Dampak Negatif Globalisasi Yang Harus Dihindari Sebisa Mungkin

dampak negatif globalisasi

Dampak negatif globalisasi bagi sebagian orang mungkin sangat dirasakan. Memang tak dapat dipungkiri bahwa globalisasi tidak hanya memberikan dampakpositif saja. Tetapi kehadirannya juga memberikan suatu hal yang pengaruhnya berifat negatif bagi kehidupan manusia. Bahkan pengaruhnya yang cenderung bersifat negatif tersebut bisa meliputi seluruh aspek kehidupan manusia. Hal ini tentu saja perlu menjadi perhatian bagi pihak pemerintah agar dampak negatif tersebut bisa segera ditangani dengan semaksimal mungkin. Untuk itu perlu diwaspadai apa saja bentuk negatif dari proses penduniaan yang sekarang ini telah terjadi. Serta upaya yang harus dilakukan untuk mengatasinya juga haruslah dilakukan sedini mungkin.

Contoh Dampak Negatif Globalisasi

Bidang politik

Seluruh aspek atau bidang dalam kehidupan manusia bisa terpengaruh oleh dampak dari globalisasi. Begitu pula dengan kehidupan bernegara tentunya juga bisa mengalami ancaman dari adanya proses penduniaan yang terjadi. Misalnya saja demokrasi semakin berkembang tidak hanya sistemnya saja tetpai juga perannya.

Peran demokrasi bahkan bisa membuat warag negara bisa semakin meremehkan kedudukan pemerintah. Akibatnya jajaran pemerintah lebih sering menerima kritikan dan bahkan ancaman dari warganya sendiri karena adanya kebebasan berpendapat yang seolah tanpa batas. Bahkan unjuk rasa kian meningkat sehingga hal ini pada akhirnya berpengaruh pula pada bidang pertahanan dan keamanan negara.

Bidang ekonomi

Dampak negatif juga bisa terjadi di bidang ekonomi hingga hal ini akan semakin meresahkan warga dan juga negara. Sistem perekonomian yang sekarang ini membuka kesempatan lebar bagi para pemodal asing untuk berinvestasi di Indonesia. Hal ini pada akhirnya akan menghambat perkembangan industri lokal. Terlebih lagi bagi industri kecil yang tidak memilikimodal dalam jumlah cukup banyak. Kendala akan dihadapi oleh industri lokal sehingga tidak dapat berkembang sehingga akhirnya kondisi kesejahteraan sosial turut terpengaruh.

Bidang sosial budaya

Di bidang sosial budaya juga terdapat beberapa hal yang tentunya kurang baik dan kurang diharapkan terjadi karena adanya proses penduniaan. Sekarang inisetiap orang sudah bisa terlihat jelas begitu mengidolakan budaya asing hingga lupa akan kebudayaannya sendiri. Ada dan budaya asli sudah ditinggalkan karena adanya keinginan untuk mencapai anggapan dan nilai sebagai manusia modern. Lunturnya budaya dan adat dari daerah sendiri ini jika tidak diatasi maka nantinya bisa mengakibatkan hilangnya kekayaan bangsa berupa seni dan budaya.

Bidang komunikasi

Globalisasi juga bisa saja mengakibatkan dampak buruk pada bidang komunikasi. Terlebih lagi sekarang ini muncul banyak aplikasi yang memungkinkan terjadinya chat pribadi. Gaya bahasa yang digunakan sekarang ini tentu sudah berbeda. Komunikasi yang terjadi dengan menggunakan media internet dan tulisan kini bisa saja menimbulkan kesalahpahaman sehingga meningkatkan peluang bagi terjadinya perseteruan dan perpecahan. Bahkan tidak sedikit golongan anak-anak mulai mempelajari gaya berkomunikasi yang kurang sopan. Jika diteruskan maka generasi penerus bangsa akan kehilangan tutur kata yang santun dalam masa perkembangannya.

Bidang kesehatan

Untuk bidang kesehatan biasanya berhubungan dengan pola hidup. Globalisasi yang identik dengan modernisasi membuat setiapornag semakin ingin mengonsumsi makanan baru yang biasanya berupa fast food. Sebenarnya makanan yang seperti ini tergolong tinggi kalori sehingga tidak baik untuk kesehatan.

Namun gaya hidup yang mulai merambah ke pola makan seorang penggemar makanan instan atau fast food akan membuatnya mengalami sakit pada akhirnya nanti. Hal ini termasuk mengancam kesehatan sehingga pemerintah perlu segera bertindak dengan memberikan layanan kesehatan secara mudah dan murah.

Bidang transportasi

Rupanya globalisasi juga dapat memberikan pengaruh yang bersifat negatif pada bidang transportasi. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi maka sudah tentu perkembangan kendaraan bermotor juga meningkat. Hampir setiap orang di berbagai wilayah memiliki kendaraan transportasi yang menggunakan bahan bakar sehingga jumlah pengendara semakin banyak. tak bisa dibayangkan bagaiaman keadaan lalu lintas sekarang ini terutama di kota besar. Akibatnya timbullah kemacetan yang sellau meresahkan banyak orang. Tidak sampai disittu saja rupanya banyaknya kendaraan juga meningkatkan polusi yang bersifat merugikan.

Bidang pendidikan

Bidang pendidikan pada kenyataannya juga turtu mengalami dampak negatif dari adanya globalisasi yang identik dengan modernisasi. Saat ini penggunaan PC dan laptop hingga notebook dan tablet serta smartphone atau hp untuk belajar semakin meningkat. Sayangnya sarana atau media pembelajaran tersebut tak selalu digunakan untuk hal positif. Banyak penyalahgnaan yang dilakukan atas media pembelajaran tersbut. Maka dunia pendidikan semakin tercoreng dengan meningkatnya kasus kenakalan remaja dan perilaku menyimpang.

Mengatasi Dampak Negatif Globalisasi

Menanamkan nilai-nilai kebangsaan untuk menghindari dampak negatif globalisasi

Pahamkebangsaan perlu ditanamkan sejak dini untuk meningkatkan rasa cinta dalam negeri. Maka setiap masyarakat Indonesia nantinya bisa terus menjaga diri dan menjaga keutuhan NKRI. Apa yang dilakukannya tidak akan terpengaruh oleh budaya dan nilai asing akrena adanya pemahaman akan kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik.

Menyaring budaya asing dalam menghalangi dampak negatif globalisasi

Pemerintah tentunya juga perlu turut melakukan pencegahan terhadap dampak negatif dari globalisasi. Misalnya dengan menyaring budaya asing yang masuk ke Indonesia sehingga tidak sampai merusak moral dan kepribadian bangsa.

Mengembangkan kualitas SDM dalam menghindari dampak negatif globalisasi

Upaya lainnya yang dirasa bisa dilakukan untuk mengatasi dampak negatif dari globalisasi secara efektif adalah mengembangkan kualitas SDM di Indonesia. Meningkatnya kualitas SDM akan membuat masyarakat semakin cerdas sehingga mampu menangkal segala pengaruh buruk.

Dampak Negatif Globalisasi di Indonesia

Dampak negatif globalisasi seolah terjadi dengan begitu cepat seiring dengan perkembangan dari globalisasi itu sendiri di Indonesia. Proses penduniaan ini memang telah terjadi bahkan setelah pembangunan di negara ini berjalan semakin merata. Namun segala pengaruh yang datang dari proses globalisasi tersebut sayangnya tak dapat dihindari. Baik dampak positif maupun negatif sama-sama bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Dampak yang positif tentu bersifat membangun sehingga membuat manusia menjadi maju dan berkembang. Namun dampak yang bersifat negatif sebisa mungkin perlu ditekan dan dikurangi. Bahkan jika memungkin seharusnya dampak negatuif bisa ditiadakan agar tidak sampai merusak perkembangan manusia Indonesia. Untuk itu diperlukan dukungan dan upaya yang dilakukan secara bersama-sama agar globalisasi nantinya bisa membawa kehidupan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Hal ini seperti juga saat memilih sistem payroll yang tepat untuk perusahaan. Sebaiknya gunakan sistem payroll yang tepat untuk menghindari dampak negatif yang mungkin terjadi. Misalnya melalui penggunaan JojoPayroll, dimana tentunya aplikasi payroll ini membantu supaya pembayaran payroll dapat dilakukan lebih mudah.

Semua berkat beberapa fitur yang bisa didapatkan pada JojoPayroll. Yaitu termasuk fitur-fitur berikut di bawah ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Maka dari itu segera gunakan aplikasi payroll besutan Jojonomic ini. Dapatkan demo gratis 14 hari di perusahaan Anda secepatnya dan rasakan sendiri manfaatnya.