Dividend Payout Ratio Serta Cara Perhitungan Detailnya

dividend payout ratio

Dividend Payout Ratio sering pula disingkat dengan DPR. Istilah ini memiliki arti yang sama pula dengan istilah Rasio Pembayaran Dividen. Pada dasarnya istilah ini mengandung arti sebagai rasio yang menunjukkan prosentase di setiap keuntungan yang diperoleh. Keuntungan ini kemudian nantinya akan didistribusikan pada para pemegang saham tentunya dalam bentuk uang tunai. Dengan kata lain DPR cenderung menunjukkan pula besaran dividen yang dibagikan terhadap jumlah keseluruhan laba bersih perusahaan. DPR ini juga nantinya akan menjadi sebuah parameter untuk melakukan pengukuran besaran dividen yang kemudian akan dibagikan kepada para pemegang saham. Jadi dalam hal ini Anda akan mengetahui secara lebih jelas mengenai perbandingan antara jumlah dividen yang dibagikan kepada para pemegang saham dengan jumlah total laba bersih yang diperoleh perusahaan.

Cara Menghitung Dividend Payout Ratio

Mencari nilai dividend payout ratio

Langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk menghitung Divident Payout Ratio adalah mengetahui nilai dividen. Untuk mengetahuinya maka Anda bisa mencari nilai dividen tersebut. Dividen sendiri sebenarnya merupakan kauntungan perusahaan yang nantinya akan dibagikan pada pemegang saham perusahaan Anda. Oleh karena itu Anda perlu tahu dengan tepat besar dividen yang diperoleh. Salah satu caranya adalah dengan mencari nilai dividen pada laporan perubahan ekuitas. Anda bisa melihatnya pada bagian dividen kas di laporan keuangan. Maka nantinya Anda akan tahu berapa besar dividen yang diperoleh. Berapapun besar dividen ini nantinya akan dibayarkan atau diberikan pada para pemegang saham yang memang turut memiliki hak atas perusahaan Anda.

Mencari nilai laba bersih

Selain dividen rupanya hal lain yang juga perlu Anda lakukan untukbisa mengitung DPR adalah mengetahui nilai laba bersih. Dalam hal ini Anda bisa mencari nilai laba bersih perusahaan Anda. Nilai laba bersih ini sebenarnya bisa Anda dapatkan dari laporan laba rugi perusahaan. Untuk mencari dan menemukan laba bersih tepatnya dilaporan laba rugi perusahaan maka Anda bisa melihat bagian laba tahun berjalan. Laba tahun berjalan ini merupakan hasil laba yang diperoleh setelah dikurangi pajak. Dengan kata lain laba tahun berjalan ini bisa disebut juga sebagai laba bersih. Jika Anda telah mengetahui secara persis nilai laba bersih yang diperoleh perusahaan maka Anda bisa melakukan tahap selanjutnya untuk menghitung DPR.

Gunakan rumus dividend payout ratio

Jika memang Anda telah menemukan berapa nilai dividen dan juga berapa nilai laba bersih maka Anda bisa melakukan langkah selanjutnya. Langkah selanjutnya yaitu menggunakan rumus untuk menghitung DPR. Dividend Payout Ratio atau DPR dapat dihitung dengan menggunakan rumus (dividen / laba bersih) x 100%. Jadi di tahap pertama hitunglah hasil dari nilai dividen dibagi besarnya laba bersih. Kemudian hasil perhitungan dari pembagian tersebut dijadikan prosentase yaitu dengan cara dikali 100%. Rumus ini tentu menjadi satu-satunya rumus yang dapat digunakan untuk menghitung DPR. Jika perhitungan dilakukan dengan tepat maka akan dihasilkan nilaiyang tepat pula. Hal ini berarti bahwa Anda dapat mengetahui secara lebih jelas mengenai rasio pembayaran dividen. Maka pembagian dividen pada para pemegang saham bisa dilakukan dengan tepat.

Download aplikasi online

DPR sebenarnya merupakan bagian yang penting dalam laporan keuangan perusahaan. Maka setelah Anda mengetahui nilai DPR sebaiknya hasil perhitungan ini kemudian dimasukkan ke dalam laporan keuangan. Hasil perhitungan DPR akan menjadi data yang tentunya juga perlu diolah sehingga bisa menjadi data yang tepat bagi perusahaan Anda. Untuk dapat membaca laporan keuangan dengan tepat maka Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi online yang ada. Anda hanya tinggal download aplikasi laporan keuangan yang sekiranya dapat mempermudah Anda. Terutama dalam melakukan perhitungan keuangan perusahaan secara lebih rinci sehingga Anda bisa tahu dengan tepat mengenai jumlah dividen dan laba bersih perusahaan. Anda juga bisa mengetahui besarnya nilai DPR yang turut berpengaruh pada perusahaan Anda.

Manfaat Dividend Payout Ratio

Mengetahui jumlah dividen

Nilai dividen sudah tentu perlu Anda ketahui jumlahnya secara pasti. Sebab dividen ini pada dasarnya berhubungan dengan para pemegang saham perusahaan Anda. Maka jumlah dividen ini perlu dicari agar Anda bisa menghitung jumlahnya dengan tepat. Nantinya Anda juga perlu menghitung berapa besar dividen yang diterima oleh setiap pemegang saham perusahaan Anda.

Mengetahui laba bersih perusahaan

Laba bersih pada dasarnya merupakan hal yang menjadi tujuan dari berdirinya sebuah perusahaan. Oleh karena itu sebuah laporan keuangan perlu dibuat agar Anda bisa mengetahu besar nilai laba bersih Anda. Dengan menghhitung DPR maka secara tidak langsung Anda akan mengetahui laba bersih yang diperoleh perusahaan. Maka dari laba bersih inilah Anda bisa melihat apakah perusahaan Anda telah mencapai sasaran ataukah belum.

Merencanakan strategi

Besarnya nilai dividen dan laba bersih perusahaan nantinya akan turut menentukan strategi perusahaan Anda kedepannya. Perhitungan DPR yang dilakukan ini nantinya akan membantu Anda untuk menentukan strategi yang lebih tepat sehingga DPR perusahaan Anda bisa semakin tinggi dan perusahaan Anda semakin mapan.

Pentingnya Dividend Payout Ratio

Dividend Payout Ratio atau DPR yang merupakan perbandingan antara dividen dengan laba bersih perlu untuk diketahui secara lebih rinci. Umumnya sebuah perusahaan dengan rasio pembayaran dividen yang lebih tinggi bisa melakukan pengembalian secara lebih banyak kepada para pemegang saham perusahaan. Sedangkan sebuah perusahaan dengan rasio pembayaran dividen yang lebih rendah cenderung menyimpan uang tunai lebih banyak dengan tujuan untuk investasi ataupun untuk tujuan lainnya.

Perhitungan DPR pada akhirnya akan menunjukkan berapa banyak uang yang dikembalikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham dan jumlah ini dibandingkan degan uang yang disimpan oleh perusahaan untuk dirinya sendiri. Umumnya perusahaan yang sedang bertumbuh cenderung memiliki DPR rendah dan bahkan tidak sama sekali. Sebab perusahaan tersebut cenderung menggunakan pendapatannya untuk mengembangkan bisnisnya. Sedangkan perusahaan besar atau mapan atau blue chips cenderung memiliki DPR tinggi sebab perusahaan tersebut tidak perlu mendanai perkembangan bisnisnya secara agresif. Oleh karena itu DPR bisa dijadikan sebagai indikatoruntuk mengetahui pertumbuhan bisnis atau usaha Anda.

Perhitungan dividend payout ratio ini sama pentingnya dengan melakukan perhitungan payroll. Oleh sebab itu sebaiknya gunakan produk yang tepat, contohnya saja dengan penggunaan JojoPayroll. Dengan produk tersebut maka tentunya sistem payroll perusahaan dapat dibayarkan secara otomatis. Selain itu juga dapat terintegrasi dengan sistem absensi secara otomatis pula. Hal ini berkat beberapa fitur yang menarik dari JojoPayroll, contohnya yaitu fitur berikut ini:

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Karena itu segera saja daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan coba gratis selama 14 hari segera di perusahaan Anda. Rasakan kemudahan dalam pembayaran payroll yang lebih efektif dan efisien hanya bersama dengan JojoPayroll.