Pentingnya Data Pribadi Serta Komponen Yang Di Dalamnya

data pribadi

Data pribadi adalah daya yang sangat berharga. Karena di dalam jenis data tersebut terdapat informasi atau hal-hal yang penting yang kita miliki. Data pribadi adalah data milik seseorang yang dijaga sangat amat baik, sehingga data tersebut dirawat, disimpan, dan memiliki kebenaran yang kerahasiaannya dijaga. Tentunya hal ini memiliki undang-undang yang mengaturnya.karena data milik perorangan adalah data yang bersifat rahasia dan tentu saja adalah privasi orang. Tidak bisa seenaknya disebarluaskan.

Adapun umumnya yang termasuk data pribadi adalah alamat rumah, nama orang tersebut, jenis kelamin, nomor telepon, agama, tanggal lahir, pendidikan. Biasanya itu semua terdapat pada akta kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan bentuk data yang lainnya. Terutama terkait dengan masalah administrasi yang berhubungan dengan negara.

Manfaat Dari Data Pribadi

Data pribadi biasanya digunakan di masa depan seperti akan masuk sekolah, atau melamar pekerjaan. Hal tersebut semua membutuhkan adanya data bersangkutan yang calid. Dan tentu saja pihak yang bersangkutan harus menjaga kerahasiaan data tersebut hingga aman dan tidak tersebar luas. Data tersebut diunakan untuk pihak yang bersangkutan supaya dapat tahu latar belakangnya. Apakah layak untuk diterima atau tidak. Mereka mengetahui itu semua agar tidak ada kesalahpahaman yang terjadi.

Supaya orang dapat mengenal kita. Salah satu dari data pribadi yaitu nama. Hal ini membantu orang dapat kenal dengan kita dan sebaliknya kita mengenal orang lain. Adapun nama adalah sebuah identitas. Semua orang layak untuk mendapatkan nama. Supaya mudah mengingat orang yang dituju. Karena bisa jadi nama panggilan sama, tetapi untuk nama panjang pasti berbeda dengan orang lain. Sehingga dengan demikian maka lebih mudah untuk mengenali satu dengan yang lain secara rinci.

Data pribadi adalah cacatan kita sebagai warga negara juga. Setiap orang yang lahir akan didata. Umumnya seluruh data yang tercatat semua itu sifatnya rahasia. Biasanya nama kelahiran ini tercatat di catatan sipil. Sehingga setelah seorang mendaftarkan diri lalu berikutnya dapat dibuatkan akta kelahiran. Disitu akan terdapat nama lengkap, tanggal lahir, serta jenis kelamin yang bersangkutan untuk dapat digunakan secara administrative di kemudian hari.

Komponen Data Pribadi

Data pribadi mempunyai komponen yang harus dilengkapi, komponen data pribadi diantaranya adalah nama, alamat, nomor telepon, pendidikan, jenis kelamin, maupun agama. Itu semua adalah komponen yang umumnya menjadi unsur sebuah data dari seseorang. Selain itu semua informasi di dalamnya itu harus lengkap. Agar data yang diberikan tidak salah serta yang terpenting harus terjaga dengan tepat.

Data Pribadi Nama

Nama adalah tanda pengenal kita yang paling penting. Setiap orang memiliki nama supaya dapat dikenal. Biasanya di data pribadi nama yang digunakan adalah nama panjang yang diberikan orang tua masing- masing saat mereka dilahirkan.

Alamat Tempat Tinggal

Alamat adalah hal berikutnya yang juga penting. Sehingga menjadi menjadi salah satu dari komponen data pribadi. Tidak semudah itu untuk disebarkan. Rumah adalah salah satu privasi seseorang. Anda tidak boleh sembarang memberi alamat rumah ke orang lain. Mungkin saja ada orang yang hendak berbuat kriminalitas pada Anda jika alamat mudah diberikan kepada siapa saja. Oleh sebab itu data ini juga sifatnya rahasia.

Nomor Telepon

Nomor telpon adalah sarana untuk orang lain menghubungi kita atau memberi kabar. Tapi jika nomer telepon disalah gunakan akan menjadi cukup berbahaya bagi kita. Oleh sebab itu meskipun data ini bisa diberikan, namun berikan untuk tujuan yang jelas saja.

Data Pribadi Tanggal Lahir

Tanggal lahir adalah hari yang sakral atau penting bagi hidup kita. Tanggal lahir masuk pada data pribadi supaya mengetahui kapan kita lahir. Tanggal lahir biasanya disertai dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran kita. Kadang juga ditambah dengan kota tempat kita lahir. Sehingga waktu kelahiran dapat tercatat dengan rinci dan jelas.

Riwayat Pendidikan

Selanjutnya data yang tidak kalah penting yaitu pendidikan. Biasanya hal ini dipakai saat kita melamar pekerjaan. Terutama karena hal ini menjadi salah satu syarat saat melamar pekerjaan. Biasanya paling rendah adalah lulus SMA dan yang paling tinggi adalah S3. Oleh sebab itu sangat penting menyebutkan jenjang pendidikan sebagai informasi dasar.

Data Pribadi Jenis Kelamin

Jenis kelamin bertujuan supaya orang tahu apa gender yang kita miliki. Mungkin dilihat sangatlah sepele tapi penting untuk diinformasikan. Apakah kita seorang laki- laki atau seorang perempuan. Terutama berhubungan dengan sensus yang dilakukan oleh pihak pemerintah untuk menentukan persentase jenis kelamin kependudukan sebuah wilayah.

Informasi Agama

Di Indonesia terdapat 6 agama yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu. Oleh sebab itu jika memberikan informasi data seperti agama yang dianut pada tanda identitas, maka harus termasuk dari salah satu agama yang diakui tersebut di atas.

Cara Menjaga Data Pribadi

Karena data pribadi bersifat rahasia dan harus dijaga, maka kewajiban setiap orang termasuk harus menjaganya dengan aman. Misalnya dengan menggunakan media sosial dengan baik karena bisa saja data akan tersebar melalui sosial media. Gunakan sandi pengaman jika menyimpannya secara online. Pastikan data yang sifatnya rahasia hanya diberikan pada pihak yang paling terpercaya atau pihak yang tepat. Jangan gampang percaya pada orang karena saat ini banyak sekali penipuan beredar. Pastikan pihak yang Anda berikan adalah pihak yang benar-benar resmi dan terbukti membutuhkan informasi dari data Anda.

Data pribadi mutlak harus dijaga secara maksimal. Berikanlah informasi tentang diri Anda pada pihak yang terpercaya atau yang berkepentingan saja. Karena di dalam data pribadi itulah terdapat seluruh informasi penting tentang diri Anda. Dari nama, tanggal lahir, pendidikan, jenis kelamin, agama, alamat, nomer telepon. Tidak boleh sembarang orang mengetahuinya. Setiap komponen tersebut memiliki manfaat atau kegunaan masing- masing tentunya. Solusinya agar tetap terjaga maka harus berhati- hati dalam penggunaannya. Salah langkah maka ada resiko hacker atau pencuri data dapat menggunakan data tersebut tidak sebagaimana mestinya.

Hal ini sama pentingnya saat memutuskan sistem keuangan yang paling tepat untuk perusahaan. Usahakan memilih produk yang paling efektif dan efisien. Salah satunya yaitu JojoExpense yang dapat memantau pengeluaran dan pemasukan perusahaan secara terinci tanpa resiko penipuan. Sehingga keuangan perusahaan lebih aman serta lebih mudah untuk dimonitor.

Semua ini berkat beberapa fitur yang ada dalam JojoExpense, seperti misalnya sebagai berikut:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Karena itu segera percayakan keuangan perusahaan Anda pada produk yang satu ini. Dapatkan coba gratis selama 14 hari sekarang juga dan pastikan untuk percaya pada JojoExpense.