Dampak Positif Keragaman Budaya dan ada sisi negatifnya di Indonesia

Dampak Positif Keragaman Budaya

Keragaman sosial dan budaya bukan hanya kekayaan negara, tetapi juga kesejahteraan negara. Dampak Positif Keragaman Budaya masyarakat menjadi dasar penguatan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Untuk negara kepulauan seperti Indonesia, keragaman budaya tidak bisa dihindari. Kita hidup dalam berbagai budaya, ras, agama, dan bahasa.

Dari istilah sebelumnya, budaya berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu “budhayah”, yang merupakan bentuk jamak dari “budhi”, yang berarti “pikiran” atau “sebab”. Dalam kamus bahasa Indonesia, “budaya” berarti pikiran dan akal. Dalam bahasa Inggris culture disebut culture, berasal dari bahasa latin colere yang artinya mengolah atau mengolah tanah atau mengolah.

Dengan cara demikian budaya dapat diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan nalar atau nalar. Kebudayaan adalah hasil kreativitas, prakarsa dan rasa yang artinya diolah atau dikerjakan agar mempengaruhi tingkat pengetahuan. Sistem berpikir atau sistem pikir yang terkandung dalam pemikiran manusia dalam kehidupan sehari-hari bersifat abstrak.

Oleh karena itu keragaman budaya dimaknai sebagai proses, metode atau pabrikasi, Itu membuat banyak hal dalam budaya berkembang. Dengan kata lain, kehidupan sosial memiliki ragam gaya hidup dengan latar belakang ras, agama dan suku yang berbeda. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk karena masyarakatnya terdiri dari kelompok-kelompok yang bercirikan ras, kelompok-kelompok tersebut mempunyai budaya dan latar belakang etnis yang berbeda-beda.

Apa saja Dampak Positif Keragaman Budaya di Indonesia?

Dampak Positif Keragaman Budaya

Kita semua tahu bahwa Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman budaya yang kaya di setiap daerahnya. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, kekayaan budaya suatu daerah dimiliki oleh negara yang sama. Mulailah dengan kostum tradisional, rumah adat, tarian daerah, musik daerah, kesenian daerah, dll.

Perbedaan ras, suku, suku, dan agama yang tersebar di seluruh pelosok tanah air juga menjadi aset yang sangat berharga bagi kita sebagai warga negara Indonesia. Keberadaan keanekaragaman budaya di negara kita dapat berdampak positif maupun negatif bagi pembangunan berkelanjutan kita sebagai sebuah negara. Berikut penjelasan tentang dampak positif dan negatif keanekaragaman budaya di Indonesia. Dampak positif keanekaragaman budaya Indonesia:

Menjadi milik negara

Tentunya semua budaya dari daerah manapun, baik itu pantai, pegunungan, desa, kota, atau suku, berhak diklaim sebagai milik Indonesia. Seharusnya kekayaan budaya ini tidak hanya bersumber dari sumber budaya tertentu, tetapi juga kebanggaan seluruh masyarakat. Hal ini juga menimbulkan rasa kepemilikan budaya bagi seluruh rakyat Indonesia, sehingga kalaupun suatu budaya diklaim atau disalahgunakan oleh negara lain, semua warganya bersatu untuk memulihkan dan mengembalikannya menjadi jati diri bangsa.

Dampak Positif Keragaman Budaya adalah dengan membangun masyarakat yang toleran

Perbedaan keanekaragaman budaya masing-masing daerah tentunya berbeda-beda. Karena berada di bawah satu atap yaitu NKRI, maka masyarakat memiliki kewajiban untuk memelihara persatuan dan kesatuan, suka atau tidak suka. Hal ini lumrah bagi warga negara Indonesia karena sudah terbiasa dengan keberadaan ras lain yang tinggal di daerah selain asalnya. Interaksi komunitas yang toleran tidak diragukan lagi merupakan salah satu jenis hubungan sosial yang dapat dengan mudah terbentuk dengan sendirinya.

Dampak Positif Keragaman Budaya Menjadi daya tarik bagi turis asing

Bukan rahasia lagi, selain kekayaan budayanya yang kaya, Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Setiap daerah memiliki daya tarik tersendiri. Perpaduan antara kekayaan alam dan kekayaan budaya yang kaya tersebut niscaya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara. Contoh nyata dari pernyataan ini adalah Bali, Bali telah berhasil memadukan kekayaan alam dan budayanya, tidak hanya menarik kecintaan masyarakat lokal, tetapi juga kecintaan masyarakat internasional.

Meningkatkan pendapatan nasional

Dengan mengelola sistem pengaruh positif keanekaragaman budaya, pemerintah telah memiliki modal untuk memperoleh lebih banyak pendapatan nasional dari kekayaan budaya yang dapat dimanfaatkan Indonesia. Dengan dibangunnya situs-situs bersejarah, pembangunan pusat-pusat budaya, dan diadakannya festival budaya secara rutin, ini menjadi peran pemerintah dalam mengelola keragaman sosial budaya, tentunya akan menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri yang dapat meningkatkan pendapatan negara.

Dibalik Dampak Positif Keragaman Budaya di Indonesia, ada dampak negatifnya juga, apa saja?

Dampak Positif Keragaman Budaya

Dampak negatif keanekaragaman budaya di Indonesia:

Orang sering kali cuek

Karena keanekaragaman budaya Indonesia yang sangat kaya, orang tidak lagi tertarik dengan budayanya yang kaya. Terkadang orang tampak acuh tak acuh dengan budayanya sendiri dan bahkan merasa bangga bisa berpartisipasi dalam budaya negara lain. Tentunya proses interaksi sosial antara orang yang menyukai budaya dan orang yang cuek akan terganggu.

Manajemen yang terganggu

Mengelola kekayaan budaya Indonesia yang beragam tentunya bukanlah tugas yang mudah. Tanpa bantuan masyarakat, pemerintah tidak bisa menangani semuanya. Jika masyarakat mengharapkan pemerintah ikut serta dalam pengelolaan keanekaragaman budaya saja, maka pengelolaan dan pengembangannya tentu belum optimal.

Kehadiran kelompok radikal bebas

Banyak ras dan budaya yang memungkinkan organisasi radikal yang tidak mau menerima budaya lain untuk masuk ke daerahnya. Kelompok radikal memenuhi kriteria ciri kelompok sosial tidak sehat karena memaksakan kehendak sendiri yang harus selalu benar. Hal ini tentu saja bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan bertentangan dengan keadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jadi penyebab perpecahan

Dalam kondisi budaya yang sangat beragam, konflik antar manusia tidak mungkin terjadi. Jika ciri-ciri budaya disebutkan dalam topik perdebatan, masalah dua orang yang berasal dari ras dan budaya yang berbeda di masa lalu akan menjadi rumit. Inilah salah satu dampak negatif dan dampak positif dari keanekaragaman budaya yang masih kita perjuangkan hingga saat ini. Masih adanya oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang suka memprovokasi dua parpol dari latar belakang budaya yang berbeda, sehingga terjadi perpecahan, tidak hanya antara kedua partai, tetapi juga antar daerah asal kedua partai.

Kesimpulan

Dampak Positif Keragaman Budaya

Dengan mempelajari dampak positif dan negatif dari keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia, alangkah baiknya jika kita fokus pada aspek positifnya. Pandangan negatif akan tetap ada, dan ini tetap cara kita menghadapinya dengan santai, tanpa melebih-lebihkan, agar tidak menimbulkan perselisihan di wilayah Indonesia.

Dampak positif ini dapat kita maksimalkan dengan meminimalisir pembahasan lebih lanjut dan penyebaran doktrin yang tidak kondusif bagi negara kesatuan Republik Indonesia, sehingga terhindar dari akar penyebab konflik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan anda pun bisa mencoba memanfaatkan software JojoTimes dalam mengelola karyawan anda yang beragam di perusahaan anda.

Pantau kehadiran karyawan kapan pun dan di mana pun. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja. Dilengkapi dengan fungsi pengenalan biometrik, penentuan posisi GPS yang akurat, dan fungsi deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan kebohongan.

Saat bekerja dari jarak jauh, karyawan Anda mungkin diminta untuk melaporkan aktivitas mereka. Dengan cara ini, Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja mereka sebagaimana mestinya.

Anda juga dapat mengatur dan menyusun rencana kerja dan shift karyawan sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pemberi kerja dan karyawan. Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!