack yang telah kita pelajari di atas tentu membuat banyak orang semakin waspada dan tidak mudah terjebak pada aksi yang dilakukan oleh para pelaku. Untungnya, ada banyak pula cara yang bisa dilakukan supaya terhindar dari aksi yang sangat merugikan ini.

Namun ketahuilah, bukan hanya kejahatan online saja yang perlu diwaspadai oleh para pelaku bisnis ataupun perusahaan. Ada bentuk kejahatan lain yang juga cukup marak, yaitu penipuan reimbursement dan cash advance yang dilakukan oleh oknum karyawan tertentu.

Cara paling tepat untuk menghindari penipuan semacam ini adalah dengan menggunakan aplikasi berteknologi tinggi, seperti JojoExpense. Aplikasi satu ini memiliki fitur yang bisa memperingatkan kamu dalam percobaan penipuan berkat intelligence OCR dan Real-Time Geotagging.

JojoExpense memudahkan pekerjaan dan menghemat waktu

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan JojoExpense untuk mengontrol anggaran perusahaan dengan mudah sekaligus memantau penggunaan budget oleh para karyawan. Dengan begitu, kamu bisa lebih menghemat waktu dan fokus pada hal-hal yang lebih penting.

Jika kamu tertarik tapi masih sedikit ragu dengan kemampuan JojoExpense dalam mengelola keuangan perusahaan, manfaatkan saja demo gratisnya. Jadi, tunggu apalagi? Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan menarik ini demi efisiensi dan produktivitas perusahaan yang kamu jalankan, ya!