Jenis Dan Keuntungan Dividen Perusahaan Untuk Nasabah

deviden

Dividen merupakan suatu bagian dari keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham. Maka besar kecilnya keuntungan yang dibayarkan pada pada para pemegang saham tergantung dari berbagai kebijakan mengenai deviden dari masing-masing perusahaan yang telah ditentukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS.

Apa Itu Dividen?

Ingin Terjun ke Dunia Saham? Pahami 5 Risiko Menabung Saham Ini

Dividen adalah pembagian sebagian pendapatan perusahaan kepada sekelompok pemegang sahamnya, sebagaimana ditentukan oleh dewan direksi perusahaan . Pemegang saham biasa dari perusahaan yang membayar dividen biasanya memenuhi syarat selama mereka memiliki saham sebelum tanggal ex-dividen. Dividen dapat dibayarkan dalam bentuk tunai atau dalam bentukadditional stock.

POIN PENTING

  • Dividen adalah pembagian sebagian pendapatan perusahaan kepada sekelompok pemegang sahamnya, sebagaimana ditentukan oleh dewan direksi perusahaan.
  • Dividen adalah pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan publik sebagai hadiah bagi investor untuk memasukkan uang mereka ke dalam usaha.
  • Pengumuman pembayaran deviden umumnya disertai dengan kenaikan atau penurunan harga saham perusahaan secara proporsional.

Memahami Dividen

Dividen harus disetujui oleh pemegang saham melalui hak suara mereka. Meskipun dividen tunai adalah yang paling umum, dividen juga dapat diterbitkan sebagai saham atau properti lainnya. Bersama dengan perusahaan, berbagai reksa dana dan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) juga membayar dividen.

Dividen adalah hadiah token yang dibayarkan kepada pemegang saham atas investasi mereka dalam ekuitas perusahaan, dan biasanya berasal dari laba bersih perusahaan. Sementara sebagian besar keuntungan disimpan di dalam perusahaan sebagai  laba ditahan yang merupakan uang yang akan digunakan untuk kegiatan bisnis perusahaan yang sedang berlangsung dan di masa depan – sisanya dapat dialokasikan kepada pemegang saham sebagai dividen. Terkadang, perusahaan mungkin masih melakukan pembayaran dividen meskipun mereka tidak menghasilkan keuntungan yang sesuai. Mereka mungkin melakukannya untuk mempertahankan rekam jejak yang mapan dalam melakukan pembayaran dividen secara teratur.

Dewan direksi dapat memilih untuk menerbitkan dividen dalam berbagai kerangka waktu dan dengan tingkat pembayaran yang berbeda . Dividen dapat dibayarkan pada frekuensi yang dijadwalkan, seperti bulanan, triwulanan atau tahunan. Misalnya, Walmart Inc. ( WMT ) dan Unilever ( UL ) melakukan pembayaran dividen triwulanan secara teratur.

Perusahaan juga dapat menerbitkan dividen khusus yang tidak berulang baik secara individual atau sebagai tambahan dividen terjadwal. Didukung oleh kinerja bisnis yang kuat dan prospek keuangan yang membaik, Microsoft Corp. ( MSFT ) mengumumkan dividen khusus sebesar $ 3,00 per saham pada tahun 2004, yang jauh di atas dividen triwulanan yang biasa di kisaran $ 0,08 hingga $ 0,16 per saham.

Tiga Emiten, MFMI, UNIC Dan META Jadwalkan Bayar Deviden Pekan Terakhir  Tahun Ini | VIBIZNEWS.COM

Dampak Dividen terhadap Harga Saham

Karena dividen tidak dapat diubah, pembayaran mereka biasanya menyebabkan uang keluar dari pembukuan dan akun bisnis perusahaan selamanya. Oleh karena itu, pembayaran dividen memengaruhi harga saham – mungkin naik pada pengumuman kira-kira sebesar jumlah dividen yang diumumkan dan kemudian turun dengan jumlah yang sama pada sesi pembukaan tanggal ex-dividen.

Mengapa Perusahaan Membayar Dividen

Perusahaan membayar dividen karena berbagai alasan. Alasan tersebut dapat memiliki implikasi dan interpretasi yang berbeda bagi investor.

Dividen dapat diharapkan oleh para pemegang saham sebagai imbalan atas kepercayaan mereka pada suatu perusahaan. Manajemen perusahaan mungkin bertujuan untuk menghormati sentimen ini dengan memberikan rekam jejak pembayaran dividen yang kuat. Pembayaran dividen mencerminkan perusahaan secara positif dan membantu menjaga kepercayaan investor. Dividen juga disukai oleh pemegang saham karena diperlakukan sebagai pendapatan bebas pajak bagi pemegang saham di banyak negara. Sebaliknya, capital gain yang direalisasikan melalui penjualan saham yang harganya mengalami kenaikan dianggap sebagai penghasilan kena pajak. Pedagang yang mencari keuntungan jangka pendek juga mungkin lebih suka mendapatkan pembayaran dividen yang menawarkan keuntungan bebas pajak instan.

Deklarasi dividen yang bernilai tinggi dapat menunjukkan bahwa perusahaan berjalan dengan baik dan telah menghasilkan laba yang baik. Tetapi itu juga dapat menunjukkan bahwa perusahaan tidak memiliki proyek yang sesuai untuk menghasilkan pengembalian yang lebih baik di masa depan. Oleh karena itu, ia menggunakan kasnya untuk membayar pemegang saham alih-alih menginvestasikannya kembali untuk pertumbuhan.

Jika sebuah perusahaan memiliki sejarah panjang pembayaran dividen, pengurangan jumlah dividen, atau penghapusannya, dapat memberi sinyal kepada investor bahwa perusahaan tersebut dalam masalah. Pengumuman penurunan 50% dividen dari General Electric Co ( GE ), salah satu perusahaan industri terbesar Amerika, diiringi dengan penurunan lebih dari enam persen pada harga saham GE.

Catatan Tentang Dividen Dana

How Do Dividends Work? | DaveRamsey.com

Dividen yang dibayarkan oleh dana berbeda dengan dividen yang dibayarkan oleh perusahaan. Dividen perusahaan biasanya dibayarkan dari keuntungan yang dihasilkan dari operasi bisnis perusahaan. Dana bekerja berdasarkan prinsip nilai aset bersih (NAB), yang mencerminkan penilaian kepemilikan mereka atau harga aset yang mungkin dilacak oleh dana. Karena dana tidak memiliki keuntungan intrinsik, mereka membayar dividen yang bersumber dari NAB mereka.

Karena dana berbasis NAV, pembayaran dividen reguler dan frekuensi tinggi tidak boleh disalahartikan sebagai kinerja luar biasa oleh dana tersebut. Misalnya, dana investasi obligasi dapat membayar dividen bulanan karena menerima uang dalam bentuk bunga bulanan atas kepemilikan yang menghasilkan bunga. Dana hanya mentransfer pendapatan dari bunga sepenuhnya atau sebagian kepada investor dana. Dana investasi saham juga dapat membayar dividen. Dividennya dapat berasal dari dividen yang diterimanya dari saham yang dimiliki dalam portofolionya, atau dengan menjual sejumlah saham. Kemungkinan investor yang menerima dividen dari dana tersebut mengurangi nilai kepemilikannya, yang tercermin dalam NAB yang berkurang pada tanggal ex-dividen.

Apakah Dividen Tidak Relevan?

Ekonom  Merton Miller  dan  Franco Modigliani  berpendapat bahwa kebijakan dividen perusahaan  tidak relevan dan tidak berpengaruh pada harga saham perusahaan atau biaya modalnya . Secara teoritis, pemegang saham mungkin tetap acuh tak acuh terhadap kebijakan dividen perusahaan. Dalam kasus pembayaran dividen yang tinggi, mereka dapat menggunakan uang tunai yang diterima untuk membeli lebih banyak saham. Menginvestasikan kembali dividensering kali merupakan pilihan cerdas, meski tidak selalu merupakan pilihan terbaik. Misalnya, dalam kasus pembayaran rendah, mereka malah dapat menjual sebagian saham untuk mendapatkan uang tunai yang mereka butuhkan. Dalam kedua kasus tersebut, kombinasi nilai investasi di perusahaan dan kas yang mereka pegang akan tetap sama. Miller dan Modigliani dengan demikian menyimpulkan bahwa dividen tidak relevan, dan investor seharusnya tidak peduli dengan kebijakan dividen perusahaan karena mereka dapat membuat sendiri secara sintetis. 

Namun, pada kenyataannya, dividen memungkinkan uang tersedia bagi pemegang saham, yang memberi mereka kebebasan untuk mendapatkan lebih banyak kegunaan darinya. Mereka dapat berinvestasi dalam keamanan finansial lain dan meraup keuntungan yang lebih tinggi, atau menghabiskan waktu luang dan keperluan lainnya. Selain itu, biaya seperti pajak, pialang, dan saham yang tidak dapat dibagi membuat dividen menjadi utilitas yang cukup besar di dunia nyata.

Dividen dapat membantu mengimbangi biaya dari broker dan pajak Anda. Pada akhirnya, ini dapat membuat investasi dividen menjadi lebih menarik. Tentu saja, untuk diinvestasikan dalam aset penghasil dividen, seseorang membutuhkan pialang saham.

Membeli Investasi Pembayar Dividen

The Pros and Cons of Dividend-Paying Stocks for Muslims - ShariaPortfolio

Investor yang mencari investasi dividen memiliki sejumlah opsi termasuk saham, reksa dana, dana yang diperdagangkan di bursa (ETF), dan banyak lagi. The  model diskonto dividen atau model pertumbuhan Gordon dapat membantu dalam memilih investasi saham. Teknik-teknik ini mengandalkan aliran dividen masa depan yang diantisipasi untuk menilai saham.

Untuk membandingkan beberapa saham berdasarkan kinerja pembayaran dividennya, investor dapat menggunakan  faktor hasil dividen yang mengukur dividen dalam persentase dari harga pasar saham perusahaan saat ini. Tingkat dividen juga dapat dikutip dalam jumlah dolar yang diterima setiap saham – dividen per saham (DPS). Selain hasil dividen, ukuran kinerja penting lainnya untuk menilai pengembalian yang dihasilkan dari investasi tertentu adalah faktor pengembalian total. Angka ini menjelaskan  bunga,  dividen, dan kenaikan harga saham, di antara keuntungan modal lainnya.

Pajak adalah pertimbangan penting lainnya saat berinvestasi untuk keuntungan dividen. Investor dalam kelompok pajak tinggi diamati lebih memilih saham yang membayar dividen jika yurisdiksi mengizinkan pajak nol- atau secara komparatif lebih rendah atas dividen daripada tarif normal. Misalnya, Yunani dan Slovakia memiliki pajak yang lebih rendah atas pendapatan dividen untuk pemegang saham, sedangkan keuntungan dividen bebas pajak di Hong Kong.

Jenis Deviden

25 Dividend Stocks the Analysts Love the Most | Kiplinger - Flipboard

Cash deviden

Deviden jenis ini bisa disebut pula dengan istilah deviden tunai. Bentuk keuntungan yang satu ini tampaknya paling populer dan paling umum sehingga banyak dijumpai. Umumnya perusahaan dalam hal ini membayarkan keuntungan tersebut dalam bentuk tunai kepada seluruh pemegang saham dengan berdasar pada jumlah saham yang dimilikinya. Kemudian uang tunai ini disimpan di rekening bank milik pemegang saham.

Property deviden

Deviden properti sesuai dengan namanya maka dibayarkan dalam bentuk properti dan bukan dalam bentuk uang tunai. Keuntungan ini bisa dalam bentuk properti apa saja. Misalnya saja dalam bentuk seperti real estate dan kendaraan atau mungkin dalam bentuk aset lainnya. Tentunya properti ini dibetikan sebagai keuntungan pada nilai pasar wajar.

Stock deviden

Untuk jenis deviden stock berarti berupa saham yang dibayarkan kepada para pemegang saham dalam bentuk yang berbeda pula. Pembayaran saham ini dilakukan dengan mengeluarkan saham baru di perusahaan. Tentunya pembayaran saham ini dilakukan dengan berdasar pada jumlah saham yang sudah dimiliki oleh para investor atau para pemegang saham.

Script deviden

Deviden skrip mengacu pada pembayaran keuntungan yang dilakukan dalam bentuk surat janji utang. Hal ini biasanya dilakukan untuk membayar para pemegang saham dengan jangka waktu tertentu yang telah disepakati antara perusahaan dan para pemegang saham. Deviden ini seperti halnya dengan keuntungan properti yaitu pembayarannya tidak dalam bentuk cash.

Liquidating deviden

Jenis deviden yang satu ini bisa disebut pula dengan istilah deviden likuidasi. Deviden likuidasi pada umumnya terjadi terutama pada saat perusahaan akan mengakhiri operasi bisnisnya. Biasanya perusahaan dalam hal ini mengalami kebangkrutan atau pailit. Keuntungan ini umumnya dilakukan dengan cafa mengembalikan modal awal yang dikontribusikan oleh para pemegang saham sebagai suatu ekuitas perusahaan.

Keuntungan Deviden

Ekspansi perusahaan

Dengan adanya pembagian saham maka hal ini berarti bahwa laba kas perusahaan tidak terpakai. Jadi dalam hal ini perusahaan tetap bisa melakukan ekspansi walaupun tidak menggunakan laba perusahaannya. Tetapi ekspansi bisa dilakukan dengan menggunakan keuntungan dari saham tersebut. Oleh karena itu hal ini bisa disebut sebagai salah satu keuntungan bagi perusahaan.

Arus kas tidak terganggu

Pembagian keuntungan saham pada dasarnya berasal dari saldo laba yang ditahan. Jadi sebenarnya pembagian dari hal ini tidak akan menimbulkan pengeluaran pada kas tunai perusahaan. Jadi dalam hal ini pemindahan saldo di akun laba ditahan hingga ke akun ekuitas saham biasa. Maka hal ini tentu saja akan meningkatkan jumlah ekuitas. Hal ini tentunya bersifat menguntungkan karena tidak akan mengganggu arus kas perusahaan.

Penguatan struktur modal

Arus kas perusahaan yang tidak terganggu pada akhirnya akan berdampak pula pada penguatan struktur modal perusahaan. Sebab adanya keuntungan ini mengakibatkan perusahaan bisa memberikan dana bagi perkembangan perusahaan tanpa mengganggu kas perusahaan. Maka permodalan bagi perusahaan bisa semakin kuat.

Likuiditas perusahaan

Pembagian deviden saham berarti bisa diartikan pula bahwa jumlah saham yang beredar pada perusahaan akan semakin bertambah. Jadi peningkatan jumlah saham yang beredar ini akan berdampak pula apda peningkatan likuiditas perusahaan. Pada dasarnya dampak dari peningkatan jumlah saham yang beredar atau yang biasa disebut dengan istilah listed shares ini hampir sama dengan dampak yang dihasilkan oleh stock split.

Pembayaran Deviden

Tanggal pengumuman

Tanggal pengumuman pada dasarnya merupakan suatu tanggal yang secara resmi diumumkan oleh emiten tentang bentuk dan besarnya keuntungan yang diterima pemegang saham. Selain itu akan fiumumkan pula jadwal pembayaran yang akan dilakukan kepada para pemegang saham. Pengumuman ini umumnya dilakukan untuk pembagian jenis reguler.

Tanggal pencatatan

Tanggal ini merupakan tanggal pencatatan berbagai nama perusahaan yang memegang saham. Dalam hal ini para pemilik saham yang terdaftar pada daftar pemegang saham ini akan diberikan hak. Sedangkan para pemegang saham yang tidak terdaftar pada tanggal pencatatan tersebut tidak akan diberikan hak untuk memperoleh deviden. Jadi tanggalpencatatan ini memang berhubungan dengan perusahaan penerima keuntungan.

Tanggal cum dividen

Untuk tanggal cum merupakan tanggal dari hari terakhir perdagangan saham. Biasanya perdagangan saham ini masih melekat pada berbagai hak terutama untuk mendapatkan keuntungan. Deviden yang berhak diterima ini meliputi dalam bentuk tunai dan juga dalam bentuk saham. jadi tanggal ini juga penting dan perlu untuk ditetapkan.

Tanggal ex dividen

Tanggal ini berbeda dengan proses cum deviden. Pada tanggal ex ini menandakan bahwa tanggal perdagangan saham sudah tidak melekat lagi pada hak untuk memperoleh keuntungan. Maksudnya disini adalah jika investor melakukan pembelian saham maka investor tersebut sudah tidak dapat mendaftarkan namanya. Dalam hal ini investor tidak melakukan pendaftaran untuk mendapatkan keuntungan dari perusahaan.

Tanggal pembayaran

Tanggal pembayaran adalah tanggal saat pembayaran keuntungan dilakukan oleh perusahaan kepada para pemegang saham. Tentu saja para pemegang saham yang dimaksud dalam hal ini adalah para pemegang saham yang telah mempunyai hak atas keuntungan tersebut. Jada pada tanggal ini para investor dapat mengambil deviden sesuai dengan bentuk yang diumumkan oleh emiten.

Pentingnya Deviden

Deviden sebenarnya sangat berarti dan penting termasuk bagi para investor. Dalam hal ini keuntungan tersebut dapat meningkatkan keuntungan dari adanya investasi saham yang dilakukan oleh para investor. Sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari para investor dari deviden yang diterimanya. Tidak hanya bagi investor saja tetapi rupanya deviden juga pening bagi perusahaan yang mengizinkan sebagian sahamnya dimiliki oleh perusahaan lain. Setidaknya hal ini turut menandakan bahwa sebuah perusahaan diakui telah mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik.

Dengan demikian maka keuntungan perusahaam memang terbukti turut menunjukkan performa dari sebuah perusahaan. Performa perusahaan tentu dinilai baik. Sehingga bisa menjual saham dan pada akhirnya bisa memberikan keuntungan lebih pada perusahaan yang membeli sebagian dari sahamnya.

Adapun hal ini sama pentingnya dengan menggunakan sistem keuangan perusahaan yang optimal. Misalnya saja dengan memutuskan untuk menggunakan JojoExpense. Produk yang satu ini terbukti dapat memberikan manfaat seperti misalnya pengaturan pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan yang lebih optimal. Selain itu juga bekerja untuk menghindari resiko adanya kecurangan keuangan perusahaan lebih optimal.

Semua manfaat tersebut dapat diperoleh berkat adanya fitur-fitur favorit andalan dari JojoExpense. Sebut saja fitur untuk monitor uang panjar kerja, ataupun fitur untuk budgeting keuangan perusahaan yang efektif. Karena itu segera beralih pada produk yang hebat ini. Dapatkan coba gratis selama 14 hari secepatnya dan jadikan sistem keuangan perusahaan Anda lebih baik bersama dengan JojoExpense.