Distributor: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Kunci Sukses Distributor

distribution

Kali ini kita akan bahas segala hal mengenai distributor. Rasanya sudah familiar ya mendengar kata distributor atau penyalur? Yap, distributor adalah penyalur barang dari produsen ke konsumen. Apa saja jenis-jenisnya, fungsi dan tugasnya, kunci suksesnya, dan sebagainya. Simak yuk artikel ini biar lebih paham lagi hal-hal terkait distributor.

Pengertian Distributor

Apa yang dimaksud dengan distributor? Secara umum, pengertian distributor atau penyalur adalah pihak yang membeli produk secara langsung dari produsen dan menjualnya kembali ke retailer atau pengecer, atau bisa juga menjual langsung ke konsumen akhir.

Oops! We could not locate your form.

Pendapat lain mengatakan, pengertian distributor adalah suatu badan usaha atau perorangan yang bertanggungjawab untuk mendistribusikan atau menyalurkan produk perdagangan, baik itu barang maupun jasa, ke retailer atau konsumen akhir. Dalam hal ini, distributor hanya mengambil produk yang sudah jadi dan siap digunakan tanpa perlu memodifikasinya.

Dalam perdagangan, penyalur adalah rantai pertama setelah produsen. Penyalur bisa dalam bentuk perorangan atau perusahaan yang membeli produk secara langsung dari produsen dalam jumlah yang sangat besar.

Penyalur mendapatkan keuntungan dari potongan harga pembelian produk dari produsen. Semakin banyak produk yang dibeli dari produsen, maka potongan harga produk biasanya akan semakin besar.

Fungsi dan Tugas Distributor

Fungsi utama penyalur adalah sebagai perantara antara produsen dengan pengecer atau konsumen. Setelah membahas pengertian penyalur, sekarang kita bahas fungsi dari distributor.

Membeli Produk

Bertugas untuk membeli produk (barang maupun jasa) dari produsen atau pedagang yang lebih besar.

Menyimpan Produk

Setelah membeli produk dari produsen, penyalur juga harus menyimpan produk tersebut di gudang hingga batas waktu tertentu dan disalurkan ke retailer atau konsumen akhir.

Menjual Produk

Menjual produk kepada pengecer atau ke konsumen akhir dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan.

Mengangkut Produk

Proses pemindahan atau pengangkutan produk dari produsen ke retailer atau konsumen juga merupakan tugas dari distributor. Namun, beban biaya pengangkutan tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam harga produk yang dijual.

Klasifikasi Produk

Bertanggung jawab dalam mengklasifikasikan atau memilah produk berdasarkan jenis, ukuran, dan kualitasnya.

Informasi Produk

Memberikan informasi terkait perkiraan harga dan pemasaran barang pada waktu tertentu yang akan dilakukan oleh pelaksana di lapangan.

Promosi Produk

Kegiatan promosi bertujuan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Kegiatan promosi ini mencakup penjelasan manfaat produk, mutu produk, harga produk, yang dilakukan melalui media iklan.

Jenis-Jenis Distributor

Secara umum, distributor dapat dikelompokkan berdasarkan proses distribusinya. Sesuai dengan pengertian, ada beberapa jenisnya yaitu sebagai berikut:

Perusahaan Distributor Barang

Dalam hal ini produk yang didistribusikan adalah berbentuk barang fisik. Pada proses distribusinya, produsen memercayakan kepada distributor untuk menyalurkan produk kepada pengecer. Selanjutnya, pengecer yang akan menyalurkan kepada konsumen akhir.

Perusahaan Distributor Jasa

Produk yang disalurkan adalah berbentuk jasa. Pada proses distribusinya, distributor dapat langsung menyalurkan produk jasa kepada konsumen akhir tanpa melalui pengecer lain. Sebagai contoh, kita dapat melihat alur distribusi jasa keuangan dari perusahaan multi finance kepada nasabahnya.

Distributor Perorangan

Pada dasarnya distributor perorangan ada dalam lingkup yang berbeda namun terdapat kesamaan dalam proses distribusinya dengan perusahaan penyalur jasa. Distributor perorangan banyak dikenal dalam bisnis MLM, dimana proses penyalurannya dari produsen ke distributor pribadi lalu disalurkan ke konsumen akhir.

Pentingnya Rantai Distribusi Produk

Kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah dari sisi pemasarannya. Seberapapun bagusnya sebuah produk, kalau tidak aktif  mencari jalan melakukan pemasaran terbaik, rasanya mustahil cepat terjual. Kuncinya agar uang cepat berputar adalah dengan melakukan strategi pemasaran secepat dan setepat mungkin. Beberapa langkah berikut ini sering dilakukan untuk dapat memasarkan produk secara cepat:

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Membuat Rantai Distributor

Buatlah rantai sebanyak mungkin supaya jangkauan pemasaran produk lebih luas. Bisa dilakukan dengan membuat iklan peluang usaha dengan menawarkan orang lain sebagai distributor.

Harga Bersaing Membuka Peluang Repeat Order

Produsen atau distributor sebaiknya tidak menaikkan harga produk terlalu tinggi. Bisa-bisa produk yang dijual dikalahkan pesaing yang harganya lebih murah.

Perlu diingat juga bahwa harga dari distributor nantinya masih akan mengalami kenaikan setelah dijual ke rantai berikutnya. Dalam memberikan patokan harga, pastikan segalanya sudah dianalisa dengan baik seperti inflasi dan risiko kerusakan produk.

Mengusahakan Agar Produk Cepat Berputar

Kendala utama produsen adalah bagaimana membuat produk cepat berputar. Produsen bisa membuka berbagai macam penawaran mulai dari bekerjasama dengan distributor, membuka sistem dropshipper, membuka affiliate, dan lainnya supaya produk cepat sampai ke tangan konsumen.

Kunci Sukses Menjadi Distributor

Untuk bisa sukses menjadi seorang distributor kamu harus aktif untuk mencari ide-ide baru untuk memasarkan barang kamu. Kunci untuk bisa memutar barang dengan cepat adalah melakukan strategi pemasaran yang baik. Berikut beberapa kunci yang dapat kamu gunakan saat menjadi distributor.

Mempunyai Rantai Distributor

Kamu bisa melakukan perluasan pemasaran produk yang kamu ambil dari produsen dengan memiliki beberapa penyalur dibawah kamu, karena ini akan membantumu memutar barang dan memasarkan produk dengan cepat.

Berikan Harga yang Terbaik dari Pemasar lainnya

Memang untuk bisa mendapatkan harga yang jauh lebih baik dari produsen tidaklah mudah. Karena ini perlu melakukan banyak hal yang mesti dibicarakan dengan si produsen. Setelah mendapatkan harga yang terbaik sebagai seorang penyalur sebaiknya kamu tidak menaikkan harga yang terlalu tinggi. Karena harga barang yang akan kamu jual kembali nantinya akan secara otomatis naik saat di jual lagi oleh para pemasar kamu berikutnya.

Memutar Produk

Hal yang paling sulit adalah untuk memutar barang dengan cepat. Pastikan kalian memberikan penawaran-penawaran yang menarik kepada para penyalur kalian, mulailah coba melakukan kerjasama dengan para penyalur dibawah kalian, dropshipper dan bisa juga membuka affiliate program. Ini akan membantu barang kalian cepat keluar dan berputar.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Distributor

Jika kamu mulai mempertimbangkan untuk memulai bisnis distribusi, ada beberapa hal yang perlu kamu miliki agar usaha sebagai distributor sukses. Mereka yang ingin mencoba memulai pada awalnya juga akan membutuhkan kualitas dan keterampilan ini untuk bisa sukses. Berikut hal yang harus distributor miliki agar bisnisnya berjalan dengan sukses:

Negosiasi

Jika kamu ingin menghasilkan profit, sebisa mungkin kamu harus membeli barang dengan harga lebih rendah daripada nilai grosir rata-rata di pasar. Hal ini mengharuskan kamu melakukan negosiasi dengan produsen untuk mendapatkan harga yang tepat, sehingga kamu dapat menjual barang-barang tersebut dengan harga pasar sehingga margin yang kamu dapatkan juga tinggi.

Kamu juga harus pintar bernegosiasi lewat komunikasi dengan pelanggan untuk meyakinkan mereka agar membeli dari usaha distribusi kamu, bukan dari distributor pesaing.

Manajemen Logistik

Pekerjaan utama distributor adalah mengangkut produk dan mengantarkannya ke klien. Ini berarti perusahaan kamu akan bertanggung jawab untuk mengambil barang dari produsen, menyimpannya di gudang yang kamu miliki, dan mengirimkannya secara tepat waktu kepada klien.

Jika kamu tidak menerapkan manajemen logistik yang baik dan melakukan pengiriman secara tepat waktu, maka bersiaplah menghadapi kenyataan bahwa klien kamu akan berpaling kepada distributor lain. Manajemen logistik bisa dibilang hal paling penting yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan hubungan kamu dengan klien.

Key Account Management

Ini adalah keterampilan yang akan berguna untuk mempertahankan dan meningkatkan reputasi kamu terhadap klien. Key Account Management adalah suatu usaha untuk membangun hubungan yang baik dan sustainable dengan klien. Karena menurut Pareto Principles, sekitar 80% dari pendapatan perusahaan kamu berasal dari sekitar 20% pelanggan. Hal ini berarti kamu harus mensegmentasikan klien kamu untuk menemukan Key Account Management dan fokus untuk mempertahankan dan memperluasnya.

Pemasaran

Untuk mendapatkan pelanggan yang tepat, kamu perlu mempelajari cara memasarkan produk-produk yang kamu tawarkan kepada klien baru dan cara mendekati calon klien lainnya. Jangan berharap klien baru datang kepada kamu. Akan tetapi pelajari cara mencari mereka lewat usaha pemasaran yang tepat, efektif, dan efisien.

Pada dasarnya distributor ini juga disebut juga dengan istilah penyalur. Tentunya disebut sebagai penyalur karena tugasnya yang cenderung menyalurkan barang dari produsen hingga menuju ke konsumen. Menjadi distributor seperti yang diberikan pada gambaran di atas mungkin sekilas tampak sangat sulit untuk dilakukan. Namun sebenarnya kegiatan distribusi bisa dilakukan dengan cukup mudah terlebih lagi bila Anda sudah terbiasa melakukannya. Hanya saja perlu strategi serta langkah-langkah yang tepat untuk memudahkan proses distribusi itu sendiri.

Strategi Distributor

Tentunya ada beberapa strategi yang bisa dijalankan untuk bisa menjalankan kegiatan distribusi dengan baik. Dengan berbagai strategi yang bisa dilakukan maka Anda akan menjalankan aktivtas distribusi dengan baik. Berbagai strategi bisa Anda coba dan tingkatkan untuk menjalankan penyaluran barang dari produsen ke konsumen.

Melakukan promosi produk

Suatu produk yang akan ditawarkan dan dijual ke konsumen tentu harus diperkenalkan terlebih dahulu kepada konsumen. Tentunya kegiatan memperkenalkan produk kepada konsumen ini harus dilakukan dengan menarik. Kegiatan inilah yang bisa disebut dengan istilah promosi. jadi salah satu strategi yang bisa dilakukan oleh seorang penyalur produk adalah dengan melakukan kegiatan promosi produk. Promosi yang menarik tentu akan memikat para konsumen. Maka para konsumen akan selalu ingat mengenai promosi tersebut. Pada akhirnya konsumen akan selalu mengingat produk yang dipromosikan di dalam benaknya. Maka daya beli konsumen akan semakin meningkat sehingga proses produksi dan distribusi semakin lancar.

Memberikan potongan harga

harga yang realtif murah dengan produk yang menarik tentu akan membuat konsumen suka. Konsumen tidak akan merasa berat bila mengeluarkan uang yang tidak terlalu banyak untuk melakukan pembelian produk. Oleh karena itu Anda bisa menyiasatinya dengan adanya permainan harga. Mungkin Anda bisa memberikan potongan harga untuk beberapa produk misalnya seperti produk baru. Dengan adanya potongan harga ini maka kegiatan distribusi akan jadi lebih mudah dilakukan. Oleh karena itu Anda yang saat ini sedang menjadi seorang distributor tentunya juga bisa menggunakan strategi berupa pemberian potongan harga. Strategi ini tentu akan membantu dalam melakukan aktivitas penyaluran produk ke konsumen.

Pembelanjaan mudah

Anda juga bisa memberikan proses pembelanjaan yang mudah kepada konsumen. Misalnya dengan melakukan kegiatan pembelanjaan online sehingga konsumen bisa melakukan kegiatan pembelanjaan kapan saja dan dimana saja. Proses pembelanjaan yang cepat tentu akan membuat konsumen merasa puas. Sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mempermudah proses pembelanjaan selain mengadakan kegiatan pernjualan secara online.

Misalnya juga dengan adanya metode pembayaran yang cepat dan praktis. Jadi para konsumen bisa melakukan proses pembayaran sesegera mungkin dan tanpa adanya kendala. Selain itu Anda juga bisa menawarkan proses pengiriman produk yang cepat. Tentunya proses pengiriman produk yang cepat akan membuat konsumen merasa puas dengan layanan Anda.

Berikan layanan terbaik

Sudah tentu setiap penyalur produk harus memberikan layanan yang terbaik untuk para konsumen. Pemberian layanan yang terbaik kepada konsumen akan memberikan nilai plus dari konsumen pada Anda. oleh karena itu upayakan sebaik mungkin agar Anda bisa selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumen.

Salah satu cara terbaik dalam memberikan layanan kepada konsumen adalah dengan memberikan layanan sejenis customer service. Bahkan Anda boleh saja memberikan layanan kepada konsumen sebanyak 24 jam kali selama sehari. Anda juga bisa melayani para konsumen dengan ramah dan sopan sehingga para konsumen bisa merasa senang dan puas. Selain itu Anda juga bisa memberikan informasi kepada para konsumen mengenai segala hal yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan.

Garansi produk

Ini juga bisa menjadi salah satu strategi tepat bagi Anda untuk menjalankan aktivitas distribusi. Garansi produk yang diberikan bisa merupakan garansi pabrik. Jadi konsumen tidak akan merasa khawatir akan produk yang dibelinya. Selain itu Anda juga bisa memberikan garansi toko untuk produk yang disalurkan pada konsumen.

Dengan adanya garansi dari toko maka konsumen akan merasa lebih terjamin. Garansi produk pada dasarnya dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada suatu produk yang dibelinya. Semakin besar masa garansi suatu produk maka akan semakin besar pula kepercayaan konsumen. Oleh karena itu garansi produk ini bisa menjadi salah satu strategi terbaik dalam rangka proses pendistribusian barang.

Mengelola Strategi Distributor

Mempercepat distribusi

Menata strategi bagi seorang distributor bisa dilakukan salah satunya dengan cara mempercepat proses distribusi. Proses mempercepat distribusi ini memiliki maksud bahwa produk yang dihasilkan bisa langsung didistribusikan. Jadi proses pendistribusian barang bisa dilakukan sesegera mungkin setalah barang selesai diproduksi. Pada dasarnya mempercepat proses distribusi berarti mempercepat proses penyaluran barang. Hal ini juga bisa berarti proses penjualan produk ke konsumen. Semakin cepat proses distribusi produk maka kebutuhan konsumen akan semakin cepat pula untuk terpenuhi. Maka kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut akan meningkat. Demikian pula kepercayaan konsumen pada perusahaan.

Melayani konsumen

Menata sebuah strategi distribusi juga bisa dilakukan dengan cara meningkatkan layanan terhadap para konsumen. Pelayanan konsumen haruslah dilakukan semaksimal mungkin agar dapat membuat para konsumen menjadi puas. Dengan adanya pelayanan konsumen inilah maka strategi distribusi bisa semakin tertata. Sebab biasanya melalui tindakan pelayanan inilah maka Anda bisa mengembangkan seluruh strategi yang telah Anda ciptakan sebelumnya.

Perencanaan strategi tentunya bisa berjalan dengan baik bila Anda sebagai distributor bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk para konsumen. Sebab adanya layanan dari Anda dapat membuat konsumen semakin merasa puas sehingga konsumen bisa menjadi pelanggan produk Anda. Tentu saja hal ini akan mempermudah Anda dalam melakukan pencapaian target.

Meningkatkan kompeten

Selain mempercepat proses  distribusi produk dan meningkatkan layanan kepada konsumen rupanya menata strategi distribusi juga bisa dilakukan dengan cara lainnya. Cara lain yang dimaksud yaitu dengan meningkatkan kompeten. Memang seorang distributor harus memiliki kualifikasi tertentu misalnya sepeti kompetensi yang cukup handal.

Kompetensi ini tidak hanya dalam hal melakukan proses penyaluran produk seperti misalnya melakukan pemasaran dan kegiatan penjualan. Tetapi kompetensi ini juga bisa saja berupa keahlian berbahasa asing sehingga strategi distribusi bisa semakin dikembangkan. Selain itu mungkin saja seorang distributor juga bisa meningkatkan keahliannya di bidang lain seperti bidang komputer atau marketing dan lainnya yang dapat menunjang kegiatannya. 

Keberhasilan Strategi Distributor

Distributor dalam menjalankan tugasnya tentu diharapkan agar dapat meraih keberhasilan. Dengan adanya keberhasilan yang diraih oleh distributor maka berarti pelaksanaan pemasaran juga bisa berhasil. Pada akhirnya aktivitas distributor dalam menyalurkan barang ke konsumen sangat berpengaruh pada omset penjualan perusahaan.

Oleh karena itu sebaiknya segala kegiatan penyaluran produk ini harus ditunjang dengan baik agar bisa tepat sasaran. Dengan demikian maka perusahaan bisa mencapai omset seperti yang telah diharapkan dan direncanakan sejak awal.

Nah, bagaimana? Sudah mengetahui seluk beluk distributor, ‘kan? Jadi, menurut kamu menjadi distributor itu mudah atau sulit? Jika kamu perusahaan distributor bisa nih kamu coba aplikasi dari Jojonomic. Adalah JojoExpense yang bisa membantu kinerja bagian keuangan dalam mencairkan reimbursement dan cash advance.

Dengan JojoExpense manajemen pengeluaran perusahaan kamu lebih teratur. Dan proses approval reimburse dan cash advance lebih cepat dan hemat tenaga karena bisa kapanpun dan dimanapun di approve oleh atasan. Selain cepat di approve atasan, nantinya juga akan lebih cepat dicairkan loh.