Disruptive Innovation dalam Dunia Usaha, Berbahayakah?

Disruptive Innovationn

Pengertian Disruptive Innovation

Belakangan ini kita dapat melihat banyak perkembangan bisnis baru yang serba efisien, mudah, smart dan memanfaatkan teknologi.  Sebagai contoh kecilnya adalah bisnis Online Shop serta Online Transportation yang semakin hari semakin marak dan banyak di lingkungan. Tapi, tahukah Anda bahwa di balik hiruk pikuk dan maraknya itu semua ada bisnis lain yang akan terpuruk dan mati jika tidak bisa menyesuaikan diri serta mengikuti perkembangan bisnis baru tersebut. Tahukah Anda, selain menarik konsumen, bisnis yang menggunakan pola baru tersebut bisa membuat pasar baru?

Ada dua jenis inovasi yang dilakukan oleh para pengusaha pada era saat ini, yaitu Sustaining Innovation dan disruptive Innovation. 

Sustaining Innovation adalah sebuah inovasi yang menyempurnakan inovasi terdahulu yang telah ada sebelumnya. Sedangkan disruptive innovation adalah sebuah inovasi yang digunakan untuk membantu menciptakan pasar baru, mengganggu bahkan merusak pasar yang telah ada. Nah, pada akhirnya menggantikan pasar atau teknologi-teknologi terdahulu tersebut.

Konsepnya adalah inovasi disruptive mengembangkan suatu produk yang telah ada sebelumnya menjadi produk baru yang tak pernah diduga sebelumnya. Produk atau layanan tersebut dilakukan menggunakan cara yang tidak diprediksi oleh konsumen. Umumnya disruptive innovation akan menciptakan jenis  konsumen yang cukup berbeda pada pasar yang baru. Hal ini biasanya diciptakan dengan cara menurunkan harga agar menjadi lebih murah daripada harga pasar lama. Contoh dari Disruptive Innovation sendiri adalah Wikipedia yang merusak Ensiklopedia konvensional.

Dari Manakah Istilah Disruptive Innovation Muncul?

Disruptive Innovation

Istilah disruptive innovation sendiri dicetuskan pertama kali dalam artikel yang berjudul Disruptive Technologies: Catching the Wave oleh Clayton M. Christensen dan Joseph Bower. Artikel tersebut pada dasarnya ditujukan untuk para eksekutif yang pada saat itu menentukan pendanaan dan pembelian di sebuah perusahaan dan berkaitan dengan pendapatan dari perusahaan tersebut di masa depan.

Lalu selanjutnya pada bukunya yang berjudul  The Innovator’s Dilemma, Clayton M. Christensen memperkenalkan model baru dari Disruptive Innovation, di mana kemampuan pelanggan digunakan untuk memanfaatkan satu hal baru dalam satu lini. Di mana lini terendah yang tergambarkan adalah pelanggan yang cepat puas dan lini tertinggi adalah pelanggan yang menuntut.

Disruptive Innovation dapat diterapkan melalui beberapa persyaratan berikut :

1. Inovasi baru yang diciptakan tersebut tidak berkembang secara linier dari teknologi yang telah ada sebelumnya.

2. Inovasi baru yang diciptakan tersebut memanfaatkan peluang yang muncul saat inovasi yang lama sudah terlalu canggih serta kompleks untuk pelanggan. Pelanggan tersebut pastinya mengharapkan solusi inovasi baru yang lebih sederhana serta murah.

3. Berkaitan dengan poin kedua, yaitu: inovasi baru yang dihasilkan bukanlah inovasi yang lebih canggih dari sebelumnya. Disruptive Innovation sering berupa inovasi yang lebih mudah digunakan dan lebih fungsional. Namun dengan semakin berkembangnya teknologi, diharapkan inovasi baru yang dibuat bisa menjadi lebih canggih, mudah digunakan serta juga lebih murah agar dapat dinikmati oleh banyak kalangan.

Pengaruh Disruptive Innovation dalam Sektor Transportasi dan Sektor Hiburan

Pengaruh Disruptive Innovation

1. Pengaruh Disruptive Innovation di Sektor Transportasi

Beberapa tahun yang lalu, jika ingin bepergian kita masih harus menggunakan kendaraan umum yang masih sangat terbatas. Pilihannya terbatas pada kendaraan umum seperti bus, kereta dan pesawat ataupun kendaraan umum lain yang dikelola oleh perorangan seperti ojek dan angkot.

Belakangan dengan semakin berkembangnya teknologi muncul inovasi-inovasi baru yang bisa dibilang menciptakan pasar baru dan merusak pasar lama dalam bidang transportasi. Inovasi-inovasi yang muncul tersebut ternyata menggunakan perkembangan teknologi yang semakin maju sebagai salah satu alat penyokong inovasi-inovasi baru yang telah mereka ciptakan.

Sebagai contoh adalah keberadaan Ojek Online yang di masa saat ini sudah memonopoli sektor transportasi yang ada. Dengan adanya ojek online, keberadaan ojek pangkalan yang dahulu berada di mana-mana  ternyata sekarang menjadi berkurang drastis. Para sopir ojek dihadapkan oleh pilihan untuk mengikuti perkembangan baru tersebut ataukah kemudian menyerah dan mencari pekerjaan yang lain.

2. Pengaruh Disruptive Innovation di Bidang Hiburan

Dulu, ketika tahun 2000-an tidak jarang kita menemukan anak-anak yang bermain-main dengan menggunakan mainan fisik yang ada saat itu seperti mobil-mobilan atau mainan lain. Namun sekarang kita lebih banyak menemukan anak-anak yang bermain game online seperti Mobile Legend di gawai mereka masing masing. Keberadaan mainan anak-anak sekarang seperti kalah saing dengan adanya game online.

Lalu Apakah Disruptive Innovation Selalu Bersifat Disruptive?

Ide Inovasi

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu tahu bahwa hampir semua hal memiliki dampak positif dan negatifnya sendiri-sendiri. Tidak terkecuali dengan Disruptive Innovation. Dari judulnya memang terlihat mengerikan, Disruptive yang berarti merusak seringkali disalah artikan oleh banyak orang.

Padahal inti pokok dari Disruptive Innovation adalah perubahan atau inovasi dari pasar menggunakan beberapa pola atau alat yang bisa mempermudah konsumen ataupun bahkan pengusaha dalam menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen menggunakan teknologi-teknologi yang sedang berkembang.

Disruptive Innovation Untuk Mencuri Pasar

Karna Disruptive innovation adalah inovasi yang mengganggu pasar atau menggantikan inovasi yang telah ada sebelumnya, maka para pengusaha baru atau para pengusaha lama yang ingin menguasai pasar dengan cara baru sebaiknya melakukan inovasi disruptif menciptakan pasar baru melalui inovasi-inovasi teknologi dalam produknya.

Di era seperti sekarang ini, kemampuan untuk melakukan inovasi berguna bagi perusahaan untuk tetap bertahan hidup, terasing di tengah pasar dan dunia bisnis yang bergerak semakin dinamis. Para pengusaha diharapkan bisa menang dalam persaingan yang terjadi di pasar saat ini, harus jeli dalam melihat peluang-peluang yang ada, serta harus pandai dan gesit dalam mengeksploitasi peluang-peluang yang ada, harus selalu berinovasi.

Oleh karena itu, diperlukan pola berpikir out of the box dari para pengusaha agar layanan atau produk yang mereka ciptakan dapat digunakan dengan lebih mudah, murah dan cepat. Harga yang dibanderol pun diharapkan juga bisa lebih murah jika dibandingkan perusahaan incumbent, menyesuaikan target pasar.

Kesimpulan

Dengan melihat berbagai penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa disruptive innovation penting untuk diterapkan oleh perusahaan – perusahaan  rintisan (startup) baru dengan tujuan untuk merebut perhatian dari konsumen milik perusahaan yang lebih besar. Kemampuan untuk berpikir dengan kreatif pun perlu dilakukan untuk melahirkan berbagai inovasi teknologi yang bisa  lebih baik, nyaman serta murah bagi konsumen.

Berbicara dengan persaingan dalam pasar terutama yang dilakukan antara perusahaan satu dengan perusahaan lain, diharapkan setiap perusahaan melakukan inovasi-inovasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini. Namun, inovasi-inovasi yang dilakukan harus tetap disesuaikan dengan budget yang tersedia dalam perusahaan. Jangan sampai perusahaan salah melakukan penghitungan budgeting untuk inovasi-inovasi yang sedang dilakukan.

Disruptive innovation atau inovasi disruptif mungkin belum dipahami secara baik oleh masyarakat. Terlebih lagi istilah ini bisa dibilang masih terdengar asing bagi beberapa orang. Pada dasarnya istilah ini mengacu pada suatu aktivitas pembentukan pasar baru dan bisa merusak pasar yang telah ada sejak lama. Maka terciptalah suatu disrupsi atau kerusakan pada pasar. Dalam hal ini rupanya pasar yang telah lama bisa tergantikan dengan sesuatu yang hadir lebih baru serta memikat konsumen. Sebenarnya hal ini bisa ditemukan di sekitar kita. Hanya saja seringkali sesorang tidak menyadari bahwa pasar yang baru muncul dan kemudian menenggelamkan pasar yang lama.

Pembentukan pasar yang baru ini tentunya memiliki kecenderungan terhadap pemanfaatan dan penggunaan teknologi. Oleh karena itu pengaruh yang diberikannya pada pasar bisa dibilang begitu besar. Untuk itu setiap dari kita perlu mempersiapkan diri agar bisa menghadapinya. Istilah yang juga biasa disebut dengan disruption ini tampaknya cukup memberikan dampak atau pengaruh bagi kehidupan manusia. Maka hal ini perlu untuk dihadapi dengan berbagai macam sikap sehingga disruption seolah selalu memberikan dampak positif di dalam segala aspek kehidupan yang ada.

Pengaruh Disruptive Innovation

Munculnya ancaman baru

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa disruptive innovation bisa menimbulkan adanya ancaman. Bahkan di segala aspek termasuk pula di bidang bisnis hingga teknoligi dan informasi serta lainnya. Seringkali disruption ini dipandang sebagai suatu hal yang bisa memberikan dampak atau pengaruh buruk bagi kehidupan manusia. Dengan kata lain hal ini dipandang sebagai sesuatu yang bersifat mengancam oleh karena adanya penggunaan teknologi secara besar-besaran. Hal ini terjadi karena adanya inovasi baru yang seolah tak bisa dikalahkan karena adanya bantuan dari peran teknologi canggih.

Adanya kemudahan

Selain muncul ancaman baru rupanya inovasi disrupai juga bisa memberikan pengaruh lainnya yaitu dalam bentuk kemudahan. Dengan adanya bantuan teknologi maka manusia bisa melakukan segala hal secara lebih mudah dan praktis serta cepat. Tentu hal seperti jnilah yang diinginkan oleh manusia modern. Jika inovasi baru ini muncul dengan menawarkan adanya kemudahan maka segala hal yang hadir sebelumnya tanpa teknologi akan terpinggirkan. Sebenarnya hal ini bisa membawa manusia menuju kehidupan yang lebih modern karena adanya teknologi canggih.

Menghadapi Disruptive Innovation

Mengembangkan kualitas SDM

Inovasi yang berkembang pada dasarnya haruslah disertai dengan adanya pengembangan kualitas SDM. Sumber daya manusia yang berkembang dengan baik akan menjadikannya semakin berkualitas sehingga mampu mengembangkan inovasi. Termasuk pula dalam menghadapi disruption yang mungkin terjadi dalam kurun waktu yang cukup singkat. Dengan adanya pengembangan SDM maka setiap orang nantinya bisa dengan mudah menerima inovasi yang hadir dalam segala aspek kehidupan. Bahkan bukan tidak mungkin Anda sekalian nantinya bisa ahli dalam memanfaatkan inovasi tersebut.

Memiliki pemikiran kreatif

Pengembangan SDM pada dasarnya juga mencakup pemikiran yang bersifat kreatif. Pemikiran yang kreatif akan mendorong manusia untuk terus memanfaatkan inovasi yang ada. Termasuk pula memanfaatkan kecanggihan teknologi yang sedang berkembang pesat untuk keperluan bisnis. Dengan adanya pemikiran yang kreatif ini pula maka nantinya Anda dapat mengembangkan segala inovasi yang ada.

Mendukung penggunaan teknologi canggih

Teknologi canggih memang tidak dapat dihindari terutama di zaman modern seperti sekarang ini. Teknologi canggih yang semakin berkembang juga cenderung dimanfaatkan banyak orang untuk membantu mempermudah pekerjaan. Maka segala bidang dalam kehidupan manusia tentu semakin melibatkan peran teknologi yang semakin hari semakin canggih. Maka kenyataan ini haruslah dihadapi dengan berbagai sikap dan cara. Salah satunya adalah dengan mendukung penggunaan atau pemanfaatan teknologi canggih di segala bidang termausk dalam hal usaha dan bisnis dan menguasai pasar.

Menyadari adanya perubahan

Seringkali manusia tidak bisa menerima kenyataan mengenai adanya perubahan yang cenderung mengarah kepada pemanfaatan teknologi canggih. Padahal zaman sekarang ini identik dengan semakin berkembangnya inovasi yang melibatkan teknologi. Oleh karena itu sebaiknya setiap dari kita bisa menyadari kondisi yang ada sekarang ini. Artinya kondisi yang oenuh dengan inovasi baru berteknologi juga harus disadari dan diterima dengan langkah adaptasi yang baru.

Manfaat Persiapan Menghadapi Disruptive Innovation

Mampu membuat terobosan

Dengan adanya berbagai macam persiapan diri dalam rangka menyambut disruptive innovation maka nantinya manusia akan lebih mampu dalam membuat terobosan terbatu. Misalnya dalam hal pengembangan bisnis yang akan dilakukan dengan penuh strategi baru dalam menghadapi pasar yang baru. Terobosan yang baru nantinya akan membantu perusahaan akan semakin berkembang di tengah pasar yang penuh dengan inovasi baru.

Melakukan perubahan

Setiap perubahan juga bisa dilakukan oleh Anda sekalian. Tentunya untul bisa melakukan perubahan maka setiap orang haruslah membekali dirinya dengan pengetahuan dan keahlian tertentu. Terlebih lagi di zaman seperti ini yang di dalamnya terdapat banyak perubahan menuju dunia modern. Perusahaan juga diharapkan agar bisa menyikapi pasar yang baru yaitu dengan melakukan pmberbagai macam perubahan agar bisa tetap bertahan dan bahkan berkembang.

Mengembangkan strategi

Sebuah strategi rupanya menjadi kunci keberhasilan bagi jalannya bisnis. Termasuk pula saat sebuah perusahaan harus menghadapi disruption. Pasar yang baru mungkin saja pada awalnya tidak dapat diterima dengan mudah. Namun hal ini tetap harus diikuti dengan adanya penerapan strategi baru. Strategi haruslah dikembangkan dengan melibatkan inovasi baru agar nantinya tercipta suatu ide yang unik dan menarik bagi pasar.

Menciptakan hasil nyata

Tidak hanya mengembangkan pemikiran dan pandangan serta strategi saja tetapi pada akhirnya harus tercipta hasil nyata. Termasuk pula hasil nyata dari sikap menerima disruption di pasar yang baru. Selain itu hasil nyata juga harus tercipta dalam mewujudkan perubahan pada diri Anda sendiri dan pada segala usaha yang Anda lakukan.

Tips dan Trik Meningkatkan Disruptive Innovation Dalam Bisnis Anda

Kita ketahui jelas bahwa dalam berbisnis tentu saja terdapat pasang dan surut. Salah satu contoh tantangan dalam berbisnis yaitu adanya inovasi disruptif dari perusahaan lain yang nantinya akan berdampak bagi perusahaan atau bisnis anda. Berikut ini adalah tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan inovasi disruptif dalam bisnis atau usaha anda.

Memahami Model Bisnis Yang Digunakan

Tips dan trik pertama yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan inovasi disruptif pada bisnis yang anda lakukan yaitu dengan konsisten terhadap model bisnis yang anda lakukan. Didalamnya juga termasuk memahami model bisnis anda dengan mendalam dan memahami batasan – batasan dari model bisnis anda. Perusahaan atau organisasi yang baik tentunya memahami model bisnis yang mereka gunakan dengan baik untuk kemudian baru bisa memikirkan cara untuk mengembangkannya.

Anda terlebih dahulu perlu untuk memahami batasan dari model bisnis anda untuk kemudian baru memudahkan anda untuk menginovasinya dan nantinya dapat memberikan kesuksesan kedepannya. Mengingat mengenai inovasi yang datang secara terus menerus, idak serta merta anda juga harus mengubah model anda dengan seketika untuk mengikuti model bisnis perusahaan lain. Anda dapat menganalisis hal tersbut terlebih dahulu untuk kemudia dapat anda kembangkan dan perlu mengembalikan persepsi anda terkait peluang – peluang bisnis yang ada dan cara untuk meraih suksesnya.

disruptive innovation

Jangan Hanya Fokus Pada Pesaing

Kita mungkin sering kali berfikir untuk meningkatkan penjualan bisnis atau perusahaan kita dengan membuat produk baru yang sekiranya berbeda dari produk-produk yang sebelumnya sudah ada atau fokus untuk melengkapi kekurangan yang dimiliki produk – produk saat ini. inovasi disruptiv biasa kita artikan sebagai inovasi baru dari suatu perusahaan yang dapat menjadikan disruptiv atau gangguan bagi perusahaan lain bahkan kebangkrutan. Ketika anda dapat menemukan inovasi disruptif yang tepat dan dapat diterima dan diinginkan oleh pasar, maka tentu saja hal tersebut akan menjadi kesuksesan untuk anda.

Jadi dari pengertian inovasi disruptif sendiri kita mengetahui bahwa didalamnya terdapat point penting yaitu adanya persaingan inovasi. Tentu saja untuk mempertahankan bisnis kita untuk tidak mengalami penurunan pendapatan bahkan mengakibatkan kebangkrutan maka kita juga perlu membuat inovasi baru yang sekiranya dapat mendapatkan perhatian dan minat para konsumen. Anda tidak serta merta melihat disruptif dari pesaing, namun anda bisa memunculkan inovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada.

Yang perlu anda perhatikan dalam tips dan trik kali ini yaitu anda tidak serta merta harus mengikuti disruptif dari perusahaan lain, memang anda perlu memikirkan inovasi baru untuk menghadapi inovasi disruptiv perusahaan lain, namun anda juga membuat inovasi dengan tetap memperlihatkan ciri khas anda yang tentu saja tidak dimiliki produk lain.

disruptive innovation

Perluas Ide Untuk Membuat Inovasi

Perkembangan zaman menuntut anda uttuk terus membuat inovasi – inovasi terbaru sehingga bisnis atau usaha anda dapat tetap bersaing dengan perusahaan lain. Salah satu cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan memperluas ide dalam merancang inovasi anda. Dalam memeperluas ide banyak sekali cara yang dapat anda lakukan untuk mendapatkannya yaitu misalnya dengan banyak membaca, menganalisa dan juga mislanya dengan mendapatkan inspirasi terkait teknologi yang saat ini sedang berkembang pesat.

 Anda bisa saja melakukan pengembangan dari inovasi anda sebelumnya dengan melibatkan teknologi terbaru misalnya. Namun anda tidak harus serta merta memaksakannya. Buatlah sebaik mungkin, kalau memang kurang cocok jangan mencoba untuk memaksakannya. Cara lain yang dapat anda lakukan yaitu dengan meminta masukan dari orang – orang di dekat anda atau dari permasalahan yang sekiranya anda sering temui.

Membangun Komunikasi Yang Baik Dengan Konsumen

Salah satu kunci kesuksesan dari sebuah bisnis atau perusahaan yaitu dengan menjaga komunikasi yang baik dengan para pelanggan atau konsumen. Salah satu langkah yang dapat anda lakukan yaitu dengan mendengarkan saran, masukan dan keluhan dari para pelanggan, sehingga pelanggan merasa sedikit puas karena masukannya selama ini di dengarkan. Untuk tidak tertinggal dari perusahaan lain kita tentu membutuhkan inovasi, salah satunya yang dapat anda jadikan pertimbangan yaitu masukan saran dari pelanggan.

Namun, yang perlu anda ingat – ingat yaitu anda tidak selalu harus mendengarkan setiap keluhan, masukan dan saran dari pelanggan. Namun yang perlu anda perhatikan disini yaitu menilai bahwa saran dan masukan yang disampaikan pelanggan juga merupakan hal penting, karena dari saran dan masukan yang ada tentu saja anda juga harus bersaing mengenai inovasi – inovasi yang akan dilakukan perusahaan lain. Karena itu ada bisa memikirkan dan memulai inovasi dari saran dan masukan yang ada.

disruptive innovation

Analisis Inovasi Disruptif

Tips dan trik selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan inovasi disruptif yaitu dengan menganalisis inovasi disruptif yang anda lakukan itu sendiri. Disini anda dapat menganalisis inovasi disruptif yang anda pilih apakah sudah berjalan dengan baik atau belum. Kita tau bahwa inovasi disruptif biasanya hanya dapat berkerja dala jangka waktu tertentu, namun pada dasarnya kita tentu saja menginginkan kesuksesan yang memiliki jangka waktu panjang.

 Saat anda memutuskan untuk membuat inovasi disruptif tentu saja konsumen atau penualan akan mengalami peningkatan dalam jangka waktu tertentu setelah adanya permintaan pasar. Karena itu anda dapat memanfaatkan jangka waktu tertentu tersebut untuk memaksimalkan dan menginvestasikannya. Analisis ini diperlukan untuk mendapatkan adanya evaluasi terkait inovasi disruptif anda.

Perlu anda sadari bahwa teknologi sekarang memegang peranan penting bagi kehidupan, yang secara tidak langsung juga mempengaruhi cara berpikir dan permintaan pasar terkait produk atau jasa yang anda hasilkan. Anda dapat menjadikan hal ini sebagai masukan akan disruptif anda. Karen adengan menerapkan disruptif yang juga menggunakan teknologi yang relevan maka akan semakin menarik minat konsumen.

disruptive innovation

Mengatur Kegiatan Disruptif

Tips dan trik terakhir yang dapat nada lakukan untuk meningkatkan inovasi disruptif pada bisnis anda yaitu dengan mengatur kegiatan disruptif itu sendiri. Pengaturan kegiatan disruptif yang dimaksud disini yaitu dengan tidak mencampurkan kediatan disruptif dengan kegiatan lainnya sehingga mampu menghasilkan banyak keuntungan bagi bisnis anda.

Keuntungan yang didapatkan dengan mengatur kegiatan disruptif yaitu diantaranya mampu menciptakan proses yang lebih strategis dan taktis dalam pemasaran produk anda. Kelebihan lainnya yang bisa anda dapatkan yaitu standar yang anda buat berbeda dari standar produk yang sudah ada sebelumnya. Dengan memisahkan kegiatan disruptif anda dapat melihat besar keuntungan yang didapatkan masing – masing unit sehingga tidak tercampur satu sama lain.

Inovasi disruptiv merupakan tantangan besar bagi setiap perusahaan dari perusahaan lain yang dapat membawa dampak berupa penurunan penjualan bahkan dapat menyebabkan kebangkrutan ketika kita tidak menanganinya dengan baik. Tentu saja persaingan dalam dunia bisnis dan juga kemauan zaman memberi dampak yang menuntut pengusaha atau pemilik bisnis untuk tetap bertahan. Di atas adalah tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan inovasi disruptif, semoga bermanfaat untuk anda.

Penerapan Disruptive Innovation

Disruptive innovation sebenarnya bisa menjadi sebuah langkah yang tepat bagi perusahaan untuk bisa berkembangkan. Terutama bagi sbeuah bisnis atau perusahaan startup yang harus merintis usahanya. Dengan adanya berbagai inobasi yang mengedepankan unsur teknolihi maka nanyinya diharapkan agar sebuah perusahaan bisa terus mengembangkan berbagai hal yang sekiranya dapat memikat hati konsumen. Penggunaan unsur teknologi oleh suatu perusahaan diharapkan agar dapat membuat bisnis bisa semakin muncul dan bersaing dengan bisnis lainnya di tengah pasar.

Oleh karena itu segala inovasi yang penuh dengan peran teknologi perlu dilakukan. Terlebih lagi di zaman seperti sekarang ini yang semakin bergerak ke arah pengunaan teknologi secara menyeluruh di segala aspek kehidupan. Maka dengan hadirnya inovasi yang melibatkan peran teknologi tentunya setiap bisnis dapat berkembang dan dapat bersaing di pasar. Hal ini tampaknya bisa dilakukan oleh setiap perusahaan yang ingin merebut pasar yaitu dengan menciptakan inovasi terbaik.

Untuk mencegah hal tersebut perusahaan bisa menggunakan JojoPayroll, sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengontrol anggaran-anggaran yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dengan amaan serta pastinya mudah digunakan. Dengan JojoPayroll, perusahaan tidak perlu lagi khawatir dengan budget yang mereka keluarkan untuk berbagai hal. JojoPayroll mudah,aman dan simple!