Dampak Positif Globalisasi Yang Patut Untuk Diperhitungkan

dampak positif globalisasi

Globalisasi telah terjadi di belahan dunia ini. Pada era ini, keterbukaan sudah menjadi hal yang biasa. Meski ada beberapa dampak negatif yang bisa terjadi pada negara-negara yang belum siap, namun masih ada dampak positif yang bisa diambil hikmahnya dari globalisasi. Globalisasi secara umum dapat diartikan sebagai integrasi ke ruang lingkup dunia.

Untuk lebih mudahnya, sekarang, anda tidak perlu kuatir jika mau beli barang dari luar negeri, atau anda hanya butuh paspor untuk keluar negeri seperti negara sesama Asean. Indonesia saat ini tengah mempersiapkan dan mulai terbuka terhadap dunia luar. Hal ini dibuktikan adanya investor luar yang dapat menginvestasikan kekayaannya untuk memulai bisnis di Indonesia. Beberapa dampak positif globalisasi dapat kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

Kemudahan Pengurusan Visa

Semua pasti tahu akan moda umum yang mampu mengirimkan barang atau manusia dari negara 1 ke negara lainnya. Kemudahan dalam melakukan perjalanan ke luar negeri adalah salah satu dampak globalisasi. Jaman dulu berlibur atau bekerja di luar negeri merupakan hal yang sangat sulit karena harus menggunakan visa berkunjung atau visa bekerja.

Sekarang ini WNI yang ingin berlibur ke negara-negara Asean seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand tidak perlu mengurus visa. Selama anda mempunyai paspor yang memiliki masa berlaku lebih dari 6 bulan, anda dapat masuk ke negara orang dengan menunjukkan paspor anda. Bagi anda yang ingin berkunjung ke area Eropa, memang dibutuhkan visa, akan tetapi pengurusan visa dapat dilakukan sendiri dengan mengunjungi kedubes negara yang ingin anda datangi.

Lapangan Kerja Meluas Sebagai Dampak Positif Globalisasi

Mungkin saat jaman orang tua kita masih muda, lapangan pekerjaan bukanlah sesuai yang sulit. Apalagi jika memiliki ijazah sarjana, semua perusahaan besar jaman itu pasti akan menyambut anda dengan baik. Kemudahan itu tidak terjadi lagi pada jaman sekarang ini. Meskipun anda mengantongi ijazah dan bergelar sarjana, bersaing untuk mendapatkan pekerjaan di lingkungan anda bisa jadi sangat sulit. Hal ini dikarenakan sudah banyak berdirinya perguruan tinggi dan banyaknya lulusan sarjana dari berbagai universitas atau institut.

Dengan adanya globalisasi, anda memiliki peluang untuk mengadu nasib di negara orang. Tidak sedikit warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri. Bukan hanya bekerja, program pemerintah seperti pertukaran pelajar atau mahasiswa memberikan kesempatan bagi anda untuk mencicipi kurikulum luar negeri dan mendapatkan gelar sarjana dari perguruan tinggi di luar negeri.

Informasi Lengkap Di Dunia Maya

Semua orang yang memiliki smartphone atau handphone pasti pernah berselancar di dunia maya. Internet adalah sarana untuk melakukan hal itu. Globalisasi dimana setiap manusia di bumi ini yang memiliki fasilitas internet akan mampu mendapatkan informasi dari seluruh dunia. Informasi yang ada di dunia ini sangat lah besar dan banyak. Terbukanya gerbang jalur informasi ini membuat manusia dapat mempelajari hal baru yang tidak ada di negaranya.

Banyak hal yang dapat diambil segi positifnya saat globalisasi mengijinkan setiap orang mendapatkan informasi secara bebas. Meski di beberapa negara, informasi masih belum lancar seperti di Korea Utara. Tapi dengan berbagai cara, masyarakat di sana akan tetap mendapatkan informasi dari luar negeri.

Dengan melihat media informasi digital di perangkat elektronik, kejadian apapun di luar negeri pasti bisa didapat. Sebagai contohnya, kejadian gunung api meletus di Jawa atau terjadinya tsunami di beberapa area pantai di Indonesia terdengar hingga keluar negeri. Dampak positif globalisasi dalam hal ini yaitu beberapa negara mengirimkan bantuan yang bersifat sukarela ke korban bencana tersebut.

Hal serupa juga dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam membantu korban perang, bencana alam, atau bencana lainnya yang menyebabkan rakyat menjadi korban. Sikap toleransi antar manusia dan sesama makhluk hidup semakin terjalin erat dengan adanya dampak positif  globalisasi di seluruh dunia. Dengan adanya bantuan seperti di atas, korban-korban yang menderita mendapat lebih ringan dalam menjalani hidupnya.

Kemajuan Teknologi Sebagai Dampak Positif Globalisasi

Negara-negara yang menganut sistem globalisasi terbuka memiliki peluang untuk memajukan teknologi di dalam negaranya. Sebelum globalisasi, mungkin mereka hanya mampu mengimpor barang yang hanya bisa diproduksi di luar negeri. Dengan adanya globalisasi, informasi lebih mudah untuk didapat, otomatis, teknologi di negaranya akan berkembang lebih tinggi.

Salah satu contoh yang paling jelas adalah kecepatan internet di sebuah negara bisa jadi berbeda-beda kecepatannya berdasarkan teknologi yang dimiliki saat itu. Bisa jadi anda yang berkunjung di negara yang mengisolasikan diri harus memiliki telepon satelit saat ingin menghubungi orang lain. Saat negara membuka dirinya kepada global, maka teknologi akan masuk dengan cepat dan diserap oleh rakyat di negaranya. Lambat laun, teknologi yang awalnya hanya dimiliki oleh negara-negara maju sudah mulai dirasakan oleh negara-negara berkembang.

Bisnis Lebih Maju Sebagai Akibat Dampak Positif Globalisasi

Perusahaan itu tidak jauh berbeda dengan negara. Saat ingin membangun bisnis atau perusahaan, harus membuat sistem terlebih dahulu. Setelah sistem terbentuk maka hasil produksi itu akan dilempar ke pasar guna mendapatkan keuntungan yang dapat memperpanjang umur perusahaan tersebut. Pada suatu saat, kegiatan bisnis akan semakin layu jika dipasarkan hanya di areanya saja atau di dalam negeri saja.

Untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih maju dan mendapatkan keuntungan lebih besar, perlu pasar yang lebih besar juga. Dalam hal ini dampak positif globalisasi lah yang berperan dalam pengembangan bisnisnya. Semakin besar pangsa pasar yang dituju semakin besar pula kemungkinan produk yang mereka jual laku.

Memang hal ini membutuhkan usaha yang lebih besar, namun tidak ada pebisnis yang menolak untuk memasarkan produknya keluar negeri dengan alasan kekurangan dana. Pasti mereka akan mencari dana agar dapat berekspansi keluar sehingga pasar yang dituju lebih luas lagi.

Pentingnya Globalisasi

Globalisasi memang memilik banyak keuntungan dan manfaat bagi kita semua. Namun globalisasi harus tetap dijaga dan tetap diwaspadai. Dengan masuknya negara lain ke negara kita, tidak menutup kemungkinan sumber daya alam kita dapat diambil oleh mereka dengan berbagai cara. Jika kita lengah dan membiarkan negara lain dengan teknologi yang lebih maju mencuri kekayaan kita, maka anak cucu kita tidak akan mewarisi kekayaan di negaranya sendiri. Kita harus belajar untuk tetap kompetitif di mata dunia agar tidak dipandang rendah atau disepelekan.

Dampak positif globalisasi di atas seperti juga dampak yang bisa diterima saat menggunakan sistem pengaturan keuangan perusahaan yang tepat. Misalnya dengan menggunakan JojoExpense sehingga pelaporan keuangan lebih valid dan lebih akurat. Yang mana hal ini berkat fitur-fitur yang diberikan contohnya sebagai berikut.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Maka dari itu segera daftarkan diri untuk menggunakan aplikasi pengaturan keuangan perusahaan dari Jojonomic tersebut. Dapatkan coba gratis dan segera rasakan manfaatnya.