Seputar Database untuk Informasi Data Perusahaan Kamu

JojoExpenseBaik perusahaan besar maupun perusahaan baru atau start-up, wajib memiliki database yang aman dan terlindung, tapi juga mudah untuk diakses.

Hal ini supaya kumpulan data perusahaan tersebut bisa digunakan untuk mengelola data dengan lebih efektif dan efisien.

Karena itu, kamu juga wajib mengenal dan  tentang basis data ini, supaya data perusahaan kamu lebih lengkap dan terjamin. Sehingga pencarian data lebih mudah.

Yuk, cari tahu seputar basis data ini mulai dari pengertiannya, hingga fungsi, manfaat, jenis, dan tipenya di artikel ini!

Oops! We could not locate your form.

Pengertian Database sebagai Informasi Data Perusahaan

Menurut Abdul Kadir, database atau basis data adalah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terhubung sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi.

Jadi, database atau basis data ini merupakan kumpulan berbagai data dan informasi yang tersimpan dan tersusun di dalam komputer secara sistematik yang bisa diperiksa, diolah atau dimanipulasi dengan menggunakan program komputer. Tujuannya untuk mendapatkan informasi dari basis data tersebut.

Istilah database ini mengacu pada koleksi data-data yang saling terkait satu sama lain, dimana basis data ini bisa digunakan untuk mengelola data dengan lebih efektif dan efisien.

Nah, biasanya perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan mengatur data disebut dengan sistem database management system (DMS).

Fungsi Database

Setelah kamu mengerti pengertian database, kamu juga harus mengetahui apa fungsi dari basis data ini. Apa saja fungsi database dalam pengelolaan data perusahaan kamu?

Lebih Mudah Mengelompokkan Data

Fungsi yang pertama yang bisa kamu dapatkan adalah kemudahan. Nantinya, kamu bisa mengelompokkan data dan informasi sehingga lebih mudah dimengerti.

Mencegah Duplikasi Data

Kemudian, adanya database ini dapat mencegah terjadinya duplikat data maupun inkonsistensi data.

Mempermudah Pengelolaan Data Perusahaan

Kamu atau pihak perusahaan juga mendapat kemudahan lain, yaitu mempermudah proses penyimpanan, akses, pembaharuan, dan menghapus data.

Kualitas Data Terjaga

Keempat, fungsi t yang bisa kamu dapat adalah terjaganya kualitas data dan informasi yang diakses sesuai dengan yang di-input.

Meningkatkan Kinerja Aplikasi

Terakhir, basis data ini dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data.

Manfaat Database

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan kalau kamu bekerja atau menggunakan sistem database, yaitu :

Kemudahan Akses Data

Dengan basis data, sistem ini bisa memudahkan untuk mengakses dan mendapatkan data karena semua data terorganisir dengan baik.

Integritas Data Terjaga

Basis data bisa memastikan integritas data yang tinggi dimana database akan memastikan keakuratan, aksesbilitas, konsistensi dan juga kualitas tinggi pada suatu data.

Independensi Data Terjaga

Database menjaga independensi data dimana orang lain tidak dapat merubah data meskipun data bisa diakses.

Tidak Terjadi Redudansi Basis Data

Seperti yang sudah disinggung pada pengertian database sebelumnya, ia bisa membantu meminimalkan redudansi data. Redudansi sendiri merupakan terjadinya data-data ganda dalam berkas-berkas yang berbeda.

Menjaga Keamanan Data

Database menjamin keamanan suatu informasi dan data, dimana kamu bisa menyisipkan kode akses untuk data-data tertentu yang tidak bisa diakses bersama.

Kemudahan Berbagi Data

Menggunakan perangkat lunak database bisa digunakan untuk berbagi data atau informasi dengan sesama pengguna lainnya.

Tipe-tipe Database

Database juga dibagi menjadi beberapa tipe khusus untuk menyimpan dan mengambil data dan informasi, menurut System Managemen Basis Data, yaitu :

Analytical

Basis data untuk menyimpan informasi dan data yang diambil dari operasional dan eksternal database.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Operational

Yaitu basis data yang menyimpan data mendetil yang dibutuhkan untuk mendukung operasi suatu organisasi secara keseluruhan

Distributed

Merupakan kelompok kerja lokal database dan departemen di berbagai kantor dan lokasi kerja yang lainnya.

Data Warehouse

Yaitu sebuah gudang data yang menyimpan berbagai data dari tahun-tahun sebelumnya hingga saat ini.

End-user

Basis data pengguna akhir yang terdiri dari berbagai file data yang dikembangkan dari end-user dalam workstation mereka.

Real Time

Sistem pengolahan yang dirancang dalam menangani beban kerja suatu negara yang bisa berubah-ubah, mengandung data terus menerus dan sebagian tidak berpengaruh terhadap waktu.

Document Oriented

Salah satu perangkat lunak komputer yang dibuat untuk sebuah aplikasi dan berorientasi pada dokumen.

In Memory

Basis data yang tergantung pada memori untuk menyimpan informasi/ data pada komputer.

Navigational

Terdapat pada navigasi database, queries menemukan benda bagi yang mengikuti referensi dari objek tertentu.

Hypermedia Database on The Web

Sekumpulan halaman multimedia yang saling berhubungan dalam sebuah website, yang terdiri dari homepage dan hyperlink dari multimedia (gambar, teks, grafik audio, dan lain-lain)

External

Basis data yang menyediakan akses ke luar, dan data pribadi online.

Relational

Merupakan standar komputasi bisnis, dan basis data yang paling umum dipakai saat ini.

Jenis-Jenis Software untuk Database

Berikut ini jenis-jenis software untuk database terbaik yang bisa kamu gunakan untuk pengolahan data perusahaan kamu, yaitu :

Microsoft Access

Salah satu software basis data ini adalah yang paling sering digunakan. Microsoft Access sangat cocok digunakan untuk sebagian besar komputer yang relasional.

Selain itu, kalau kamu berbisnis dalam skala rumahan, bisa memilih sistem database ini karena sangat ringan digunakan dan format datanya sangat umum sehingga memudahkan pembacaan.

Oracle

Software ini sangat mampu untuk menyimpan data dengan ukuran yang maksimum hingga tera byte. Oracle paling banyak digunakan pada perusahaan-perusahaan terutama yang sedang berkembang karena memang untuk mengaksesnya tersedia secara gratis.

Ms SQL Server

Software ini merupakan manajemen basis data yang umum digunakan pada Microsoft dengan bahasa pemograman yang digunakan adalah Transact-SQL.

Tipe data yang digunakan cukup banyak sehingga sangat efektif untuk mendukung kinerja bisnis kamu.

MySQL

Salah satu software database yang open access untuk umum dan kompatibel pada sistem operasi Windows maupun Linux.

Keunggulan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan program MySQL yaitu software ini bisa digunakan untuk multi user. Kelebihan lainnya dair MySQL yaitu tersedia gratis, query data yang cepat dan berlisensi resmi.

Firebird

Bisa dibilang software basis data ini memiliki fitur sistem yang standar dan ringan yaitu fitur ANS SQL-99 dan SQL – 2003. Kompatibel untuk digunakan pada sistem operasi Windows, Linux maupun Unix.

Postgre SQL

Menawarkan sistem data opensource dengan lisensi GPL/ General Public License. Software ini menggunakan bahasa pemograman C++, C, SQL, PHP dan lainnya. Jika digunakan untuk pekerjaan pribadi, maka software ini sangat recommended untuk kamu gunakan.

Kamu bisa menggunakan berbagai jenis database diatas supaya pengelolaan dan informasi data perusahaan kamu bisa semakin lengkap dan akurat. Karena, dengan pengelolaan data yang baik dan cepat, kinerja kamu bisa lebih maksimal dan produktif.

JojoExpenseTapi, ada lagi lho yang bisa membuat kamu bisa lebih produktif dan efisien, yaitu dengan menggunakan berbagai aplikasi dari Jojonomic ini!

Ada aplikasi JojoTimes, JojoExpense, dan JojoPayroll yang dengan sistem otomatisnya bisa membuat pekerjaan kamu bisa lebih mudah dan cepat.

Pembayaran gaji, reimbursement, absen dan izin karyawan, laporan keuangan, semuanya bisa kamu serahkan dengan berbagai aplikasi ini, dan dijamin akurat dan aman. Yuk, coba aplikasi-aplikasinya sekarang! Jangan sampai ketinggalan ya!