Daftar Riwayat Hidup : Pengertian, Cara Membuat dan Contohnya

daftar riwayat hidup

Saat ini, mencari pekerjaan sangat sulit dan persaingan sangat ketat. Mulai dari kemampuan melamar, dokumen Daftar Riwayat Hidup yang Anda kirimkan, tidak hanya dari segi kemampuan, tetapi juga sangat mempengaruhi apakah Anda masuk ke tahap seleksi selanjutnya.

Daftar Riwayat Hidup disebut juga resume atau resume. Dengan kata lain, resume berarti perjalanan hidup. Resume atau resume memiliki arti yang sama, dan keduanya berisi data pribadi yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan.

Agar pengembang sumber daya manusia perusahaan tertarik untuk wawancara lebih lanjut dengan Anda, Anda harus membuat resume Anda lebih menarik. Usahakan tidak terlalu panjang, buat sesederhana mungkin, tapi sertakan semua informasi yang diperlukan. Berikut contoh resume lengkap dan lengkap yang bisa dijadikan sumber inspirasi Anda.

Pengertian Daftar Riwayat Hidup

daftar riwayat hidup

Daftar Riwayat Hidup, atau biasa disingkat CV, adalah resume yang berisi informasi tentang calon pelamar. Biasanya pada contoh resume akan memuat informasi tentang pendidikan, pengetahuan profesional, resume, riwayat pekerjaan dan konten lainnya. Biasanya saat Anda melamar pekerjaan, perusahaan yang akan melamar akan membutuhkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk melamar di perusahaan tersebut. Salah satu dokumen yang harus disediakan saat melamar pekerjaan adalah resume.

Setiap perusahaan memiliki aturan tentang cara membuat surat lamaran. Sebagian besar perusahaan memperbolehkan calon karyawan untuk mengirimkan resume dan surat lamaran dalam bentuk cetakan atau cetakan, namun beberapa perusahaan mengharuskan setiap calon karyawan untuk melamar dan menulis surat lamaran dan resume Anda sendiri.

Membuat resume sebenarnya mudah, namun bagi yang belum pernah melamar pekerjaan atau lulusan baru (lulusan) tentunya akan bingung bagaimana cara membuat resume yang benar. Untuk itu, kami akan memberikan panduan dan contoh bagaimana membuat resume tulisan tangan dengan benar.

Dalam proses pemilihan calon karyawan, resume atau resume biasanya merupakan dokumen pertama yang dilihat perusahaan. Oleh karena itu resume sangat penting dan paling berpengaruh dalam menentukan layak tidaknya seorang calon karyawan untuk dipanggil wawancara. Inilah mengapa Anda harus melihat contoh resume yang benar agar dapat diterima oleh pekerjaan tersebut.

Bagaimana membuat Daftar Riwayat Hidup

daftar riwayat hidup
  1. Buka kanvas
    Buka Canva atau buka aplikasi, lalu gunakan email, profil Google, atau Facebook Anda untuk masuk atau mendaftar akun baru. Telusuri “CV” untuk mulai mendesain.
  2. Temukan template yang tepat
    Pilih dari ribuan templat resume yang dirancang secara profesional. Pilih dari gaya (seperti tata letak modern atau sederhana) atau industri (seperti kinerja, desain grafis, atau tata letak perusahaan lainnya).
  3. Berikan sentuhan pribadi pada resume Anda
    Setelah memilih template, gunakan alat bantu desain seret dan lepas Canva untuk menyesuaikan resume Anda. Anda dapat mengubah font, teks dan warna hanya dengan beberapa klik. Unggah foto Anda sendiri, lalu atur ulang semua elemen sesuai kebutuhan.
  4. Terus gunakan lebih banyak fitur desain untuk membuat
    Pangkas, luruskan, terapkan filter foto, dan tambahkan tekstur pada gambar. Gunakan skema warna, gaya font, latar belakang, dan tata letak teks Anda. Tambahkan batas, bingkai, dan elemen lain untuk membuat resume Anda menonjol.
  5. Cetak pesanan
    Dengan memesan di Canva Print, Anda dapat mencetak resume berkualitas tinggi. bebas biaya kirim. Atau, simpan desain dalam format PDF, JPG, atau PNG. Ingat, Anda dapat mengedit desain kapan saja.

Elemen Daftar Riwayat Hidup

  1. Informasi Pribadi
    Hal pertama yang dimasukkan dalam resume adalah data pribadi. Data pribadi ini termasuk nama lengkap Anda, tanggal lahir, alamat, usia, agama, identitas, jenis kelamin, alamat email, dan nomor ponsel. Tuliskan dengan jelas dan lengkap agar perusahaan dapat dengan mudah memahami dan menghubungi Anda.
  2. Sejarah pendidikan
    Unsur kedua tak kalah pentingnya, di dalamnya berisi tentang sejarah pendidikan. Tuliskan sejarah pendidikan dari yang terendah sampai yang tertinggi. Jangan lupa mencantumkan tahun pendaftaran dan kelulusan untuk setiap tahap pendidikan.
  3. Pengalaman kerja
    Dalam resume, elemen ini sangat penting. Pasalnya, pihak perusahaan akan melihat tingkat pengalaman pelamar di bidang pekerjaannya. Semakin banyak pengalaman yang bisa Anda masukkan, semakin positif kesan yang akan Anda dapatkan. Mirip dengan riwayat pendidikan, jangan lupa untuk menyertakan tahun yang menjelaskan kapan pekerjaan dimulai dan diakhiri. Lebih baik lagi, tambahkan deskripsi waktu setiap bulan.
  4. Informasi lainnya
    Biasanya, informasi lain ini adalah informasi yang tidak dapat dimasukkan ke dalam tiga elemen pertama. Misalnya pendidikan nonformal, seminar, organisasi yang pernah diikuti dan kemampuan menguasai. Namun, usahakan untuk mengisi informasi yang relevan pada elemen ini sesuai dengan area kerja yang akan diterapkan.
  5. Lokasi, waktu penerbitan dan informasi tanda tangan
    Terakhir, tulis waktu dan tempat surat itu di resume Anda. Dan tanda tangan pelamar. Ini menunjukkan bahwa Anda memiliki legal dan tanpa paksaan untuk menyusun resume ini secara legal.

Hal yang harus diperhatikan

Berbeda dari resume digital, Misalnya, dalam resume tertulis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya:

  • Pertama-tama, pastikan kertas bersih dan bebas dari goresan, kotoran dan sobekan.
  • Kedua, tulislah dengan tangan Anda sendiri.
  • Ketiga, tulislah dengan jujur.
  • Keempat, gunakan kalimat yang padat namun mendetail.
  • Kelima, tulislah dengan hati-hati jangan khawatir agar tulisan tangan rapi.

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Biar Berkasmu Lolos Seleksi, Simak Contoh Daftar Riwayat Hidup Ini

Di masa lalu, daftar riwayat hidup memiliki template seperti ini yang mudah kamu beli di toko alat tulis. Kini, meski jarang yang menggunakannya, kamu bisa membelinya secara online.

Biar Berkasmu Lolos Seleksi, Simak Contoh Daftar Riwayat Hidup Ini

Biar Berkasmu Lolos Seleksi, Simak Contoh Daftar Riwayat Hidup Ini

Kesimpulan

Selain membuat template sendiri, kini Anda juga bisa menggunakan template gratis yang disediakan berbagai situs desain untuk membuat resume Anda. Salah satunya ada di situs Canva.com. Anda hanya perlu memilih desain dan warna yang sesuai dengan kepribadian atau perusahaan yang Anda lamar.

Selain itu, Anda dapat mengubah data pribadi dan foto sesuai dengan preferensi Anda. Terlepas dari desain dan contoh resume Anda untuk suatu pekerjaan, Anda harus berusaha menjaganya tetap bersih dan mudah dimengerti. Sebab, jika tampilannya terlalu rumit, bisa jadi HRD malah tidak berminat. Melamar pekerjaan, selamat mencoba ya!

Bagi anda yang HRD penting untuk mengetahui software JojoTimes, aplikasi yang sangat berguna bagi perusahaan anda. Pantau kehadiran karyawan kapan pun dan di mana pun JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja.

Dilengkapi dengan fungsi pengenalan biometrik, penentuan posisi GPS yang akurat, dan fungsi deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan kebohongan. Saat bekerja dari jarak jauh, karyawan Anda mungkin diminta untuk melaporkan aktivitas mereka. Dengan cara ini, Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja mereka sebagaimana mestinya.

Anda juga dapat mengatur dan menyusun rencana kerja dan shift karyawan sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pemberi kerja dan karyawan. Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!