Decacorn Dan Penggunaannya Pada Bisnis Startup Indonesia

Decacorn mungkin saat ini menjadi sebuah istilah baru. Maka tak heran bila belum banyak orang yang tahu apa arti dari istilah ini. Jika sebelumnya terkenal istilah unicorn maka sekarang ini muncul istilah yang baru di dalam dunia startup. Jika awalnya startup merajalela dengan status unicorn maka rupanya saat ini startup mulai berkembang dan sebagian dikenal dengan istilah decacorn. Istilah ini sebenarnya mengacu pada sebuah istilah yang digunakan pada suatu perusahaan. Istilah ini lebih dikenal pada perusahaan yang memiliki nilai valuasi cukup tinggi yaitu lebih dari 10 miliar dolar US.

Jika ditelusuri secara lebih lanjut maka akan didapati bahwa saat ini beberapa startup di dunia sudah tidak disebut dengan istilah unicorn lagi. Hal ini tidak lain disebabkan karena beberapa perusahaan tersebut telah menunjukkan kemajuan dan perkembangan yang signifikan sehingga valuasi perusahaan tersebut meningkat. Bahkan valuasi perusahaan tersebut bisa mencapai lebih dari 10 miliar US dolar. Beberapa startup teknologi yang memiliki valuasi lebih dari 10 dolar US tersebut antara lain Airbnb dan Pinterest dan masih banyak lagi. Beberapa perusahaan besar dunia ini memang berkembang dengan sangat pesat dan banyak digunakan oleh para pengguna internet. Para pengguna internet pada kenyataannya semakin banyak yang mengunggah beberapa aplikasi perusahaan dunia sehingga bisa mengunjunginya dengan lebih mudah baik melalui PC ataupun melalui gadget.

decacorn

Perusahaan Decacorn di Indonesia

Pada dasarnya hampir seluruh perusahaan di Indonesia memiliki perkembangan yang bisa dibilang cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari adanya beberapa perusahaan yang mengalami pertumbuhan perusahaan rintisan dengan sangat cepat. Pertumbuhan perusahaan rintisan ini disebut pula dengan istilah startup yang tampaknya saat ini semakin banyak digunakan oleh beberapa kalangan. Di Indonesia bahkan setidaknya terdapat lebih dari 2.000 startup yang ternyata diantaranya merupakan bagian dari startup terbesar di dunia.

Tentu hal ini sangatlah membanggakan bagi tanah air karena hal ini menunjukkan bahwa startup di tanah air bisa berupaya untuk mengalami kemajuan yang cepat. Rupanya kini di tanah air tidak hanya ada unicorn saja. Sebenarnya adanya unicorn ini sudah cukup menunjukkan kemajuan startup yang bisa dibilang cukup pesat. Tentu saja keberadaan unicorn tersebut sangat bermanfaat bagi negara karena kemajuannya. Namun kini dengan ditambah adanya decacorn maka lengkaplah sudah kemajuan dan perkembangan perusahaan di Indonesia.

Awalnya perusahaan Gojek yang banyak dikenal oleh masyarakat di tanah air ini memiliki valuasi yang lebih dari 10 miliar dolar US. Namun saat ini posisi Gojek ini menjadi turun di bawah perusahaan Grab. Rupanya saat ini nilai aset perusahaan Grab telah melebihi perusahaan Gojek. Bukanlah hal yang mengherankan bila saat ini Grab dikenal di seluruh lapisan masyarakat. Bahkan seluruh lapisan masyarakat selalu membicarakannya dan bahkan menggunakan produk dari perusahaan ini. Tentu saja hal ini dapat memberikan banyak keuntungan baik dari segi ekonomi maupun lainnya. Bahkan keberadaan perusahaan ini juga turut berguna menyumbangkan kontribusinya bagi dunia transportasi di tanah air.

Syarat Menjadi Decacorn

Ada beberapa syarat umum yang ditetapkan supaya sebuah bisnis dapat menggunakan Decacorn, beberapa syarat tersebut termasuk sebagai berikut:

1. Valuasi tinggi

Valuasi merupakan sebuah istilah yang mungkin terdengar cukup asing. Istilah ini mungkin lebih banyak diketahui oleh Anda yang bergelut di bidang ekonomi dan bisnis. Namun mungkin istilah ini masih belum dipahami oleh masyarakat luas dari berbagai kalangan di tanah air. Sebuah perusahaan dan startup mungkin saja dalam waktu yang cukup singkat bisa memperoleh hasil yang sangat besar. Pendapatan sangat tinggi sehingga valuasi perusahaan juga mengalami peningkatan.

Perusahaan dan startup yang berkembang bisa menjadi unicorn karena keberhasilannya tersebut. Namun jika valuasi perusahaan tersebut telah mencapai 10 milliar dolar US maka perusahaan startup ini akan menjadi decacorn. Jumlah 10 miliar dollar US ini kira-kira setara dengan 141 triliun rupiah. Jadi bisa dibayangkan bahwa bberapa perusahaan di tanah air ini telah memiliki valuasi senilai 141 triliun rupiah dan bahkan lebih. Hal ini tentunya merupakan sebuah pencapaian prestasi terbaik yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam negeri.

2. Injeksi modal tinggi

Perusahaan decacorn bagaimana juga tidak hanya memperoleh penghasilan yang besar saja tetapi injeksi modal yang diperolehnya juga besar atau tinggi. Artinya perusahaan besar seperti ini tentu membutuhkan modal atau invesatasi yang tidak sedikit. Dengan adanya modal atau investasi dana yang kuat maka startup bisa mengalami perkembangan hingga bisa semakin maju. Investasi dana yang kuat bagi sebuah perusahaan sudah tentu akan berpengaruh secara langsung pada perusahaan yang mungkin masih baru saja melakukan perintisan.

Setelah mendapatkan injeksi modal yang cukup tinggi maka selanjutnya perusahaan tersebut bisa membangun produk dan layanan keuangan yang tentunya bersifat inovatif. Adanya peningkatan produk dan layanan ini pada akhirnya akan membuat masyarakat dan konsumen serta pelanggan menjadi puas dan selalu bergantung pada perusahaan tersebut dalam rangka memenuhi segala kebutuhannya. Perusahaan juga dapat meningkatkan layanan keuangan sehingga perolehan valuasi akan lebih mudah untuk dilakukan dan juga lebih praktis.

3. Melakukan ragam ekspansi

Startup yang mengalami perkembangan dan kemajuan karena adanya modal besar tentu akan lebih mudah melakukan ekspansi. Sebuah ekspansi perusahaan memang perlu dilakukan agar perusahaan dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya. Ekspansi sendiri lebih dikenal dengan istilah perluasan usaha yang antara lain meliputi peningkatan dalam hal pemasaran atau distribusi produk.

Dengan adanya ekspansi ini maka sebuah perusahaan dapat memaksimalkan usaha atau bisnisnya sehingga valuasi selalu konsisten dan meningkat. Ekspansi tidak hanya penting bagi peningkatan aset perusahaan saja tetapi juga berguna untuk mempertahakan kerjasama dengan para klien yang telah memberikan investasi dana bagi perusahaan tersebut. Seluruh hal ini tentu akan menguntungkan bagi perusahaan dan konsumen serta pada akhirnya bagi negara.

Penggunaan Decacorn dianggap jauh lebih baik dan menguntungkan dibandingkan pendahulunya di bidang bisnis startup. Demikian halnya penggunaan sistem keuangan perusahaan yang lebih baik dan kompeten. Misalnya dengan menggunakan JojoExpense untuk membantu sistematisasi keuangan perusahaan. Sehingga nantinya reimburse maupun penyediaan kas di perusahaan jauh lebih terstruktur dan sistematis. Tidak hanya itu saja, tetapi juga mencegah potensi penipuan di dalam keuangan perusahaan.

Semua manfaat yang baik ini bisa didapatkan berkat aneka ragam fitur di dalam JojoExpense. Misalnya saja fitur Cash Advanced with Flexible Verification Flow, Cash Advance Partial Reporting, Restriction Policies for Cash Advance Request, Cash Advance Account Receivable Receipt, dan beberapa fitur pendukung lainnya. Oleh karena itu tidak perlu ragu dan segera saja dapatkan coba gratis di perusahaan Anda. Mari lihat sendiri bagaimana sistem dari JojoExpense ini akan membantu keuangan perusahaan yang jauh lebih baik dan lebih optimal. Selamat mencobanya!