Desain produk : Definisi, Ruang Lingkup, dan Fungsi

Desain produk

Pengertian desain produk merupakan rangkaian upaya untuk meneliti dan merencanakan barang bekas yang fungsional, ergonomis dan enak dilihat, sehingga menjadi lebih bernilai dan bermanfaat bagi pengguna (konsumen). Biasanya produk yang dirancang akan diproduksi secara massal di industri. Oleh karena itu, terkadang bidang penelitian ini juga disebut sebagai desain industri.

Bahkan dalam bahasa Inggris bidang penelitian ini sebenarnya disebut desain industri. Namun istilah tersebut tidak dapat diterjemahkan secara harfiah ke dalam desain industri, karena desain bukanlah industri tetapi produk (Adhi Nugraha, 1989). Terjemahan yang paling mungkin adalah desain industri.

Namun, itu masih terdengar ambigu. Oleh karena itu, design produk masih merupakan istilah yang lebih tepat yang dapat digunakan sebagai terjemahan. Menanggapi masalah bahasa, tampaknya penting untuk membahas makna design produk berdasarkan makna kata.

Design Produk

Desain produk

Desain produk adalah menciptakan produk baru untuk dijual perusahaan kepada pelanggan. Melalui proses menghasilkan produk baru, koefisiennya sangat luas, dan generasi serta pengembangan ide yang efektif. Oleh karena itu, inilah aspek utama pengembangan produk baru.

Dengan tidak adanya definisi yang diakui yang dapat sepenuhnya mencerminkan luasnya topik, diperlukan dua definisi yang terpisah tetapi saling bergantung: satu yang dengan jelas mendefinisikan desain produk berdasarkan artefak, dan yang lainnya yang mendefinisikan proses desain produk yang terkait dengan artefak. definisi. Peninggalan budaya. .

Desain produk sebagai kata benda: set atribut artefak, terdiri dari atribut diskrit bentuk (yaitu, estetika barang atau jasa berwujud) dan fungsi (yaitu, fungsinya), serta sifat terintegrasi dari bentuk dan fungsi . Luchs, M. & Swan, KS (2011). Perspektif: Munculnya desain produk sebagai bidang konsultasi pemasaran. Majalah Manajemen Inovasi Produk,

Maksud dan tujuan desain produk

Berdasarkan beberapa definisi desain produk di atas, fakta membuktikan bahwa maksud dan tujuan mendesain produk adalah untuk membantu perusahaan menciptakan dan mengembangkan produk baru atau untuk memastikan bahwa hasil produksi memenuhi keinginan pelanggan. Di sisi lain, harus disesuaikan dengan kemampuan perusahaan.

Tujuan desain produk, antara lain:

  • Untuk menghindari kemungkinan kegagalan dalam proses pembuatan produk.
  • Pilih metode pembuatan produk terbaik dan paling ekonomis.
  • Tentukan standarisasi atau spesifikasi produk yang dikembangkan.
  • Hitung biaya dan tentukan harga produk yang dihasilkan.
  • Untuk mengetahui kelayakan produk apakah sudah memenuhi persyaratan atau masih perlu dilakukan perbaikan kembali.
  • Tujuan dari desain produk itu sendiri adalah:
  • Menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi.
  • Menghasilkan produk populer pada saat itu.
  • Jadikan produk se-ekonomis mungkin dalam penggunaan bahan baku dan biaya, tanpa mengurangi nilai jual produk.

Pahami desain produk berdasarkan arti kata

Desain produk

design produk terdiri dari dua kata yaitu desain dan produk. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, desain mengacu pada bentuk atau kerangka desain. Produk mengacu pada produk atau jasa yang diproduksi sesuai dengan kegunaan atau nilainya dan meningkatkan nilai guna, kemudian proses produksi menjadi hasil akhir dari proses produksi.

Oleh karena itu, konsep desain produk leksikal adalah kegiatan mendesain suatu objek yang akan diolah dan dihasilkan menjadi objek yang lebih bernilai dan berguna. Produksi berkaitan erat dengan industri yang membutuhkan teknologi, manajemen, dan parameter teknis lainnya untuk beroperasi.

Setelah menarik kesimpulan di atas, ternyata design produk lebih dari sekadar desain dan estetika. Design produk juga melibatkan banyak disiplin ilmu lainnya. Lantas, apa saja batasan yang membuat desain produk unik, sehingga design produk harus merupakan bidang penelitian yang spesifik?

Pelajari tentang desain produk berdasarkan para ahli

  • Bagas Prastyowibowo
    design produk merupakan salah satu faktor yang mendorong perkembangan industri, sehingga produk industri dapat diterima oleh masyarakat karena produk yang diperoleh memiliki kualitas yang baik, terjangkau, desain yang indah, dan terjamin (Prastywibowo, 1999: 5).
  • Suyadi Prawirosentono
    Design produk mengacu pada design produk (komoditas) yang akan diproduksi (1996: 1).
  • Yus R Hadjadinata
    design produk berkaitan dengan bentuk dan fungsi. Desain formulir yang relevan terkait dengan rencana dan tampilan produk. Meskipun desain fungsi terkait berkaitan dengan cara produk digunakan (Hadjadinata, 1995: 18).
  • Imam Djati Widodo
    Definisi design produk adalah pendekatan sistematis yang mengintegrasikan produk yang berpengaruh dan perencanaan proses (termasuk manufaktur dan pendukungnya).
  • Brutus & Margaret
    design produk merupakan produk yang dikembangkan untuk memenuhi kepuasan konsumen.

Ruang lingkup desain produk

Desain produk

Cakupan design produk sangat luas, mulai dari kerajinan tangan, alat peraga, alat transportasi hingga peralatan rumah tangga. Jika dikelompokkan berdasarkan keseluruhan, maka ruang lingkup design produk dapat dibagi menjadi:

  • Peralatan design produk
  • Desain perkakas lingkungan
  • Desain peralatan transportasi
  • Proses design produk (kerajinan)

Meskipun cakupannya luas, namun cakupannya jelas. Oleh karena itu, design produk adalah cabang ilmu desain yang unik, tetapi sangat interdisipliner. Disiplin ini berkisar dari estetika, teknik industri, teknologi, desain grafis hingga manajemen. Hal ini dikarenakan tujuan dari design produk itu sendiri mencakup banyak aspek.

Definisi desain produk berdasarkan tujuan dan fungsi produk

Menurut definisi Ulrich & Eppinger (2008: 190), design produk adalah layanan profesional yang bertujuan untuk membuat dan mengembangkan konsep dan spesifikasi untuk mengoptimalkan fungsi, nilai dan tampilan produk hingga sistem, sehingga membuat produk lebih menguntungkan. untuk konsumen dan produsen.

Kedengarannya lengkap, bukan? Tidak diragukan lagi bahwa design produk haruslah sangat interdisipliner. Ulrich & Eppinger (2008: 190) mengutip Drefyus (1967) menjelaskan bahwa ada lima tujuan penting dalam proses design produk, yaitu:

  • Utilitas (tujuan): Produk yang digunakan harus aman dan mudah digunakan.
  • Penampilan: Penampilan produk harus unik dan indah agar menjadi produk yang menarik.
  • Mudah dalam perawatan (easy perawatan): design produk tidak terbatas pada penggunaannya, tetapi juga harus didesain agar mudah dirawat dan diperbaiki.
  • Biaya rendah: Produk yang dirancang harus dapat diproduksi dengan biaya rendah agar dapat bersaing.
  • Komunikasi (komunikasi): design produk harus dapat menyampaikan filosofi dan misi perusahaan atau desainer

Fungsi design produk

Desain objek itu sendiri memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Menjadi identitas produk (merek)
  • Lindungi produk (kontrol kualitas)
  • Tambahkan nilai pada produk

Setelah kita membahas semua aspek design produk, makna design produk menjadi jelas. Namun, untuk memastikan agar penelitian lebih terarah, kita tetap harus membandingkannya dengan berbagai pendapat ahli. Berikut ini beberapa definisi dari design produk.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa design produk adalah desain dan rencana objek, sehingga memiliki nilai lebih dalam segala aspek, seperti fungsi yang lebih efektif, tampilan yang lebih cantik agar lebih mudah digunakan dan lebih nyaman, dan di masa depan industri. tidak sulit untuk dipertahankan dalam produksi dan lebih efektif secara ekonomis dan teknis, sehingga memberikan keuntungan bagi konsumen (pengguna) dan produsen.

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Pengeluaran Perusahaan Anda Hingga 76%. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Kelola data pelanggan dengan lebih mudah. JojoExpense memungkinkan Anda mengakses keuangan perusahaan dengan mudah kapan pun dan di mana pun. Apakah Anda ingin mengajukan permintaan pengembalian dana atau mengizinkan penarikan uang tunai, Anda dapat melakukannya melalui ponsel Anda.

Anda dapat mengirimkan permintaan Anda secara langsung, atau Anda dapat menyimpannya untuk digunakan nanti, misalnya, jika Anda ingin memeriksa kembali aplikasi Anda. Itu semua tergantung Anda-Anda bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan Anda sendiri.

Saat Anda duduk di meja kerja, Anda dapat sepenuhnya fokus pada tugas-tugas penting dan menyerahkan manajemen marjinal ke proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!